in

6 Manfaat Mindfulness Dalam Suatu Hubungan Percintaan

Manfaat Mindfulness Dalam Hubungan
Manfaat Mindfulness Dalam Hubungan

Setiap pasangan pasti akan mengalami tekanan atau stres dalam hidupnya. Bayangkan di cuaca yang sangat panas, macet, lalu pasangan bertingkah konyol sehingga membuat kita geram.

Bagaimana mungkin kita bisa menahan emosi tanpa bereaksi di kondisi yang seperti itu?

Mindfulness adalah teknik kesadaran diri yang membantu kita untuk mengontrol emosi dan pikiran. Ini sangat penting sebab terkadang ada titik dimana emosi dan pikiran begitu liar tak terkendali.

Tentunya, cara ini juga dapat membantu kita menjaga keharmonisan dalam hubungan. Dengan menyadari setiap pikiran dan perasaan yang dialami, kita menjadi lebih peka terhadap pasangan.

Dan selebihnya, apa saja manfaat mindfulness dalam suatu hubungan? Yuk kita simak!

1. Mindfulness Membantu Kita Meredakan Emosi Negatif

Meredakan Emosi
Meredakan Emosi

Sebuah hubungan menjelaskan siapa kita. Bagaimana sikap kita terhadap pasangan menjelaskan seperti apa diri kita.

Bukan kita mengharapkan adanya pertikaian, perdebatan atau segala hal yang negatif. Adalah hal wajar jika ada permasalahan yang timbul dalam sebuah hubungan.

Coba ingat lagi, berapa banyak kata-kata negatif yang kamu keluarkan pada pasangan lalu menyesal setelahnya? Seberapa sering kamu berprasangka buruk terhadap pasangan lalu menyesal setelahnya?

Maka sangat penting membangun pertahanan diri agar emosi lebih stabil dengan teknik mindfulness.

2. Membantu Kita Menjadi Lebih Peka

Menjadi Lebih Peka
Menjadi Lebih Peka

Ketika kita lebih fokus pada kenyataan yang ada saat ini, maka pikiran akan sepenuhnya hadir untuk orang-orang terdekat terutama pasangan. Sehingga hubungan lebih harmonis karena kita menikmati setiap saatnya dengan sepenuh jiwa.

Nah, coba ingat seberapa sering kamu mengabaikan pasangan karena sibuk dengan pikiran-pikiran yang mengawang?

Perjalanan sebuah hubungan memang kadang terasa berat, ditambah lagi dengan cobaan-cobaan dalam kehidupan yang terus datang.

Tak cukup sampai disitu, kehidupan modern yang semakin mengandalkan teknologi kadang membuat seseorang yang dekat terasa jauh.

Nah, teknik mindfulness berguna sekali untuk kamu yang selalu sibuk dengan gadget sehingga tidak peka terhadap pasangan.

3. Membangun Hubungan yang Sehat

Membangun Hubungan Sehat
Membangun Hubungan Sehat

Saat kita memulai hubungan dengan seseorang akan tumbuh harapan yang indah-indah. Tentang kebahagiaan dan semua hal indah lainnya.

Namun seiring waktu kadang kita lupa apa tujuan dan harapan yang sudah di genggam bersama. Kurangnya kesadaran tentu menjadi penyebab utama, sehingga kita sering berpikir pesimis, posesif, dan segala hal negatif lainnya terhadap pasangan.

Dalam sebuah hubungan, terkadang ada ekspektasi yang terlalu tinggi, ada beragam hal yang tidak realistis yang membuat hubungan tidak sehat.

Jelas saja ini menandakan bahwa kita butuh mindfulness untuk membangun hubungan yang sehat dengan pasangan. Sebab dengan menyadari sepenuhnya tentang segala ucapan, tindakan dan pikiran dapat membantu kita untuk lebih logis.

4. Lebih Mudah Memecahkan Masalah

Lebih Mudah Memecahkan Masalah
Lebih Mudah Memecahkan Masalah

Sebuah masalah tidak selalu sulit untuk diselesaikan, namun terkadang kita terlalu menganggap remeh semuanya.

Kita lupa bahwa masalah-masalah kecil terkadang bisa menjadi pemicu untuk masalah besar.

Terkadang masalah sebenarnya ada dalam diri kita sendiri bukan pada pasangan atau hubungan. Kita hanya tidak sadar bahwa diri sendirilah yang memicu permasalahan dalam hubungan.

Dengan teknik mindfulness, kita akan lebih mudah untuk memecahkan semua masalah yang ada dalam hubungan.

Dengan kesadaran penuh, tentu kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dari hati ke hati dengan pasangan tentang apa yang saling dikeluhkan.

5. Membantu Mengetahui Batasan Dalam Hubungan

Mengetahui Batasan Dalam Hubungan
Mengetahui Batasan Dalam Hubungan

Mindfulness bukanlah tentang membatasi atau mengubur sebuah perasaan dan harapan. Tetapi ini tentang bagaimana kita memegang kendali untuk mengarahkan hubungan ke tempat tujuan.

Kita jadi lebih realistis dalam memandang hubungan dan terhindar dari drama-drama yang tidak perlu.

Beberapa pasangan seringkali terlihat berlebihan dalam sebuah hubungan, dan sayangnya semua itu dilakukan hanya berlandaskan perasaan tanpa kesadaran penuh.

Banyak sudah yang menjadi korban cinta buta, tetapi tak banyak yang mau mencoba sadar tentang apa masalah yang sebenarnya.

Ketahuilah, masalah yang sebenarnya ada pada diri kita masing-masing yang hanya mengandalkan perasaan dan ego.

Seandainya kita lebih menggunakan akal sehat dan kesadaran penuh, tentu kita akan lebih menyadari batasan-batasan dalam menjalin hubungan asmara.

6. Lebih Mudah Memaafkan dan Menerima Pasangan

Saling Memaafkan Dalam Hubungan
Saling Memaafkan Dalam Hubungan

Mindfulness membantu kita berpikir lebih realistis, sehingga tidak lagi hanya mengandalkan perasaan dan ego.

Sebuah kesalahan yang dilakukan pasangan tentunya akan menimbulkan sakit hati, namun saat kita mengunakan pikiran yang benar-benar jernih maka kita akan mampu melihat situasi yang dihadapi pasangan.

Dalam arti kita juga memiliki empati terhadap pasangan sehingga tidak hanya fokus pada kesalahan yang ia lakukan.

Lamanya sebuah hubungan tidak menjamin keharmonisan. Terkadang semakin lama hubungan dijalani, semakin banyak pula luka, kepedihan dan ketakutan yang terpendam.

Mindfulness membantu kita untuk memaafkan dan menerima pasangan sebagaimana adanya.

Akhir kata

Saat ini kita tak ada waktu lagi untuk memperlambat semuanya dengan berpikir jernih. Bahkan pikiran-pikiran terus berpindah dan mengawang entah kemana.

Ketika kita mampu mengendalikan diri sendiri, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan hubungan yang lebih bermakna.

Praktik mindfulness tentunya akan sangat bermanfaat bagi diri kita masing-masing, hubungan serta tujuan hidup kedepannya.

Akhir kata sekianlah artikel tentang 6 Manfaat Mindfulness Dalam Suatu Hubungan. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Menyendiri-Merenung-Hening