in , ,

Jangan Ditahan, Ini 8 Manfaat Menangis Untuk Fisik Dan Mental Kita

Manfaat Menangis

Menangis tidak serta merta menandakan bahwa kamu lemah, tanpa disadari aktifitas tersebut ada manfaat nya.

Seringnya menangis ini identik dengan kelemahan dari diri seseorang. Mungkin mudah menangis memang lekat dengan label cengeng. Namun sebaiknya kita jangan terlalu mudah melabeli seseorang dengan kata cengeng. Karena kita tidak pernah tahu pengalaman apa yang sudah ia lewati sehingga ambang batas menangisnya begitu mudah.

Bisa juga karena pada masa lampau lingkungan melarangnya untuk menangis. Sehingga pada masa sekarang ambang batas menangisnya cukup tipis. Tetapi tahukah anda bahwa menangis juga memiliki manfaat baik bagi fisik dan mental? Menangis secara fisiologis memiliki 3 jenis yakni mengeluarkan air mata basal, relaks dan emosi.

Air mata basal memiliki fungsi sebagai pelumas, memelihara dan melindungi mata anda. Air mata relaks berfungsi sebagai pelindung mata dari paparan angin, asap atau ketika anda sedang mengiris bawang untuk memasak. Sedangkan air mata emosi merupakan air mata yang berasal dari perasaan setiap individu. Jadi sekarang bisa tahu ya mengapa air mata keluar di saat-saat yang tidak memungkinkan untuk menangis berhubungan dengan perasaan.

Menangis juga tidak melihat apakah gender seseorang. Selama anda masih memiliki mata beserta kelenjar dan segala hal nya anda pasti akan bisa menangis. Tidak terkecuali bagi laki-laki. Meski sering kali dihadapkan pada stigma laki-laki tidak boleh menangis, selama anda masih manusia maka anda bisa menangis. Dan menangis bagi laki-laki bukanlah sesuatu yang tabu, bukan karena lemah tetapi karena perasaan yang telah meluap.

Untuk itu dapat dikatakan menfaat menangis bagi fisik dan mental ini penting untuk diketahui.

Melepaskan Ketegangan

Katarsis atau Melepaskan Ketegangan
Katarsis atau Melepaskan Ketegangan

Jika anda dihadapkan pada suatu situasi yang membuat anda tegang, menangis bisa menjadi cara untuk melepaskan ketegangan tersebut.

Sering kali kita lihat bahwa wanita lebih banyak menangis daripada pria. Hal ini karena wanita lebih banyak melepaskan ketegangan dengan menangis daripada pria karena pria menangis masih dianggap tabu di masyarakat kita.

Padahal menahan tangisan yang ingin diluapkan ini tidak baik bagi diri anda. Jika memang anda ingin menangis maka menangislah.

Keluarkan semua luapan perasaan yang dirasakan dengan menangis.

Hal ini akan membantu memberikan manfaat menangis bagi anda sehingga rileks kembali setelah menangis karena dapat membantu melepaskan ketegangan.

Mengurangi Stres

Menangis Dapat Mengurangi Stres
Menangis Dapat Mengurangi Stres

Ketika anda stres, menangis bisa membuat anda merasa lebih baik. Pasalnya menangis dapat melepaskan hormon kortisol yang menjadi pemicu stres.

Menangis dapat merangsang hormone endorfin yang merupakan pain killer alami sehingga anda akan merasa lebih baik setelah menangis sepuasnya. Manfaat menangis lainnya juga memiliki unsur kimia yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Yakni protein prolactin, adrenocorticotropic hormones dan endorphin leucine-enkephalin. Jadi ketika anda sedang stres, hormon adrenocorticotropic (ACTH) akan memicu peningkatan level kortisol dalam tubuh sehingga seseorang menjadi ingin menangis dan mengeluarkan air mata.

Air mata yang dikeluarkan nantinya adalah air mata yang berasal dari 3 jenis menangis. Sehingga setelah menangis anda akan merasa lega karena tekanan tubuh juga berkurang.

Kamu orang yang mudah menangis? Baca dulu : 6 Fakta Psikologis Orang yang Mudah Menangis.

Mengatasi Mood dan Melegakan Perasaan

Memperbaiki Mood Dengan Menangis
Memperbaiki Mood Dengan Menangis

Mood dapat berubah-ubah. Kondisi suasana hati ini bisa berubah dengan berbagai macam alasan yang menjadi penyebab perubahan.

Salah satunya adalah adanya akumulasi dari kadar mangan dalam tubuh. Ketika anda menangis, kadar mangan dalam tubuh ini juga akan ikut keluar dengan tetesan air mata. Maka anda akan menjadi lebih baik setelah menangis.

Menangis yang disebabkan oleh faktor emosi ini mengandung 24% protein albumin yang dapat meregulasi sistem metabolism dalam tubuh. Selain itu manfaat menangis juga dapat membantu melegakan perasaan anda yakni mengurangi emosi yang sedang dirasakan.

