in ,

7 Keterampilan Hidup Yang Tidak Kamu Pelajari di Sekolah

Keterampilan Hidup Yang Tidak Dipelajari di Sekolah

Pertumbuhan mental seseorang sangat dipengaruhi oleh keluarga atau lingkungan sekitarnya, hal inilah yang membedakan kemampuan kita dalam hidup. Namun pertanyaannya adalah mengapa ada satu orang yang ia selalu lebih unggul daripada yang lainnya?

Sementara sekolah memberikan pengetahuan yang sama kepada semua muridnya, hanya saja mengapa ada sebagian orang yang ia selalu berada di posisi belakang?

Bahkan sampai setelah lulus sekolah, ketika kita mulai memilih jalan hidup masing-masing, tetap saja ada yang lebih unggul dan ada yang selalu terbelakang, apa menyebabkan perbedaan ini?

Nah, inilah pentingnya kita belajar lagi tentang ilmu-ilmu penting dalam hidup yang tak diajarkan sekolah! Berikut adalah 7 life skill yang perlu diketahui semua orang!

1. Kemampuan Memecahkan Masalah

Kemampuan Memecahkan Masalah
Kemampuan Memecahkan Masalah

Mungkin kamu pernah membayangkan betapa indahnya hidup tanpa adanya permasalahan, namun tampaknya terlalu naif jika kita mempercayai hal itu dapat terjadi. Sebab sejauh ini, masalah terus saja ada seperti jalan yang tak berujung.

Maka mau tak mau, kita harus bisa memecahkan masalah, sebab masalah-masalah akan selalu ada bukan? Ini adalah pelajaran seumur hidup yang kita akan belajar hal baru lagi dalam masalah yang baru lagi.

Kita tahu hidup adalah tantangan, setiap hari adalah hari yang baru dimana kita harus terus berjuang. Maka tanpa kemampuan memecahkan masalah, bisa jadi kita akan mudah stress, frustrasi dan depresi.

Terlebih lagi perubahan di dunia yang begitu cepat, membuat kita harus lebih pandai melompat dan melompat dari satu masalah ke masalah baru lainnya, tentu saja hal ini membutuhkan keterampilan dalam pemecahan masalah, bukan?

2. Keterampilan Berpikir Kritis

critical thinking
critical thinking

Selanjutnya, di dunia yang terus berubah ini tentunya kita membutuhkan kemampuan berpikir kritis agar tidak mudah terbawa arus. Bahwa tidak semua perubahan itu perlu kita ikuti, artinya kita perlu memikirkan dampak positif-negatifnya juga dari sebuah perubahan.

Dengan memikirkan dampaknya, kita jadi tahu harus mengambil tindakan apa yang paling tepat. Ini bukan berarti kita menutup diri dari perubahan atau kemajuan jaman, hanya saja kita perlu berpikir kritis dan berpikir kritis!

Ada manfaat yang luar biasa dari berpikir kritis, yaitu menuntun kita untuk menemukan jawaban dari dalam bukan dari luar. Sebaliknya, dampak dari tidak berpikir kritis adalah kecerobohan bertindak karena terlalu mencari persetujuan dari luar diri kita.

Baca juga : Dampak Buruk Dari Kebiasaan Tidak Berpikir Kritis Dalam Hidup

3. Kemampuan Untuk Mencintai

Kemampuan Untuk Mencintai
Kemampuan Untuk Mencintai

Mungkin ini terlihat lucu dan aneh, namun faktanya banyak dari kita yang belum memiliki kemampuan untuk mencintai. Memang wajar karena mencintai adalah pekerjaan yang berat, dibutuhkan ketulusan, kesabaran dan penerimaan.

Nah, mengapa mencintai termasuk suatu keterampilan yang dibutuhkan dalam hidup? Alasannya adalah karena banyak dari kita yang rusak karena cinta, hal ini disebabkan ketidaktahuan kita akan makna dari mencintai.

Ingat, mencintai berarti menomorduakan ego. Ada tujuh koma lima milyar manusia di bumi dan jika semua orang menggunakan egonya masing-masing mungkin dunia ini sudah hancur. Artinya, mencintai berarti kita menjaga kedamaian dan keharmonisan.

Ironisnya, pasangan kekasih pun tidak paham caranya mencintai, bahwa masih banyak dari kita yang belum bisa menurunkan ego. Hal ini tentunya harus diubah sebab dapat memengaruhi kebahagiaan dalam hati kita masing-masing.

