in ,

5 Manfaat Kaktus Untuk Perawatan Kecantikan

Manfaat Kaktus Untuk Kecantikan
Manfaat Kaktus Untuk Kecantikan

Kegunaan kaktus ternyata tidak hanya sebagai tanaman penghias ruangan dan lingkungan saja. Kaktus juga dapat digunakan untuk kebutuhan perawatan kecantikan kulit anda. Tidak menyangka bukan tanaman berduri yang satu ini memiliki manfaat yang baik bagi kulit kita.

Meski terlihat berduri dan terkesan tidak memiliki manfaat selain dapat bertahan di keadaan yang kurang air, tetapi kaktus justru dapat memberikan manfaat baik bagi kulit anda.

Selama ini mungkin kita hanya terpaku pada manfaat aloe vera yang sedang naik daun.

Tidak dipungkiri bahwa manfaat lidah buaya juga sama bagus dan baiknya untuk kulit. Bahan alami memang sangat aman digunakan sebagai produk perawatan kecantikan. Dan ternyata kaktus dapat menjadi salah satu tanaman sukulen yang dapat memberikan hal tersebut.

Beberapa daerah mengolah kaktus menjadi makanan dan minuman yang sangat enak. Namun beberapa negara dapat mengolahnya menjadi salah satu bahan produk perawatan yang aman di gunakan. Kaktus sering kita temui di padang gurun karena memiliki keunggulan untuk menyimpan air.

Manfaat Kaktus
Manfaat Kaktus

Anggota tumbuhaan dari Cactaceae ini umumnya tumbuh pada ketinggian 1200mdpl dengan suhu udara di lingkungannya sekitar 160 hingga 340 celcius. Tanaman yang berasal dari Amerika ini tersebar di beberapa kawasan yakni Mexico, Texas, Arizona, Argentina, Bolivia, Peru dan juga Brazil.

Kaktus ditemukan lama sebelum bangsa Eropa mulai menemukan dunia yang baru. Tetapi informasi mengenai tanaman ini masih minim. Nama kaktus berasal dari bahasa Yunani Κακτος. Artinya adalah tanaman liar berduri.

Duri pada kaktus sebenarnya adalah daun dari tanaman ini yang berguna untuk mengurangi penguapan sehingga cadangan air tetap tersedia. Itulah sebabnya kaktus dapat bertahan hidup pada daerah yang kering.

Lalu apa saja sebenarnya kegunaan kaktus bagi kecantikan kulit kita?

1. Melembabkan Kulit

Kaktus Untuk Melembabkan Kulit
Kaktus Untuk Melembabkan Kulit

Bisa bertahan hidup di daerah kering bukan berarti kaktus tidak dapat memberikan manfaat untuk kecantikan. Justru kaktus dapat membantu melembabkan kulit anda yang kering. Kegunaan kaktus yang pertama adalah melembabkan dengan mengikat kadar air pada kulit.

Kandungan vitamin E pada kaktus yang cukup tinggi akan membantu menutrisi kulit wajah sehingga tidak kusam dan mencegah evaporasi pada lapisan epidermis. Kandungan kaktus yang kaya akan air dan nutrisi penting lainnya ini yang membantu melembabkan kulit.

2. Mengatasi Komedo

Menghilangkan Komedo
Menghilangkan Komedo

Bagi anda yang memiliki masalah kulit wajah dengan komedo, saatnya anda mencoba produk kecantikan yang memiliki kandungan kaktus di dalamnya. Pasalnya kaktus dapat membantu membersihkan yang menyumbat pori-pori wajah.

Komedo muncul karena adanya penumpukan kotoran yang berasal dari debu dan polusi kemudian bercampur dengan minyak wajah yang berlebih. Hal ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat dan komedo bermunculan.

Vitamin E dan kandungan mineral pada minyak ekstrak kaktus mampu membantu menyingkirkan komedo. Linoleic acid pada kaktus akan mengurangi produksi sebum pada kulit yang berlebih.

3. Anti Aging

Anti-Aging
Anti-Aging

Ketika beraktivitas di luar ruangan, anda tentu akan terpapar sinar matahari secara langsung. Tidak hanya itu, polusi dan debu juga dapat memicu penuaan dini pada kulit anda. Hal ini karena adanya radikal bebas yang merusak kulit anda.

Kegunaan kaktus lainnya adalah untuk membantu mengatasi masalah penuaan dini dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Minyak kaktus dapat menghalau radikal bebas masuk, menyamarkan garis-garis halus.

Flavanoid dan juga zat protein dalam kaktus dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru dan membantu penyerapan nutrisi pada lapisan epidermis. Siapa sangka tanaman yang terkesan kering kerontang ini justru memiliki manfaat dari kandungan airnya untuk kesehatan kulit.

