in , ,

9 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Manfaat air kelapa memang sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari kegunaan pada kesehatan dan juga sebagai penghilang dahaga yang lebih alami dan sehat dibandingkan dengan air gula buatan. Kelapa sendiri bisa Anda pilih dari kelapa hijau dan juga kelapa muda.

Kelapa hijau umumnya digunakan untuk kesehatan misalnya sakit perut atau adanya gejala keracunan makanan.

Sedangkan kelapa muda adalah jenis yang sering kita minum untuk menyegarkan tubuh ketika haus. Kandungan elektrolit pada kelapa menjadi faktor utama minuman ini digemari.

Elektrolit ini akan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian Anda.

Pada saat kehamilan, seseorang cenderung memiliki keluhan pada kesehatan tubuhnya. Hal ini wajar terjadi karena adanya perubahan fisik dari ibu hamil.

Mudah lelah, lemas, sakit pinggang hingga merasa stres bisa dirasakan oleh ibu saat hamil. Tentu hal ini harus bisa dihadapi dengan baik dan dicari jalan keluarnya. Air kelapa bisa dijadikan salah satu alternatif untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Kandungan lain dari kelapa yang tidak kalah pentingnya lagi adalah vitamin C, potasium dan juga serat. Air kelapa juga aman untuk dikonsumsi kapan saja Anda inginkan. Pastikan juga air kelapa yang dikonsumsi ini tanpa gula tambahan ya.

Manfaat air kelapa juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Ibu yang sedang hamil membutuhkan banyak nutrisi dan gizi baik yang cukup agar tetap sehat selama masa kehamilan.

Lalu apa saja yang bisa diambil dari mengonsumsi air kelapa untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil
Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Memiliki imun yang baik tentu merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan. Tidak terkecuali pada ibu hamil. Pada masa kehamilan, ibu sebaiknya harus memiliki kekebalan tubuh yang cukup.

Hal ini bisa didapatkan dari asupan makanan sehari-hari.

Nah, air kelapa dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil karena memiliki kandungan kalium, florida dan potasium yang cukup banyak. Zat ini dapat melindungi tubuh dari penyakit.

Kandungan antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya seperti mineral dan vitamin pada kelapa juga berfungsi untuk melindungi janin dari risiko terinfeksi penyakit yang beragam. Memang manfaat air kelapa ini cukup komplit untuk ibu hamil.

2. Membantu Memperbaiki Sirkulasi Darah

Air Kelapa Membantu Memperbaiki Sirkulasi Darah
Air Kelapa Membantu Memperbaiki Sirkulasi Darah

Vitamin C serta nutrisi seperti protein, potasium dan magnesium ini dapat membantu untuk memperbaiki sirkulasi darah pada ibu hamil.

Selain itu air kelapa yang dikonsumsi juga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Hal ini dapat membantu ibu untuk menghindari risiko terkena preeklamsia dan gangguan kehamilan lainnya yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Karena protein yang terlampau tinggi pada urin dapat membahayakan ibu hamil.

3. Membantu Menghindari Infeksi Pada Saluran Kemih

Air Kelapa Membantu Menghindari Infeksi Pada Saluran Kemih
Air Kelapa Membantu Menghindari Infeksi Pada Saluran Kemih

Ternyata manfaat air kelapa ini tidak hanya berguna pada fungsi darah pada tubuh saja. Tetapi juga dapat membantu kesehatan dari sistem saluran kemih ibu.

Pasalnya konsumsi air kelapa ini dapat menghindarkan ibu terkena infeksi saluran kemih. Porsi konsumsinya tentu berbeda pada masing-masing individu.

Namun satu gelas sehari sudah cukup untuk membantu menghindarkan dari risiko infeksi ini.

4. Pengontrolan Lemak Pada Tubuh

Mengontrol Lemak Tubuh
Mengontrol Lemak Tubuh

Jika Anda sedang diet maka konsumsi air kelapa ini menjadi daftar dalam menu diet tersebut. Karena manfaat air kelapa ini dapat dikatakan sebagai pengontrol lemak pada tubuh. Meski rasanya manis dan segar, namun air kelapa tidak memiliki kalori sama sekali.

Justru air kelapa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan kandungan gula alami yang rendah dapat membantu untuk mencegah adanya lemak berlebih dalam tubuh Anda.

Apalagi pada ibu hamil yang ingin mengendalikan berat badannya. Anda bisa mengonsumsi air kelapa ini dibarengi dengan gaya hidup yang sehat.

