in

9 Keistimewaan Ini Hanya Dirasakan Orang yang Sedang LDR-an

Kelebihan dan Keistimewaan Hubungan LDR
Kelebihan dan Keistimewaan Hubungan LDR

Hubungan jarak jauh memang bukan hal yang mudah untuk dijalani.

Itulah alasan kenapa banyak orang mengidentikkan hubungan jarak jauh ada Long Distance Relationship (LDR) sebagai hubungan yang dipenuhi dengan kesedihan. Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

LDR juga memiliki hal istimewa di dalamnya. Tidak melulu tentang kesedihan dan penderitaan saja karena terpisah jarak dengan orang yang dicinta.

Nah, jika kamu penasaran tentang hal istimewa apa saja yang ada dalam hubungan jarak jauh, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Kamu Lebih Memahami tentang Pentingnya Komunikasi dalam Menjalin Hubungan

Memahami Pentingnya Komunikasi
Memahami Pentingnya Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang penting dalam menjalin sebuah hubungan. Hal ini terbukti dengan banyaknya pasangan yang memilih untuk berpisah karena adanya kesalahpahaman dalam hubungan itu sendiri.

Kesalahpahaman datangnya tentu dari komunikasi yang tidak cukup baik. Sedangkan dalam hubungan jarak jauh, komunikasi menjadi lebih penting karena untuk bertatap muka secara langsung adalah hal yang cukup jarang terjadi.

Cara untuk tetap bertahan dalam hubungan jarak jauh adalah dengan menjaga komunikasi. Dengan begitu kamu dan pasanganmu bisa terhindar dari kesalahpahaman yang bisa merusah hubungan kalian.

2. Kamu Bisa Membuat Orang Tuamu Merasa Aman dengan Hubungan yang Kamu Jalani dengan Pasanganmu

Membuat Orang Tua Merasa Tenang
Membuat Orang Tua Merasa Tenang

Biasanya orang tua akan was-was saat anaknya mulai berpacaran. Ada ketakutan jika anaknya melakukan hubungan terlarang yang seharusnya tidak boleh dilakukan terlebih dahulu sebelum adanya ikatan pernikahan.

Nah, dengan menjalani hubungan jarak jauh, tentu orang tuamu akan lebih merasa aman. Bagaimana bisa melakukan hubungan yang negatif jika kamu dan pasangan saja sangat jarang bertemu secara langsung.

3. Kamu Memiliki Cinta yang Cukup Besar Terhadap Pasangan

Memiliki Perasaan Cinta Yang Besar
Memiliki Perasaan Cinta Yang Besar

Hubungan yang kamu jalani dengan pasanganmu memang bukanlah hubungan yang seperti pada umumnya. Kamu tidak bisa bermesraan dengan pasanganmu secara langsung saat kamu melihat banyak pasangan dengan bebas melakukannya.

Jika bukan karena cintamu yang besar pada pasanganmu, tentu kamu tidak akan mampu menjalani hubungan seperti ini. Kesiapanmu dalam menjalani LDR adalah bukti nyata bahwa kamu memang benar-benar mencintainya.

4. Kamu dan Pasanganmu Memiliki Ikatan Batin yang Cukup Kuat

Memiliki Ikatan Batin Yang Kuat
Memiliki Ikatan Batin Yang Kuat

Kamu mungkin jarang bertemu dengan pasanganmu, tapi justru hal itu bisa memperkuat hubungan batin di antara kalian berdua.

Hubungan tanpa bertatap muka dan bersentuhan secara fisik, membuatmu bisa merasakan apa yang dia rasakan tanpa harus bertemu langsung dengannya.

Ikatan batin inilah yang akan membuat hubunganmu dengan pasanganmu. Saling pengertian adalah hal yang juga harus kamu perhatikan. Ini juga menjadi faktor adanya ikatan batin yang semakin kuat di antara kamu dan pasangan.

