in ,

9 Keuntungan yang Didapat Jika Bekerja di Perusahaan Startup

Keuntungan Bekerja di Perusahaan Startup

Seiring perkembangan zaman, banyak berdiri perusahaan startup. Munculnya perusahaan startup tentu memberikan banyak keuntungan misalnya membuka lapangan perusahaan. Namun beberapa orang menganggap bahwa bekerja di perusahaan besar lebih aman daripada bekerja di perusahaan startup.

Sebaiknya sebagai generasi muda, kamu tidak menutup diri untuk bekerja di berbagai jenis perusahaan termasuk startup.

Bagi kamu yang masih bingung akan melamar pekerjaan di startup atau tidak, kamu bisa menyimak 9 keuntungan yang kamu dapat jika bekerja di perusahaan startup upaya bisa menjadi bahan pertimbangan dirimu.

1. Berkontribusi Memberikan Perubahan

Berkontribusi Memberikan Perubahan
Berkontribusi Memberikan Perubahan

Ketika kamu sudah memutuskan untuk bekerja di perusahaan startup, kamu harus siap menjadi dampak. Beberapa perusahaan startup masih memiliki karyawan yang tidak sebanyak perusahaan konvensional dan memiliki sistem kerja yang lebih spesifik.

Oleh sebab itu satu pekerjaan yang kamu perbuat dapat menjadi perubahan yang berarti bagi perusahaan. Dampak tersebut bisa menjadi terobosan yang membawa perusahaan menjadi lebih baik atau sebaliknya, menjadi sebuah awal kerusakan yang akan memberikan dampak berkepanjangan.

Berbeda dengan perusahaan konvensional yang memiliki jumlah karyawan ratusan sampai ribuan yang tersebar di berbagai daerah sehingga sedikit kesalahan masih bisa ditutupi oleh sistem yang sudah ada dan berlaku selama ini.

Selain itu, jika kamu bekerja di perusahaan startup, segala aktivitas kamu akan terpantau oleh rekan kerja yang lain baik yang satu divisi atau bukan. Oleh sebab itu, sekecil apa pun perubahan yang kamu buat, akan memberikan dampak bagi perusahaan dan juga reputasi karir kamu.

2. Memiliki Kesempatan Belajar dan Berkembang

Memiliki Kesempatan Belajar dan Berkembang
Memiliki Kesempatan Belajar dan Berkembang

Salah satu keuntungan yang kamu dapatkan jika bekerja di perusahaan startup adalah memiliki kesempatan belajar dan berkembang. Berbeda dengan perusahaan konvensional yang sudah memiliki sistem dan manajemen yang tetap, perusahaan startup masih banyak yang belajar atau mencoba berbagai sistem baru yang disesuaikan dengan visi dan misi perusahaan tersebut.

Oleh sebab itu, karyawan di perusahaan startup justru mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mengembangkan perusahaan. Dengan kesempatan tersebut kamu bisa menerapkan apa yang selama ini menjadi ide kamu.

Dalam proses memberi kontribusi tersebut, kamu akan belajar mengenai berbagai hal yang selama ini belum pernah kamu ketahui.

3. Ikut Membangun Kultur Perusahaan Startup

Ikut Membangun Kultur di Perusahaan
Ikut Membangun Kultur di Perusahaan

Setiap karyawan di perusahaan startup mampu memberikan kontribusi di perusahaan salah satu kontribusi tersebut adalah membangun kultur perusahaan. Perusahaan startup memiliki lingkungan yang terbuka.

Perusahaan ini biasanya berusaha untuk tetap terus mengikuti perkembangan zaman. Usia perusahaan startup biasanya masih belum terlalu lama sehingga mereka  tidak akan membuat kamu terperangkap dalam sebuah kebiasaan turun temurun.

Kultur perusahaan ini cenderung kekinian karena sebagian karyawannya merupakan anak muda. Salah satu kultur perusahaan yang sangat berbeda dengan perusahaan konvensional yaitu gaya busana di lingkungan kerja yang lebih fleksibel tanpa seragam namun tetap layak dipakai ke kantor.

Kultur ini dapat tercipta karena para pimpinan tidak terlalu kaku dan memilih tampilan kasual, celana jeans, sneaker, kemeja bahkan kaos berkerah. Perusahaan konvensional biasanya sudah memiliki standar seragam untuk pekerja pada level tertentu. Sebenarnya  pada perusahaan startup dapat menghilangkan anggaran seragam karyawan karena kultur ini.

Perusahaan startup tidak ingin ambil pusing mengenai pakaian karyawan. Yang terpenting bagi mereka karyawan merasa nyaman dalam bekerja dan pakaian yang digunakan masih sopan.

4. Mengembangkan Kreativitas

Mengembangkan Kreativitas
Mengembangkan Kreativitas

Apakah kamu adalah tipe orang yang memiliki banyak ide? Jika iya maka kamu cocok bekerja di perusahaan startup. Startup dapat menjadi tempat dimana kamu bisa memupuk kreativitas kamu sambil bekerja. Perusahaan startup memiliki sistem yang terbuka sehingga mereka sangat menghargai ide-ide dari para karyawannya.

Mereka menganggap bahwa sekecil apapun ide-ide yang dimiliki oleh karyawan sangat berharga. Seperti yang kamu tahu bahwa perubahan kecil yang kamu lakukan bisa memberikan dampak yang besar bagi perusahaan ini.

Perusahaan startup selalu berkembang dan tidak bisa hanya bertahan pada satu momen saja. Oleh seba itu perusahaan ini memiliki kecenderungan yang merubah arah dan tujuan. Beberapa orang mungkin akan menganggap bahwa bekerja di perusahaan startup penuh resiko dan ketidakpastian.

Namun jika kamu perhatikan, perusahaan startup sangat berpengaruh dalam kehidupan. Lihat saja, kamu bisa belaja dimana saja tanpa harus keluar dari rumah. Fitur-fitur yang ada pada produk atau jasa mereka berasa dari ide-ide brilian karyawannya.

5. Hubungan yang Kuat Antar Rekan Kerja

Hubungan Yang Kuat Antar Rekan Kerja
Hubungan Yang Kuat Antar Rekan Kerja

Salah satu keuntungan yang kamu dapatkan jika bekerja di perusahaan startup adalah memiliki hubungan yang kuat dengan rekan kerja kamu lainnya. Pada perusahaan konvensional bisanya kamu hanya mengikuti regulasi, sistem dan manajemen yang sudah dibuat dari awal.

Ketika kamu bekerja di perusahaan startup, secara tidak langsung kamu terlibat dalam membangun perkembangan perusahaan, apalagi jika kamu benar-benar bekerja mulai dari awal perusahaan didirikan.

Hal tersebut tentunya membuat kamu dan rekan kerja kamu semakin akrab, karena kalian berada pada momen yang berat dan ringan bersama-sama. Selain itu akan timbul rasa memiliki pada perusahaan ini. Rasa memiliki akan memberikan dampak positif bagi kamu yaitu memberikan motivasi supaya kamu dapat bekerja lebih baik lagi.

Suatu saat, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa menajadi sosok yang berpengaruh pada perusahaan tersebut.

Baca Juga : 6 Cara Menghadapi Keberagaman Budaya di Tempat Kerja

6. Lebih Dihargai

Lebih Dihargai
Lebih Dihargai

Suatu perusahaan startup mampu bertahan jika selalu melakukan inovasi-inovasi pada produk atau jasanya. Oleh sebab itu, pekerjaan yang kamu lakukan akan sangat dihargai, terutama jika kamu menyumbang berbagai ide ke perusahaan.

Ide-ide yang kamu berikan memungkinkan perusahaan  memiliki inovasi yang baru. Mendapatkan apresiasi atas hal-hal yang telah kamu berikan tentunya dapat menjadi motivasi kamu dalam bekerja.

