in

7 Manfaat Air Mawar Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat Air Mawar
Manfaat Air Mawar

Manfaat air mawar ternyata memiliki dampak bagi kulit wajah kita. Paket lengkap ada di dalam air mawar ini yakni mulai dari harga yang terjangkau namun segudang kandungan baik bagi kulit tersedia pada air mawar.

Bunga mawar yang umumnya kita kenal sebagai bunga lambang cinta ini tidak hanya cantik untuk dijadikan buket saja. Namun jika diolah dengan baik dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dalam merawat kulit wajah.

Bunga mawar ini dapat diolah menjadi air mawar atau rose water dengan proses penyulingan dari tiap kelopaknya. Penyulingan tersebut kemudian akan menghasilkan cairan dengan aroma khas sekaligus minyak yang berasal dari bunga mawar itu sendiri.

Nyatanya air mawar ini telah digunakan lebih dari ribuan tahun sebagai ramuan tradisional pada produk kecantikan bahkan diolah menjadi makanan dan juga minuman pada masanya.

Sekarang ini dapat kita temui minuman dengan kelopak mawar di dalamnya walaupun masih sangat jarang.

Tidak heran jika air dari bunga mawar ini memiliki beragam manfaat yang baik bagi kulit wajah kita. Pasalnya, air mawar mengandung antibakteri dan juga antiseptic yang berguna bagi kesehatan kulit.

Kandungan tersebut akan membantu menyegarkan kembali kulit sehingga anda yang memakainya juga akan merasa sejuk dan segar setiap hari.

Mawar yang identik dengan karakter feminim khususnya pada perempuan, juga berguna untuk merawat kecantikan dan kesehatan perempuan itu sendiri.

Air mawar memiliki berbagai macam manfaat dan dapat digunakan sebagai produk kecantikan yang alami. Mau tahu apa saja manfaat air mawar dan dapat dijadikan produk kecantikan apa? Yuk kita simak.

1. Melembabkan Kulit Wajah

Melembabkan Kulit Wajah
Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat air mawar yang pertama adalah untuk membantu melembabkan kulit wajah anda. Alih-alih menggunakan pelembab wajah berbentuk lotion yang terasa lengket di kulit, anda bisa mencoba memakai air mawar untuk mengatasi masalah ini.

Air mawar dapat membantu mencegah kulit menjadi kering dan kusam karena kandungan minyak esensial mawar dan antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut juga dapat melembabkan bagian bawah mata anda yang terlihat lelah.

Sehingga kulit wajah anda akan tetap terhidrasi dengan baik meski jenis kulit anda kering. Hal ini akan menghindarkan terjadinya kulit yang kasar akibat terlalu kering. Caranya adalah air mawar dapat diusapkan ke wajah dengan kapas atau ditempatkan pada botol spray.

Anda bisa menyemprotkan ke seluruh wajah dan tunggu beberapa saat hingga kering. Setelahnya anda dapat melanjutkan menggunakan pelembab lain atau skincare dan make up seperti biasanya.

Baca Juga : Memutihkan Kulit Wajah: 8 Tips Perawatan Alami Tanpa Efek Samping

2. Mencegah Penuaan Dini

Air Mawar Untuk Penuaan Dini
Air Mawar Untuk Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini sudah mulai terasa? Anda bisa menggunakan air mawar untuk membantu mencegahnya datang. Air mawar memiliki fungsi untuk menghambat penuaan dini dengan mengurangi munculnya kerutan halus di wajah.

Kandungan antioksidan pada air mawar juga dapat membantu menangkal radikal bebas, menghambat kerusakan kulit sehingga kulit tidak cepat tua dan keriput dapat teratasi dengan baik. Beberapa air mawar memiliki rose hip seeds.

Rose hip seeds memiliki vitamin C sebagai antioksidan yang dapat menutrisi kulit wajah dan menyerap dengan baik pada lapisan kulit. Hal ini akan membantu meminimalisir munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Bisa juga memanfaatkan mawar yang diolah menjadi essential oil. Pada essential oil ini memiliki antibakteri untuk membantu memerangi penuaan dini, kulit yang kusam dan kering.

3. Membantu Peradangan Kulit

Menyembuhkan Peredangan Kulit
Menyembuhkan Peredangan Kulit

Bunga mawar memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu peradangan pada kulit. Ekstrak bunga mawar mengandung polifenol dan flavanoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan antiradang.

