in ,

6 Kelebihan E-Book Dibandingkan Buku Cetak Biasa

Kelebihan Ebook

Di era digital saat ini segalanya berubah secara perlahan, dahulu mungkin para pecinta buku kesulitan untuk memiliki buku yang kita butuhkan, namun berkat kemajuan teknologi seperti sekarang, semuanya menjadi lebih mudah kita dapatkan.

Meskipun kita tidak memiliki buku dalam bentuk yang sama, namun tetap saja hobi membaca buku bisa kita salurkan dengan memiliki e-book. Tak dapat dipungkiri bahwa memang kemajuan teknologi membawa banyak dampak positif dalam dunia tulisan.

Jika kita mengingat lagi buku dalam versi kertas seperti biasanya, tentu sangat berbanding jauh kualitas dengan e-book yang jelas awet karena tidak mungkin rusak atau koyak.

Nah, untuk kamu para pecinta buku, berikut ini adalah beragam kelebihan e-book dibandingkan buku cetak!

1. Lebih Murah

Ebook Lebih Murah
Ebook Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan buku cetak, soal harga e-book jauh lebih murah dan bahkan ada beberapa yang dibagikan secara gratis. Hal ini cukup masuk akal mengetahui bahwa e-book tidak membutuhkan biaya percetakan.

Memang kalau kita sudah menjadi pecinta buku yang mania, maka harga bukan lagi menjadi masalah. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pecinta buku diluar sana yang tidak bisa menyalurkan hobinya membaca karena terhalang oleh harga.

Tentu saja hal ini bisa menjadi salah satu keunggulan dari e-book, karena selain murah, membelinya juga mudah karena kita tinggal pesan di toko-toko online atau di golife.id.

2. Lebih Praktis

Ebook Lebih Praktis Dibandingkan Buku Biasa
Ebook Lebih Praktis Dibandingkan Buku Biasa

Membaca buku memang menyenangkan, selain itu juga menambah pengetahuan kita dan meningkatkan kemampuan otak menjadi lebih kreatif. Namun kebanyakan buku cetak yang isinya bagus kadang-kadang terlalu tebal dan berat sehingga susah dibawa kemana-mana.

Sementara jika dibandingkan dengan e-book, tentunya kita tidak akan keberatan di tas lagi atau kesusahan dalam membawa buku yang kita sukai. Sebab yang terpenting itu kan isinya.

Tak perlu repot-repot, semua isi buku yang berharga itu sudah ada di gadget kita masing-masing dan bisa di akses lewat berbagai aplikasi. Tentunya ini sangat memudahkan kita kan generasi milenial yang suka instan?

Selain itu jika kamu membeli buku cetak di toko online, jika beda pulau maka bisa jadi bukunya sampai setelah 4 hari atau seminggu. Sementara jika kamu membeli buku dalam bentuk e-book, maka kamu langsung bisa membacanya setelah proses transaksi.

3. Jika Tak Sempat Membaca, Kamu Bisa Mendengarkan Saja

Mendengarkan Ebook
Mendengarkan Ebook

Kini E-book menjadi semakin canggih dengan adanya fitur teks ke ucapan/suara. Tentu saja ini tidak ada pada buku cetak dan sepertinya sulit untuk tidak mengakui bahwa e-book jauh lebih baik daripada buku cetak.

Teknologi ini memungkinkan orang-orang dengan jadwal padat bisa tetap menambah pengetahuannya atau menikmati buku yang membuatnya penasaran dengan cukup mendengarkan.

Tentu saja ini sangat cocok bagi kamu yang terbiasa multitasking. Terlebih lagi generasi kita ini memang sukanya sama yang instan-instan bukan? Inilah kamu dimanjakan!

Selain itu fitur ini tentunya membantu anak-anak yang kesulitan membaca dan juga berguna bagi tunanetra, ditambah lagi fitur juga menambah pengetahuan kita tentang bagaimana cara membaca yang baik dan benar.

Baca Juga : 7 Aplikasi Bahasa Inggris Terbaik, Belajar Jadi Mudah dan Gratis

4. Ramah Lingkungan

Ebook Lebih Ramah Lingkungan
Ebook Lebih Ramah Lingkungan

Tentunya kita semua tahu bahwa buku cetak adalah sekumpulan kertas, sementara bahan baku dari kertas adalah kayu dan kayu berasal dari pohon. Melihat pola-pola yang saling terhubung ini tentu kita semua bisa menebak alasan mengapa e-book ramah lingkungan.

Coba bayangkan, semakin banyak kertas yang dicetak maka semakin banyak kayu yang dibutuhkan, dan semakin banyak kayu yang dibutuhkan maka semakin banyak pohon yang harus di tebang.

Jika kita terus menebang pohon, maka kita sendiri yang akan menanggung akibatnya. Terlebih di era ini seiring meningkatnya jumlah populasi, tentunya semakin banyak oksigen yang kita butuhkan dan inilah alasan mengapa kita harus menjaga lingkungan.

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi produksi kertas dan kalau bisa menghentikannya. Dengan membeli E-book, secara tidak langsung kita telah turut membantu dalam menjaga keramahan lingkungan.

5. Lebih Awet

Lebih Awet
Lebih Awet

Seperti yang sudah-sudah kita ketahui. jika buku cetak terkena air maka akan basah dan tulisannya tidak lagi terbaca. Selain itu, mengetahui bahannya kertas yang tipis tentu saja ini meningkatkan potensi kerusakan pada buku.

Bahkan jika saja tidak rusak, maka kemungkinan lainnya buku cetak bisa hilang atau bagi yang pelupa mungkin bisa saja kita lupa meletakkan bukunya dimana. Tentu ini berbanding jauh dengan keunggulan yang ada pada E-book.

Jelas bahwa E-book tersimpan dengan aman di smartphone atau pun laptop kita masing-masing, pastinya ini membuat ebook lebih awet dan kita tak perlu khawatir kehilangan sebab itu tidak mungkin terjadi.

Kita juga dapat melakukan pencadangan cloud dengan menyimpannya di Google Drive, Box, atau jenis penyimpanan online lainnya.

Baca Juga : Hemat Memori, Cobain 6 Aplikasi Penyimpanan Berkas Online Ini

6. Lebih Nyaman Di Mata

Lebih Nyaman di Mata
Lebih Nyaman di Mata

Membaca buku cetak mungkin lebih aman di siang hari, sementara jika kita membacanya di malam hari mungkin kita akan sedikit terganggu dengan pencahayaan lampu yang agak kurang sehat bagi mata.

Kabar baiknya kini e-book hadir dengan sejumlah aplikasi e-reader yang menyediakan fitur dimana kita bisa mengatur kecerahan layar tergantung selera kita sesuai waktu hari.

Di waktu siang kita bisa mengaturnya dalam mode terang dengan sedikit kecerahan yang nyaman di mata, sementara di malam hari kita bisa mengaturnya di mode gelap dengan kecerahan yang sehat bagi mata.

Tips

Dengan menginstall salah satu dari beberapa E-reader terbaik saat ini, kamu bisa menyimpan ratusan E-book dalam satu aplikasi dan itu sama saja seperti kamu membawa ratusan buku dalam satu buah tas, bagaimana mungkin? Pastinya tas kita akan rusak.

Selain itu banyak lagi kelebihan e-book jika kita membacanya dengan menggunakan aplikasi E-reader. Sekian dulu artikel tentang 6 kelebihan e-book dibandingkan buku cetak. Semoga bermanfaat!