Bagi kamu yang masih memiliki pengalaman kerja yang sedikit ketika bekerja di perusahaan besar mungkin ide-ide kamu akan diragukan. Sedangkan jika kamu bekerja di perusahaan startup, meskipun kamu memiliki pengalaman kerja yang sedikit, ide kamu tetap dihargai.

7.  Menjadi Orang yang Pertama Tahu

Menjadi Orang Yang Pertama Tahu
Menjadi Orang Yang Pertama Tahu

Salah satu privilase yang bisa kamu dapatkan jika kamu bekerja di perusahaan startup adalah kamu bisa menikmati berbagai fasilitas, aplikasi atau apapun yang akan diluncurkan oleh perusahaan.

Hal ini bisa membuat kamu tidak akan jenuh dalam bekerja karena selalu mendapat atau mencoba hal-hal yang baru. Sebagai orang yang sering mengerti teknologi, tentunya kamu tidak ingin ketinggalan suatu hal yang baru.

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa membandingkan cara mana yang lebih efektif dan sesuai dengan karakter kamu. Apakah kamu lebih cocok menggunakan produk yang canggih atau produk yang kurang terlalu canggih namun terjamin keamanannya.

8. Memiliki Banyak Peluang dan Kesempatan

Memiliki Banyak Peluang dan Kesempatan
Memiliki Banyak Peluang dan Kesempatan

Bekerja di perusahaan startup mungkin membuat kamu memiliki gaji yang lebih kecil jika dibandingkan dengan perusahaan besar, namun ada banyak pengalaman berharga yang bisa kamu dapatkan.

Di perusahaan besar, jika kamu baru saja lulus dengan pengalaman kerja yang sedikit maka biasanya kamu akan di tempatkan pada jabatan paling bawah.

Jika kamu bekerja di perusahaan startup, meski masih memiliki pengalaman kerja yang sedikit namun kamu memiliki kemampuan kamu tidak akan ditempatkan di posisi yang paling bawah.

Kamu dapat memiliki kesempatan untuk menempati jabatan penting jika kamu memiliki keinginan yang kuat untuk terus belajar dan menambah ilmu

9. Berlatih Mempunyai Usaha Sendiri

Berlatih Mempunyai Usaha Sendiri
Berlatih Mempunyai Usaha Sendiri

Bekerja di perusahaan startup bisa membuat kamu belajar banyak hal. Oleh sebab itu perusahaan ini bisa kamu anggap sebagai sekolah yang memberikan kamu ilmu untuk menjadi seorang pengusaha.

Ketika bekerja di perusahaan startup, tanggung jawab yang harus kamu emban akan terus meningkat seiring dengan berkembangnya pekerjaan yang kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga akan berada di lingkungan yang membuat kamu ingin terus belajar. Misalnya ketika rekan kerja kamu mau belajar dan terus berkembang tentunya kamu tidak ingin bertahan dengan kemampuan yang itu-itu saja. Ketika kamu bekerja di startup, kamu bisa mendapatkan kondisi dimana kamu seperti seorang pengusaha.

Kamu memunculkan ide, namun juga berfikir mengenai biaya peluncuran produk atau biaya mewujudkan ide kamu dan bagaimana pengenalan produk kamu kepada para pengguna atau konsumen. Hal ini menjadi modal bagi kamu untuk membangun usaha di masa depan.

Baca Juga : 9 Ide Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Karyawan

Itulah keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bekerja di perusahaan startup. Bekerja di perusahaan startup memang memberikan banyak keuntungan terutama bagi kamu yang masih fresh graduate namun tidak menutup kemungkinan juga akan memberikan keuntungan bagi kamu yang sudah memiliki banyak pengalaman kerja, Semoga kamu bisa menemukan perusahaan yang sesuai dengan apa yang kamu impikan.

Written by Elsa Cordana

Suka bermimpi dan berusaha menggapai mimpi