in , ,

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Aloe Vera
Manfaat Aloe Vera

Manfaat lidah buaya yang saat ini sedang naik daun memang terbukti ampuh untuk perawatan tubuh. Anda bisa memilih perawatan mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut menggunakan lidah buaya lho.

Umumnya manfaat aloe vera ini terkenal dikalangan baik pria maupun wanita.

Lidah buaya atau yang biasa kita kenal dengan aloe vera merupakan tanaman sukulen (succulent plant). Artinya tanaman tersebut memiliki ketahanan terhadap kondisi kering.

Kata succulent sendiri berasal dari bahasa latin yakni sucus yang berarti jus atau getah.

Tanaman sukulen terkenal dijadikan hiasan karena penampakannya yang cantik dan memiliki beragam jenis. Selain itu tanaman aloe vera juga sudah banyak dikembangkan untuk kebutuhan kesehatan hingga kecantikan.

Saking terkenalnya manfaat lidah buaya masa sekarang ini membuat orang ingin mencobanya. Lalu sebenarnya manfaat aloe vera itu apa saja sih?.  Yuk mari kita simak pada pembahasan berikut ini.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan
Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Lidah buaya memiliki kandungan nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Dunia farmasi mulai menggunakan bahan aloe vera untuk dijadikan suplemen makanan serta obat-obatan.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Aloe vera atau lidah buaya memiliki kandungan vitamin C, polisakarida dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh terlindungi dari serangan virus dan bakteri. Lidah buaya memiliki keunggulan untuk penyerapan vitamin dan mineral.

Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi lidah buaya misalnya dengan membuat jus lidah buaya. Bisa juga dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung aloe vera.

Diketahui aloe vera memiliki 200 bahan aktif berupa vitamin, mineral, asam amino dan enzim sehingga baik untuk digunakan sebagai bahan obat-obatan. Vitamin C nya dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular hingga kerutan pada kulit.

Enzim yang terkandung pada aloe vera dapat memecah protein yang masuk ke tubuh menjadi asam amino yang berguna untuk bahan bakar tubuh.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Aloe vera dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang kaya dapat membantu memperlancar sistem pencernaan anda. Jus lidah buaya dapat anda pilih untuk dikonsumsi demi mendapatkan manfaat dari aloe vera ini.

Lidah buaya dapat membantu menormalkan asam dan basa untuk pH yang seimbang, mengurangi pembentukan ragi, mendorong bakteri pencernaan dan mengatur pengolahan usus. Selain itu aloe vera dapat membantu menurunkan iritasi pada lambung dan juga usus.

Jika anda sedang sembelit, maka aloe vera merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi. Pasalnya, aloe vera memiliki aloin / barloin yang baik untuk dijadikan pencahar alami. aloin bekerja sebagai agen laksatif untuk meningkatkan pergerakan usus dan melunakkan feses.

Antrakuquinon pada aloe vera dapat meningkatkan kadar air pada usus sehingga dapat menstimulasi sekresi lender dan memperlancar pencernaan dari lambung menuju usus halus.

4. Menurunkan Berat Badan

Lidah buaya juga dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan anda. Lidah buaya memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat dengan mudah mengikat lemak dan melancarkan pencernaan.

Maka nutrisi dapat diserap dengan baik oleh tubuh dan mencegah penimbunan lemak. Tentu hal ini harus dibarengi dengan olahraga teratur dan menjaga asupan makanan yang masuk pada tubuh anda.

5. Kandungan Lidah Buaya Dapat Mengobati Luka

Ketika kulit anda terluka maka memerlukan pertolongan pertama untuk mencegah infeksinya menyebar. Aloe vera dapat anda gunakan sebagai pertolongan pertama untuk luka atau sun burn. Polisakarida pada aloe vera dapat mencegah infeksi pada luka dengan cepat.

Anti bakterinya juga dapat mencegah infeksi lain yang mungkin terpapar pada luka ketika proses luka terjadi. Umumnya hal ini terjadi pada luka bakar di permukaan kulit. Aloe vera dapat mengurangi rasa perih pada luka karena memiliki sifat analgesik.

6. Mengatasi Ruam dan Iritasi Kulit

Aloe vera yang telah diekstrak dipercaya dapat membantu mengatasi ruam dan iritasi kulit akibat dari gatal, radiasi parah dan regenerasi kulit. Anda bisa mengoleskan aloe vera baik bentuk gel maupun dari tanamannya langsung pada ruam di kulit anda.

Baca Juga : 5 Kegunaan Cuka Apel Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Aloe Vera Untuk Kecantikan

Manfaat Aloe Vera Untuk Kecantikan
Manfaat Aloe Vera Untuk Kecantikan

1. Memelihara Kesehatan Rambut

Apakah rambut anda kering dan terasa gatal? Aloe vera bisa membantu anda untuk mengatasi masalah tersebut. Aloe vera memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga dapat membuat rambut anda kuat dan sehat.

Sifat anti bakteri dan anti jamurnya dapat membantu mengatasi kulit berketombe. Enzim pada aloe vera dapat membantu membersihkan kulit kepala dari sel kulit mati dan regenerasi jaringan kulit di folikel rambut.

Selain itu aloe vera juga dapat membantu menghilangkan gatal akibat ketombe atau kulit kepala yang kering. Manfaat lainnya untuk rambut adalah dapat membantu menjaga kehitaman rambut, menguatkan akar rambut dan mencegah rambut rontok.

Anti mikroba pada aloe vera dapat mengatasi infeksi pada kulit kepala sehingga mencegah kerontokan rambut. Anda dapat memilih creambath dengan menggunakan aloe vera atau mengaplikasikan aloe vera gel pada rambut secara merata sebelum keramas.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit setelah megoleskan aloe vera gel pada rambut. Bersihkan dengan keramas seperti biasa. Rambut anda akan terasa lebih ringan dan halus.

2. Lidah Buaya Bisa Mengatasi Jerawat

Asam salisilat pada aloe vera berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan anti radang dan anti mikrobanya dapat membantu mengatasi jerawat pada wajah anda. Anda bisa mengaplikasikan aloe vera gel setelah membersihkan kulit wajah dengan tepat.

Oleskan secukupnya secara merata pada wajah dengan tangan yang bersih atau kuas masker. Diamkan hingga kering. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mengaplikasikan aloe vera sehari-hari selain menggunakan masker aloe vera.

Kulit anda akan terasa bersih, segar dan bersinar jika rutin memakai aloe vera pada kulit wajah. Bintik-bintik kecil dan jerawat akan berangsur-angsur hilang dan wajah kembali mulus dan bersih.

Baca Juga : 7 Bahan Perawatan Wajah Paling Simpel, Bisa Bikin Sendiri Di Rumah

Akhir Kata

Selain beberapa manfaat diatas, aloe vera juga dapat digunakan untuk melembabkan bibir hingga dijadikan pengganti body lotion. Jika kulit anda cenderung kering sebaiknya pilihlah aloe vera gel dengan kandungan alkohol yang lebih kecil. Misalnya tertulis aloe vera 92%. Berarti kandungan alkoholnya sekitar 8% dan ini cukup besar.

Anda bisa memilih aloe vera gel dengan kandungan sebesar 98% yang baik untuk melembabkan kulit anda yang kering. Sedangkan untuk kulit normal hingga berminyak anda bisa memilih aloe vera gel dengan kandungan 92% karena akan cepat terserap dan kering pada kulit.

Tanaman yang awalnya hanya sebagai penghias rumah ini ternyata memiliki beragam manfaat mulai dari dikonsumsi hingga diaplikasikan pada tubuh. Tentu harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat pula untuk hasil yang lebih maksimal.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.