in ,

Menjanjikan, Ini 9 Peluang Kerja Lulusan Kuliah Sastra Indonesia

Lulusan Sastra Indonesia

Jurusan Sastra Indonesia umumnya dibagi menjadi program studi bahasa Indonesia dan sastra Indonesia. Biasanya sih kalau program studi bahasa Indonesia lebih fokus pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, tetapi untuk program studi sastra Indonesia lebih fokus untuk mempelajari sastra Indonesia.

Meski fokus pada sastra Indonesia, tapi di dalamnya juga ada mata kuliah yang bermuatan ilmu linguistik loh. Jadi anak sastra Indonesia pun memiliki bekal ilmu linguistik yang bagus.

Setelah lulus dari program studi sastra Indonesia apakah akan secara otomatis hanya memiliki peluang kerja sebagai sastrawan? Tentu tidak, ada banyak peluang kerja yang kamu miliki meskipun kamu lulus dengan predikan lulusan sastra Indonesia.

Lalu apa saja sih peluang pekerjaan yang dimiliki lulusan sastra Indonesia setelah menyelesaikan studi mereka di perguruan tinggi? Berikut adalah 9 dari banyaknya peluang kerja yang dimiliki oleh lulusan sastra Indonesia, mungkin ada yang kamu minati.

1. Penulis Novel

Ya, seperti pandangan orang lain bahwa anak sastra Indonesia akan menjadi sastrawan. Kamu memang bisa menjadi seorang sastrawan setelah menjadi lulusan sastra Indonesia jika kamu memiliki kemampuan untuk menciptkan karya sastra yang menarik bagi pembaca.

Salah satu karya sastra yang bisa kamu ciptakan adalah novel. Saat ini peluang kerja ini juga didukung oleh perkembangan terknologi loh. Ada banyak aplikasi yang menyediakan tempat untuk kamu bisa menulis sebelum nantinya kamu mampu untuk menerbitkannya.

2. Copy Writer

Perkembangan teknologi saat ini cukup menarik untuk diikuti. Tidak hanya menarik saja, perkembangan teknologi saat ini juga memperluas peluang kerjamu di banyak bidang, salah satunya sebagai seorang copy writer.

Dengan kemampuan menulismu yang cukup baik, pasti ada banyak perusahaan advertising yang berminat untuk merekrutmu sebagai copy writer di perusahaan mereka.

Sebagai seorang copy writer, kamu memiliki tugas untuk menulis naskah iklan untuk perusahaan. Nah, naskah iklan tersebut nantinya akan disiarkan di berbagai media salah satunya sebagai ajang promosi.

3. Jurnalis

Kamu yang memiliki jiwa jurnalis juga memiliki peluang kerja sebagai jurnalis loh dengan predikat seorang lulusan sastra Indonesia. Pekerjaan sebagai jurnalis ini memang cukup  diminati oleh banyak orang. Mungkin karena pekerjaan ini dianggap sebagai pekerjaan yang keren.

Meskipun kamu bukan lulusan jurnalistik, peluang kerjamu sebagai jurnalis tetap ada. Hal itu karena pekerjaan seorang jurnalis membutuhkan kemampuan menulis seperti yang kamu miliki sebagai lulusan sastra Indonesia.

4. Penyiar Radio

Peluang kerja selanjutnya yang tak kalah menarik adalah sebagai penyiar radio. Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang termasuk tipe orang yang vokal atau banyak bicara. Kemampuan berbahasa yang kamu miliki juga pasti akan menunjang karirmu di bidang ini.

Jika dibandingkan dengan lulusan program studi lainnya, kamu memiliki nilai plus untuk pekerjaan yang satu ini. Asalkan kamu memiliki kemampuan yang cukup mumpuni, kamu pasti akan menjadi penyiar radio yang hebat nantinya. Tetap belajar dan berusaha adalah kuncinya.

5. Sutradara

Sebagai seorang lulusan sastra Indonesia, kamu pun memiliki peluang kerja sebagai sutradara loh. Kamu bisa bergabung dalam sebuah proyek produksi. Di sana kemampuan seorang lulusan sastra Indonesia pasti sangatlah dibutuhkan.

Terlebih lagi jika semenjak berstatus sebagai mahasiswa kamu sudah terbiasa menjadi sutradara dalam sebuah pementasan drama. Pengalamanmu itu akan menjadi nilai tambah ketika kamu mencoba terjun di dunia perfilman sebagai seorang sutradara.

6. Karyawan di Lembaga Budaya

Untuk kamu lulusan sastra Indonesia tetapi tidak terlalu berminat di dunia kepenulisan, kamu bisa mencoba peluang kerja sebagai karyawan di lembaga budaya. Latar belakangmu sebagai lulusan sastra Indonesia pasti cukup menarik untuk direkrut oleh berbagai lembaga budaya?

Loh, kok bisa? Tentu saja karena kamu memiliki kemampuan bahasa yang cukup baik ditambah dengan pengetahuan budaya yang kamu dapatkan ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Baca Juga :

7. Kritikus Sastra

Sebagai lulusan sastra Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah kritikus sastra, kan? Nah, setelah kamu lulus, kamu pun bisa memiliki peluang sebagai seorang kritikus sastra loh.

Untuk menjadi seorang kritikus sastra bukanlah hal yang mudah. Kamu harus memiliki ilmu yang cukup untuk bisa mengkritik sebuah karya sastra. Semakin banyak ilmu yang kamu miliki, semakin bagus juga hasil kritikan yang terlahir dari pemikiranmu.

Pengetahuan yang kamu dapatkan ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi sangat berguna ketika kamu memutuskan terjun di dunia kerja sebagai kritikus sastra. Pekerjaan ini juga cukup banyak diminati oleh para lulusan sastra Indonesia.

8. Editor atau Penyunting

Saat ini ada banyak sekali perusahaan penerbitan. Nah, tentu saja mereka membutuhkan seorang editor andal di dalamnya untuk menyunting setiap buku yang hendak dipublikasikan.

Tidak hanya perusahaan penerbitan saja yang membutuhkan jasa seorang editor, tetapi juga ada banyak media seperti website yang membutuhkan seorang editor untuk bergabung dalam bisnis mereka. Tentu saja ini peluang yang sangat bagus untuk kamu lulusan sastra Indonesia.

Dengan kemampuan yang kamu miliki, pasti kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan posisi sebagai editor. Kamu bisa memanfaat ilmu yang kamu dapatkan ketika masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

9. Aktris atau Aktor

Apakah semasa kuliah kamu termasuk mahasiswa yang memiliki minat besar di dunia drama? Jika iya, kamu mungkin bisa memiliki peluang kerja yang lebih besar untuk menjadi seorang aktris atau aktor berbakat.

Terlebih untuk kamu yang dulunya aktif di komunitas pecinta drama dan sudah sering ikut bermain drama dalam sebuah event. Pengalaman itu akan sangat menunjang kemampuanmu dalam berakting.

Selanjutnya, kamu bisa mencoba mengikuti beberapa casting untuk bisa mendapatkan peran dalam sebuah film, iklan, atau sinetron. Untuk mencapai titik tertinggi, kamu harus berusaha dengan keras dan tidak bosan untuk selalu belajar agar kemampuan bermain peran yang kamu miliki semakin baik.

Baca Juga :

Sebenarnya tidak hanya itu saja peluang kerja bagi lulusan sastra Indonesia. Masih ada banyak peluang kerja yang bisa kamu miliki setelah lulus dari jurusan sastra Indonesia. Tapi kalau disuruh memilih dari 9 peluang kerja di atas, kamu pilih yang mana nih?

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.