in

Bukan Sombong, 5 Alasan Kenapa Kamu Selalu Malas Diajak Pacaran

Malas Diajak Pacaran
Malas Diajak Pacaran

Kamu mulai malas untuk diajak pacaran ? tidak tertarik lagi dengan hubungan percintaan ?

Sebenarnya apa salahnya sih jadi jomblo? Rasanya hal itu merupakan hal yang wajar saja jika saat ini kamu tidak pacaran. Tapi seringkali orang menganggap status jomblo sebagai status yang rendahan dan dipenuhi oleh kesedihan.

Padahal sebenarnya jomblo atau berpasangan adalah pilihan masing-masing orang. Seseorang berhak memilih untuk bertahan sendiri atau mencari pasangan untuk mendampingi.

Mungkin terkadang kamu pun muak dengan pandangan orang terhadapmu yang masih saja bertahan dengan kesendirianmu.

Padahal kamu sendiri punya alasan lain kenapa kamu memutuskan untuk tidak mencari pasangan terlebih dahulu. Kamu merasa tak perlu menjelaskan alasanmu karena itu adalah hal yang tak perlu.

Berbicara tentang alasan bertahan dengan kesendirian, pasti kamu juga memiliki alasan itu bukan?

Jika kamu belum tahu alasanmu yang sebenarnya apa, mungkin salah satu alasan di bawah ini cocok denganmu. Berikut adalah beberapa alasan yang membuatmu enggan untuk menjalin hubungan percintaan.

1. Melihat Banyaknya Hubungan yang Tak Sehat, Kamu Pun Khawatir akan Mengalami Hal yang Sama

Takut Pacaran Karena Melihat Banyak Hubungan Tidak Sehat
Takut Pacaran Karena Melihat Banyak Hubungan Tidak Sehat

Hubungan yang ada di sekitarmu ternyata juga berpengaruh loh pada pandanganmu. Kamu melihat kenyataan tentang banyaknya hubungan yang tak sehat di sekelilingmu.

Hal itu membuatmu takut dan khawatir jika kamu akhirnya menjalin hubungan, kamu pun akan mengalami hal yang sama dengan mereka.

Padahal dalam kenyataannya satu hubungan dengan hubungan yang lain akan sangat berbeda. Kamu tidak bisa menganggap semua hubungan tidak baik hanya karena kamu melihat contoh hubungan yang tak baik.

Sebenarnya kamu bisa kok memiliki hubungan yang sehat. Semua itu tergantung pada cara kamu dan pasanganmu menjalaninya.

Jadi jangan lagi berpikiran negatif ya. Semua hal di dunia ini berbeda. Kehidupanmu dan kehidupan orang lain sudah pasti tidak akan sama. Jangan menyama ratakan semua hal tersebut.

Bukan berarti karena orang sekelilingmu memiliki hubungan yang tak sehat, kamu pun akan memiliki hubungan yang sedemikian rupa.

Baca Juga : Ini lho 4 Tanda Awal Kalau Hubunganmu Sudah Nggak Sehat Lagi

2. Kamu yang pada Dasarnya Seorang yang Mandiri Takut akan Terbiasa Bergantung pada Pasangan Saat Sudah Menjalin Hubungan

Kamu Takut Tergantung Kepada Orang Lain
Kamu Takut Tergantung Kepada Orang Lain

Kamu adalah pribadi yang mandiri dan tak suka bergantung pada orang lain. Tapi dalam sebuah hubungan sudah hal yang wajar jika sepasang kekasih saling melengkapi kekurangan satu sama lain.

Hal yang baik memang, tapi kamu takut itu akan membuatmu justru cenderung terbiasa bergantung pada pasanganmu untuk menutupi kekuranganmu.

Alih-alih mempercayakan kekuranganmu untuk diisi orang lain, kamu justru lebih suka untuk berjuang sendirian. Orang-orang sepertimu adalah orang yang selalu berusaha keras untuk kehidupanmu sendiri.

Boleh saja berjuang untuk menjadi pribadi yang mandiri dan penuh dengan kerja keras, tapi jangan berlebihan.

Ingatlah bahwa kamu tidak akan dalam kondisi yang prima sampai akhir nanti. Ada kalanya kamu membutuhkan bantuan dan semangat dari seorang pasangan.

Jika kamu selalu berpikiran negatif tentang hubungan yang belum kamu jalani sebelumnya, kamu tak akan bisa untuk memulainya.

Baca Juga : 5 Alasan yang Bikin Para Lelaki Jatuh Hati pada Sosok Perempuan Mandiri

3. Kamu Selalu Menganggap Bahwa Pacaran Adalah Hal yang Bikin Kamu Makin Ribet

Kamu Tidak Suka Pacaran
Kamu Tidak Suka Pacaran

Ya bisa jadi alasanmu tetap sendiri sampai saat ini adalah karena kamu termasuk penganut paham pacaran adalah hal yang ribet. Kamu yang menyukai kebebasan tentu saja tak ingin dibikin ribet karena hubungan yang namanya pacaran.

Kamu lebih enjoy dengan kesendirian dan kebebasan yang kamu miliki.

Masalah yang ada dalam hubungan percintaan kamu anggap sebagai hal yang merepotkan. Karena kamu tak ingin ditimpa masalah-masalah yang demikian akhirnya kamu asyik dengan kehidupanmu yang sekarang.

Kamu menikmati kebebasanmu dan tak ingin terkekang dengan hubungan cinta yang dimiliki oleh orang-orang pada umumnya.

Tak hanya itu, kamu juga memiliki anggapan bahwa melakukan aktivitas receh bersama pasangan juga merupakan hal yang membuang waktu.

Kamu beranggapan bahwa waktumu akan lebih berguna untuk kamu gunakan dalam mengembangkan karir atau melakukan hal yang kamu sukai.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Cowok Bahagia Saat Pacaran Denganmu

4. Memiliki Trauma dengan Hubungan Asmara yang Pernah Kamu Alami di Masa Lalu

Trauma Membuatmu Enggan Membina Hubungan Baru
Trauma Membuatmu Enggan Membina Hubungan Baru

Alasanmu masih saja bertahan dengan kesendirianmu adalah karena masa lalumu. Kamu memiliki trauma dengan hubungan yang pernah kamu jalani dulu. Mungkin kamu pernah sangat tersakiti sehingga merasa takut untuk menjalin hubungan lagi.

Kamu merasa takut jika kamu akan mengalami hal yang sama seperti pada masa lalumu jika kamu menjalin hubungan yang baru. Hal ini mungkin tidak akan bisa dipahami oleh orang yag tak memiliki trauma dengan sebuah hubungan.

Sebenarnya dalam lubuk hatimu yang paling dalam kamu pun ingin memiliki hubungan layaknya orang lain. Tapi setiap kamu ingin memulainya ada rasa takut yang terus menghantui.

Kamu takut, sangat takut akan terulangnya kejadian di masa lalu jika kamu memulai menjalani sebuah hubungan cinta.

Baca Juga : Jangan Sedih, Inilah 12 Tips Jitu Untuk Kamu Yang Susah Move On

5. Kamu Takut Jika Dirimu Tak Cukup Baik untuk Pasanganmu

Kamu Merasa Belum Cukup Baik
Kamu Merasa Belum Cukup Baik

Mungkin saja selama ini kamu sudah memiliki orang yang sangat kamu cintai. Namun kamu enggan untuk mengungkapkan isi hatimu. Kamu takut jika saja ekspektasi pasanganmu terhadapmu tidak bisa kamu wujudkan dengan baik.

Ada rasa takut jika kamu tidak bisa menjadi pasangan yang baik untuk orang yang kamu cinta. Kamu merasa kurang percaya diri dengan dirimu sendiri.

Kamu takut akan mengecewakannya jika tidak bisa memenuhi ekspektasinya terhadapmu. Harus diakui, kepercayaan diri memang cukup penting dalam menjalani sebuah hubungan.

Baca Juga : Jangan Sedih, Inilah Keuntungan Menjadi Jomblo yang Harus Kamu Ketahui

Itulah beberapa hal yang kerap menjadi alasan seseorang enggan untuk terlibat hubungan percintaan. Mungkin salah satunya juga mewakili alasanmu yang sesungguhnya. Tak perlu menjelaskan alasan itu pada orang lain, karena mungkin hal itu hanya akan berakhir dengan sia-sia. Enjoy dan jalani pilihanmu dengan hati yang bahagia.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.