in

Tak Perlu Khawatir, 6 Keraguan Ini Wajar Kamu Rasakan Ketika Jalani Hubungan

Keraguan Saat Menjalani Hubungan
Keraguan Saat Menjalani Hubungan

Sebagian orang sering salah dalam memahami makna hubungan. Mereka kerap menganggap hubungan percintaan identik dengan kebahagiaan. Ya, mungkin ada sedikit hal yang benar, tapi sebenarnya tak hanya kebahagiaan yang mewarnai adanya sebuah hubungan.

Hubungan percintaan tak melulu tentang rasa bahagia saja. Di dalamnya juga ada rasa cemburu, marah, sedih, kecewa, ragu, atau bosan. Semua hal itu wajar ada dalam sebuah hubungan.

Jadi saat kamu merasa ragu ketika menjalani hubungan, kamu tak perlu khawatir karena nyatanya enam keraguan ini wajar adanya. Yuk, langsung simak saja keraguan yang seperti apa sih yang wajar adanya ketika sedang menjalani sebuah hubungan!

1. Ragu tentang Apakah Kamu Sosok yang Pantas untuk Pasanganmu

Ragu Apakah Kamu Sosok Yang Pantas
Ragu Apakah Kamu Sosok Yang Pantas

Kamu tak bisa menilai akan pantas tidaknya kamu untuk pasanganmu. Yang bisa tahu hal itu adalah pasanganmu sendiri. Dia yang lebih bisa merasakan bagaimana pentingnya kamu dalam kehidupannya.

Jika sampai saat ini dia masih setia di sampingmu, bukankah itu sudah menjawab keraguanmu. Dia  yang menjadi pasanganmu bukan orang bodoh yang akan terus bertahan dengan orang yang menurutnya tak pantas dia pertahankan.

Dia masih ada di sampingmu karena baginya kamu satu-satunya orang yang pantas untuk mendampinginya.

Kamu hanya perlu berusaha menjadi sosok yang lebih baik untuk memantaskan dirimu untuknya jika kamu tetap merasa dirimu tidak pantas untuk mendampingi dia yang begitu sempurna.

2. Ragu tentang Apakah Dia yang Kini Menjadi Pasanganmu akan Menjadi yang Terakhir dan Satu-satunya sampai Akhir Nanti

Keraguan Akan Pasangan Membuatmu Bertanya Apakah Ia Sosok Yang Terakhir
Keraguan Akan Pasangan Membuatmu Bertanya Apakah Ia Sosok Yang Terakhir

Meskipun sudah jelas bahwa jodoh tak pantas untuk dirisaukan, nyatanya memang masih banyak orang yang ragu akan hal ini. Keraguan seperti ini biasanya sering menghampiri pasangan yang sudah mendekati gerbang pernikahan.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Hubungan Bertahan, Meski Takdir Sepenuhnya Milik Tuhan

Ya, bisa dibilang rasa ragu ini adalah salah satu ujian yang harus berhasil dilewati oleh pasangan yang akan menikah. Kamu pun perlu berhati-hati jika kamu tak ingin hubungan yang sudah kamu jaga selama ini hancur hanya karena keraguan yang sebenarnya bisa kamu tepiskan.

Cobalah yakinkan hatimu kembali. Jangan sampai kamu terbujuk oleh rasa ragu yang satu ini.

3. Ragu tentang Bagaimana Perasaan Pasanganmu Sama dengan Perasaan yang Kamu Simpan Untuknya

Ragu Akan Perasaan Yang Tidak Sama
Ragu Akan Perasaan Yang Tidak Sama

Apakah kamu pernah merasakan keraguan yang satu ini? Sebagian besar orang pasti akan menjawab “iya”. Tentu saja karena keraguan ini memang wajar adanya dalam menjalani sebuah hubungan.

Bisa dibilang rasa ragu ini juga termasuk bumbu-bumbu dalam sebuah hubungan loh.

Apa ada pasangan yang tak pernah merasakan ragu ketika menjalani hubungan mereka?

