in ,

13 Makanan Khas Medan Paling Populer, Jajanan Hingga Oleh-oleh

Makanan Khas Medan
Makanan Khas Medan

Indonesia itu sangat terkenal dengan keanekaragaman suku serta budaya. Dan setiap daerah yang ada Indonesia pasti mempunyai kuliner khasnya masing-masing. Tidak terkecuali juga dengan Kota Medan, sebuah kota yang rasanya sangat sayang apabila kamu lewatkan makanan khasnya.

Meskipun kota Medan itu berada di bagian Utara Pulau Sumatera, tapi kamu tetap harus mencoba makanan khas dari tempat tersebut. Karena, sangat rugi sekali kalau kamu belum pernah mencoba salah satu makanan yang ada di kota Medan ini. Jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi berbagai makanan khas dari Kota Medan ini.

1. Bika Ambon, Kue Khas Medan

Bika Ambon, Kue Khas Medan
Bika Ambon, Kue Khas Medan

Bika ambon merupakan sebuah kue dengan warna kuning serta permukaanya terdapat berbagai lubang kecil. Kamu bisa merasakan nikmatnya rasa bika ambon ini pada saat masih hangat.

Rasanya itu sangat berbeda sekali, ada rasa hangat-hangatnya yang ada di kue ini.

Tapi memang benar beda untuk rasa dari kue ini, walaupun makan bika ambon pada saat sudah dingin tetapi rasanya tidak bakal hilan rasanya juga tetap enak.

Tapi makan bika ambon hangat itu akan jauh lebih enak, kamu boleh coba kalau tidak percaya.

2. Bolu Merantai, Oleh-Oleh Khas Medan

Bolu Merantai
Bolu Merantai

Makanan khas Medan ini mempunyai berbagai macam varian rasa yang bisa kamu coba. Ada 6 rasa yaitu rasa kacang, keju, nanas, stroberi, serta mocca.

Bahkan, kalau kamu mau makan sebuah bolu yang gurih, ada juga bolu rasa abon ayam.

Kalau kamu berkujung ke Medan kemudian bingung mau beli oleh-oleh apa, maka bisa coba saja bolu meranti ini.

3. Soto Medan

Soto Medan
Soto Medan

Di Medan ternyata juga ada makanan soto yang menjadi sebuah khas di kota tersebut, namanya yaitu soto Medan.

Meskipun sama-sama soto, akan tetapi untuk soto Medan ini mempunyai satu cita rasa yang sangat berbeda dengan rasa soto yang lainnya.

4. Pancake Medan, Cemilan Khas Medan

Pancake Medan
Pancake Medan

Walaupun pancake itu merupakan salah satu makanan yang berasal dari luar negeri, tapi di kota Medan ini menjadi salah satu dari makanan favorit.

Ada banyak sekali rasa yang bisa kamu coba, salah satunya yaitu rasa durian . Kamu penasaran bagaimana rasa dari pankake durian?

Maka buruan cari di kota kamu, siapa tahu sudah ada yang menjualnya di sana.

5. Lemang, Makanan Khas Medan

Lemang
Lemang

Lemang ini ternyata merupakan makanan khas Tebing Tinggi yang jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan.

Tapi kamu tidak usah jauh-jauh pergi ke Tebing Tinggi karena saking enaknya dari makanan ini, di kota Medan ini juga sudah ada yang jual, jadi kamu tidak perlu untuk jauh-jauh pergi ke Tebing Tinggi.

Lemang ini dimasak dengan cara yang cukup unik yaitu dengan cara dibakar di atas sebuah bara api sampai matang.

6. Kue Lupis Medan

Kue Lupis Medan
Kue Lupis Medan

Kue lupis ini juga makanan khas Medan yang sangatlah berbeda dengan kue lupis dari Jawa.

Kalau Kue Lupis Jawa itu biasanya terbuat dari tepung beras yang sudah dihaluskan kemudian di dalamnya di tambahkan pisang ambon serta nangka yang sudah matang.

Sedangkan untuk Kue Lupis Medan yaitu makanan khas dari Kota Medan yang biasanya terbuat dari beras ketan yang telah dibungkus dengan daun pisang, biasanya akan dibentuk seperti segitiga ataupun kerucut kemudian dimasak dengan cara dikukus.

7. Kue Ombus-ombus

Ombusombus
Ombusombus

Makanan ini diketahui berasal dari dari Batak yang berasal dari siborong-siborong tapanuli utara dan terbuat dari tepung beras yang telah diberi gula ditengahnya kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Kue ombusombus ini biasanya akan selalu ada disaat acara besar dalam sebuah kebudayaan batak, namun untuk mendapatkan jajanan ini supaya di buat oleh-oleh sangatlah mudah.

8. Sate Kerang

Sate Kerang
Sate Kerang

Makanan khas Medan yang satu ini agak sedikit berbeda. Jika kamu ingin mendapatkan oleh-oleh yang berbeda, maka coba mampir dan cicipi kelezatannya akan Sate Kerang yang ada di Medan.

Siapa sangka sebuah kerang itu bisa untuk diolah menjadi sebuah sate dengan rasa yang sangat nikmat.

