in

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Generasi Muda

Kesehatan Mental Generasi Muda

Menjaga kesehatan mental sama dengan menjaga kesehatan fisik, sebab jika kita berusaha menjaga yang ada di dalam maka secara otomatis kita juga akan akan menjaga yang ada diluar.

Dengan kata lain, menjaga kesehatan mental berarti menjaga kesehatan pikiran dan emosi, jika kita menjaga pikiran tetap positif tentunya tubuh kita juga akan bertindak untuk mengerjakan hal-hal yang positif sehingga tubuh pun ikut sehat.

Sementara jika kesehatan mental sudah terganggu, maka kesehatan fisik juga akan terganggu, penelitian telah membuktikan bahwa 90 % penyakit fisik disebabkan oleh beban mental.

Hal ini tentunya sangat penting untuk diketahui terutama bagi kita generasi muda, bahwa tahun-tahun terakhir ini kasus bunuh diri akibat gangguan mental pada remaja semakin meningkat.

Ironisnya selama ini kita mengabaikan masalah kesehatan mental, mungkin hal ini disebabkan karena kita belum menyadari alasan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Mengapa Menjaga Kesehatan Mental Itu Penting?

Kesehatan mental itu penting karena kita bukan hanya tubuh fisik saja, tetapi juga jiwa, pikiran, dan emosi. Kita harus menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental, hanya saja hari ini kita terlalu fokus kepada fisik dan melupakan pentingnya menjaga mental.

Padahal, mental adalah dirimu, sebab ia memengaruhi pikiran, perilaku hingga emosi. Sebab pada kenyataannya seseorang yang mentalnya sehat dan kuat, maka perilakunya juga baik dan menyenangkan.

Namun seseorang yang fisiknya sehat dan kuat, apakah juga berperilaku baik? Belum tentu, sebab perilaku seseorang tidak dipengaruhi oleh fisiknya, melainkan mental. Jadi, tak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa kesehatan mental itu tidak penting.

Apa Pengaruh Kesehatan Mental Bagi Kehidupan?

Setiap hal pasti memiliki sebab-akibat. Jika kakimu sakit, maka kamu akan kesulitan untuk berjalan. Jika mental kamu sakit, maka apa dampaknya terhadap kehidupan?

Jelas saja penyakit mental membawa dampak yang lebih parah ketimbang penyakit fisik. Sebab ia memengaruhi segala aspek kehidupan, yaitu:

  • Hubungan: Seseorang yang memiliki gangguan mental biasanya kesulitan untuk mendapatkan hubungan yang erat dan bermakna, mereka kerap merasa kesepian dan hampa sehingga sulit merasakan kebahagiaan dalam suatu hubungan apapun.
  • Pekerjaan: Seseorang dengan gangguan mental biasanya juga akan sulit menemukan pekerjaan, bahkan bagi mereka yang sudah memiliki pekerjaan pun tidak bisa menikmati pekerjaannya sebab mereka sangat mudah stress dan putus asa dalam bekerja.
  • Kesehatan: Seseorang yang mentalnya lemah biasanya akan lebih mudah di serang penyakit, hal ini terkait dengan psikosomatis dimana seseorang benar-benar sakit akibat pikiran negatif.

Mengetahui begitu dalamnya pengaruh kesehatan mental terhadap kehidupan kita, tentunya mulai sekarang kita perlu memberi perhatian lebih pada diri sendiri dan mengedukasi teman-teman juga keluarga tentang pentingnya kesehatan mental.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental?

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Berbicara tentang pentingnya kesehatan mental akhirnya kita sampai pada pertanyaan bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Jelas ini merupakan suatu pertanyaan yang sudah umum dipertanyakan.

Namun terkait jawabannya, ada banyak yang terlalu rumit dan sulit diterima. Padahal hanya ada 3 cara untuk menjaga kesehatan mental, berikut penjelasannya!

1. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Jika kamu sakit, tubuhmu lemah, mungkin kamu hanya ingin berbaring di tempat tidur. Bahkan jika kamu ingin bangkit dari sana percuma saja, sebab tubuhmu tidak mampu untuk mengerjakan apa yang kamu mau.

Hal ini tentu saja menurunkan semangatmu sebab tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, dan memang biasanya orang yang sakit lebih gampang stress dan depresi sehingga mentalnya juga mudah terganggu.

Maka sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik kita semaksimal mungkin dengan cara berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan mendapatkan istirahat yang cukup.

Bahkan jika kamu yang memiliki masalah mental ringan, seperti gangguan kecemasan dan depresi, berolahraga dan mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat bisa sedikitnya mengobati.

Coba pelajari : 7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Psikologis Manusia

2. Menyibukkan Diri

Mungkin sudah tidak asing lagi di kepalamu bahwa menyibukkan diri dapat membantu kita menjaga kesehatan mental, namun menyibukkan diri yang seperti apa?

Tidak melakukan apa-apa selama ini seharian dapat membuat hormon stress menumpuk di dalam tubuh, hal ini membuat kita mudah cemas dan gelisah, hingga pada gilirannya saat mendapati masalah kita langsung seperti merasakan tekanan yang sangat berat.

Sementara menyibukkan diri bisa membantu kita mengatasi stress, hanya saja jika kita menyibukkan diri dengan hal-hal negatif maka dampaknya juga akan berbahaya bagi mental, sebab pada akhirnya kita juga akan mudah mengalami kecemasan dan overthinking.

Maka disarankan untuk menyibukkan diri dengan hal-hal yang memicu adrenalin namun tetap positif, seperti melakukan olahraga yang sedikti menantang contohnya memanjat tebing atau berenang.

Cara ini dapat membantu tubuh kita melepaskan hormon endorfin, yaitu penghilang rasa sakit yang membuat tubuh merasa nyaman. Namun kamu tidak harus melakukan olahraga secara fisik saja, sebab kamu juga bisa melakukan olahraga lewat meditasi.

Yaitu duduk dengan posisi tegak, rileks dan membayangkan bahwa kamu sedang memanjat tebing, rasakan bahwa itu benar-benar nyata dan otomatis tubuhmu akan melepaskan hormon endorfin.

3. Belajar Mengontrol Pikiran dan Emosi

Kita hidup dengan miliyaran pikiran dan emosi yang berlalu lalang di dalam diri masing-masing, saat kita bertemu seseorang, otomatis muncul pikiran, lalu berganti lagi bertemu dengan orang lain, muncul emosi yang lain pula.

Begitulah yang terus terjadi selama sehari penuh jika kita menyadarinya, bahkan melihat benda-benda atau mendengarkan suara pun juga memicu munculnya pikiran dan emosi. Jelas saja hal ini membawa pikiran kita datang dan hilang kemana-mana.

Maka sangat penting untuk mengontrol pikiran dan emosi agar tetap berada di jalur yang kita mau, sebab dengan cara inilah mental kita menjadi lebih sehat. Namun sebelumnya yang terpenting disini adalah langkah awal kita.

Pertama, pelajarilah tentang teknik relaksasi. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti meditasi, mendengarkan musik atau jika kamu orang yang beragama mungkin dengan berdoa atau beribadah.

Nah, untuk langkah-langkah selanjutnya mungkin kamu bisa membaca selengkapnya disini 6 Teknik Relaksasi yang Ampuh Menenangkan Pikiran

Written by Ilham Damanik

Penikmat dan pemerhati