in ,

Selain Suka Menyendiri, Ini 10 Kelebihan Seorang Introvert

Kelebihan Introvert

Kelebihan seorang introvert tidak hanya disembunyikan oleh individu yang memiliki kepribadian ini. Individu dengan tipe kepribadian ini juga dapat menunjukkan kelebihannya kepada orang lain baik dalam bekerja, akademis hingga berkarya. Jangan kira seorang introvert hanya bisa berdiam diri dan menunjukkan rasa malu saja.

Image seorang introvert memang terkenal dengan penyendiri, kurang menyukai keramaian sehingga terlihat seperti orang yang selalu kesepian. Sehingga orang dengan tipe kepribadian dikenal dengan stigma bahwa mereka memiliki banyak masalah, sering dianggap sedang stres hingga adanya gangguan kejiwaan.

Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Orang dengan tipe introvert memang lebih memilih diam ketika terjadi percakapan yang ia merasa belum waktunya untuk menunjukkan pendapat. Namun ketika ia sudah berpendapat maka anda akan dibuatnya kagum. Jadi sebaiknya buang jauh0jauh persepsi buruk pada orang introvert ya.

Seorang introvert lebih menyukai hal-hal yang berkaitan dengan dirinya tanpa adanya faktor dari luar. Mereka lebih mengandalkan faktor internal dalam segala hal. Meski mungkin sering dikonotasikan negatif, orang dengan tipe kepribadian introvert ini juga memiliki kelebihan baik itu dalam pekerjaan, hubungan hingga pada lingkungan tempat ia tinggal.

Seseorang yang dikenal dengan stigma sebagai anti sosial, pemalu dan tidak ramah ini juga memiliki kelebihan yang mungkin tidak anda ketahui. Apa saja kelebihan seorang introvert ini? berikut penjelasannya.

1. Pendengar Yang Baik

Tidak disangka bahwa seorang introvert dapat menjadi pendengar yang baik. Hal ini karena mereka secara alami mahir dalam mendengarkan secara aktif. Individu yang introvert dapat mendengarkan dan dapat menjadi teman yang bisa anda andalkan untuk berbagi keluh kesah.

Seorang introvert dapat memproses informasi secara internal yang memungkinkan mereka untuk mendengar, memahami dan mempertimbangkan dengan baik sebelum merespon.

Dengan kemampuan mendengarkan yang baik, mereka dapat menjadi pasangan yang baik karena dapat menganalisa percakapan dari lawannya dengan baik dan terarah.

2. Berpikir Sebelum Berbicara

Kelebihan seorang introvert adalah mereka mampu untuk berpikir dengan matang terlebih dahulu sebelum berbicara.

Mereka akan memilih kata-kata dengan hati-hati agar apa yang disampaikan tepat sasaran tanpa perlu melukai lawan bicaranya. Namun hal ini membuat mereka cenderung lambat dalam membuat keputusan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Untuk itu mereka harus terlatih untuk belajar memutuskan sesuatu dengan matang meski dalam tempo waktu yang lebih singkat dari biasanya.

Meskipun individu dengan tipe ini lebih banyak berpikir sebelum bicara, bukan berarti diamnya mereka karena tidak tahu topik apa yang sedang dibicarakan. Mereka hanya sangat berhati-hati dalam memilih perkataan yang akan diucapkan.

3. Pintar Menyimpan Rahasia

Salah satu keuntungan menjadi seorang introvert adalah tipe ini pandai menyimpan rahasia. Sehingga ia tidak akan menceritakan hal-hal yang bersifat rahasia yang diketahui pada orang lain. Hal ini karena lebih suka mendengarkan ketika bersosialisasi meski jarang.

Jika anda ingin menceritakan hal pribadi yang bersifat rahasia anda bisa memilih teman dengan tipe introvert yang dapat anda percayai.

4. Pertemanan Yang Berkualitas

Kelebihan seorang introvert lainnya yakni mereka memiliki circle pertemanan yang berkualitas. Hal ini dikarenakan mereka adalah orang yang selektif dalam memilih teman.

Ketika seorang introvert berteman dengan seseorang dan cocok, mereka akan jauh lebih berkualitas meski teman tersebut mungkin tidak memiliki tipe yang sama.

Mereka juga cenderung memiliki sedikit teman karena jumlah dari pertemanan tidak akan banyak berpengaruh dalam hidupnya.

Karena sedikit teman yang berkualitas dan terpercaya akan lebih dari cukup daripada memiliki banyak teman namun tidak berkualitas.

Ngomongin tentang pertemenan, baca juga Jauhi Teman yang Tidak Baik Untukmu, Sebelum Menyesal.

