in

Capek Jadi Hilang, Inilah 5 Manfaat Body Massage Untuk Kebugaran Tubuh

Manfaat Body Massage Untuk Kebugaran Tubuh

Terapi Pijat atau Body Massage kini semakin diminati dan meningkat popularitasnya dalam dunia perawatan tubuh. Dulunya dianggap sebagai alternatif saja atau pilihan terakhir, tapi sekarang body massage menjadi pilihan utama dalam perawatan kebugaran jasmani.

Pertanyaannya adalah mengapa pada akhirnya orang-orang menjadikan pijat urut sebagai pilihan utama? Setelah ditelusuri lebih jauh ternyata alasan mengapa orang-orang memilih terapi pijat adalah manfaatnya yang luar biasa.

Kabar baiknya lagi, manfaat yang didapatkan dari terapi pijat bisa dirasakan secara langsung bahkan saat berlangsungnya proses pemijatan atau massage kita akan langsung merasakan efek atau perubahan pada tubuh.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat terapi pijat refleksi yang perlu diketahui!

1. Mengurangi Stress

Pijat Mampu Mengurangi Stres
Pijat Mampu Mengurangi Stres

Stress adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Ketika seseorang yang sedang berada dalam kondisi stress, tubuhnya akan melepaskan zat kimia yaitu hormon kortisol lewat kelenjar adrenal.

Jika jumlah kadar kortisol dalam tubuh kita terlalu tinggi, maka dampaknya akan berbahaya dan beberapa diantaranya adalah:

  • Mudah marah
  • Tekanan darah tinggi
  • Jerawat
  • Kenaikan berat badan
  • Sakit kepala
  • Sulit konsentrasi
  • Kesulitan tidur / Mendapatkan tidur yang kurang berkualitas

Terapi pijat telah terbukti mengurangi kadar kortisol dalam tubuh. Terlebih jika kita mendapatkan terapi pijat dari profesional, tentunya akan lebih memungkinkan bagi tubuh untuk masuk dalam mode pemulihan.

Setelah kadar kortisol kembali netral, otomatis peredaran darah kita juga kembali normal dan pikiran akan menjadi lebih rileks hingga membantu kita mendapatkan tidur lebih nyenyak. Selain itu, jika sesi pijat dilakukan secara teratur dapat meningkatkan energi baik secara fisik maupun mental.

Coba pelajari juga : 6 Tanda Bahwa Kamu Sedang Mengalami Stres Berat

2. Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Meningkatkan Sirkulasi Darah
Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat body massage tidak hanya kita rasakan dalam jangka pendek, tidak diragukan lagi bahwa manfaat jangka panjangnya juga sudah terbukti yaitu meningkatkan sirkulasi darah. Namun tentunya manfaat ini tidak akan kita dapatkan jika tidak melakukan terapi pijat secara teratur.

Pijatan menggunakan tekanan tangan-tangan profesional dapat meningkatkan sirkulasi dengan menggerakkan darah melalui area tubuh yang rusak dan padat. Hingga pada akhirnya tekanan terus menerus pada area yang sama ini menyebabkan darah baru mengalir ke jaringan.

Selain itu, beberapa teknik lainnya seperti memutar, memijat dan menarik juga menghilangkan asam laktat dari otot. Akibatnya meningkatkan sirkulasi getah bening yang membawa limbah dari seluruh organ dan otot.

Setelahnya, tekanan darah akan menurun dan fungsi tubuh meningkat secara keseluruhan. Karena itu, jangan ragu mencoba body massage sebagai perawatan kebugaran tubuh, ya?!!

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Pijat Dapat Memperbaiki Postur Tubuh
Pijat Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Tentunya banyak dari kita sering mengalami nyeri, pegal atau sakit dibagian punggung, leher serta otot-otot lainnya. Namun faktanya, semua rasa sakit ini berasal dari kebiasaan postur yang buruk seperti cara kita duduk, berdiri atau tidur.

Jika kamu mengalami postur tubuh yang bengkok, terkilir, atau kurang normal akibat kecelakaan atau mungkin juga akibat kebiasaan yang berulang-ulang, terapi pijat dapat mengembalikannya ke posisi yang benar.

