in ,

7 Kebiasaan yang Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik

Kebiasaan Yang Mengubah Hidup

Usia kita masih muda dan kita terlalu mudah untuk berkecil hati akan hal-hal yang tidak mungkin membawa perubahan dalam kehidupan, kita terlalu mudah untuk mengeluh akan keadaan yang sedang buruk.

Kita terlalu terpaut pada keyakinan bahwa dibutuhkan sesuatu yang besar untuk membuat perubahan besar, kita lupa bahwa hal-hal kecil juga bisa membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik.

Mungkin satu hal yang pasti di dunia ini adalah perubahan dan memang benar bahwa perubahan itu pasti datang, namun apakah ia terjadi karena keadaan atau kita sendiri yang menciptakan? Jika perubahan datang dari luar, apakah kita siap menerimanya?

Perubahan yang positif biasanya diawali dari dalam diri terlebih dahulu, setelahnya barulah ia keluar dan menjalar keluar. Perubahan yang berasal dari dalam memberikan kita pilihan, sementara perubahan yang datang dari luar membuat kita hidup dalam keterpaksaan.

Maka jika kamu ingin membuat perubahan yang lebih baik dalam hidup, mulailah melakukan 7 hal kecil ini dalam kehidupanmu!

1. Memiliki Rasa Bahagia Ketika Bangun Tidur

Apa yang kamu rasakan saat bangun tidur? Biasanya perasaan seseorang ketika bangun tidur dipengaruhi oleh mimpinya semalam, namun bagaimana jika kamu tidak mengalami mimpi? Apakah kamu akan terbangun dengan perasaan yang biasa-biasa saja?

Kebanyakan kita bergerak secara otomatis menuju kamar mandi setelah bangun tidur, lalu bersiap-siap dan mulai melakukan rutinitas harian. Hal ini membuat hari-hari yang di jalani kurang bermakna dan kebahagiaan pun kurang bisa dirasakan.

Alangkah baiknya jika kamu memasukkan rasa bahagia ke dalam hatimu setiap kali terbangun dari tidur, tanpa peduli mimpi apa semalam.

Disaat kamu mulai tersadar, duduklah dengan tegak, tarik napas dalam-dalam, dan buat dirimu merasa lebih baik. Jangan lupa perbanyak bersyukur di pagi hari saat kamu bangun dan isi awal harimu dengan kalimat-kalimat motivasi yang positif.

Baca Juga : 5 Manfaat Luar Biasa Dari Bangun Pagi yang Jarang Diketahui

2. Melakukan peregangan otot di pagi hari

Memasukan rasa bahagia di hati tidak akan cukup untuk membuat perubahan yang lebih baik dalam hidupmu, sebab kita masih perlu menyeimbangkan antara yang didalam dengan yang diluar.

Bersyukur dan memotivasi diri sendiri dengan perasaan positif adalah peregangan untuk jiwa, sekarang saatnya kita melakukan peregangan otot untuk fisik yang lebih bugar.

Lakukanlah beberapa gerakan kecil seperti push up, sit up atau yang lainnya selama sekitar 5 menit sebelum kamu mulai melanjutkan aktivitas harianmu. Hal ini tampaknya sepele tetapi kamu akan merasakan sendiri dampaknya nanti.

Percayalah, jika kamu melakukan hal ini selama setahun penuh, maka di tahun depan kamu pasti sudah memiliki badan yang enak dilihat.

3. Melawan Kebiasaan Menunda

Menunda-nunda suatu pekerjaan selalu tampak sepele, padahal dampaknya sangat besar jika kita memperhitungkannya dalam jangka waktu se-tahun. Sementara melawan kebiasaan menunda tampaknya juga sepele dan tidak akan membawa perubahan apa-apa.

Faktanya perubahan yang tak terlihat sedang terjadi jika kamu mau mencoba untuk melawan kebiasaan menunda. Sebab tubuhmu akan terbiasa bekerja secara cepat dan tepat waktu, akhirnya setiap kali ada tugas yang harus dikerjakan kamu langsung bisa menyelesaikannya.

Berbeda jika kamu membiarkan tubuhmu terbiasa untuk menunda, kamu akan menjadi terbiasa untuk menunda. Bahkan disaat kamu teringat akan suatu tugas yang tertunda pun kamu akan menundanya untuk kedua kali, ketiga kali dan seterusnya.

4. Makan dan Minum yang Baik Bagi Tubuh

Berbicara tentang makan dan minum yang baik bagi kesehatan di era ini sepertinya lucu, sebab kita sudah terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman yang asal lezat saja.