Rasanya tidak ada pasangan yang akan menjawab bahwa mereka tidak pernah sekali pun merasa ragu ketika menjalani hubungan mereka.

Saat kamu merasakan keraguan yang satu ini, jangan tahan dirimu untuk langsung bertanya pada pasanganmu. Cobalah untuk saling terbuka satu sama lain. Tanpa bertanya kamu tak akan pernah tahu jawabannya bukan?

4. Ragu Tentang Apakah Kamu dan Dia Memang Pasangan yang Cocok

Apakah Aku Cocok Dengan Pasanganku ?
Apakah Aku Cocok Dengan Pasanganku ?

Rasa ragu lainnya yang sering menghampiri para pasangan yang sedang dimabuk asmara adalah rasa ragu akan kecocokan satu sama lain. Mungkin kamu merasa ragu karena ada hal yang tidak sama antara kamu dan dia, mungkin dari segi sifat atau cara berpikirnya.

Yang perlu kamu ingat, pasangan bukan dua orang yang sama dalam segala hal, melainkan dua orang berbeda yang mampu melengkapi satu sama lainnya. Bisa dibuktikan, jika kamu meneliti semua pasangan yang ada di dunia ini, tidak akan pernah ada satu pun pasangan yang benar-benar cocok 100%.

Pasti ada hal yang tidak cocok antara keduanya tapi mereka tetap bisa menjadi pasangan seumur hidup. Hal itu bisa terjadi karena meskipun mereka berbeda, mereka berusaha untuk saling menerima dan saling melengkapi satu sama lain.

5. Ragu tentang Apakah Dia Bisa Menjaga Hatinya Hanya Untukmu Seorang

Meragukan Kesetiaan Pasangan
Meragukan Kesetiaan Pasangan

Jika kamu bertanya-tanya akan kesetiaannya, coba tanyakan kembali hal itu pada dirimu sendiri. Apakah kamu sudah bisa menjadi sosok terbaik untuk menjaga hatinya? Jangan-jangan justru kamu yang jadi penyebab ketidaksetiaannya.

Jika kamu masih saja ragu akan kesetiaannya, tak ada salahnya kamu mencoba untuk menghabiskan waktu berdua. Cobalah untuk berbicara dari hati ke hati. Sampaikan apa yang selama ini mungkin belum kamu sampaikan padanya.

Sampaikan juga apa yang menjadi keraguanmu selama ini padanya. Dengan begitu, kamu akan lebih tahu apa yang dia inginkan dan apa yang kamu inginkan darinya. Kepercayaan, kesetiaan, itu munculnya dari keterbukaan antara pasangan.

6. Ragu tentang Apakah Hubungan Kalian akan Berakhir dengan Bahagia atau Justru Malah Sebaliknya

Khawatir Hubungan Tidak Akan Bahagia
Khawatir Hubungan Tidak Akan Bahagia

Keraguan yang satu ini sangat wajar di alami setiap pasangan, terutama pasangan yang masih menjalani hubungan pacaran. Wajar jika kamu ragu tentang akhir hubungan yang kamu jalani saat ini.

Mungkin kamu berpikir tentang apakah hubunganmu dengan pasanganmu bisa sampai ke tahap yang lebih serius yaitu pernikahan atau justru akan berakhir menyedihkan.

Keraguan apapun yang kamu rasakan seharusnya tak lantas membuatmu dengan mudah mengakhiri sebuah hubungan. Cobalah untuk lebih saling memahami karakter, sikap, kebiasaan, maupun kemauan pasangan dalam sebuah hubungan.

Sebenarnya kamu tak perlu mengerahkan semua perhatianmu pada rasa ragu yang menghampiri ketika kamu menjalani sebuah hubungan. Lebih fokuslah pada dirimu sendiri dan juga pasanganmu.

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Para Lelaki Jatuh Hati pada Sosok Perempuan Mandiri

Fokuslah pada apa yang kamu dan pasanganmu cita-citakan di masa depan. Tak pantas rasanya jika kamu terlalu memikirkan akhir perjalanan cintamu ketika akhir dalam sebuah hubungan tak pernah ada.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.