in

Keputusanmu Membiarkan Dia Pergi Sudah Benar Jika Alasannya Karena Hal Ini

Membiarkan Pasangan Pergi

Perlu pertimbangan yang jeli dalam mengambil sebuah keputusan jika kamu tidak ingin menyesalinya di kemudian hari. Kamu harus berpikir dengan matang sebelum memutuskan apa yang akan kamu lakukan ke depannya. Termasuk dalam hal yang terkait dengan orang yang kamu cintai.

Sebenarnya perpisahan adalah hal yang wajar dalam menjalin sebuah hubungan. Kamu tidak bisa memaksakan seseorang untuk tetap tinggal bersamamu. Sebaliknya, mungkin dengan membiarkannya pergi, justru itu adalah hal terbaik baik itu untuk dirimu sendiri maupun untuk dia yang kamu harus lepaskan.

Jangan merasa jika hubunganmu berakhir dan kamu membiarkannya pergi begitu saja, artinya kamu sudah kalah telak. Justru dengan melepaskannya bisa saja kamu sudah memberi peluang untuk kemenanganmu di masa yang akan datang nanti.

Tetaplah berpikiran positif. Berpisah adalah hal yang wajar. Keputusanmu sudah benar jika kamu melepaskan dia pergi darimu karena 7 alasan ini.

1. Tidak Ada Gunanya untuk Memaksanya Tetap Bertahan Jika yang Kamu Dapatkan dari Hubungan Itu Hanyalah Luka

Jika Hubunganmu Hanya Luka
Jika Hubunganmu Hanya Luka

Kamu tidak akan mendapatkan apa yang kamu inginkan dari sebuah hubungan yang tidak sehat. Yang akan kamu dapatkan mungkin hanyalah rasa lelah dan luka yang semakin hari selalu bertambah. Dari sinilah seharusnya kamu bisa menyadari apakah hubunganmu memang harus tetap dipertahankan atau tidak.

Memilih untuk membiarkan dia pergi karena yang kamu dapatkan hanyalah luka selama kamu menjalin hubungan dengannya adalah keputusan yang tepat. Kamu tidak bisa terus menerus bertahan dalam hubungan yang rumit. Jika dia sudah tidak bisa diajak memperbaiki diri, maka artinya kamu harus melepasnya.

Baca Juga : Ini Tanda Adanya Kekerasan Emosional dalam Hubungan Pacaran

2. Menghargai Keputusannya untuk Pergi Darimu

Menghargai Keputusan Pasangan Untuk Pergi
Menghargai Keputusan Pasangan Untuk Pergi

Setiap orang berhak untuk memutuskan apa yang akan dia lakukan. Saat pasanganmu sudah mengambil keputusan, maka sudah sepatutnya kamu menghargai keputusan yang sudah dia ambil.

Tidak ada lagi hak untuk kamu memaksakan dia tetap tinggal bersamamu. Terlebih jika tujuan yang kalian miliki sudah jauh berbeda. Kamu tidak bisa bertindak egois dengan mementingkan keinginanmu sendiri tanpa menghiraukan apa yang juga diinginkan oleh pasanganmu.

Jika kamu membiarkan dia pergi untuk menghargai keputusan yang sudah dia ambil, maka keputusanmu sudah benar. Kamu sudah cukup dewasa dalam menghadapi sesuatu. Membiarkan dia pergi mungkin akan menjadi keputusan terbaik yang pernah kamu ambil.

3. Kamu Tidak Memiliki Alasan untuk Bahagia Saat Bersamanya

Kamu Tidak Memiliki Alasan Bahagia Bersamanya
Kamu Tidak Memiliki Alasan Bahagia Bersamanya

Tentu saja setiap orang tidak akan menginginkan hubungannya berakhir di tengah jalan. Tetapi sebagai manusia, tentu mengontrol takdir adalah hal yang tidak bisa dilakukan. Meski berat, kamu harus bisa melepaskan orang yang kamu cintai demi kebaikan kedua belah pihak.

Terlebih jika selama menjalin hubungan dengannya kamu tidak pernah sedikit pun merasa bahagia. Meski saat ini kamu masih sanggup bertahan, kamu tidak pernah tahu seberapa besar lagi kemampuanmu untuk menahan semua sakit yang kamu rasakan.

Kamu berhak untuk bahagia. Jika dia yang kamu cintai nyatanya tidak bisa membahagiakanmu, maka lepaskan saja dia. Mungkin bahagiamu memang bukan dengannya. Dengan membiarkan dia pergi, mungkin kamu bisa menemukan sosok yang bisa membuatmu lebih bahagia dibandingkan saat kamu masih bersamanya.

4. Hatimu Sudah Bisa Menerima Kenyataan Bahwa Kamu dan Dia Hanya Ditakdirkan untuk Bertemu Tanpa Harus Bersama

Hanya Ditakdirkan Bertemu Tanpa Harus Bersama
Hanya Ditakdirkan Bertemu Tanpa Harus Bersama

Tidak ada yang tahu tentang siapa yang akan menjadi jodoh sejatimu. Meski saat ini kamu sudah memiliki pasangan, belum tentu dialah yang akan menemanimu sampai akhir nanti.

Jika memang kenyataanya kamu dan dia bukanlah jodoh yang Tuhan takdirkan, maka terimalah dengan lapang dada. Lepaskan dia karena kenyataannya kamu dan dia hanya ditakdirkan oleh Tuhan untuk sekadar bersapa, bukan bersama.

5. Kamu Bisa Menemukan Sosok yang akan Mencintaimu dengan Tulus Tanpa Kamu Minta Sekalipun

Menemukan Orang Baru Yang Tulus Mencintai
Menemukan Orang Baru Yang Tulus Mencintai

Di dunia ini tidak hanya dia yang bisa kamu cintai. Jika selama ini kamu selalu menjadi pihak yang memelas cinta kepadanya, maka berhentilah. Hidupmu tidak hanya tentangnya.

Kamu pantas untuk mendapatkan sosok yang bisa tulus dalam mencintaimu. Jika alasanmu melepaskannya adalah karena kamu percaya bahwa di luar sana pasti ada seseorang yang bisa mencintaimu dengan tulus meskipun kamu tidak memintanya, maka alasanmu membiarkannya pergi sudah tepat.

6. Kamu Perlu Memberi Waktu untuk Dirimu Bisa Mencintai Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Menyisihkan Waktu Mencintai Diri Sendiri
Menyisihkan Waktu Mencintai Diri Sendiri

Selama ini mungkin kamu terlalu mencintainya sehingga lupa untuk mencintai dirimu sendiri. Padahal untuk bisa dicintai oleh seseorang dengan tulus, seharusnya kamu bisa lebih dulu mencintai dirimu sendiri.

Mungkin dengan melepaskannya, kamu akan bisa memiliki lebih banyak waktu untuk belajar. Bukan hanya belajar untuk mencintai orang lain saja, tetapi juga belajar untuk bisa lebih mencintai dirimu sendiri sebelum menuntut orang lain untuk mencintaimu dengan sepenuh hati.

7. Membiarkan Dia untuk Hidup Bahagia dengan yang Lain

Membiarkan Dia Hidup Bahagia
Membiarkan Dia Hidup Bahagia via https://thoughtcatalog.com/

Bagaimana bisa kamu bersama dengan orang yang tidak menginginkan keberadaanmu. Mencintai dan ambisi untuk memiliki adalah dua hal yang berbeda. Kamu tidak bisa memaksanya untuk tetap bersamamu saat dia sendiri tidak merasa bahagia denganmu.

Keputusanmu sudah tepat dengan membiarkannya pergi karena kamu tahu dia akan lebih bahagia jika bersama dengan orang yang tepat untuknya. Dan orang yang tepat itu bukan dirimu.

Baca Juga : Move On, Inilah 5 Cara Melupakan Seseorang yang Telah Menyakiti Dirimu

Itulah 7 alasan yang lumrah untuk kamu melepaskan orang yang kamu cintai. Terkadang kamu tidak hanya bisa bahagia karena dia ada bersamamu. Sebaliknya, kamu justru akan menciptakan kebahagiaan yang lebih besar untukmu dan untuknya saat kamu membiarkannya pergi darimu.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.