Kaktus juga memiliki betalains untuk mengurangi pembentukan kerutan halus di wajah sehingga anda bisa sampaikan selamat tinggal pada keriput.

4. Anti Inflamasi

Anti Inflamasi
Anti Inflamasi

Adanya peradangan atau inflamasi pada kulit wajah akan merusak kesehatan dan juga kecantikan kulit anda. Jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan kerusakan yang berkelanjutan pada kolagen kulit. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi kasar, kering dan muncul tanda-tanda penuaan dini.

Umumnya inflamasi terjadi karena paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama, kondisi cuaca, jerawat, pemakaian skincare yang tidak cocok hingga makanan yang anda konsumsi

Kaktus memiliki kandungan flavanoid yang dapat mencegah peradangan pada kulit. Analgesic propertis nya dapat membantu meredakan rasa sakit dan kulit yang meradang. Itulah sebabnya kaktus dapat digunakan sebagai obat luka. Kedua kandungan pada kaktus ini dapat memberikan efek calming pada kulit anda.

Bagus sekali bukan kegunaan kaktus yang tidak kita sangka dapat membantu kesehatan kulit.

5. Mengatasi Sel Kulit Yang Rusak

Mengatasi Sel Rusak
Mengatasi Sel Rusak

Sel kulit pada tubuh kita akan terus diproduksi untuk proses regenerasi. Namun terkadang sel kulit ini dapat rusak akibat proses regenerasi yang lambat. Untuk dapat mengatasi hal ini anda bisa memilih kaktus sebagai tamengnya.

Kandungan vitamin E dan K pada kaktus dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit yang cepat. Dengan begitu lapisan kolagen akan terbentuk dengan baik karena terbantu dengan kandungan asam lemak yang membuat kulit menjadi lembab dan sehat.

Bahkan hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit dikatakan dapat diatasi hanya dengan kaktus. Namun tetap harus berproses dan bersabar, tidak ada hasil baik secara instan. Vitamin E ini nantinya akan merangsang produksi asam linoleat sehingga kulit lebih cerah dan sehat.

6. Menyamarkan Warna Gelap Di Area Mata

Mengatasi Mata Panda
Mengatasi Mata Panda

Ketika anda lelah dan kurang tidur maka yang terlihat jelas adalah adanya area yang lebih gelap di sekitar mata. Bisa juga disebabkan oleh penuaan dini dan gaya hidup yang tidak sehat. Tentu hal ini akan cukup mengganggu penampilan anda sehari-hari.

Anda bisa mengatasi hal ini dengan mengompres mata dengan air dingin. Kemudian meletakkan irisan mentimun atau lemon pada mata. Efek calming akan terasa ketika potongan mentimun dan lemon diletakkan pada kelopak mata.

Selanjutnya anda bia menambahkan kaktus yang telah diperas dan diambil airnya untuk mengatasi dark circle ini. Air dari kaktus ini dicampurkan dengan serum wajah favorit anda atau minyak zaitun yang kemudian diaplikasikan pada area yang menggelap.

Kegunaan kaktus yang diambil airnya ini terletak pada kandungan antioksidannya untuk membantu mengurangi peradangan pada bawah mata sehingga menyebabkan kantong mata.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Merawat Rambut
Merawat Rambut

Kegunaan kaktus tidak hanya untuk kesehatan kulit wajah saja. Tetapi juga untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan minyak dan vitamin E pada kaktus dapat membantu pertumbuhan rambut dengan cepat. Rambut akan lebih tebal dan halus.

Antioksidan pada kaktus akan menghidrasi kulit sehingga rambut anda akan terlihat sehat dan mudah diatur. Caranya anda bisa memanfaatkan air kaktus untuk dijadikan toner spray rambut. Getah dari kaktus juga dapat digunakan sebagai kondisioner setelah keramas.

Pemakaian toner dan kondisioner dari kaktus ini dapat menjaga kesehatan kulit kepala anda.Jika tidak ingin repot anda bisa memilih produk kecantikan yang tersedia di pasaran dengan kandungan kaktus.

Baca Juga :

Semakin hari perkembangan zaman semakin maju. Begitu pula dengan produk kecantikan yang semakin hari semakin baik karena banyak produk yang memiliki bahan-bahan alami seperti kaktus. Mungkin awalnya kita tidak mengetahui kaktus bisa memberikan manfaat sebagus ini bagi tubuh. Tetapi seiring dengan berkembangnya dunia kecantikan, hal ini dapat kita rasakan manfaatnya.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.