6 Alasan Keharmonisan Suatu Hubungan Harus Diperjuangkan

Seberapa pentingkah keharmonisan suatu hubungan ? Kamu memiliki beberapa hal yang salah

Ilham Damanik Ilham Damanik · 4 min read >
Keharmonisan Suatu Hubungan Harus Dijaga

Seberapa pentingkah keharmonisan suatu hubungan ?

Kamu memiliki beberapa hal yang salah dalam hidupmu, tapi bukankah semua orang hidup dengan cara itu? Kamu hanya perlu menerimanya saja. Kita semua memiliki kekurangan. Melakukan beberapa kesalahan pada orang-orang yang kita cintai, itu hal yang harus kita terima.

Pasti membutuhkan alasan untuk setiap hal yang dilakukan. Tetapi prihal yang terkait dengan cinta dan hubungan, jarang dilakukan dengan alasan yang logis. Tampaknya semua orang begitu menggebu-gebu inginkan menjalin sebuah hubungan yang harmonis, tapi mengapa setiap orang menginginkannya?

Seharusnya setiap orang memiliki alasan yang kuat jika menginginkan sesuatu, setidaknya agar mereka dapat menjaganya agar tetap baik-baik saja.

Ada ribuan alasan untuk menyakiti orang yang bersama kita, pertama karena hal itu sangat mudah. Ya, tentu lebih mudah mempermainkan hati seseorang yang sudah memberikan hatinya kepada kita.

Jika menyakiti seseorang semudah itu. Mengapa harus menjalin hubungan yang harmonis?

1. Setiap Orang Yang Kita Cintai Akan Pergi, Tugas Kita Mempersiapkan Yang Terbaik Untuk Kepergian Mereka

Setiap Yang Kita Cintai Akan Pergi
Setiap Yang Kita Cintai Akan Pergi

Satu alasan yang cukup kuat agar kita selalu berusaha memberikan versi terbaik diri terhadap orang tercinta adalah memikirkan kepergian mereka. Kita perlu menyadari sepenuhnya, meskipun belum jelas kapan mereka akan pergi, tetapi bukankah itu pasti?

Kita tidak tahu seberapa kuat seseorang untuk mampu menahankan rasa sakit. Semisal jika kamu mengucapkan kata-kata yang menyakiti hati orang lain dan reaksi setelahnya kata-kata itu membunuh harapannya, lalu dengan alasan itu pun mereka memilih untuk mengakhiri hidupnya. Lalu, apakah kamu bisa menariknya kembali?

Sepenuhnya pun kita perlu menyadari bahwa meskipun orang-orang tercinta ada bersama kita, tetap saja mereka ada diluar kendali kita. Dalam arti, mereka bisa pergi kapan pun. Jadi, apakah kita masih bersikeras mempertahankan ego masing-masing?

Tentu sangat penting memikirkan diri sendiri, tapi itu tak selayaknya menjadi alasan untuk menyakiti, mempersulit dan mengecewakan orang-orang yang bersama kita saat ini.

“Orang-orang yang kita cintai bisa pergi kapan saja. Jagalah ucapanmu, karena saat mereka pergi kau tak bisa menariknya kembali”

Baca juga : 5 Tips Menjalankan Pernikahan yang Harmonis dan Bertahan Lama

2. Berada Didalam Suatu Hubungan Yang Harmonis Itu Baik Untuk Kamu

Hubungan Yang Harmonis Itu Baik Untukmu
Hubungan Yang Harmonis Itu Baik Untukmu

Berada dalam suatu hubungan yang harmonis berarti baik untukmu, dunia mu akan semakin luas dan banyak hal-hal positif yang bisa kamu petik.

Bukan hanya baik dalam arti ada teman yang mengisi kekosonganmu, tetapi suatu hubungan benar-benar baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Semisal hormon oksitosin yang hanya bisa diproduksi lewat sebuah pelukan dari orang terkasih. Sungguh sebuah alasan yang cukup kuat untuk kita menjalin hubungan dan menjaganya dengan baik.

Terkadang kita memandang suatu hal dengan sebelah mata disebabkan kurangnya pengetahuan. Seandainya kita tahu semua kebaikan dari hubungan, maka tak ada alasan lagi untuk memilih hidup sendiri. Penelitian telah membuktikan mereka yang menjalin hubungan memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi.

Memang bukanlah suatu aib atau tindakan kriminal jika kamu ingin hidup sendiri, tetapi menjalin hubungan sangat masuk akal jika dilihat dari sudut pandang psikologis dan kesehatan.

3. Mereka Adalah Cerminan Dirimu, Maka Cintai Mereka Seperti Kamu Mencintai Dirimu

Cintai Dia Seperti Kamu Mencintai Dirimu
Cintai Dia Seperti Kamu Mencintai Dirimu

Menjalin hubungan yang harmonis dengan seseorang tidak hanya membuat kita memahami orang lain, ada kalanya hubungan membuat kita jadi lebih mengenal diri sendiri. Di setiap pertemuan dan perbincangan, mungkin kamu beberapa kali akan memperhatikan tingkahmu sendiri.

Dan disaat itu kamu akan melihat seberapa cuek dirimu terhadap orang lain atau seberapa sabar dirimu dalam menghadapi orang lain. Dengan kata lain kamu akan lebih mengenal sifat-sifat yang ada pada dirimu sendiri.

