in ,

6 Manfaat Pengembangan Diri Untuk Kamu Usia 20-an

Pengembangan Diri
Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah memaksimalkan potensi dalam diri untuk dipergunakan dengan baik di masa kini dan masa depan. Akhir-akhir ini, kita melupakan betapa pentingnya pengembangan diri dikarenakan berbagai faktor di era modern ini.

Usia 20-an adalah tahun-tahun dimana kita sibuk membentuk identitas diri, menemukan model hubungan yang pas dengan seseorang hingga menemukan makna yang mendalam untuk hidup.

Mungkin tujuan-tujuan yang kita buat terlalu berat untuk di dapat, namun usia saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai semuanya. Dan tentu saja, mengembangkan potensi diri akan mempermudah kita mencapai tujuan yang kita buat.

Berikut Tujuan dan Manfaat dari Pengembangan Diri Untuk Usia 20-an!

1. Tujuan Utama Adalah Meningkatkan Kualitas Diri

Meningkatkan Kualitas dan Nilai Diri
Meningkatkan Kualitas dan Nilai Diri

Banyak dari generasi muda sekarang yang merasa dirinya tidak bernilai. Alasannya cukup sederhana, ya, selama ini kita lebih memilih kesenangan sesaat daripada memikirkan masa depan.

Pengembangan diri dilakukan dengan memaksimalkan potensi. Jelas saja hal ini akan membantu kita menemukan nilai dalam diri sendiri. Artinya seiring waktu kita akan menyadari kualitas diri yang semakin meningkat.

Sekarang coba tanya pada dirimu sendiri. Apa hal paling berharga yang ada dalam hidupmu?

Hal-hal berharga yang ada dalam hidup akan memengaruhi siapa kita dimata orang lain.

Nah, pengembangan diri membantu kita untuk menganalisa apa yang seharusnya menjadi lebih berharga dalam hidup bagi kita pribadi.

2. Menyadari Kelebihan dan Kekurangan Pada Diri Sendiri

Menyadari Kelebihan dan Kekurangan Diri
Menyadari Kelebihan dan Kekurangan Diri

Ini tentang kesadaran diri. Artinya kita perlu menyadari apa yang benar-benar menjadi kelebihan dan apa yang menjadi kekurangan.

Dan seperti yang sudah-sudah dikatakan, mengetahui kekurangan atau kesalahan kita sendiri akan membantu kita mengetahui mana yang harus diperbaiki.

Selain itu, mengenali kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri juga membantu kita untuk mencintai diri sendiri. Dengan begitu, kita lebih percaya diri untuk berdiri di atas kaki sendiri.

Artinya, kita tidak lagi mengejar impian orang lain. Dan setelah kita memiliki kesadaran diri yang tinggi, tentunya akan lebih mudah untuk menganalisa setiap kejadian yang kita hadapi.

Sederhananya, setiap hari kita menerima berbagai informasi yang tidak kita sukai dan yang kita sukai. Kesadaran diri membantu kita untuk memfilter mana yang harusnya didengarkan dan mana yang harusnya diabaikan.

3. Memberi Kita Kejelasan

Memberi Kita Arah dan Kejelasan
Memberi Kita Arah dan Kejelasan

Ya, memang tidak ada yang benar-benar pasti. Mungkin kejelasan hanyalah sebuah perasaan atau perkiraan saja.

Tetapi tanpa merasakan bahwa hidup kita memiliki arah yang jelas, maka jadilah kita makhluk yang terseok-seok tak tentu arah.

Begitu kamu fokus pada pengembangan diri, secara otomatis kamu akan merasa lebih jelas tentang tujuan dan apa yang ingin dicapai dalam hidup.

Hal ini juga membantu kita untuk lebih bebas mengambil keputusan. Sebab kita tidak lagi terbebani oleh keragu-raguan dalam melangkah.

Namun yang hari ini terjadi adalah kita melakukan apa yang seharusnya tidak dilakukan, kita meng”iya”kan apa yang seharusnya ditolak. Dan ini sama sekali tidak memberi kita kejelasan.

Jika kamu inginkan kejelasan dalam hidup, lakukan pengembangan diri.

Sebab saat kamu sudah merasakan pertumbuhan pada dirimu sendiri, secara otomatis kamu memiliki keberanian untuk menghilangkan segala hal yang menghalanginya.