Baca Juga : 6 Manfaat Mindfulness Dalam Suatu Hubungan Percintaan

4. Kemampuan Berefleksi

Kemampuan Berefleksi
Kemampuan Berefleksi

Pentingnya sebuah pendidikan tidak dapat dibantah lagi, pentingnya peran guru-guru juga tidak dapat dibantah lagi, kita telah diajarkan berbagai bidang ilmu oleh guru-guru di sekolah, namun pertanyaannya apakah kita sudah benar-benar belajar?

Orang yang belajar adalah mereka yang mampu merefleksikan segala pengalaman dan pengetahuan yang sudah ia lalui. Nah, jika contohnya di sekolah, maka kita bisa meringkas atau membuat rangkuman dari apa yang sudah dijelaskan oleh guru.

Itulah yang disebut kemampuan berefleksi. Ini sangat penting dalam segala aspek kehidupan, sebab hal inilah yang membuat kita bertumbuh setiap harinya.

Jadi, cobalah setiap malam sebelum tidurmu, renungkan hal-hal yang sudah kamu lalui dan cari tahu apa pelajaran yang bisa dipetik. Hal ini harus dilatih terus menerus sampai kita menjadi sosok yang bijaksana.

5. Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan Beradaptasi
Kemampuan Beradaptasi

Seperti yang sudah-sudah, kita semua tahu bahwa dunia terus berubah. Kemampuan beradaptasi tentunya dibutuhkan agar kita bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada, agar kita tidak menjadi orang-orang yang terbelakang.

Kemampuan beradaptasi membuat satu individu lebih maju daripada individu lainnya, membuat satu kota lebih maju dari kota lainnya dan membuat satu negara lebih maju dari negara lainnya.

Artinya, kemampuan beradaptasi adalah kunci kemajuan. Kemampuan beradaptasi membuat kita bisa melihat celah sebelum orang-orang melihatnya, membuat kita mampu bertahan hidup dan berhasil.

Keterampilan tentunya akan terlatih secara alami seiring dengan berbagai problema kehidupan dan perubahan yang di alami seseorang, hal inilah yang membuat setiap orang memiliki kecerdasan beradaptasi yang berbeda-beda.

6. Kemampuan Mengelola Uang

Kemampuan Mengelola Uang
Kemampuan Mengelola Uang

Ada orang-orang memiliki uang namun raut mukanya murung dan hatinya bersedih, sebab hidup mengajarkan kita untuk mencari uang, mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dan tidak pernah mengajarkan kita bagaimana cara mengatur keuangan dengan bijak.

Seberapa banyak yang harus di tabung? seberapa banyak yang harus di belanjakan? seberapa banyak yang harus diputar untuk modal usaha? Bagaimana menyusun catatan keuangan kita?

Ketidakmampuan mengelola uang tentunya membuat kita menderita, sebab berawal dari ketidakmampuan mengelola uang berujung pada ketidakmampuan mengelola hal-hal penting lainnya dalam hidup.

Baca Juga : 7 Tips Terbaik Mengelola Keuangan Untuk Kaum Milenial

7. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan Emosional
Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah poin paling terakhir dan paling penting yang harus terus kita pelajari sebab ia berhubungan dengan semua hal yang ada dalam hidup termasuk kesehatan fisik dan mental.

Bahwa orang-orang yang tidak mampu mengelola emosinya cenderung mudah stress dan mudah terserang penyakit mental juga penyakit fisik. Kecerdasan emosional memegang peran penting dalam kesejahteraan kita, tentu saja.

Nah, seperti yang kita ketahui, kecerdasan emosional adalah suatu keterampilan yang bisa dilatih. Jika kamu selama ini merasa kesulitan mengontrol emosi, cobalah untuk mulai berlatih dengan mencari guru atau membaca buku yang berkaitan.

Baca Juga :

Pada akhirnya, pembelajaran yang kita lakukan seumur hidup didorong oleh rasa ingin tahu. Maka juga tak kalah pentingnya untuk turut memupuk rasa ingin tahu akan segala hal, sebab itulah kunci pertumbuhan pribadi.

Cobalah untuk memicu rasa penasaran dalam dirimu sendiri tentang berbagai hal, jadilah antusias dan jatuh cintalah pada setiap lekukan kehidupan.