in , ,

5 Kegunaan Cuka Apel Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Kegunaan Cuka Apel
Kegunaan Cuka Apel

Kegunaan cuka apel rasanya tidak perlu kamu ragukan lagi. Buah yang satu ini memang merupakan buah kesehatan sehingga cocok dijadikan tagline. “One apple a day keeps the doctors away”. Begitulah yang sering kita lihat dibeberapa tempat.

Apel tentu merupakan salah satu buah favorit kamu bukan. Jika bosan memakannya, kamu bisa mengolah buah apel ini menjadi makanan lain. Misalnya pie apel, jus buah apel hingga diolah menjadi cuka apel.

Apel sendiri memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dibutuhkan oleh tubuh. Apel memiliki vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1. Dengan mengonsumsi satu buah apel sehari saja kamu sudah bisa mendapatkan 8,4 mg vitamin C. Selain itu cuka apel juga dilengkapi dengan vitamin E, potasium, kalium dan magnesium.

Cukup besar ya kandungan vitamin C pada buah apel ini. Lalu kegunaan vitamin C pada apel ini apa sih manfaatnya bagi tubuh?. Vitamin C dapat membantu sintesis kolagen, memperbaiki jaringan yang rusak pada tulang dan gigi juga sebagai antioksidan dari radikal bebas.

Vitamin lainnya yakni B6 fungsinya untuk membantu membentuk neurotransmitter, membantu pembentukan hormon. Sedangkan kandungan vitamin B1 fungsinua untuk memaksimalkan sistem imun, membantu memproduksi ATP dalam tubuh atau sumber energi pada tubuh.

Manfaat Cuka Apel
Manfaat Cuka Apel

Nah, yang paling terkenal sekarang ini dari buah apel adalah cuka apel. Cuka apel atau biasa disebut dengan apple cider vinegar adalah minuman yang dibuat dari bahan dasar apel yang dihaluskan dan diperas untuk kemudian mendapatkan cairannya.

Pada cairan apel ini akan dimasukkan bakteri dan ragi sehingga dapat memulai proses fermentasi. Proses fermentasinya melalui dua tahap. Pada tahap kedua, cairan apel yang sudah ditambahkan gula hingga menjadi alkohol ini akan diubah menjadi cuka oleh acetobacter.

Acetobacter adalah bakteri pembentuk asam asetat. Prosesnya cukup panjang untuk mendapatkan cuka apel yang diinginkan. Setelah proses fermentasi selesai, maka yang tersisa adalah asam asetat, asam gallic, katekin dan lainnya.

Tidak jauh berbeda dengan manfaat dari buahnya, cuka apel juga memiliki manfaat sebagai antioksidan dan antibakteri. Mengonsumsi cuka apel juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Hal ini lah yang membuat cuka apel sekarang ini banyak diburu oleh masyarakat. Konon bahkan cuka apel ini bisa dikonsumsi untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tetapi belum ada penelitian yang pasti untuk membenarkan hal tersebut.

Ternyata cuka apel sekarang ini tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuhmu saja lho. Cuka apel kini terkenal di kalangan beauty blogger sebagai salah satu produk yang dapat membantu merawat kulit wajahmu.

Pantas saja harga cuka apel ini lumayan mahal dipasaran. Namun jika kamu ingin mencobanya terlebih dahulu untuk kulit wajahmu, tersedia juga kok kemasan sharing dengan botol kecil higienis. Jadi kamu bisa coba apakah cuka apel ini cocok untukmu atau tidak.

Lalu apa saja sih manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu ini?. yuk kita simak.

1. Menurunkan Berat Badan Dan Melancarkan Pencernaan

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan

Siapa yang sedang diet? Nah, cuka apel ini bisa kamu jadikan salah satu list dietmu. Cuka apel dipercaya dapat membantu penurunan berat badan. Cuka apel yang dikonsumsi ini akan membantu pencernaanmu lebih lancar.

Selain itu cuka apel yang dikonsumsi akan membantumu untuk cepat kenyang dan tidak cepat lapar. Konsumsi cuka apel ini caranya adalah dengan diminum. Tetapi kamu harus mencampurnya dengan air terlebih dahulu.

Jika tidak justru akan menyakiti tenggorokan. Minumlah dua kali sehari dan jangan berlebihan.

Manfaat kesehatan lainnya adalah untuk menyehatkan saluran pencernaan karena memiliki probiotik dan bakteri baik lainnya. Jika ada yang sembelit, gangguan asam lambung dan maag cuka apel ini bisa dikonsumsi.