5. Mandiri

Seorang introvert lebih memilih untuk bekerja sendirian dan menangani segala sesuatunya sendiri. Mereka dapat melakukan segalanya sendiri karena terbiasa menghandle semua permasalahan dalam hidupnya sendirian saja. Mereka hampir tidak pernah menggantungkan hidupnya pada orang lain.

Namun tidak hanya kelebihan seorang introvert dalam hal mandiri saja sehingga mereka tidak memerlukan bantuan dari orang lain. Mereka akan membutuhkan bantuan dari orang lain hanya ketika mereka sudah berada dalam keadaan yang sangat mendesak.

6. Kreatif

Dengan terbiasa mandiri, orang dengan tipe introvert akan terbiasa dengan hal-hal baru di mana mereka menemukan caranya sendiri. Hal ini dapat memunculkan sisi kreativitas dari individu yang introvert.

Kelebihan seorang introvert meski sibuk dengan dunianya sendiri adalah mereka dapat berpikir out of the box. Mereka memiliki banyak ide kreatif yang mungkin datang dari imajinasi mereka sendiri.

Tipe introvert yang kurang dapat mengekspresikan dirinya sendiri ini memilih menuangkannya dalam karya sebagai media pengekspresian diri. Ide-idenya pun menarik dan inovatif.

Tidak salah jika kebanyakan orang yang kreatif adalah mereka yang memiliki tipe introvert.

Nah, berbicara tentang karya tidak jauh-jauh tentang pekerjaan. Coba baca Para Introvert, Mungkin 6 Pekerjaan Ini Cocok Untuk Kamu Tekuni.

7. Bijak dan Peduli

Kelebihan seorang introvert selain kreatif adalah mereka juga lebih bijaksana dan peduli terhadap orang-orang di sekitarnya. Hal ini karena mereka selalu bercermin dan berinteraksi dengan diri sendiri dulu alias rajin mengintrospeksi diri.

Sehingga mereka memiliki pola pikir yang lebih dewasa dan bagian ini membuat mereka memiliki pesona lain sebagai seorang introvert.

Pembawaan seorang introvert yang tenang, kalem dan adem membuatnya dapat mengendalikan emosi dengan baik. Sehingga mereka sering kali tanpa perlu berkata banyak, ia akan mudah memahami situasi yang sedang terjadi, apalagi jika dihadapkan pada pasangannya.

Ketika seorang introvert dihadapkan pada pekerjaan, ia mampu menjadi pemimpin yang baik karena sikap bijaksana dan banyak berpikir sebelum bertindak akan pengambilan keputusannya

8. Memiliki Kejelian

Seorang introvert memiliki kelebihan yakni keterampilan akan pengamatan. Mereka dapat memperhatikan hal-hal yang mungkin luput dari perhatian orang lain. Hal ini karena mereka berbicara dan memprosesnya dengan serius dan keras.

Kejelian ini juga berlaku ketika mereka dihadapkan pada suatu situasi dalam ruangan. Mereka dapat memperhatikan bahasa tubuh dan ekspresi wajah seseorang sehingga mereka memiliki keterampilan komunikasi antar pribadi yang baik.

Kelebihan seorang introvert dalam kejelian ini dapat membantunya untuk mengetahui kapan seseorang berpikir, memproses, mengamati dan kemudian mereka akan memberikan ruang untuk bertindak.

9. Fokus

Orang yang memiliki tipe kepribadian introvert juga dapat sangat fokus pada sesuatu hal. Karena mereka jarang sekali terpengaruh oleh faktor eksternal dan meyakini kemampuan diri sendiri sehingga mereka memiliki tingkat fokus yang bisa dipertimbangkan.

Maka tak heran jika seorang introvert dapat bertahan pada jangka waktu yang lama meski sendirian tanpa harus merasa bosan.

Apa itu bosan, tidak ada dalam kamus orang introvert. Mereka membutuhkan lingkungan yang tenang dengan menyendiri untuk dapat berkonsentrasi.

Sehingga orang introvert lebih cenderung cocok pada pekerjaan seperti ilmuwan, peneliti hingga ahli yang bekerja pada laboratorium.

Ngomongin tentang fokus, coba baca juga Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak Agar Lebih Fokus.

10. Problem Solver

Jika ada masalah yang sedang dihadapi oleh seorang introvert, maka mereka dapat menjadi pemecah masalah yang baik. Inilah kelebihan seorang introvert.

Mereka didukung oleh faktor pendengar yang baik, pandai menjaga rahasia dan memiliki kualitas pertemanan sehingga jarang terpengaruh oleh gosip.

Mereka dapat mengumpulkan data, menganalisis dan menentukan inti permasalahan dengan cepat. Maka seorang introvert dapat menyelesaikan masalah dengan lebih mudah dan objektif.

Itulah 10 kelebihan seorang introvert yang perlu kita ketahui. So, jangan dikira introvert Cuma bisa diam dan menyendiri saja ya.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.