Untuk itu air mawar dapat membantu peradangan dan iritasi pada kulit anda. Anda bisa mengusapkan air mawar pada kulit yang bermasalah dengan menuangkan secukupnya pada kapas.

Selain itu air mawar dapat membantu mengurangi merah di kulit akibat iritasi jerawat dan masalah kulit wajah lainnya. Air mawar yang rutin digunakan dapat membantu membersihkan sisa kotoran yang menumpuk pada pori-pori penyebab komedo.

Mawar yang di ekstrak menjadi minyak mawar juga dapat membantu peradangan pada kulit.

Baca Juga : 7 Bahan Perawatan Wajah Paling Simpel, Bisa Bikin Sendiri Di Rumah

4. Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat
Mengatasi Jerawat

Pada poin sebelumnya telah disinggung mengenai jerawat. Air mawar memiliki antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi bakteri pada kulit yang berjerawat.

Karena jerawat dapat muncul karena penggunaan produk kecantikan yang memiliki pH basa tinggi.

Pada kulit terdapat dua pH yang harus seimbang keberadaannya yakni asam dan basa. Ketika salah satunya lebih tinggi maka dapat muncul permasalahan kulit.

Penggunaan air mawar ini dapat membantu menyeimbangkan pH kulit antara asam dan basa dan jerawat pun dapat teratasi. Selain itu noda hitam pada wajah juga akan tersamarkan berkat air mawar.

Karena pemicu jerawat seperti kuman dan bakteri akan lenyap jika rutin memakai air mawar. Anda bisa menggunakan air mawar sebagai toner. Gunakan pada pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah.

Tuangkan air mawar pada kapas kemudian usapkan merata ke seluruh wajah.

5. Toner Alami

Toner Alami
Toner Alami

Toner yang disebutkan pada poin 4 dapat anda gunakan setiap hari. Fungsi dari toner air mawar ini adalah untuk menyegarkan kulit wajah anda setelah dibersihkan. Sehingga kulit anda yang lelah kembali sejuk dan segar.

Bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan double cleansing agar benar-benar bersih sebelum mencuci muka. Jika wajah telah bersih lanjutkan dengan mencuci muka dengan facial foam seperti biasa.

Gunakan air mawar sebagai toner setelah mencuci muka dengan menuangkan pada kapas dan oleskan merata pada wajah.

6. Face Mist / Face Spray

Face Spray
Face Spray

Ketika anda beraktivitas di luar ruangan, kulit wajah anda akan terkena paparan sinar matahari langsung yang berbahaya jika terlalu lama.

Atau mungkin anda terlalu lama berada di ruangan ber AC sehingga kulit wajah anda menjadi kering. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan face mist atau face spray.

Anda dapat membuat face spray dengan air mawar. Cukup tempatkan pada botol spray yang praktis dibawa kemanapun anda pergi. Beberapa orang juga membuat face spray dengan dicampurkan aloe vera agar wajah lebih terhidrasi baik dan tetap lembut.

Selain digunakan untuk menyegarkan wajah setiap saat, air mawar yang telah diubah menjadi face spray ini juga dapat berfungsi menjadi setting spray. Setting spray berguna untuk mempertahankan riasan make up agar tidak mudah luntur.

Sangat praktis dan ekonomis dengan satu air mawar. Lebih menghemat biaya dibandingkan anda harus membeli satu persatu produk sesuai fungsinya masing-masing.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Menghilangkan Ketombe

Menghilangkan Ketombe
Menghilangkan Ketombe

Siapa yang sangka air mawar tidak hanya berguna bagi kulit wajah saja. Tetapi juga berguna bagi mahkota kepala yakni rambut. Jika anda memiliki masalah rambut berketombe, anda dapat memanfaatkan air mawar lho.

Air mawar berfungsi untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala dengan cara menjadikan air mawar sebagai kondisioner. Air mawar dapat membantu mengobati radang yang terjadi pada kulit kepala penyebab ketombe.

Air mawar akan menutrisi rambut anda dengan baik sehingga peradangan teratasi dan ketombe pun hilang. Bonusnya, rambut anda akan menjadi wangi sepanjang hari dengan pemakaian air mawar sebagai kondisioner.

Satu produk dengan berbagai manfaat bagi tubuh anda bukan. Namun tetap imbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan olahraga. Karena kesehatan kulit juga dapat mencerminkan pola hidup anda dan kurangi hal-hal yang membuat anda stres.

Stres anda juga akan berimbas pada kesehatan kulit baik tubuh maupun kulit wajah. Hidup seimbang memang kunci dari kesehatan.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.