Ingin Lebih Dipercaya Pasangan, Coba Lakukan 7 Cara Sederhana Ini

Sebuah hubungan sudah pasti harus dilandasi dengan rasa saling percaya. Tanpa adanya

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Agar Lebih Dipercaya Pasangan

Sebuah hubungan sudah pasti harus dilandasi dengan rasa saling percaya. Tanpa adanya rasa saliang percaya pasti akan banyak kecurigaan yang menjadi penyebab munculnya pertengkaran. Dengan rasa saling percaya pasti kemungkinan hubunganmu berjalan dalam jangka waktu panjang akan lebih besar.

Perlu diingat bahwa kepercayaan sangatlah mahal harganya. Jadi, saat kamu mendapatkannya kamu harus benar-benar menjaganya dengan sepenuh jiwa. Sekali saja kamu ingkar atau berkhianat, akan sulit bagi seseorang termasuk pasangan untuk kembali memberimu kepercayaan.

Nah, untuk menciptakan hubungan terbaik, sudah pasti kamu membutuhkan kepercayaan yang besar dari pasangamu, begitu juga sebaliknya. Untuk itu, kamu bisa membuat pasanganmu lebih percaya padamu dengan tujuh cara sederhana berikut ini.

1. Terimalah Segala yang Ada dalam Dirinya, Termasuk Masa Lalu dan Jangan Pernah Mempermasalahkan Hal Itu

Terimalah Baik dan Buruk Dari Diri Pasanganmu
Terimalah Baik dan Buruk Dari Diri Pasanganmu

Setiap orang pasti memiliki masa lalu dalam hidupnya. Tak terkecuali dengan pasanganmu. Kamu dan pasanganmu pasti memiliki masa lalu masing-masing, entah itu masa lalu yang baik maupun masa lalu yang penuh dengan keburukan.

Saat kamu memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang, sudah seharusnya kamu juga menerima segala yang ada dalam diri dan kehidupannya, termasuk dengan masa lalunya. Jangan pernah mengungkit apa yang menjadi masa lalunya untuk kemudian mempermasalahkannya.

Bukankah seharusnya dari awal sebelum kamu menjalin hubungan dengannya kamu sudah paham bahwa kamu juga harus menerima dirinya di masa lalu? Ingatlah bahwa yang terpenting bukanlah hal di masa lalu, tetapi apa yang ada di masa depan.

Baca Juga: Coba Tes Kadar Cintamu, Begini Cara Pasangan Membuatmu Cemburu

2. Paham akan Situasi dan Kondisi, Kamu Harus Paham Kapan Kamu Harus Mandiri dan Kapan Kamu Bisa Memintanya untuk Memanjakanmu Layaknya Putri

Pahami Segala Situasi dan Kondisinya
Pahami Segala Situasi dan Kondisinya

Segala hal yang berlebihan tidak baik dalam sebuah hubungan. Kamu tak bisa bersikap terlalu manja maupun terlalu mandiri di hadapan pasanganmu. Pahamilah arti situasi dan kondisi yang ada. Pandai-pandailah dalam menempatkan dirimu.

Kamu harus paham tentang kapan waktu yang tepat untukmu bermanja-manja padanya dan kapan waktu yang tepat untuk kamu menerapkan sifat mandirimu.

Hal ini wajib kamu lakukan untuk tidak memberi kesan terlalu cuek atau terlalu bergantung pada pasanganmu. Sikap tersebut juga akan membuat hubunganmu tak terkesan datar dan membosankan.

3. Bersosialisasilah dengan Lingkungannya, Baik dengan Keluarga Maupun Teman-temannya

Bergabunglah Dengan Teman-Temannya
Bergabunglah Dengan Teman-Temannya

Mungkin jika kamu dan pasanganmu masih tergolong pasangan yang baru rasanya akan sangat sulit untuk masuk dan beradaptasi dengan lingkungan masing-masing. Tapi percayalah, lambat laun pasti situasi akan berubah.

Saat kamu sudah lebih mengenal keluarga dan teman-temannya, kamu pasti juga akan merasa nyaman saat berada di tengah-tengah mereka. Mendekatkan diri pada orang yang dekat dengan pasanganmu juga menunjukkan bahwa hubunganmu dengan pasanganmu bukanlah hubungan main-main semata.