Sebelum kita lanjut, beberapa informasi berikut ini mungkin bermanfaat untuk anda yang sedang hamil :

5. Membantu Mengatasi Sembelit

Membantu Mengatasi Sembelit
Membantu Mengatasi Sembelit

Sering kali ibu hamil merasakan sembelit yang tidak mengenakkan. Hal ini karena adanya gangguan pada saluran pencernaan.

Untuk itu Anda bisa meminimalisirnya dengan rutin mengonsumsi air kelapa.

Selain itu manfaat air kelapa juga dapat untuk mengatasi asam lambung yang naik. Sebaiknya kenali dulu kebutuhan diri Anda agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi air kelapa meski banyak fungsinya.

6. Membantu Mengatasi Dehidrasi

Membantu Mengatasi Dehidrasi
Membantu Mengatasi Dehidrasi

Ibu hamil akan mudah lelah saat beraktivitas. Hal ini wajar dan normal. Namun selain beristirahat yang cukup, ibu dapat mengonsumsi air kelapa untuk membantu mengatasi dehidrasi dan kelelahan yang dirasakan.

Air kelapa dapat menjadi sumber energi lain untuk ibu hamil. Tentu saja hal ini karena adanya kandungan elektrolit dalam air kelapa.

Jadi ibu selama masa kehamilan tidak takut untuk kekurangan cairan ya.

7. Membantu Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin

Membantu Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin
Membantu Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin

Apa yang dikonsumsi oleh ibu, janin akan turut merasakan.

Begitu juga dengan air kelapa yang diminum oleh ibu hamil. Manfaat air kelapa ini juga akan terasa bagi janin yakni untuk membantu pertumbuhan janin di kandungan.

Kadar gula dan juga tekanan darah yang cukup akan membuat perkembangan janin pada perut ibu menjadi lebih positif karena lingkungan dalam perut yang juga sehat untuk janin berkembang.

8. Membantu Mengontrol Asam Urat

Membantu Mengontrol Asam Urat
Membantu Mengontrol Asam Urat

Asam urat dalam tubuh jika berlebihan maka akan mengganggu kesehatan seseorang.

Terlebih lagi pada ibu hamil. Kadar asam urat dalam tubuh yang cukup akan membantu menjaga saluran kencing tetap bersih dan aliran urin juga sehat.

Anda bisa merasakan manfaat air kelapa untuk membantu mengontrol asam urat ini.

9. Membantu Meredakan Morning Sickness

Air Kelapa Meredakan Morning Sickness
Air Kelapa Meredakan Morning Sickness

Morning sickness bukanlah hal baru bagi ibu hamil. Adanya rasa penuh pada perut dan ingin muntah membuat ibu menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas. Hal ini wajar karena adanya perubahan pada diri ibu secara fisik.

Anda bisa mengonsumsi air kelapa untuk membantu meredakan morning sickness tersebut. Meredakan bukan berarti hilang sama sekali ya. Setidaknya ibu tetap bisa beraktivitas dengan lebih nyaman dan aman tanpa adanya gejala morning sickness yang tidak mengenakkan.

Manfaat air kelapa ini sudah dirasakan sejak dahulu bagi ibu hamil. Bahkan kerap kali memunculkan mitos-mitos tertentu mengenai kehamilan.

Namun, konsumsinya tetaplah mengacu pada kesehatan diri ya moms. Jika Anda tidak memiliki riwayat tertentu maka Anda bisa bebas untuk mengonsumsi air kelapa.

Namun jika ragu-ragu pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter terpercaya apakah diperbolehkan atau tidak. Selain itu pastikan konsumsi hariannya juga tidak berlebihan. Barengi juga dengan konsumsi air putih yang cukup.

Makanan yang bergizi serta beristirahat yang cukup juga menjadi kunci untuk kesehatan selama kehamilan. Karena kesehatannya tidak hanya berdasar pada Anda saja, tetapi juga pada janin yang ada diperut.

Tidak lupa untuk olahraga sesuai dengan kemampuan diri Anda agar memudahkan pada saat persalinan nantinya. Coba pelajari juga : 4 Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Meski rasanya sulit untuk makan selama mengalami morning sickness, manfaat air kelapa ini juga harus dibarengi dengan konsumsi makanan walaupun sedikit yang bisa dimakan. Jadi, jangan hanya mengandalkan air kelapa saja meski baik untuk ibu hamil ya.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.