Setiap sifat buruk seseorang akan keluar ketika ia memasuki sebuah hubungan. Berbeda dengan awal perkenalan, setelah lebih dekat dan menjalin hubungan, biasanya seseorang akan mengeluarkan sifat-sifat aslinya.

Tetapi, hal itu justru membuat kamu menjadi lebih baik, jika kamu mau belajar dari setiap keburukan.

Orang yang lebih mengenal diri sendiri akan lebih mudah menjalin hubungan yang harmonis, maka sebut saja semua ini sebagai proses dalam mencari jati diri.

Mungkin benar setiap jiwa seseorang dibawi menjadi dua bagian, dan mungkin benar bahwa kita harus mencari separuh jiwa lagi. Karena pada akhirnya kita akan menyadari sebuah hubungan juga berperan banyak dalam menemukan diri sendiri.

4. Keharmonisan Akan Membuat Hidup Menjadi Lebih Berwarna dan Bermakna

Keharmonisan Membuat Hidupmu Lebih Bermakna
Keharmonisan Membuat Hidupmu Lebih Bermakna

Mungkin kamu lelah terus menerus menghadapi pertengkaran dalam hubungan, tapi itu bukan alasan untuk menutup hati dari menjalin hubungan atau mengakhirinya. Karena terkadang pertengkaran juga berpotensi membuat semuanya menjadi lebih baik.

Atau mungkin kamu bosan melihat orang-orang bertengkar dalam hubungannya? Tetapi sementara itu pun kamu juga bertengkar dengan hatimu sendiri. Hidup ini sangat rumit, tak ada rumus yang pasti untuk menjawabnya, dan hanya cinta yang mampu menyederhanakan semua.

Jangan biarkan kesulitan dalam hubungan mendefinisikan arti hubungan. Dan jika kamu sudah menemukan seseorang yang menurutmu tepat, jagalah sebaik-baiknya.

Akan selalu ada banyak perselisihan dalam hubungan, tapi lihatlah sisi baiknya. Sambil berjalan, pikirkanlah cara agar membuat hubungan itu menjadi lebih baik, bukan memutuskan atau mengakhirinya. Karena kamu hanya akan tahu seberapa besar arti seseorang, setelah ia pergi.

Jika kamu mengira menyakiti atau meninggalkan seseorang adalah jalan terbaik, maka seiring berjalannya waktu perhatikanlah ruang-ruang yang penuh cinta menjadi kosong dihatimu.

5. Keharmonisan Suatu Hubungan Dapat Menumbuhkan Harapan dan Kebahagiaan

Hubungan Yang Harmonis Menumbuhkan Harapan
Hubungan Yang Harmonis Menumbuhkan Harapan

Terkadang kita memiliki suatu energi untuk melakukan sesuatu, tetapi terkadang ia melemah dan pudar begitu saja. Sebuah hubungan dapat membantu kita melakukan apapun.

Menumbuhkan harapan yang tidak kita miliki sebelumnya. Terkadang orang lain lebih mampu melihat apa yang terbaik dari diri kita, dimana hal-hal itu jarang kita sadari.

Dan kebahagiaan? Memang semua orang memiliki kebahagiaan masing-masing. Mungkin kamu akan merasa bahagia saat sendiri, tapi sampai kapan itu bertahan? Hubungan yang harmonis membuat kebahagiaan kita mampu bertahan dalam jangka yang lebih panjang.

Dan memiliki seseorang yang memperhatikan kita, mungkin akan membuat seseorang menjadi lebih termotivasi dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan perhatian. Maka, sangat beruntung jika kamu sudah menemukan seseorang yang memperhatikan kamu.

Baca Juga : Bosan dalam Hubungan Itu Hal yang Biasa, Ini Cara Tepat untuk Mengatasinya

6. Kebersamaan Membuat Hal Yang Sulit Menjadi Lebih Mudah

Kebersamaan Membuat Hal Sulit Menjadi Mudah
Kebersamaan Membuat Hal Sulit Menjadi Mudah

Mungkin ada beberapa masalah yang menjadi lebih sulit jika diselesaikan bersama, satu-satunya cara menyelesaikan masalah itu hanya dengan melakukannya sendiri dan tak perlu bantuan siapa-siapa.

Namun, kita tahu bahwa tidak semuanya dapat diselesaikan sendiri. Tentunya hal ini akan menjadi satu alasan yang cukup kuat mengapa kita perlu menjaga hubungan.

Saat kamu menjalin hubungan yang harmonis dengan seseorang yang ahli dibidang menulis misalnya, suatu saat ketika kamu butuh saran tentang cara-cara menulis yang baik, maka siapa yang akan kamu hubungi?

Baiklah jika di era internet saat ini kita jadi memiliki lebih banyak opsi. Namun betapa indahnya hidup ini jika ada orang lain yang bersedia membantu memecahkan masalah-masalah kita bukan?

Bukan karena kamu manja, bukan pula karena kamu tak bisa berusaha sendiri, tetapi ini tentang arti hidupmu. Apa artinya dunia ini tanpa orang-orang tercinta? Bahkan jika solusi-solusi yang mereka berikan hanya sedikit yang bermanfaat, itu sudah lebih dari cukup untuk membuat kita mendapatkan arti hidup sebenarnya.

“Satu ilmu yang kita dapatkan orang tercinta lebih besar artinya daripada seribu ilmu yang kita dapatkan dari sebuah buku.”

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile