in , , ,

5 Manfaat Luar Biasa Dari Bangun Pagi yang Jarang Diketahui

Manfaat Bangun Pagi
Manfaat Bangun Pagi

Apakah kamu merasa malas untuk bangun pagi ? Jika iya, mari kita cari tahu apa penyebabnya. Kebanyakan kita malas melakukan sesuatu karena tidak memahami apa manfaatnya.

Semisal pekerjaan. Tentu kita bekerja untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Jadi percuma saja kamu mengatur alarm lebih awal jika tak ada motivasi yang membuatmu bangun di pagi hari.

Bangun pagi bukanlah tujuan sebenarnya. Seperti media sosial, bangun pagi hanyalah sarana. Jika kita ingin terhubung dengan orang-orang secara online, salah satu caranya kita perlu menggunakan media sosial.

Nah, jika kita bangun pagi, apa manfaat yang akan kita dapatkan?

Setiap hal jika dilakukan tanpa ada tujuan maka wajar saja malas. Mungkin pikiran kita akan lebih terbuka setelah mengetahui 7 Manfaat Bangun Pagi bagi Kamu yang Suka Males-Malesan!

1. Kamu Akan Lebih Mudah Mengatur Waktu

Lebih Mudah Mengatur Waktu
Lebih Mudah Mengatur Waktu

Apakah kamu merasa waktu 24 jam dalam sehari terasa berlalu begitu cepat? Jika iya, maka sudah dapat dipastikan bahwa kamu tidak cukup cerdas dalam mengatur waktu.

Kita sering stress karena merasa waktu yang dimiliki terlalu padat. Namun kita malah membiasakan diri untuk menerima kondisi yang buruk tersebut.

Kita bertahan dalam kondisi yang tidak baik dan membuat stress setiap harinya. Anehnya, kita tidak cukup sadar apa kesalahan yang diperbuat sehingga semuanya terasa sulit.

Nah disinilah kita mengetahui manfaat utama dari bangun pagi. Jika kamu bangun jam 5 pagi tentu kamu memiliki waktu beberapa jam untuk menyiapkan semuanya sebelum berangkat kerja.

Seperti ibadah atau meditasi, olahraga, sarapan dan menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari. Bukankah hidup bisa menjadi lebih teratur hanya perkara bangun lebih awal?

2. Memiliki Lebih Banyak Energi Sehingga Lebih Percaya Diri

Memiliki Lebih Banyak Energi
Memiliki Lebih Banyak Energi

Mungkin kamu akan merasa tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu jika tidak memiliki persiapan yang cukup baik. Dan hal ini memang nyata terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kita terlambat bangun pagi banyak hal-hal yang sering kita lupakan. Seperti sarapan, olahraga, hingga pakaian.

Bahkan meskipun kamu tidak bekerja di kantor, bangun pagi tetap saja dibutuhkan agar kamu memiliki persiapan yang lebih baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Jika kita sudah memiliki banyak persiapan sejak pagi, maka kita akan lebih santai dan percaya diri untuk menjalani semua aktivitas sehari-hari.

3. Kamu Akan Berhenti Melakukan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan Buruk
Kebiasaan Buruk

Apakah kamu sering jadi kelelawar malam?

Kamu sering menghabiskan waktu di malam hari untuk bermain game atau menonton? Jika kamu membiasakan diri untuk bangun pagi, maka kebiasaan buruk akan hilang dengan sendirinya.

Sebab bangun pagi akan membuat kamu lebih cepat merasa lelah di malam hari. Sehingga tak ada lagi waktu untuk bermain game atau menonton acara-acara yang tidak berguna.

Memang mengubah kebiasaan buruk di malam hari itu susah, maka coba awali dengan bangun pagi. Membentuk kebiasaan yang lebih baik untuk hidupmu akan mempermudah kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan!

Baca Juga : 5 Kebiasaan Positif Agar Lebih Nyaman Dengan Diri Sendiri

4. Mengurangi Stres

Mengurangi Stres
Mengurangi Stres

Banyak orang mengeluh jika bangun siang, kepala terasa pusing. Ya jelas saja sebab kamu tidur di jam yang salah.

Otak kita lebih kuat di jam jam pagi, jadi jika kamu menggunakannya untuk tidur maka secara otomatis kemampuan daya otak akan menurun.

Sementara jika kamu bangun lebih pagi dan menggunakan otak untuk fokus pada hal-hal yang kamu anggap penting maka artinya kamu telah menjaga kesehatan otak.

Untuk itu, jika kamu tidak memiliki rencana yang jelas untuk bangun pagi cobalah buat sesuatu menjadi penting, semisal meditasi atau beribadah, berolahraga atau membaca buku.

Sebelum tidur susun jadwal tentang apa yang perlu kamu lakukan ketika bangun pagi dan saat kamu berhasil melakukannya, kamu akan merasa bahagia karena telah mendapatkan pencapaian kecil di awal hari.

Nah, pencapaian kecil yang kita dapatkan di pagi hari inilah yang membuat kita lebih tenang menjalani aktivitas sehari-sehari sehingga mengurangi stress.

Baca Juga : 7 Cara Menikmati Pekerjaan Agar Hidup Tidak Mudah Stres

5. Lebih Sehat Secara Fisik dan Mental

Lebih Sehat Secara Fisik
Lebih Sehat Secara Fisik

Ada pepatah lama berkata “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Atau dengan secara tidak langsung mengatakan bahwa fisik dan mental adalah dua hal yang berbeda namun saling terhubung.

Jika kamu membiasakan diri untuk bangun pagi, melakukan olahraga dan sarapan sehat maka secara otomatis fisik akan lebih sehat dan awet sampai tua.

Nah, ketika fisik sehat dan bugar maka kepercayaan diri meningkat dan stress pun berkurang. Hal ini tentu saja membantu kita menjaga kesehatan mental.

Terlebih jika kamu menghabiskan waktu di pagi hari untuk menenangkan diri atau membaca buku, mental akan lebih sehat sehingga bisa membantu kamu dalam berbagai hal seperti berpikir menyelesaikan masalah.

Baca Juga : 7 Motivasi Positif Yang Membuatmu Bersemangat Memulai Aktifitas di Pagi Hari

Akhir Kata

Dengan bangun lebih pagi, kita akan memiliki banyak waktu yang cukup untuk melakukan aktifitas yang lebih produktif. Tubuh akan lebih sehat dan tentu saja kamu akan cenderung memiliki mood yang lebih baik.