9 Makanan Dengan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Otak

Banyak orang mengeluh tentang bagaimana ia menjadi seorang yang pelupa, banyak juga

Ilham Damanik Ilham Damanik · 3 min read >
Makanan Untuk Kesehatan Otak

Banyak orang mengeluh tentang bagaimana ia menjadi seorang yang pelupa, banyak juga yang mengeluh mengapa ia sulit untuk fokus. Lucunya mereka memaksa otak untuk bekerja keras namun tetap juga tak mampu.

Otak kita memiliki sistem paling rumit dan kuat. Seperti komputer super. Nah, coba bayangkan jika kamu memiliki Ferrari, apakah kamu akan mengisinya dengan bensin murah?

Ini sangat berbahaya, karena otak adalah raja dari setiap organ tubuh kita. Jika otak mengalami masalah, maka itu akan berpengaruh pada tekanan darah, detak jantung, paru-paru dan lain-lain.

Makanan yang kamu konsumsi sangat berpengaruh terhadap otak. Saat kamu mengkonsumsi makanan yang salah, maka itu akan mengurangi potensi besar yang dimiliki otak.

Inilah 9 Makanan yang berdampak luar bisa bagi kesehatan otak:

1. Ikan Berlemak

Ikan Berlemak
Ikan Berlemak

Jenis ikan berlemak yang dimaksud adalah salmon, sarden, dan tuna yang semuanya memiliki sumber kekayaan asam lemak omega 3.  Omega 3 sangat penting bagi kesehatan otak, tetapi yang paling baik dari omega3 adalah DHA. Omega 3 dan DHA membentuk lapisan pelindung disekitar neuron otak kita.

Seluruh otak kita memiliki lemak, dan setengahnya adalah omega3. Maka lemak ini sangat bermanfaat untuk membantu proses pembelajaran dan memori.

Dan disisi lain, jika kamu kekurangan omega3, maka itu menyebabkan gangguan dalam belajar serta depresi. Kekurangan DHA bagi orang dewasa diantaranya kurang fokus, mudah tersingung dan susah tidur.

Baca Juga: Agar Otak Semakin Tajam, 12 Makanan & Minuman Ini Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

2. Cokelat Hitam

Cokelat
Cokelat

Selamat! dan Kabar baik untuk pecinta cokelat karena kamu telah menjaga fungsi-fungsi otak dengan baik. Selain lezat dan memiliki banyak peminat, ternyata cokelat juga tidak kalah bermanfaat.

Cokelat mampu meningkatkan peredaran darah diotak, sehingga mengurangi resiko stroke dan demensia. Cokelat hitam mengandung kakao. Kakao yang didalamnya terdapat flavonoid yaitu sejenis antioksidan.

Antiosidan ini sangat bermanfaat bagi otak kita, menurut peneltian Review 2013, Flavonoid kakao dapat membantu pertumbuhan neuron dan merangsang aliran darah pada otak, dimana hal itu berkaitan dengan pembelajaran dan memori.

3. Blueberry

Blueberry
Blueberry

Selain menjadi buah favorit di kalangan milenial, ternyata blueberry memiliki segudang manfaat yang tidak terduga.

Dibalik rasanya yang lezat, blueberry juga memberikan manfaat salah satunya mengurangi resiko Parkinson, yaitu gangguan sistem saraf karena kematian pada sel otak.

Blueberry memiliki antioksidan tertinggi daripada buah-buahan lainnya, Anthocyanin, yaitu sejenis antioksidan yang dapat melawan stress oksidatif dan peradangan, atau kondisi yang dapat menyebabkan penuaan pada otak dan penyakit neurodegeneratif.

Kamu bisa menikmati bluberry dengan menggabungkannya pada coklat, sereal, dan jelly. Tentu akan sangat nikmat dan sehat.

4. Kacang Kenari

Kacang Kenari
Kacang Kenari

Kamu mengalami masalah peradangan?

Jika iya, maka perbanyaklah mengkonsumsi kacang kenari. Peradangan dalam tubuh cenderung menyebabkan stress oksidasif, yang jika dibiarkan terus menerus maka akan semakin berbahaya dan menjadi penyakit kronis, seperti sakit jantung, diabetes, Alzheimer hingga kanker.

Dari beragam kacang yang ada, kacang kenari memiliki omega3 DHA yang paling tinggi. Seperti yang kita ketahui omega3 dan DHA ini sangat bermanfaat untuk melindungi lapisan otak kita.

Melatonin yang terkandung didalam kacang kenari juga bermanfaat untuk membantu kamu mengatur pola tidur. Kekurangan melatonin adalah salah satu penyebab mengapa kamu mengalami kesulitan untuk tidur.

5. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Sekali lagi, Selamat! Karena kamu tidak salah memilih Alpukat sebagai buah favorit. Setelah mengkonsumsi Alpukat, bagaimana perasaanmu? Mungkin sedikit lebih tenang dan rileks.

Karena magnesium yang terkandung pada alpukat, dapat mengurangi kecemasanmu serta menurunkan resiko stress hingga depresi.

Alpukat juga dikenal sebagai makanan yang kaya sebagai sumber lemak tak jenuh. Lemak yang terdapat dalam alpukat mampu mengurangi resiko darah tinggi dan menurunkan resiko penurunan kognitif, sehingga sangat berpengaruh pada otak.

Jadi tak perlu stress lagi, karena alpukat sangat mudah didapat dan kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari untuk tubuh yang rileks serta otak yang sehat.

6. Kacang Tanah

Kacang Tanah
Kacang Tanah

Para peneliti telah membuktikan bahwa kacang tanah dan jenis kacang lainnya mampu meningkatkan fungsi kognitif hingga 60%. Persentase itu sangat berbanding jauh dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kacang tanah.

Itu artinya kamu tidak salah jika memilih kacang tanah sebagai cemilan saat bersantai di sore atau malam hari. Menurut Dr. Li, Kacang tanah sangat bagus untuk mengurangi resiko penurunan kognitif pada orang dewasa.

Kacang tanah juga memiliki resveratrol tingkat tinggi. Penelitian pun telah membuktikan bahwa resveratrol memiliki daya perlindungan, yaitu mencegah kanker, peradangan, hingga penyakit neurologis seperti Alzhemeir dan Parkinson.

7. Brokoli

brokoli
brokoli

Seseorang mudah lupa karena adanya beberapa sel otak yang sudah mulai mati. Sel otak yang sudah mati tidak akan mengalami regenerasi lagi, hal itulah yang seseorang menjadi pelupa. Maka sangat penting bagi kamu untuk mengkonsumsi brokoli, karena kandungan senyawa sulforaphane.

Sulforaphane telah terbukti mampu meningkatkan kehidupan pada sel-sel otak. Juga telah terbukti sebagai peningkat neurogenesis, atau produksi sel-sel otak baru.

Dari melihat bentuknya saja mungkin kamu sudah membayangkan sebuah otak dan faktanya benar, para ahli pun menyarankan kita mengkonsumsi brokoli sejak dini untuk meningkatkan daya ingat otak serta mencegah penyakit Alzhemeir.

Jadi, selamat buat kamu para vegetarian dan pecinta sayur-sayuran, karena selain sehat, brokoli juga dapat diolah menjadi menu makan yang lezat.

8. Telur

Telur
Telur

Setelah bertahun-tahun dicap buruk oleh masyarakat, akhirnya telur mendapatkan posisi yang baik dalam rentetan makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Terutama kuning telur yang mengandung senyawa kolin.

Berfungsi membangun Asetilkolin Neurotansmitter yang memainkan peran penting didalam suasana hati seseorang, meningkatkan memori dan kecerdasan otak.

Kadar kolin yang rendah pada tubuh seseorang akan meningkatkan resiko peradangan, kabut otak, kesulitan berkonsentrasi dan mudah lelah. Sebagai sumber vitamin B yang dapat menurunkan resiko penyusutan otak serta penurunan kognitif, para ahli pun menyarankan kita untuk mengkonsumsi kuning telur setiap hari secukupnya.

9. Teh Hijau

Teh Hijau
Teh Hijau

Apakah kamu ingin meningkatkan kemampuan otak dengan bersantai dan tak mengeluarkan biaya besar? Teh hijau jawabannya.

Potensi terbesar yang dimiliki teh hijau untuk kesehatan otak ada pada L-theanine. Asam amino yang meningkatkan gelompbang alpha, dopamin, serotonin dan mengurangi stress mental. Juga mengurangi penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Singkatnya, bahan aktif utama pada teh hijau adalah kafein. Namun tidak sama seperti kopi, cafein yang terkandung pada teh hijau tidak menyebabkan efek gelisah. Cara kerja kafein pada otak adalah dengan memblokir neuotransmitter penghambat, dengan cara itulah terjadi pembakaran neuron melepaskan hormon dopamin.

Baca Juga: Sedang Flu? Makanan dan Minuman Ini Bisa Membantu Pemulihan

Nah, karena dosis cafein dan L-theanine yang standar dan tidak berlebihan pula teh hijau mampu meningkatkan kemampuan otak secara stabil atau tidak mengejutkan.

Ilham Damanik
Menulis-Membaca-Bermimpi Read Full Profile