4. Memanfaatkan Waktu Dengan Efektif

Memanfaatkan Waktu Dengan Efektif
Memanfaatkan Waktu Dengan Efektif

Di usia 20-an kita seringkali menghabiskan waktu tanpa kejelasan. Sampai kapan ini akan terus terjadi?

Setelah pengembangan diri memberikan kita kejelasan dalam hidup, dan setelah kamu merasa lebih terarah dalam melangkah, maka secara otomatis kamu akan mendapati banyak tugas atau jadwal-jadwal penting setiap harinya.

Disinilah kita mulai belajar untuk fokus pada prioritas. Dan secara alami akan tumbuh rasa benci terhadap penundaan.

Sebab pada akhirnya kamu menyadari bahwa menunda-nunda pekerjaan hanya akan membuat pikiran stress dan kegelisahan.

Ditambah lagi, setiap harinya kamu merasakan pencapaian-pencapaian kecil yang membuatmu semakin bersemangat untuk berkomitmen pada pengembangan diri ini.

Hal ini juga akan membantu kita untuk mengetahui apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang harusnya tidak dilakukan.

Kita kerap menghabiskan banyak waktu bersama dengan orang lain. Mungkin ini saatnya kamu fokus untuk diri sendiri. Baca juga 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghabiskan Waktu Sendiri.

5. Tak Pernah Kehabisan Motivasi

Tak Pernah Kehabisan Motivasi
Tak Pernah Kehabisan Motivasi

Saat kita dalam kondisi yang berantakan, motivasi saja tidak cukup kuat untuk membangkitkan. Bahkan kata-kata yang kita dengar atau baca akan terasa seperti omong kosong.

Namun setelah fokus pada pengembangan diri, kamu selalu memiliki kemauan saat melihat jalan.

Dalam arti, meskipun dihadapkan pada situasi yang berat, kamu tetap menghadapinya jika memang hanya jalan itu yang akan membuatmu lebih berkembang.

Dan pada akhirnya kamu pun menyadari bahwa pengembangan diri membutuhkan proses yang panjang. Ini sebuah perjalanan yang berkelanjutan dari satu terminal ke terminal lainnya.

Disinilah kita mulai memahami kebenaran dari sebuah tujuan. Bahwa impian adalah terminal terakhir setelah kita berhasil melewati berbagai macam ujian.

Dan sekarang kita hanya perlu fokus pada apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk mencapai kesana!

Bagaimana dengan karirmu? Apakah kamu masih termotivasi untuk mengejarnya? Mungkin kamu perlu membaca 7 Motivasi untuk Kamu yang Sedang Memperjuangkan Profesi Impianmu.

6. Memiliki Pertahanan Diri yang Kokoh

Memiliki Pertahanan Diri yang Kokoh
Memiliki Pertahanan Diri yang Kokoh

Pengembangan diri mungkin tidak mengubah kita menjadi manusia super. Tetapi setidaknya kita menjadi lebih kokoh sebab memiliki pertahanan diri dari dalam.

Akan datang masa-masa sulit. Percayalah. Tapi tak apa, biarkan hal itu terjadi sebab dari sanalah kita menjadi lebih kuat lagi.

Meskipun setiap harinya kita membicarakan hal positif, mendengarkan hal positif hingga melakukan segala hal positif, tidak berarti semuanya akan berjalan mulus!

Kita mungkin merasakan kejelasan dalam hidup tapi hidup tak pernah bisa ditebak. Namun tak perlu takut, sebab pengembangan diri memberikan kita senjata untuk menghadapi hal-hal negatif di depan nanti!

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari : Prinsip Hidup Yang Harus Kamu Miliki Sebelum Usia 20-an

Akhir Kata

Ketika kita fokus pada pengembangan diri, manfaatnya bukan hanya dirasakan pada diri sendiri tetapi juga orang-orang terdekat.

Dengan meningkatkan kualitas diri, maka kita akan lebih cermat dalam memilih mana orang-orang yang layak dipertahankan dan mana yang harusnya dilepaskan. Tentu ini juga memengaruhi bagaimana kita menjalani sebuah hubungan.

Kamu mungkin tidak akan memilih pasangan hidup yang seperti A atau seperti B sebab memahami pentingnya berada bersama orang yang tepat untuk hidup nantinya.

Sekianlah artikel tentang Manfaat dan Tujuan dari Pengembangan Diri Untuk Usia 20-an. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Klik icon instagram jika ingin mengenal saya lebih dekat!