Pernahkah ketika membeli suatu makanan atau minuman kemasan kamu memperhatikan bahan-bahan apa saja yang ada di dalamnya lalu mencari tahu apa dampak baik dan buruknya bagi tubuhmu?

Kita selalu mengeluh biaya rumah sakit mahal, tetapi tidak mencegah agar tidak dibawa ke rumah sakit. Kita mengeluh bahwa biaya hidup sekarang naik, tetapi kita tidak melawan keinginan hati untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat-sehat saja.

Jika kita membiasakan diri untuk makan dan minum yang baik-baik bagi tubuh saja, maka perubahan-perubahan ke arah yang positig akan terjadi. Jadi anggap saja ini tantangan untuk dirimu sendiri, coba saja untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat selama satu bulan ke depan. Berani?

5. Bersikap Ramah Kepada Siapapun

Kita seringkali terkurung dalam dunia kecil di pikiran masing-masing, padahal semesta ini adalah sekumpulan energi yang saling terhubung. Artinya, kamu terhubung dengan orang lain, kamu terhubung dengan gunung, danau, laut atau apa saja.

Ironisnya kita terlalu cuek terhadap lingkungan sekitar. Cobalah ubah kebiasaan ini dan bumi pasti akan berubah menjadi tempat yang lebih baik. Bersikaplah ramah kepada oran-orang yang kamu temui, bersikaplah ramah kepada hewan, tumbuhan atau apa saja sebab kita semua sama.

Kita semua mengalami penderitaan yang sama, mengalami perjuangan yang sama dan merasakan kebahagiaan yang sama, sebab kita semua hidup di dalam galaksi yang sama.

6. Membaca Buku

Jika kamu masih sekolah atau kuliah tentunya setiap hari hidupmu dipenuhi dengan membaca buku, tapi yang jelas disini hakikat membaca buku adalah memperbanyak ilmu dan menambah pengetahuan. Sebab banyak orang membaca buku tetapi tidak mengambil pelajaran apa-apa di dalamnya.

Belajar adalah proses seumur hidup. Setelah kita lulus dari pendidikan formal, bukan berarti kita berhenti belajar. Tetaplah belajar, tetaplah membaca buku atau menonton video yang menambah ilmu, namun soal seberapa lama kamu menghabiskan waktu untuk belajar, itu kembali pada pilihanmu.

Sebab kita sudah sama-sama dewasa dan sudah sama-sama tahu mengatur waktu masing-masing, jika kamu hanya memiliki 30 menit untuk membaca buku dalam sehari itu tak masalah, lakukan saja asalkan rutin. Memang tampaknya sepele, tapi setahun saja kamu melakukannya hidupmu pasti akan berubah menjadi lebih baik. Sebab semakin banyak ilmu, semakin baik pula kita melakukan segala sesuatu.

7. Mendapatkan Ketenangan Jiwa

Kita terlalu sibuk dengan dunia luar sehingga dengan apa yang ada di dalam. Sampai pada akhirnya kita seringkali merasa cemas, overthinking dan mudah mengalami emosi negatif seperti marah, benci, atau dendam.

Hal ini tentunya terjadi karena kita tidak mendapatkan ketenangan jiwa setiap harinya. Padahal sangat penting untuk memperhatikan hal ini. Mendapatkan ketenangan jiwa berarti kamu memperhatikan sisi spiritual dalam dirimu.

Caranya tentu saja kembali pada keyakinan masing-masing. Jika kamu meyakini agama tertentu, maka ikutilah ajarannya. Jika kamu mempercayai suatu ajaran tertentu, maka lakukanlah sesuai ajaran itu.

Seperti perut yang akan merasa kenyang setelah di beri makan, jiwa hanya akan tenang setelah kita memberinya makan pula. Sementara makanan jiwa adalah kedamaian dan cinta.

Baca Juga : 5 Manfaat Membaca Yang Tidak Pernah Kamu Duga Sebelumnya

Akhir Kata

Mulai sekarang jangan pernah bertanya mengapa hidupmu tidak pernah menjadi lebih baik, sebab hal-hal kecil yang kamu lakukan itulah yang membentuk alur hidupmu. Bahkan jika kamu sukses, ketika kamu melihat ke belakang maka yang ada hanyalah langkah-langkah kecil.

Jadi jangan pernah memandang remeh hal-hal kecil yang kamu lakukan setiap harinya, sebab itulah yang menentukan kualitas hidupmu di masa depan. Sekianlah artikel tentang 7 hal kecil yang menjadikan hidup lebih baik. Semoga bermanfaat.