in

7 Manfaat Konseling Pranikah yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Konseling Pranikah

Ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan sebelum melangsungkan pernikahan. Di saat yang bersamaan seringkali ada saja masalah yang menghampiri, baik itu masalah internal maupun eksternal. Kemunculan masalah ini biasanya disebabkan oleh kesiapan mental yang belum benar-benar matang, ditambah dengan kelelahan fisik dan pikiran selama melakukan persiapan.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, menikah bukan perkara yang mudah. Pernikahan adalah sebuah ikatan yang sakral, di mana kamu tidak bisa bermain-main dengan hal itu. Dibutuhkan kesiapan yang benar-benar ekstra untuk bisa menjalani kehidupan berumah tangga.

Kamu yang biasanya hanya memikirkan diri sendiri, harus mulai belajar memikirkan pasangan. Pasti akan banyak hal yang berubah dalam hidupmu setelah kamu menikah nanti. Itulah kenapa kamu harus benar-benar menyiapkan diri sebelum melangkah ke pelaminan bersama pasanganmu.

Persiapan pernikahan ada banyak, mulai dari persiapan acara sampai persiapan mental untuk calon pengantin. Kondisi mentalmu dan pasangan menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi jalannya hubunganmu ke depan setelah menikah nanti. Kamu tidak bisa mengabaikan perihal yang satu ini.

Untuk itu, konseling pranikah menjadi salah satu hal penting untuk kamu lakukan. Kenapa? Dengan mengikuti atau melakukan konseling pranikah, kamu akan mendapatkan cukup banyak manfaat. Berikut ini adalah 7 manfaat konseling pranikah yang harus kamu ketahui sebelumnya.

1. Menyatukan Visi dan Misi Sebagai Pasangan

Menyatukan Visi Misi Pasangan
Menyatukan Visi Misi Pasangan

Meski sudah lama pacaran, proses menyatukan visi dan misi sebagai pasangan suami istri adalah hal yang berbeda. Kamu tidak bisa menyamakan proses tersebut ketika kamu masih pacaran dan setelah menikah.

Tidak ada yang bisa menjamin tentang lamanya pacaran bisa membuat dua orang benar-benar mengenal satu sama lain. Meskipun sudah mengenal dengan baik, belum tentu juga visi dan misi keduanya bisa disatukan dengan mudah dalam bingkai pernikahan.

Konseling pranikah memiliki peran yang cukup penting dalam menyatukan visi dan misimu bersama pasangan. Kamu dan pasanganmu bisa menggunakan waktu tersebut untuk lebih mengenal karakter satu sama lain. Jangan sampai ego masing-masing menjadi penghalang dalam proses kalian menuju jenjang pernikahan.

2. Mengetahui Kadar Kesiapan Mental yang Dimiliki untuk Melangkah ke Jenjang Pernikahan

Mengetahui Kesiapan Mental Pasangan
Mengetahui Kesiapan Mental Pasangan

Apakah kamu memang benar-benar siap menikah atau masih sekadar ingin menikah? Dua hal itu berbeda loh. Kamu harus hati-hati. Jangan sampai kamu menikah tanpa kesiapan mental yang cukup baik untuk menjalani kehidupanmu bersama pasangan setelah menikah nanti.

Kamu tidak bisa menyamakan antara pacaran dan menikah. Dua hal itu memiliki perbedaan yang besar. Untuk itu, persiapan mental yang harus kamu lakukan juga tidak sedikit. Konseling pranikah dapat mengambil peran penting dalam mengetahui kesiapan mentalmu dan pasangan untuk melangkah ke jenjang pernikahan.

3. Menciptakan Komunikasi yang Lebih Baik dengan Pasangan

Menciptakan Komunikasi Yang Lebih Baik
Menciptakan Komunikasi Yang Lebih Baik

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, komunikasi adalah hal penting dalam menjalin sebuah hubungan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, hubungan indah yang kamu harapkan tidak akan pernah kamu dapatkan.

Kamu harus tahu bahwa komunikasi yang baik saat masih pacaran tidak menjamin komunikasi yang baik pula ketika sudah menikah. Kamu harus memahami konsep pernikahan terlebih dahulu untuk bisa membangun komunikasi yang baik dengan pasanganmu.