Menangis merupakan salah satu cara mengekspresikan diri agar emosi negatif mereda sehingga anda merasa lebih baik dan lega dari sebelumnya.

Membersihkan Mata

Membersihkan Mata
Membersihkan Mata

Menangis dapat membantu membersihkan mata anda yang kotor. Sering kali kita terpapar debu dan polusi ketika berada di luar rumah.

Mungkin anda sampai kelilipan benda asing yang masuk ke mata karena terbawa angin pada saat anda bepergian. Tentu hal seperti ini tidak bisa hanya dengan mencuci mata saja.

Untuk itu air mata yang mengalir akan membantu menghilangkan kotoran pada mata anda yang tidak dapat dihilangkan dengan mencuci mata dari luar.

Sehingga mata anda dapat berfungsi dengan baik. Selain itu menangis juga dapat menjaga mata agar tetap segar dan tidak kering.

Membunuh Bakteri

Membunuh Bakteri
Membunuh Bakteri

Air mata yang dihasilkan oleh tangisan kita dapat membunuh bakteri dengan baik.

Air mata memiliki antimikroba yang kuat penghasil lyzozyme yang dapat membunuh bakteri tertentu dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri tersebut hanya 5 hingga 10 menit saja.

Lyzozyme pada mata adalah larutan enzim yang didalamnya terdapat cairan sekresi eksokrin yang bermanfaat untuk membunuh bakteri. Ternyata bermanfaat sekali ya air mata yang dihasilkan dari menangis ini.

Meningkatkan Penglihatan

Meningkatkan Penglihatan
Meningkatkan Penglihatan

Air mata yang dihasilkan oleh mata ketika menangis dapat membantu meningkatkan penglihatan mata anda dengan membersihkan mata dari debu-debu, mencegah iritasi mata dan menjaganya agar tetap lembab.

Manfaat menangis selanjutnya adalah dapat mencegah membrane mukosa agar tidak kering sehingga mata tidak rentan terhadap serangan bakteri.

Meningkatkan Kreativitas

Meningkatkan Kreativitas
Meningkatkan Kreativitas

Menangis ternyata juga dapat meningkatkan kreativitas anda. Otak kanan dapat diaktifkan sisi kreativitasnya karena menangis dapat membantu untuk mneyentuh sisi emosional seseorang.

Otak kanan adalah bagian dari intuitif, kreatif dan mengedepankan perasaan. Maka kreativitas seseorang dapat meningkat ketika menangis.

Sering kali kita melihat bahwa karya-karya yang dihasilkan oleh orang yang kreatif memiliki kaitan dengan pengalaman yang dirasakan. Salah satunya dengan menangis.

Mereka mampu untuk menginspirasi orang lain melalui karyanya. Maka bisa dikatakan bahwa menangis dapat mengasah kreativitas seseorang.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Memperbaiki Kualitas Tidur
Memperbaiki Kualitas Tidur

Pernahkah anda melihat bayi yang tidur lebih baik setelah menangis? Penelitian menyebutkan bahwa menangis dapat membuat bayi tidur dengan baik. Namun belum ada penelitian tentang kualitas tidur dari menangis pada orang dewasa.

Pada bayi, menangis dapat membantu untuk membersihkan cairan ekstra di paru-paru, hidung dan juga mulut. Sehingga bayi akan merasa lega setelah menangis dan dapat tidur dengan nyenyak. Pada orang dewasa, menangis memiliki efek menenangkan, meningkatkan mood baik, menghilangkan rasa sakit dan juga stres seperti pada poin sebelumnya.

Hal ini lah yang akan membantu seseorang untuk tidur lebih mudah, lebih baik dan lebih nyenyak setelah menangis. Manfaat menangis ternyata cukup banyak bagi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Pastikan juga anda menangis di  tempat yang tepat dengan orang yang tepat. Namun jika anda merasa ingin menangis sendirian, usahakan juga berada di tempat yang tepat untuk sendirian. Sering kali kita tidak ingin orang lain melihat kita menangis karena stigma lemah baik pada pria maupun wanita.

Menangis juga membutuhkan support dari orang lain. Sebisa mungkin hindari untuk melarang seseorang menangis karena hal ini hanya akan menumpuk pada diri seseorang dan dapat pecah kapan saja.

Di sinilah dukungan berperan. Anda bisa mendukung orang lain yang sedang ingin menangis dengan menawarkan bantuan berupa menemani dan membantu orang tersebut berada pada tempat yang tepat untuk menangis.

Seperti musik, menangis adalah bentuk stimulus alami tubuh manusia. Terkait dengan musik, coba baca 8 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kehidupanmu Sehari-Hari.

Demikian artikel tentang manfaat menangis yang perlu kamu ketahui. Tidak ada salahnya jika kamu menangis. Semoga membantu!

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.