Yang sangat menarik dari sate ini yaitu, sate ini tidak dibakar seperti halnya sate ayam ataupun sate kambing.

Selain itu potongan dagingnya pun juga terlihat besar serta tidak berbau amis karena menggunakan sebuah kerang segar.

9. Saksang

Saksang
Saksang

Saksang ini merupakan masakan dari suku Batak yang bisa kamu dapati di kota Medan. Saksang merupakan makanan yang berkuah yang mana bahan utamanya yaitu berupa daging babi, anjing, ataupun kerbau.

Daging tersebut kemudian akan dicincang kasar dan juga dibumbui dengan mengunakan rampah-rempah serta santan.

Bisanya untuk penyajian saksang bisa dilakukan dengan cara menggunakan darah hewan yang digunakan ataupun tidak alias rempah-rempahnya saja. Hidangan ini juga merupakan hidangan wajib bagi semua suku Batak, biasanya makanan ini ada dalam pesta pernikahan adat.

10. Ikan Teri Medan

Ikan Teri Medan
Ikan Teri Medan

Kamu tentu pernah mendengar salah satu dari jenis ikan mungil yang rasanya sangat gurih asin yaitu ikan teri. Salah satu teri yang  cukup terkenal yaitu ikan teri Medan. Makanan ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh ketika akan pergi ke Medan.

Teri Medan ini ukurannya memang sangat kecil serta mempunyai warna putih. Memang sangat enak kalau harus dimakan dengan nasi panas ataupun di buat menjadi sambel teri.

Percaya rasanya pasti sangat enak, bisa membuat mulut kamu tidak bisa berhenti makan sebelum masakan terinya habis.

11. Rujak Kolam

Rujak Kolam
Rujak Kolam

Rujak kolam merupakan makanan khas Medan baru-baru ini. Rujak kolam itu merupakan salah satu dari beberapa dari street food yang sangat terkenal serta wajib kamu coba ketika berkunjung ke Kota Medan.

Rujak kolam mempunyai rasa yang cukup pedas pedas serta segar karena buahnya yang cukup segar.

Dinamakan rujak kolam? Karena orang yang berjualan rujak kolam ini berada di dekat Kolam Deli.

Dulu Kolam Deli ini merupakan objek wisata yang memang sangat terkenal, selain itu di samping Kolam Deli ini terdapat wisata peninggalan sejarah yang memang sangat terkenal di Medan yaitu Mesjid Raya Al-Mashum.

12. Kue Putu Bambu

Kue Putu Bambu Medan
Kue Putu Bambu Medan

Makanan yang satu ini sangatlah familiar di lidah masyarakat Indonesia.

Tahukah kamu kalau untuk jajanan yang ada di Medan ini juga ada kue putunya yang khas. Kue putu bambu khas medan ini mempunyai ukuran yang memang sangat lebih besar dari pada kue putu yang lainnya juga.`

Kue putu serta kue klepon sama-sama rasa enaknya karena untuk isinya sama yaitu gula merah. Cara penyajiaanya pun sama yaitu menggunakan sebuah taburan kelapa ataupun gula pasir.

Tetapi kalau di kota Medan ini lebih umum di taburi gula merah terlebih dahulu daripada kelapa parut.

13. Kolak Durian

Kolak Durian
Kolak Durian

Selain ada makana kolak Kota Melayu Deli, mka Medan juga bisa dikenal dengan sebuah Kota Durian. Hal ini dikarenakan kalau kota Medan akan menjadi salah satu kota dari penghasil buah durian yang sangat legit, manis, serta wanginya yang khas.

Siapapun yang pernah datang ke Medan maka harus bisa menjajal beragam kuliner yang telah terbuat dari bahan utamanya yaitu durian dan salah satunya yaitu makanan kolak durian.

Kolak durian ini merupakan salah satu makanan khas Medan yang biasa disajikan bersama ketan putih yang sudah dikukus, pisang kepok, serta jagung manis rebus. Untuk kuah kolaknya maka akan dibuat dari campuran santan kelapa serta gula aren ataupun gula merah.

Cita rasa dari kolak durian ini yaitu sangat manis yang berpadu dengan sebuah aroma wangi dari buah duriannya.

Kolak durian ini dijamin bisa kamu hidangkan dalam keadaan yang hangat maupun dingin bersama es juga bisa, bahkan bisa lebih menyegarkan. Pasti bakal membuat kamu mau nambah lagi, boleh kamu coba kalau kamu penasaran.

Baca Juga : 8 Makanan Khas Bali yang Paling Menggungah Selera, Sudah Pernah Coba?

Nah, itu tadi ada beberapa makanan khas Medan yang bisa kamu cicipi jika telah mampir ke Kota Medan. Banyak sekali makanan yang enak dan lezat yang tersedia di kota ini. Pokoknya kamu gak bakalan rugi jika berwisata kuliner di kota Medan.

Menghabiskan liburan di kota Medan tidak akan terasa menyenangkan jika belum menikmati kuliner yang tersedia di kota ini. Banyak juga oleh-oleh khas yang bisa kamu jadikan oleh-oleh yang buat saudara, kerabata, teman dan yang lainnya.

Written by Rini Rahmawati

Freelance Writer, Penulis Buku, Ghost Writer