Kamu dan pasanganmu memang memiliki niatan yang serius untuk hubungan kalian selanjutnya.

4. Jangan Pernah Menyepelekan Hal Sekecil Apapun yang Dia Lakukan

Jangan Pernah Menyepelakan Hal Kecil Yang Dilakukannya
Jangan Pernah Menyepelakan Hal Kecil Yang Dilakukannya

Meremehkan atau menyepelekan seseorang bukanlah hal yang benar untuk dilakukan. Kamu tak pernah tahu bagaimana kondisi orang yang sudah kamu sepelekan saat ini di masa depan nanti. Siapa tahu dia justru akan menjadi sosok yang lebih baik dibandingkan dengan dirimu sendiri.

Hal yang sama juga berlaku untuk pasanganmu. Sekecil apapun usaha yang dia lakukan, hargailah. Jangan memandang rendah terhadap hal sekecil apapun yang sudah dia lakukan dengan usaha dan kerja kerasnya sendiri.

Bukankah setiap hal yang besar memang harus diawali dari hal yang kecil terlebih dahulu?

5. Tak Hanya Menghujaninya dengan Banyak Ceramah, Kamu Juga Harus Ikut Membantunya dalam Berbenah

Membantunya Berbenah Bersama
Membantunya Berbenah Bersama

Jangan bebani dia dengan banyak ceramah atau saran yang tak berbobot saat dia sedang menghadapi suatu masalah. Semua itu hanya akan menambah beban pikirannya saja.

Yang harus kamu lakukan adalah menggandeng tangannya dan tuntun dia untuk menemukan solusi yang paling tepat dalam menyelesaikan masalah yang tengah dia hadapi. Tunjukkan padanya bahwa segala yang kamu lakukan selama ini adalah untuk kebaikannya dan semua itu kamu lakukan dengan tulus tanpa berharap imbalan apapun darinya.

6. Jadikan Dia Sebagai Dirinya Sendiri Selama Dia Bersamamu

Buat Pasangan Menjadi Dirinya Sendiri
Buat Pasangan Menjadi Dirinya Sendiri

Beri dia kebebasan untuk melakukan apapun yang dia ingin lakukan selagi hal itu termasuk hal yang positif. Biarkan dia bebas menjadi dirinya sendiri. Jangan memaksa dia untuk menjadi sosok yang kamu inginkan.

Sama halnya denganmu yang ingin bebas melakukan apa yang menjadi keinginan dan hobimu, lakukanlah hal yang sama pada pasanganmu. Jangan terlalu banyak mengeluarkan keluhan padanya jika ada momen di mana dia tak memiliki banyak waktu untukmu karena sibuk dengan apa yang menjadi passion-nya.

Sebenarnya intinya sederhana. Saat kamu memberikan kebebasan secara penuh pada pasanganmu, justru dia akan lebih percaya padamu sekaligus merasa beruntung karena sudah mendapatkan sosok pasangan sepertimu.

7. Sedialah Kapan Pun Dia Membutuhkanmu dan Jangan Segan Meminta Bantuan Darinya Jika Kamu Membutuhkannya

Sediakan Waktumu Kapapun Ia Membutuhkanmu
Sediakan Waktumu Kapapun Ia Membutuhkanmu

Semandiri apapun kamu, pahamilah bahwa terkadang pasanganmu juga ingin diakui keberadaannya. Hargai dia sebagai pasanganmu dengan selalu ada kapan pun dia membutuhkanmu dan untuk kamu sendiri pun jangan pernah enggan untuk meminta bantuan padanya saat kamu memerlukannya.

Sikap seperti itu adalahs alah satu cara untuk menumbuhkkan rasa dihargai oleh pasangan dan tentu saja hal itu juga akan membuat pasanganmu menjadi lebih percaya kepadamu. Jangan sampai karena kemandirianmu kamu jadi bertingkah seolah tak membutuhkan bantuannya meski hanya sekali saja.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Pasangan Merasa Nyaman Saat Jalani LDR-an

Itu dia tujuh cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat pasanganmu memberi kepercayaan yang lebih besar kepadamu. Terkadang memang bukan hal besar yang harus kamu lakukan, tapi dengan hal sederhana saja asal diniati dengan hati yang tulus pasti akan menghasilkan hal yang baik juga.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile