in , , ,

Selalu Dicap Buruk, Inilah 5 Kelebihan Tak Terduga Orang yang Mudah Baperan

Kelebihan Jadi Orang Yang Baperan

Apakah kamu merasa begitu sensitif terhadap orang-orang dan lingkungan sekitar? Jika iya, maka bersyukurlah. Sebab orang yang sensitif memiliki kelebihan tak terduga dan tentunya lebih dari apa yang bisa kamu bayangkan.

Tapi kembali lagi mengingat selama kita bergaul dan mengalami begitu banyak kisah, rata-rata orang kerap beranggapan bahwa sifat sensitif adalah titik kelemahan seseorang. Kita dicap dengan sebutan baperan, lebay, drama queen dan sebagainya.

Dengan segala komentar tajam yang secara langsung menyerang ke arah muka kita selama ini, rasanya hal itu juga ikut memengaruhi pola pikir dan cara kita dalam memandang diri sendiri.

Sehingga kita kesulitan untuk menerima diri sendiri dan juga sulit menemukan karunia di balik sifat sensitif yang kita miliki. Nah, Fakta psikologis tentang kelebihan orang yang sensitif berikut akan mengubah persepsimu!

1. Memiliki Empati yang Tinggi

Memiliki Empati Tinggi
Memiliki Empati Tinggi

Menjadi seorang yang sensitif memungkinkan kita lebih mudah merasakan apa yang orang lain rasakan. Hal ini dikarenakan, sensitivitas berjalan seiring dengan empati, sehingga tidak mengherankan jika kamu begitu mudah masuk ke dalam pengalaman orang lain.

Seolah-olah pengalaman orang lain adalah pengalaman kamu juga. Dengan kata lain, kamu seolah mengalami meskipun belum benar-benar mengalaminya. Tentu tidak semua orang bisa seperti dirimu, maka bersyukurlah.

Empati yang kamu miliki membuat orang-orang tertarik untuk bercerita dan menjadi lebih terbuka kepadamu. Mereka merasa seperti menemukan sahabat baik meskipun bisa jadi baru kenal sebentar denganmu.

Tips:

Jangan salah, terlalu banyak mendengarkan kesedihan dan berita negatif dari orang lain dapat menarik kamu ke dalam energi negatif, maka kamu perlu menyisihkan waktu untuk diri sendiri dengan bermeditasi, beribadah dan berdoa.

Coba Pelajari Juga : 10 Sifat Dasar Manusia Yang Sangat Menyenangkan.

2. Pandai Membaca Situasi

Pandai Membaca Situasi
Pandai Membaca Situasi

Sensitivitas memunculkan intuisi alami dalam diri seseorang. Hal ini tentu saja menjadikan dirimu sosok yang pandai membaca situasi. Sebab setiap hal yang kamu lakukan, kemana pun kamu pergi bahkan senyum dan tawa yang kamu tunjukkan adalah cerminan dari isi hatimu sendiri.

Selain itu, intuisi alami dalam dirimu juga menjadikan kamu seorang pendengar yang baik. Sebab ketika orang lain berbicara, kamu tidak hanya mendengarkan apa yang mereka ucapkan.

Tetapi kamu juga membaca bahasa tubuh orang lain dengan memperhatikan tinggi-rendah suara, ekspresi wajah dan pergerakan tubuh lainnya. Sehingga kamu lebih perhatian dan responsif terhadap situasi yang di alami orang lain.

Bukan hanya itu saja, dalam kehidupan sehari-hari yang kamu alami baik pertemanan, keluarga atau pekerjaan, kamu begitu peka terhadap segala situasinya sehingga tak perlu bingung untuk tahu dimana harus menempatkan diri.

Tips: 

Kamu perlu melatih lagi intuisi alami yang sudah ada dalam dirimu, sehingga kamu bisa membedakan antara ego dengan suara hati. Sebab keduanya sama-sama berasal dari dalam diri kita.

Selain itu, isilah hatimu dengan cinta, kasih sayang dan rasa syukur sebab hal itu bisa menjagamu dari berprasangka buruk terhadap apapun. Sebab kepekaan yang kamu miliki bisa saja tertutupi ego jika tidak dilatih dengan baik.

3. Bisa Menjadi Pemimpin yang Luar Biasa

Bisa Menjadi Pemimpin
Bisa Menjadi Pemimpin

Sensitivitas biasanya menandakan seseorang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Nah, saat kita berbicara tentang kecerdasan emosi, itu tidak hanya tentang memahami diri sendiri dan memahami orang lain.

Tetapi juga tentang memahami segala situasi yang terlihat mata mau pun tidak. Kemampuan ini memungkinkan kamu untuk menjadi seorang pemimpin yang luar biasa disukai oleh banyak orang.

Sifat sensitif yang kamu miliki kerap mengarahkanmu untuk duduk diam dan merenungkan semua yang sudah terjadi, dengan kata lain kamu banyak introspeksi diri hingga waktu ke waktu kualitasmu terus meningkat.

