8 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Jika Rutin Berolahraga

Kehidupan sehari-hari di isi dengan aktivitas yang padat tentu melelahkan. Banyaknya kegiatan

Rima Mustika Rima Mustika · 4 min read >
Manfaat Berolahraga

Kehidupan sehari-hari di isi dengan aktivitas yang padat tentu melelahkan. Banyaknya kegiatan yang anda lakukan baik di dalam rumah atau di luar rumah memang memerlukan energi dan waktu. Keseharian kita di isi dengan urusan pribadi dan pekerjaan yang harus kita atur dengan baik agar dapat berjalan secara seimbang.

Menyeimbangkan kehidupan memang tidak mudah. Tetapi dapat kita jalani dengan baik jika dapat mengaturnya. Kelelahan adalah akibat dari tidak dapat mengatur dengan baik sehingga kita mudah sakit. Ini juga akan berpengaruh pada fisik dan mental seseorang.

Tubuh anda membutuhkan perhatian lebih untuk dapat memfasilitasi diri dalam beraktivitas. Anda dapat merubah pola makan sesekali dan berolahraga. Kedua hal ini sebaiknya seimbang dan tidak menitik beratkan pada salah satu.

Keseharian kita yang di isi dengan banyaknya asupan makanan dan cairan yang kurang baik harus diimbangi dengan latihan fisik teratur juga pola makan yang baik.

Manfaat dari kedua hal ini juga tidak main-main. Hidup sehat itu gratis. Cukup anda dan kemauan yang menjalani nya. Tidak hanya fisik saja yang menuai manfaatnya, tetapi juga mental yang secara psikologis ikut bahagia.

Apa saja sih manfaat dari berolahraga yang bisa kita dapatkan baik secara fisik maupun efek psikologis ?.

1. Melepaskan Energi Diri yang Berlebih

Olahraga Dapat Melepaskan Energi Berlebih
Olahraga Dapat Melepaskan Energi Berlebih

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Begitu juga dengan energi diri yang berlebihan. Maksudnya di sini adalah energi yang anda miliki namun tidak dapat anda ekspresikan dengan baik. Katakan lah anda orang yang sangat aktif tetapi pekerjaan menuntut anda bekerja 9 to 5 di dalam ruangan.

Maka anda membutuhkan kegiatan fisik yang dapat mendukung pelepasan energi diri anda yang berlebihan. Dari sisi psikologis jika hal ini tidak ditangani dengan baik maka sewaktu-waktu penumpukan energi ini dapat menjadi bom waktu bagi anda.

Mulai lah memilih jenis olahraga yang cocok. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kekuatan tubuh anda. Jangan memaksakan olahraga berat jika tubuh tidak memenuhi kekuatan tersebut.

2. Melepaskan Emosi Negatif

Olahraga Dapat Melepaskan Emosi Negatif
Olahraga Dapat Melepaskan Emosi Negatif

Semua hal negatif tentu berefek buruk bagi anda. Tidak terkecuali emosi. Emosi juga memiliki jenisnya sendiri. Emosi negatif lebih membutuhkan pemeliharaan yang baik dan cukup. Dengan melakukan olahraga, anda turut membantu diri anda sendiri untuk melepaskan emosi negatif ini.

Emosi negatif yang tidak dapat dilepaskan dengan baik akan membawa bom waktu juga. Efeknya dapat dirasakan oleh anda dan orang-orang di sekitar anda.

Salah satu akibat dari emosi negatif yang tidak ditangani dengan baik adalah tidak dapat mengontrol amarah. Sehingga anda secara tidak sadar melakukan tindakan agresi yang mungkin membahayakan diri anda juga orang lain.

Baca Juga : 5 Teknik Terapi Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Gak Gampang Emosian

3. Weight Loss dan Fat Loss

Bonus dari melakukan olahraga juga ada dong. Selain anda mendapatkan manfaat secara psikologis, dua hal ini adalah manfaat fisik nya. Anda dapat menjaga berat badan atau bahkan menurunkan berat badan secara gratis.

Melakukan olahraga tentu tidak harus ke tempat senam atau gym. Olahraga dapat anda lakukan secara cuma-cuma di rumah atau di luar rumah.

Anda dapat merasakan bonus penurunan berat badan atau weight loss yang bertahap. Weight loss merujuk pada penurunan berat badan missal dari 60kg turun menjadi 57kg. selain weight loss anda juga dapat merasakan fat loss.

Berbeda dengan weight loss, fat loss merujuk pada penurunan kadar lemak dalam tubuh anda. Misalnya anda merasakan tubuh menjadi lebih ringan setelah melakukan olahraga.

Namun berat badan anda tidak mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini kemungkinan adalah kadar lemak tubuh anda yang berkurang, bukan berat badan anda.

Dua hal ini biasanya terjadi secara bertahap. Tentu dua-dua nya merupakan tanda bahwa anda bisa menjaga tubuh anda sendiri.

4. Kulit Menjadi Lebih Cerah

Olahraga Membuat Kulit Menadi Cerah
Olahraga Membuat Kulit Menadi Cerah

Pernah kah anda melihat seseorang dengan kulit yang cerah dan segar ?. mungkin anda berpikir bahwa ia melakukan perawatan yang mahal dan intens.

