in ,

7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Psikologis Manusia

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Psikologis
Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Psikologis

Olahraga tentunya pernah dilakukan oleh hampir semua orang. Pasalnya olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga dan mencapai kesehatan tubuh yang ideal. Berbagai macam olahraga dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan diri anda.

Olahraga dapat dilakukan secara gratis misalnya dengan memilih untuk jogging, bersepeda, berlari hingga melakukan stretching ringan. Olahraga yang umumnya dilakukan secara gratis dan sudah banyak komunitasnya untuk anda ikuti adalah dengan olahraga lari.

Olahraga lari saat ini cukup digemari dari segala usia. Biasanya mereka melakukan latihan atau interval selepas kerja, dan berlari baik sendiri maupun bersama komunitasnya pada hari libur.

Berlari juga memiliki proses. Anda yang baru pertama kali berlari tidak dianjurkan untuk berlari langsung dengan jarak yang jauh.

Manfaat Olahraga
Manfaat Olahraga

Awali dengan jarak dekat sejauh 2 hingga 5 kilometer. Jika anda sudah terbiasa dengan jarak ini, maka anda dapat menambah jarak yang ditempuh hingga 10 kilometer. Hal ini juga tergantung pada kecepatan atau pace masing-masing.

Semakin cepat pace maka akan semakin cepat pula anda menyelesaikan lari dalam jarak tertentu. Hal lain yang digemari bagi para pelari adalah adanya event lari atau event marathon. Event lari biasanya dilakukan oleh pihak kantor bagi karyawannya atau event marathon yang besar bagi para pelari.

Marathon dilakukan dengan half marathon dan full marathon. Jangan coba-coba mengikuti marathon tanpa latihan rutin ya. Karena akan berpengaruh bagi kesehatan dan kemampuan tubuh. Jika tidak ditangani dengan baik maka dikhawatirkan akan menimbulkan cedera.

Bagi anda yang senang mengikuti marathon, ternyata tersimpan efek baik secara psikologis jika anda melakukan marathon. Tidak hanya baik bagi tubuh, ternyata olahraga juga baik bagi mental anda.

Efek baik bagi tubuh dengan olahraga tentu sudah tidak asing lagi. Yakni mulai dari berat badan tubuh terjaga hingga kesehatan jantung dan kolesterol yang terkendali berada dalam list ini. Sering pula orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia lari memberikan coaching clinic mengenai seluk beluk marathon agar anda dapat dengan siap menjalaninya.

Berikut ini beberapa efek psikologis dari lari dan marathon bagi kesehatan anda secara psikologis.

1. Menghilangkan Stres

Mengilangkan Stress
Mengilangkan Stress

Ketika anda sudah secara rutin berlari hingga mengikuti marathon, anda akan secara langsung menyadari bahwa kesehatan tubuh itu penting.

Ketika anda mengikuti lari atau lari maraton dengan latihan-latihan yang rutin sebelumnya, intensitas dan volume kesenangan untuk mengikuti lari marathon juga akan tinggi.

Hal ini yang mungkin menjadi alasan mengapa seseorang dapat menyempatkan diri di sela kesibukan hanya untuk berlari.

Terlebih lagi ada efek psikologis seperti lebih rileks, stres menurun, hingga merasa lebih bahagia dan lepas setelah berolahraga dapat membuat anda merasa ingin lagi dan lagi untuk terus berolahraga.

Itulah mengapa olahraga lari banyak digemari hingga sekarang dan banyak muncul event lari marathon diberbagai kota hingga negara dengan ribuan peserta.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Semua orang tentu mendambakan tubuh yang sehat dengan bentuk proporsional dan tidak berlebihan. Terkadang memiliki tubuh yang menonjolkan lemak yang berlebihan membuat kita tidak percaya diri di hadapan publik.

Olahraga salah satunya yang akan mengubah hidup anda. Olahraga lari secara step by step akan membantu anda untuk mendapatkan tubuh yang proporsional dan sehat. Mengapa dikatakan proporsional dan tidak ideal ?

Karena proporsional lebih merujuk kepada idealism masing-masing individu sedangkan ideal merupakan pedoman umum yang tidak semua orang bisa cocok dengan pedoman tersebut. Apalagi mengenai bentuk tubuh.