Perhatian untuk gangguan asam lambung dan maag. Hal ini tergantung pada penyebab maag kamu, tingkat keparahan, dan juga apa yang kamu konsumsi sebelumnya.

Baca Juga : 8 Menu Sarapan Lezat dan Sehat Bagi Kamu Yang Sedang Diet

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Mengendalikan Kadar Gula Darah
Mengendalikan Kadar Gula Darah

Satu lagi kegunaan cuka apel untuk kesehatan. Jika kamu atau kerabat yang kamu kenal menderita diabetes, cuka apel dapat membantu untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Penelitian mengatakan bahwa cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Cuka apel yang dikonsumsi sebelum makan akan memperlambat proses pelepasan gula dari makanan yang dikonsumsi ke dalam darah. Hal ini akan membantumu untuk menghindari lonjakan gula darah mendadak setelah asupan karbohidrat tinggi masuk dalam tubuh.

Selain itu cuka apel juga dapat membantu menghambat penyerapan karbohidrat setelah makan agar gula darah tidak naik drastis atau disebut juga dengan efek antiglikemik. Namun pola makan juga harus dijaga dengan baik, tidak bisa mengandalkan cuka apel saja.

Jika ingin mengonsumsi cuka apel, pada penderita diabetes dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter masing-masing terlebih dahulu.

3. Mengurangi Bintik Akibat Penuaan Dini

Mengurangi Bintik Penuaan Dini
Mengurangi Bintik Penuaan Dini

Kegunaan cuka apel yang kedua adalah dari segi kecantikan. Cuka apel memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acid atau AHA. Kandungan ini yang dapat merawat wajahmu dengan bersih dan cantik.

Cuka apel juga dapat membantu menghilangkan kulit mati dan membantu pembentukan sel kulit. Sehingga kulitmu jadi lebih bersih terawat. Jika kamu memiliki jerawat, kamu juga bisa menggunakan cuka apel untuk membantu menghilangkan bekas jerawat.

Cara pemakaiannya cukup dicampur dengan air dan dijadikan toner dengan perbandingan 1:2. Diamkan sebentar sebelum kemudian di bilas hingga bersih karena bau dari cuka apel yang akan mengganggu jika kamu tidak membersihkan dengan teliti.

Baca Juga : 7 Bahan Perawatan Wajah Paling Simpel, Bisa Bikin Sendiri Di Rumah

4. pH Kulit Wajah

Ph Kulit
Ph Kulit

Nah, kegunaan cuka apel akan jadi primadona di bagian ini. Kulit wajah tentu memiliki beragam jenis. Misalnya jenis kulit kering, terlalu kering, berminyak, terlalu berminyak atau bahkan kurang elastis dan kencang.

Permasalahannya ada pada pH kulit wajahmu. Cuka apel bisa membantumu mengatasi masalah yang satu ini. Karena kandungan pH pada cuka apel ini mirip dengan pH di lapisan kulit. Lapisan asam pada kulit yang sama dengan cuka apel cocok jika digunakan untuk merawat kulit wajah cantikmu.

pH kulit yang seimbang akan membantu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Mengecilkan Pori-Pori
Mengecilkan Pori-Pori

Kandungan cuka AHA pada cuka apel yang alami akan membantu pembentukan sel kulit baru. Di mana kandungan AHA ini juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit. Jadi sebum tidak mudah menumpuk pada kulit.

Proses pigmentasi kulit yang maksimal dengan bantuan cuka apel akan membuat kulit wajahmu menjadi lebih cerah.

Dari sekian banyak manfaat cuka apel yang ternyata berlimpah ini tidak akan bisa sempurna jika kamu juga tidak menjaga dan merawat dirimu sendiri. Sayangi dirimu sendiri baik itu dari segi kesehatan dan kecantikan.

Kesehatan bisa diseimbangkan dengan gaya hidup sehat seperti asupan makanan sehat dan berolahraga. Sedangkan perawatan kecantikan juga bisa berpengaruh dari apa yang kamu makan. Terlalu banyak makan gorengan misalnya, akan membuat kulitmu makian berminyak dan juga berjerawat.

Baca Juga : Memutihkan Kulit Wajah: 8 Tips Perawatan Alami Tanpa Efek Samping

Selain itu rajinlah membersihkan wajahmu khususnya setelah bepergian. Karena debu dan polusi yang ada akan membuat kulitmu mudah kusam dan berjerawat.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.