5. Meski Jarak Memisahkan, Kamu dan Pasanganmu Tak Ada Hentinya untuk Saling Mendoakan

Saling Mendoakan Pasangan
Saling Mendoakan Pasangan

Ada yang mengatakan bahwa cinta level tertinggi ada dalam doa. Nah, hubungan jarak jauh akan mengajarkanmu tentang hal yang satu ini. Kamu akan paham bahwa cinta tidak selalu harus dipertemukan secara langsung setiap hari.

Dalam diammu, kamu tak pernah berhenti untuk mendoakan dia yang sangat kamu cinta. Kamu tidak pernah berhenti untuk mendoakannya, sehingga doa itu pun selalu kamu bawa hingga kamu tertidur sekali pun.

6. Kamu dan Pasanganmu Memiliki Kemampuan yang Cukup Baik dalam Mengontrol Emosi

Mampu Mengontrol Emosi
Mampu Mengontrol Emosi

Banyak hubungan yang akhirnya kandas karena ketidakmampuan mereka dalam mengontrol emosi. Tapi hal ini berbeda dengan apa yang kamu lakukan. Menjalin hubungan jarak jauh justru membuatmu menjadi sosok yang lebih ahli dalam mengontrol emosimu sendiri.

Jarak dalam hubunganmu membuatmu sangat berhati-hati dalam mengambil sikap. Kamu lebih paham tentang kapan kamu bisa meluapkan emosimu, dan kapan kamu harus menekan emosimu terlebih dahulu.

7. Saat Bertemu Adalah Hal Indah yang Selalu Kalian Nantikan, Tidak Ada Pertengkaran di Dalamnya

Tidak Ada Pertengkaran Saat Bertemu
Tidak Ada Pertengkaran Saat Bertemu

Selama kamu terpisah jarak dengan pasanganmu, tentu ada banyak rasa rindu yang menggebu.

Jadi tak heran jika kamu bisa bertemu secara langsung dengan pasanganmu, kamu tidak akan ada waktu untuk berselisih karena kamu sibuk membayar rasa rindu yang sudah kamu tabung selama ini.

8. Kamu Cukup Hafal dengan Jadwal yang Dimiliki Pasanganmu

Mengingat Jadwal Pasangan Dengan Baik
Mengingat Jadwal Pasangan Dengan Baik

Kamu dan pasanganmu hanya bisa berhubungan melalui chat atau panggilan telepon saja. Kamu tidak bisa menemuinya secara langsung kapan pun kamu menginginkannya.

Hal inilah yang membuatmu lebih paham dan hafal tentang agenda yang pasanganmu miliki setiap hari.

Kamu sangat paham waktu tertentu saat dia sedang dalam kondisi longgar dan tidak terlalu sibuk sehingga bisa membalas pesan atau meneleponmu.

Hal ini karena kamu selalu mendapatkan jawaban yang sama saat kamu bertanya padanya tentang “sedang ngapain” atau “sedang sibuk apa?”

9. Kamu dan Pasanganmu Belajar Lebih Banyak Tentang Kepercayaan, Kejujuran, Kesetiaan dan Kesabaran

LDR Mengajarkan Kesabaran
LDR Mengajarkan Kesabaran

Ada banyak pelajaran yang kamu dapatkan dengan menjalin hubungan jarak jauh, Kamu akan lebih bisa menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pasanganmu.

Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar lebih banyak tentang pentingnya kejujuran, kesetiaan dan kesabaran dalam menjalin hubungan.

Berbeda dengan pasangan lain yang justru mungkin masih belum paham dengan baik tentang arti hubungan yang sesungguhnya. Mereka hanya sibuk menjalani hari untuk bermesraan dibandingkan untuk memahami inti dari filosofi dalam menjalin sebuah hubungan.

Akhir Kata

Itulah 9 hal istimewa yang ada dalam hubungan jarak jauh. Bagaimana? Nyatanya masih banyak hal positif dalam menjalin hubungan jarak jauh, bukan? Jadi, kamu tak perlu takut lagi dalam menjalani LDR. Kamu yang kini sedang menjalani hubungan jarak jauh juga harus bersyukur atas 9 hal istimewa tersebut.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.