Salah satu efek fisik dari berolahraga secara rutin dengan berlari adalah memiliki tubuh dengan bentuk proporsional dan berat badan ideal. Hal ini lah yang menyebabkan anda dapat memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Baca Juga : 8 Menu Sarapan Lezat dan Sehat Bagi Kamu Yang Sedang Diet

3. Mengurangi Depresi

Mengurangi Depresi
Mengurangi Depresi

Berlari juga dapat membantu anda untuk mengurangi depresi. Kenapa bisa begitu ? karena selama anda bergerak dan berlari, tidak hanya tenaga yang dikeluarkan tetapi juga emosi negatif akan ikut serta dialihkan pada gerakan berlari ini.

Tidak hanya itu, berolahraga juga akan melepaskan hormon yang disebut dengan endorfin atau hormon kebahagiaan.

Ketika kandungan endorfin dalam darah meningkat maka anda akan mengalami perasaan euphoria, senang, sehingga adanya rasa depresi akan menurun dan menghilang.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Memperbaiki Kualitas Tidur
Memperbaiki Kualitas Tidur

Sering kali tidur kita berkurang akibat aktivitas yang padat dan sibuk. Begitu juga dengan kualitasnya, kualitasnya akan menurun seiring tidak teraturnya jam istirahat tubuh.

Jika anda mengalami hal ini, anda tidak perlu berobat hanya demi mendapatkan tidur yang baik.

Olahraga lari akan membantu anda untuk memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik. Jika anda memiliki masalah seperti kurang tidur atau tidak bisa tidur, maka olahraga lari secara rutin merupakan langkah tepat untuk anda pilih.

Selain itu pola hidup juga akan lebih baik karena kualitas tidur yang baik akan membantu tubuh lebih sehat dan segar.

Baca Juga : 8 Aplikasi Yang Membantu Melacak dan Menganalisa Kualitas Tidur

5. Mengurangi Kecemasan

Mengurangi Kecemasan
Mengurangi Kecemasan

Disadari atau tidak, rasa cemas kerap menghantui kita dalam kehidupan sehari-hari. Jika anda memiliki kecenderungan kecemasan ke arah yang lebih tinggi, maka anda dapat memilih olahraga lari sebagai medianya.

Karena dengan melakukan olahraga lari, maka anda otot akan mengalami penurunan ketegangan sehingga kecemasan pun akan mereda.

6. Meningkatkan Motivasi

Meningkatkan Motivasi
Meningkatkan Motivasi

Jika tubuh anda dirawat dan dijaga kesehatannya dengan baik maka ia akan siap untuk menghadapi akvititas sehari-hari. Anda menjadi lebih fokus dalam berkegiatan. Merasa bugar dan tidak mudah lemas.

Sehingga anda dapat dengan mudah termotivasi setiap harinya. Hal ini perlu karena motivasi merupakan salah satu sumber kuat dalam menjalani hidup. Tentu akan dengan mudah merasa down jika kita tidak memiliki motivasi yang baik.

7. Menjadi Lebih Bahagia

Menjadi Lebih Bahagia
Menjadi Lebih Bahagia

Olahraga dapat membantu anda untuk lebih bahagia karena emosi negatif, perasaan terpendam, atau stres ikut menghilang dengan cara mengeluarkan energi ketika tubuh bergerak. Setelah anda selesai berlari, jika dicermati anda akan merasa lebih lega dan lapang.

Perasaan ini lah yang akan membawa anda menjadi lebih bahagia sehingga dapat menjalani hidup dengan lebih mudah. Selain itu dapat menjadikan anda pribadi yang tenang dan kalem menghadapi permasalahan sehari-hari.

Tidak hanya olahraga lari saja yang dapat memberikan efek baik bagi kesehatan mental anda. Hal ini juga sebaiknya dibarengi dengan asupan makanan yang sehat pula. Beberapa mengatakan bahwa makanan juga akan memengaruhi mood seseorang.

Perlunya ada keseimbangan antara fisik dan mental untuk hidup yang lebih baik. Sering kita temui bahwa orang yang terlihat baik-baik saja ternyata mengalami depresi dan bunuh diri. Untuk itu keseimbangan mental juga diperlukan.

Baca Juga : 9 Makanan Dengan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Otak

Mental yang terlatih untuk sehat akan memberikan anda kehidupan yang lebih baik, merasa bersyukur dan tidak mudah tertrigger untuk melakukan sesuatu di luar batas normal yang seharusnya menurut norma yang berlaku.

Selamat mencoba.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.