Meningkatnya kualitas diri tentu saja berjalan seiring dengan peningkatan kinerja dalam setiap apapun yang kamu kerjakan, baik dalam menyusun strategi atau pun turun langsung ke lapangan.

Tips: 

Fokus saja pada pengembangan diri dan pertumbuhan ke arah yang positif, teruslah menambah pengetahuan, pengalaman dan ilmu sebab hal itu akan meningkatkan kepercayaan dirimu.

Ketika kamu sudah menjadi orang cerdas yang percaya diri, maka tak ada satupun yang bisa menghalangi kamu untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat.

4. Seorang Inovator yang Cerdas, Bisa Mengubah Permainan

Inovator Yang Cerdas
Inovator Yang Cerdas

Orang-orang yang sensitif kerap memperhatikan segala hal secara detail. Kamu menggunakan kesadaran penuh hampir setiap waktu sehingga bisa melihat hal-hal detail yang mungkin ter-lewat di mata orang lain.

Memperhatikan apa pun jika ditambah berpikir secara mendalam tentu saja memungkinkan kita menggabungkan ide-ide menjadi sesuatu yang baru. Luar biasa bukan? Hanya orang-orang dengan sensitivitas tinggi yang bisa melakukannya.

Kamu seharusnya bersyukur, sebab hidup di era informatif saat ini dibutuhkan orang-orang yang inovatif. Jadi, terserah jika kamu memanfaatkan kelebihan ini untuk bekerja di suatu perusahaan kreatif atau membangun bisnis mu sendiri.

Pada intinya, jangan pernah menyia-nyiakan kelebihan yang kamu miliki ini. Sebab, diluar sana banyak orang berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan sensitivitas, sementara kamu hanya perlu menerima dan berdamai dengan dirimu sendiri saja.

Tips: Sebagai orang yang sensitif, tentu kamu mengalami semuanya dengan perasaan yang lebih mendalam. Entah itu perasaan sedih atau senang, namun intinya kamu memiliki dunia perasaan yang lebih kaya dari orang-orang yang tidak sensitif.

Maka, kamu hanya perlu lebih percaya diri dan menyadari potensi kamu di dunia kreatifitas seperti menjadi pelukis, musisi, penulis, fotograper/videograper dan desainer.

Bahkan jika kamu tidak ingin menjadi seorang seniman, maka apapun yang kamu kerjakan itu akan menjadi lebih bagus jika ditambahkan sedikit sentuhan seni yang mengandung makna mendalam.

5. Kamu Lebih Mudah Bangkit Dari Kegagalan

Bangkit Dari Kegagalan
Bangkit Dari Kegagalan

Kegagalan, keterpurukan atau kesengsaraan dan segala bentuk kesedihan lainnya memang tidak ada yang mudah dihadapi, tapi setidaknya kamu lebih cepat berdiri setelah jatuh, kamu lebih cepat bangkit dari kegagalan.

Seseorang yang sensitif rata-rata memiliki sistem kepercayaan yang kuat. Entah kepercayaan pada prinsip sendiri, kepercayaan pada suatu kekuatan yang lebih besar atau apapun itu, pada intinya kepercayaan itu menjadikan kamu orang yang tidak mudah goyah.

Sebab terkadang sensitivitas juga berjalan seiring dengan pertumbuhan spiritual seseorang. Intuisi alami dalam dirimu selalu memberi petunjuk padamu, sehingga kamu tahu harus bersikap seperti apa, meskipun kamu tidak pernah tahu darimana asal pengetahuan itu.

Memang dalam banyak cerita dan pengalaman orang, kebangkitan spiritual berawal dari penderitaan dan kesedihan yang mendalam. Sebagai orang yang sensitif, kamu juga memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi.

Tips: 

Menjadi orang yang sensitif tidaklah mudah, sebab dalam berbagai situasi kamu selalu merasakan sesuatu yang mungkin tidak dirasakan orang lain. Maka dari itu sangat penting agar kita mulai membangkitkan sisi spiritual yang lebih kuat.

Hubungkan dirimu selalu dengan suatu kekuatan yang lebih besar, entah kamu menyebutnya Tuhan, dewa, alam semesta atau apapun itu, namun pada intinya Dia-lah kekuatan paling besar yang menjadi awal dari segalanya.

Akhir Kata

Kamu memiliki bakat yang luar biasa lebih dari apa yang bisa dibayangkan. Jika kamu terus berusaha mengasah sensitivitas itu, maka dunia ini pun bisa kamu ubah. Sekarang yang harus kamu lakukan adalah melangkah maju.

Percayalah, dunia sedang membutuhkan orang-orang seperti dirimu. Coba Pelajari Juga : Selain Suka Menyendiri, Ini 10 Kelebihan Seorang Introvert.

Written by Ilham Damanik

Klik icon instagram jika ingin mengenal saya lebih dekat!