4. Memudahkan Pasangan untuk Mengelola Keuangan Guna Melangsungkan Acara Pernikahan dan Menjalani Kehidupan Setelah Menikah

Memudahkan Pasangan Merencanakan Keuangan
Memudahkan Pasangan Merencanakan Keuangan

Masalah keuangan adalah salah satu masalah yang tidak bisa disepelekan. Dalam kehidupan berumah tangga, masalah keuangan adalah salah satu masalah besar. Suami yang tidak bisa memenuhi kebutuhan istri, penghasilan istri yang lebih besar dibandingkan penghasilan suami dan masih banyak masalah keuangan lainnya harus bisa kamu hadapi nantinya.

Akan tetapi, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Selain membantu dalam hal persiapan mental, sebenarnya dengan mengikuti konseling pranikah, kamu sudah satu langkah lebih maju dalam menangani masalah keuanganmu. Konseling pranikah akan membantumu untuk belajar tentang cara mengelola keuangan yang tepat, baik untuk acara pernikahan maupun kehidupanmu bersama pasangan setelah menikah nanti.

5. Mendapat Ilmu Tambahan dalam Menghadapi Berbagai Masalah dalam Berumah Tangga

Mendapatkan Ilmu Parenting Yang Baik
Mendapatkan Ilmu Parenting Yang Baik

Bagi kamu yang belum pernah menjalani kehidupan rumah tangga sebelumnya, pastinya kamu tidak akan tahu masalah apa saja yang ada di dalamnya. Meskipun kamu pernah melihat masalah yang dihadapi oleh pasangan menikah lainnya, kamu tidak dapat mengambil kesimpulan dari sana.

Setiap rumah tangga memiliki masalanya masing-masing. Belum tentu masalah yang kamu hadapi setelah menikah nanti memiliki kesamaan 100% dengan pasangan menikah lainnya. Baik itu berupa masalah kecil yang dianggap sepele sampai masalah besar yang sulit ditemukan solusinya.

Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi masalah-masalah dalam kehidupan berumah tangga, kamu perlu mengikuti konseling pranikah. Di sana, kamu akan mendapatkan beberapa ilmu seputar problem solving untuk memecahkan permasalahn rumah tangga.

6. Membantu Menemukan Pola Asuh yang Tepat untuk Anak Nantinya

Membantu menemukan Pola Asuh
Membantu menemukan Pola Asuh

Urusan anak biasanya masih belum terpikirkan oleh banyak pasangan yang hendak menikah. Namun, masalah yang satu ini seharusnya sudah mulai dipikirkan sebelum kamu dan pasanganmu melangkahkan kaki ke pelaminan.

Seringkali setiap orang memiliki caranya sendiri dalam mengasuh anak. Perbedaan dalam mengasuh anak juga dapat memicu masalah dalam rumah tangga loh. Ego masing-masing sebagai individu sekaligus orang tua juga menjadi faktor penentunya.

Dengan mengikuti konseling pranikah, kamu dan pasanganmu akan mendapatkan beberapa ilmu baru tentang pola asuh yang tepat untuk anak. Dengan begitu, ketika kamu sudah memiliki anak nanti, kamu dan pasangan tidak perlu mempermasalahkan lagi untuk urusan mengasuh anak.

7. Mengurangi Adanya Risiko Perpisahan Setelah Menikah

Mengurangi Resiko Perceraian
Mengurangi Resiko Perceraian

Rasanya tidak akan ada pasangan yang ingin pernikahannya berakhir dengan perceraian. Pasti semua pasangan suami istri ingin rumah tangganya berjalan dengan baik-baik saja dan hanya dapat dipisahkan oleh maut untuk kemudian kembali berjumpa di surga.

Dengan melakukan konsultasi atau konseling pranikah, kamu dan pasanganmu dapat sedikit mengurangi risiko perpisahan setelah menikah nanti. Kenapa? Karena kamu dan pasangan akan mendapatkan banyak tips tentang menghadapi permasalahan rumah tangga dengan baik. Jika kamu tertarik, kamu bisa mencoba layanan konseling online dari Golife.

Baca Juga : 

Nah, gimana? Udah tahu kan manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari konseling pranikah? Pastinya sekarang kamu juga akan sadar bahwa konseling pranikah ini memang penting untuk dilakukan sebelum kamu melangkah ke jenjang pernikahan bersama pasanganmu.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer