Jangan Sedih, Inilah Keuntungan Menjadi Jomblo yang Harus Kamu Ketahui

Seseorang yang memilih untuk sendiri lebih banyak terlihat ceria. Mengapa? Karena peluang untuk merasakan sakit semakin sedikit

Widi Adawiah Widi Adawiah · 4 min read >
Keuntungan Menjadi Jomblo

Sendiri selalu identik dengan kata sepi, padahal semuanya hanya tergantung kita menempatkan posisi. Bahagia itu kita sendiri yang menciptakan, jadi tentu saja bisa kita temukan meskipun tanpa pasangan.

Kata orang jomblo itu menderita, padahal seseorang yang memilih untuk sendiri lebih banyak terlihat ceria. Mengapa? Karena peluang untuk merasakan sakit semakin sedikit.

Dewasa ini bahkan sering terjadi bullying terhadap seseorang yang menyandang status jomblo, padahal menurutku jomblo itu sebuah pilihan. Bukan penderitaan ataupun sebuah kutukan, memang ada beberapa orang yang memutuskan untuk sendiri dalam ketenangan.

Lalu, apa sebenarnya alasan seseorang yang memilih untuk sendiri? Banyak alasan mengapa seseorang memilih sendiri, berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Trauma Masa Lalu

Seseorang yang pernah mengalami patah hati terhebat biasanya akan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk kembali terikat. Mereka yang mengalami akan lebih selektif dalam menjatuhkan hati, siapa sih yang ingin terluka untuk yang ke sekian kalinya?.

Tentu saja rasa sakit yang pernah mereka rasakan dijadikan pelajaran untuk lebih baik dalam menjalani sebuah hubungan. Sebab untuk menuju keberhasilan kita harus mencicipi lebih dulu pahitnya kegagalan.

2. Focus Mengejar Mimpi

Alasan terbaik seseorang memilih sendiri adalah saat ia sedang focus untuk meraih impiannya, bagi mereka cinta hanyalah nomor dua. Namun bukan berarti mereka mati rasa, mereka hanya menunda untuk jatuh cinta dan mengutamakan cita-cita.

3. Belum Menemukan Seseorang yang Tepat

Kadang ada beberapa orang yang ingin menyudahi kesendirian namun rasanya belum ada yang pas untuk dijadikan pasangan. Karena bagi sebagian orang mencintai bukanlah hal yang mudah, tidak sembarang orang untuk dijadikan pasangan. Karena hubungan adalah tentang menyatukan dua karakter yang berbeda, tidak cukup jika hanya mengandalkan rasa.

Itulah alasan terbanyak mengapa seseorang memilih untuk sendiri, mungkin terkadang kita iri pada mereka yang sudah memiliki pasangan, atau bahkan kita sering mendapat ejekan karena masih betah dengan kesendirian.

Namun sekali lagi menjadi jomblo itu bukanlah musibah apalagi sebuah penderitaan. Inilah beberapa alasan mengapa menjadi jomblo itu menyenangkan.

Kamu Mempunyai Waktu Lebih Banyak Untuk Mencintai Diri Sendiri

Jomblo Memiliki Banyak Waktu Mencintai Diri Sendiri
Jomblo Memiliki Banyak Waktu Mencintai Diri Sendiri

Seseorang mengatakan bahwa untuk mencintai orang lain kita harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Memang benar, seseorang yang paling pertama harus kita cintai ya diri kita sendiri.

Dan untuk kamu yang memilih sendiri, ini adalah waktu yang tepat untuk kamu mengenali lebih jauh tentang dirimu, perbanyak me time untuk mengetahui seperti apa dirimu di matamu sendiri.

Kamu bisa melakukannya dengan cara memperdalam kemampuan yang kamu punya, misalkan jika kamu memiliki hobby memasak maka cobalah untuk mengasah kemampuanmu itu.

Jika kamu hobby menulis maka cobalah untuk mengembangkan hobby mu itu. Apapun itu, kamu harus memanfaatkan waktu untuk menjadi seproduktif mungkin.

Baca Juga10 Pilihan Aromaterapi Untuk Rileksasi, Cara Ampuh Hilangkan Stres

Selama kamu masih sendiri maka kamu memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengenali dirimu sendiri, kamu akan lebih mencintai dirimu sendiri dan yang jelas risiko dari patah hati akan semakin sedikit kamu hadapi. Setelah mempunyai pasangan nanti, kamu mungkin tidak akan memiliki banyak waktu untuk melakukan ini.

Kamu Bebas Melakukan Apapun dan Dengan Siapapun

Jomblo Membuatmu Bebas Melakukan Apapun
Jomblo Membuatmu Bebas Melakukan Apapun

Sendiri berarti tidak ada hati yang kamu jaga, juga tidak ada seseorang yang kamu prioritaskan selain diri sendiri. Dalam perjalananmu mengejar mimpi kamu akan dihadapkan dengan orang-orang baru dan dunia baru pula.

Dan selama itu kamu merasa bebas untuk pergi atau melakukan kegiatan positif apapun dengan siapapun. Mungkin jika kamu mempunyai pasangan akan ada hati yang harus kamu jaga.

Dalam hubungan pertemanan dengan lawan jenispun kamu akan merasa lebih bebas, tidak ada hati yang terluka jika kamu dekat dengan orang lain. Bukannya kamu egois namun kedekatan ini kamu lakukan hanya sementara, anggap saja sebagai hiburan disela-sela mengejar cita-cita. Karena bagaimanapun relasi pertemanan harus semakin di perbesar ya.

Menurut Psikologi, Sendiri Bisa Membuatmu Lebih Sehat

Jomblo Membuatmu Lebih Sehat
Jomblo Membuatmu Lebih Sehat

Sebuah studi dalam pshychologytoday.com mengemukakan bahwa jomblo baik laki-laki maupun perempuan mendapatkan banyak latihan fisik dibandingkan dengan mereka yang memiliki pasangan. Hal tersebut membuat para jomblo memiliki lebih besar kemungkinan untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Bagaimana? Menarik bukan? Dalam emosi pun jomblo lebih terjaga, karena dalam sebuah hubungan pasti ada konflik atau pertengkaran yang akan di hadapi. Akibatnya, masalah dalam sebuah hubungan dapat membuat emosi seseorang fluktuatif dibandingkan dengan mereka yang jomblo.

Selain itu kamu yang memilih untuk menjadi jomblo juga akan terjauh dari kata galau. Iya, mungkin sesekali kamu akan merasakan sepi atau iri melihat teman-temanmu yang sudah berpasangan. Namun kamu akan bersyukur ketika temanmu sering menceritakan kegalauannya karena pasangannya.

Baca Juga10 Kebiasaan Positif yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Produktif

Kamu bersyukur karena tidak merasakan itu semua, meski kamu tidak merasakan bahagianya pacaran namun setidaknya kamu juga tidak merasakan sakit hati karenanya.

Kamu Bisa Menjadi Pribadi yang Lebih Hemat

Jomblo Membuatmu Lebih Hemat
Jomblo Membuatmu Lebih Hemat

Tentu saja, terutama untuk seorang laki-laki. Ketika kamu memilih untuk berpasangan, maka kamu juga harus siap untuk sekadar membelikannya hadiah kecil, makan siang bersama, nonton bareng atau menemaninya jalan-jalan.

Belum lagi jika pasanganmu berulang tahun, pasti kamu akan mempersiapkan surprise dan kado terbaik untuknya. Semua itu tentu saja sedikit besarnya pasti akan menguras isi dompetmu kan hehe

Nah untuk kamu yang sendiri tentu saja kamu akan lebih hemat, karena kamu tidak perlu untuk mengeluarkan uang demi orang lain. Mungkin kamu bisa menabung semua uang itu untuk membahagiakan kedua orang tua atau bahkan pasangan halalmu nanti.

Sebelum jatuh cinta akan lebih baik jika kamu telah mempersiapkan segalanya bukan? Tidak hanya memperbaiki diri , memiliki tabungan yang cukup juga akan membuat seseorang yang kamu pilih nanti merasa yakin untuk melanjutkan hubungan kalian ke  arah yang lebih serius .

Karena dia menganggap bahwa kamu sudah memiliki bekal yang cukup dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mempersuntingnya.

Kamu Memiliki Banyak Waktu Untuk Berkumpul Bersama Teman

Jomblo Membuatmu Lebih Banyak Berkumpul Dengan Teman
Jomblo Membuatmu Lebih Banyak Berkumpul Dengan Teman

Sekali lagi, sendiri itu bebas. Kamu bisa memiliki waktu banyak untuk melakukan apapun termasuk untuk berkumpul dengan teman-temanmu. Semakin dewasa lingkup pertemanan akan semakin mengecil karena semakin meningkatnya pula kesibukan yang menghampiri.

Entah itu sibuk dengan pendidikan, pekerjaan atau bisnis masing-masing. Jika kamu memiliki pasangan maka waktu luangmu akan terbagi antara berkumpul bersama teman atau pergi bersama pacar. Biasanya kamu akan bingung dalam memilihnya kan? Nah untuk kamu yang sendiri, kamu tidak perlu bingung untuk melakukan apapun.

Kamu akan menjadi tipe teman yang di senangi karena bisa ikut kumpul kapan saja selain di waktu sibukmu. Karena biasanya jika sudah mempunyai pacar seseorang akan semakin jarang berkumpul bersama temannya, meskipun tidak semuanya begitu.

Itulah beberapa keuntungan menjadi seorang jomblo, jadi sekarang kamu tidak usah lagi malu atau merasa menderita karena kesendirianmu. Nikmati saja masa mudamu, karena setiap manusia yang di lahirkan sudah sepaket dengan pasangannya.

Kamu hanya belum di pertemukan dengan jodohmu saja, mungkin tuhan ingin melihat lebih jauh usahamu atau Dia menganggap kamu belum siap untuk bertemu dengan jodohmu, maka dari itu perbaiki dan siapkan diri kamu dari sekarang.

Jika ingin mendapatkan jodoh yang baik maka kamu juga harus menjadi baik, karena jodoh adalah cerminan dirimu sendiri. Bagaimana mungkin kamu ingin berjodoh dengan dia yang baik ahlaknya jika sifatmu sendiri masih jauh dari kata baik.

Bagaimana mungkin kamu menginginkan jodoh yang pekerja keras sedangkan kamu sendiri masih memelihara dan memanjakan sifat malas. Satu lagi, jangan pernah mencari seseorang yang sempurna, karena menyatukan itu tidak harus selalu sama. Kamu perlu seseorang yang berbeda agar kelak hidupmu penuh dengan warna. Saling melengkapi adalah kewajiban dari dua hati yang mengaku saling mencintai.

Baca JugaJangan Sedih, Inilah 12 Tips Jitu Untuk Kamu Yang Susah Move On

Jadi, dari pada membuang waktumu dengan orang yang salah lebih baik kamu menghiasi penantian dengan perbaikan. Agar hatimu tidak terlalu banyak menerima luka dari sakitnya cinta yang sementara. Untuk kamu yang masih sendiri, selalu sabar ya untuk menanti. Mari menyiapkan diri, Semoga seseorang yang terbaik segera kamu temukan ya.

Widi Adawiah
Kenali seseorang dari karya, bukan rupa. Read Full Profile