Tentunya jika postur kita tidak sesuai dengan apa yang seharusnya, tubuh kita akan terasa sakit dan otot-otot menjadi tegang. Terapi pijat akan melemaskan otot-otot pada tubuh, menjadikannya kendur dan rileks lalu mengembalikan postur pada posisi organik dan sehat.

Maka jika kamu mengalami keluhan-keluhan mengenai postur yang tidak sesuai, jangan ragu untuk segera mendapatkan bantuan terapi pijat dari profesional!

4. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan

Pemijatan Tubuh Juga Dapat Membantu Meningkatkan Imun
Pemijatan Tubuh Juga Dapat Membantu Meningkatkan Imun

Adalah sebuah fakta yang mengejutkan bahwa seseorang yang mengalami tingkat stress tinggi lebih rentan diserang penyakit dan cedera, secara fisik maupun mental. Ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan, maka jika kita merasakan gejalanya segeralah meminta bantuan profesional.

Sebab, ketika stress diikuti dengan gizi yang buruk, pola tidur yang berantakan dan kurang olahraga, sistem kekebalan tubuh akan menurun secara drastis. Inilah mengapa kita membutuhkan terapi pijat, karena suatu alasan yang kuat.

Penelitian telah membuktikan bahwa sesi pijat teratur dapat meningkatkan aktivitas “sel pembunuh” alami pada tubuh atau sering disebut sistem kekebalan. Hingga pada gilirannya, terapi pijat yang dilakukan dengan tepat meningkatkan sel darah putih yang berguna untuk melindungi kita dari berbagai penyakit.

5. Relaksasi Otot

Relaksasi Otot
Relaksasi Otot

Tujuan body massage adalah menargetkan sumber rasa sakit pada tubuh dengan menghilangkan otot tegang, meningkatkan fleksibilitas dan memberikan relaksasi pada otot yang cedera serta meningkatkan kebugaran tubuh kita secara keseluruhan.

Selain memperbaiki otot-otot yang cedera, terapi pijat juga dapat meningkatkan nutrisi dan oksigen pada jaringan tubuh yang rusak. Pada gilirannya, aktivitas yang dilakukan dengan pijatan ini juga mengurangi kekakuan, mengempiskan pembengkakan pada otot dan sendi.

Terapi pijat juga dapat melepaskan hormon endorfin (hormon penghilang rasa sakit), pada gilirannya juga akan diikuti dopamin dan serotonin yaitu hormon yang membuat kita merasa gembira.

Hormon-hormon ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan fisik dan emosional, tidak dapat dipungkiri bahwa hanya rasa bahagia yang bisa menenangkan saraf. Dengan kata lain, terapi pijat hanyalah alat pendukung untuk memunculkan kebahagiaan yang ada dalam diri kita masing-masing.

Bahwa pada akhirnya, kesembuhan dan kesejahteraan sejatinya berasal dari dalam diri kita sendiri. Sementara aspek-aspek eksternal yang berasal dari luar seperti pijatan hanyalah alat pendukung saja.

Nah, jika kamu masyarakat di sekitaran kota malang yang sedang membutuhkan jasa pijat, kamu bisa mengunjungi pijat panggilan malang untuk mendapatkan massage service terbaik dengan cepat dan mudah.

Akhir Kata

Terapi pijat dibutuhkan sebagai alat pendukung yang efektif untuk membuat tubuh merasa lebih rileks, sebab ketika tubuh rileks maka sisi emosional kita lebih mudah untuk merasa gembira.

Semua rasa sakit yang kita alami 90 % berasal dari stress, artinya hampir semua keluhan kita sebenarnya berasal dari dalam diri sendiri. Dan obatnya juga sudah ada di dalam diri kita masing-masing, yaitu rasa syukur dan kegembiraan.

Namun tentunya tidak semua orang bisa mengontrol hormon-hormon dalam tubuh yang menyebabkan kita merasa gembira, sehingga kita membutuhkan bantuan profesional untuk memberikan terapi pijat atau body massage.

Sekianlah artikel tentang Pentingnya terapi pijat untuk menghalau stress. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Penikmat dan pemerhati