Ternyata tidak hanya melakukan perawatan saja yang dapat membuat kulit tubuh kita menjadi cerah. Melakukan olahraga juga memiliki efek baik tersebut.

Dengan rutin melakukan olahraga sesuai kebutuhan yang dibarengi dengan pola makan sehat, anda dapat merasakan bonus ini juga secara gratis.

Melakukan olahraga dapat membantu untuk membuang zat yang tidak diperlukan bagi tubuh melalui keringat yang keluar dari pori-pori. Sirkulasi yang baik akan membantu meremajakan kulit tubuh sehingga terlihat segar dan cerah.

5. Badan Menjadi Lebih Segar

Olahraga Membuat Badan Menjadi Segar
Olahraga Membuat Badan Menjadi Segar

Tentu setelah melakukan olahraga anda menjadi lebih segar. Badan yang sehat dan segar akan mampu untuk mendukung kegiatan sehari-hari menjadi lebih bersemangat.

Olahraga membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Pergerakan tubuh ketika melakukan olahraga juga dapat menghindari dari kram jika dilakukan pemanasan yang tepat sebelumnya.

Dengan memiliki badan yang lebih sehat dan segar anda dapat melakukan aktivitas harian dengan lebih cekatan, lebih fokus, tidak mudah lelah dan lebih merasa bahagia. Badan yang segar juga dapat memengaruhi mood seseorang.

Aktivitas dapat dijalani dengan ringan. Mood yang baik diiringi dengan badan yang sehat dan segar tentu menyenangkan bukan.

6. Menyadari Akan Pentingnya Pola Hidup Sehat

Olahraga Menyadarimu Pentingnya Hidup Sehat
Olahraga Menyadarimu Pentingnya Hidup Sehat

Ketika anda sudah melakukan olahraga rutin dan sesekali mengatur pola makan yang baik, anda akan lebih menyadari akan pentingnya melakukan pola hidup sehat.

Misalnya anda jadi lebih sadar bahwa anda harus berolahraga 3 kali dalam seminggu. Atau mengatur waktu untuk makan makanan sehat memperbanyak sayur dan buah setiap hari dan meliburkan aturan ini pada saat weekend tiba.

Ketika sudah menerapkan ini, anda akan memiliki kebiasaan untuk selalu mengecek kondisi tubuh anda sendiri. Apakah terjadi hal yang tidak biasa pada tubuh anda ? dan anda akan mulai mencari penyebabnya.

Dengan begitu anda akan terbiasa untuk mengatur hidup anda menjadi lebih baik.

7. Melatih Diri untuk Aware Terhadap Batasan Kesehatan Tubuh

Mindset Hidup Sehat
Mindset Hidup Sehat

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dengan rajin melakukan olahraga adalah anda menjadi lebih tahu dan dapat merasakan tanda-tanda pada tubuh anda.

Anda akan mampu menyadari jika terjadi sesuatu pada tubuh anda. Misalnya merasakan adanya hal yang berbeda dari biasanya pada tubuh seperti merasa lelah, batuk, sakit kepala, dan lainnya.

Tanda pada tubuh yang sedang memberikan sinyal sakit pada anda akan lebih memudahkan untuk menangani dan mengobati ketika anda akan atau sakit.

8. Menambah Teman Baru

Olahraga Membuatmu Mendapatkan Teman Baru
Olahraga Membuatmu Mendapatkan Teman Baru

Jika anda ingin mencari teman untuk berolahraga bersama, sekarang ini sudah banyak sekali komunitas yang dibentuk sesuai dengan jenis olahraga nya.

Misalnya komunitas olahraga lari, aerobik, yoga dan lainnya. Anda dapat mengikuti olahraga ini dengan memilih sesuai minat dan kebutuhan. Tidak lupa untuk menyesuaikan dengan waktu yang anda miliki.

Dalam komunitas ini rata-rata tidak membebankan biaya pada anggota. Namun jika ada biaya yang diperlukan biasanya untuk kepentingan bersama seperti membuat kaos seragam, charity program dan mungkin untuk tabungan jalan-jalan bersama.

Sudah sehat bonusnya mendapat teman baru yang dapat saling berbagi. Dapat bertemu orang baru yang berbeda pekerjaan, berbeda latar belakang yang mungkin sedang kita cari.

Jadi kapan kita mulai untuk olahraga ?. Ternyata manfaat lain dari olahraga itu banyak ya. Tidak hanya bertujuan untuk mencari keringat yang mengucur demi kesehatan saja.

Tetapi juga dapat menumbuhkan sosialisasi dengan sesama secara lebih luas lagi. Sisi psikologis juga terpenuhi dengan baik. Perlu diingat lagi bahwa olahraga yang dilakukan harap disesuaikan dengan minat dan kebutuhan masing-masing individu.

Tertarik untuk melakukan olahraga lain yang diminati ? boleh sekali. Asalkan tetap tahu batasan tubuhmu ya. Jika biasanya hanya kuat jogging selama 30 menit, jangan mendadak mencoba ikut lari marathon ya. Bisa habis nafas anda karena tubuh juga kaget akan pergerakan yang tidak biasa.

Baca Juga : 13 Tips Hidup Sehat Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja Bagai Kuda

Olahraga apa ya kita minggu ini ?. Selamat mencoba olahraga.

Rima Mustika
Psychology and art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee. Read Full Profile