in ,

7 Manfaat Permainan Bongkar Pasang Untuk Kecerdasan Anak

Permainan Bongkar Pasang
Permainan Bongkar Pasang

Permainan bongkar pasang rupanya memiliki manfaat tersendiri bagi tumbuh kembang anak. Terutama anak yang sedang dalam masa pertumbuhan golden age. Hal ini diperlukan untuk menunjang kreativitas dan kepekaan anak baik dalam belajar maupun bersosialisasi di lingkungannya.

Jenis dari permainan ini pun beragam mulai dari bentuk bangun ruang misalnya balok, prisma, kotak hingga tabung. Jika anda semasa kecil pernah bermain bongkar pasang berbahan kertas karton bergambar yang dipotong, permainan itu juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menunjang perkembangan anak.

Pasalnya permainan bongkar pasang ini memiliki suatu sistem unik. Cara kerjanya yang dibongkar kemudian dipasangkan kembali memiliki rasa kepuasan tersendiri bagi yang memainkannya. Hal ini cocok untuk dimainkan oleh anak yang masih memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Dengan bermain dibantu alat bongkar pasang ini, anak akan berlatih mulai dari segi kognitif, psikomotor hingga psikososialnya. Maka kreativitas anak dapat diasah dari sini. Tak jarang anak yang memiliki bakat akan menciptakan suatu karya sangat baik jika diasah dengan permainan bongkar pasang ini.

Meski hanya bermain, ternyata memainkan bongkar pasang ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

1. Mengekspresikan Diri

Mengekspresikan Diri
Mengekspresikan Diri

Permainan bongkar pasang yang memiliki beragam bentuk dan jenis yang bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan anak sebagai media pengekspresian dari dirinya.

Setiap anak adalah pribadi unik yang berbeda-beda. Maka mereka akan dengan asik membuat berbagai macam bentuk sesuai imajinasinya yang dimilikinya.

Karena dalam permainan ini tidak diharuskan untuk mengikuti satu bentuk dan aturan tertentu. Anak bebas membuat bentuk yang ia sukai.

Disini lah anak akan merasa diberikan kebebasan untuk berkreasi tanpa adanya tekanan. Kebebasan berkreasi ini lah yang nantinya dapat membantu anak untuk dapat thinking out of the box di masa sekarang hingga masa depannya nanti.

2. Bersosialisasi

Media Anak Bersosialisasi
Media Anak Bersosialisasi

Ketika anak dengan bebas mengekspresikan imajinasinya tanpa adanya tekanan, anak akan merasa lebih bahagia. Ia akan merasa lebih bahagia dan puas ketika dapat membuat dan menyelesaikan sendiri permainannya.

Selain itu belajar dengan bermain bongkar pasang juga dapat menghibur anak karena dapat dimainkan meski tidak ada teman yang bermain bersama.

Ketika permainan ini dimainkan berdua maka rasanya akan lebih asyik karena dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya. Di mana hal ini akan membantu mengembangkan ide-ide kreatifnya untuk membuat bentuk bongkar pasang yang berbeda misalnya.

Sehingga permainan ini dapat membantu anak belajar beberapa hal sekaligus mulai dari bersosialisasi hingga mengembangkan kecerdasan berkreasi secara emosional.

Oiya, anda mungkin tertarik untuk membaca terlebih dahulu artikel menarik yang saya rekomendasikan dibawah ini.

3. Motivasi Anak

Motivasi Anak
Motivasi Anak

Permainan ini juga dapat menumbuhkan motivasi anak. Ketika anak telah berhasil menyelesaikan permainan ini baik itu sendiri maupun bersama teman, akan muncul rasa ingin tahu dari anak untuk menyelesaikan atau membuat bentuk baru dari mainan tersebut.

Apalagi jika ditambah dengan adanya pujian dari orang tua atau orang lain. Anak akan merasa lebih dihargai. Ia akan belajar bahwa segala sesuatunya membutuhkan usaha dan hasil akhirnya akan menyenangkan banyak orang lewat pujian yang dilontarkan.

Sehingga anak akan cenderung merasa harus bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya dan tidak berhenti setelah merasa puas.

4. Mengasah Kecerdasan Spasial

Mengasah Kecerdasan Spasial
Mengasah Kecerdasan Spasial

Dalam psikologi terdapat jenis kecerdasan yakni spasial. Kecerdasaan spasial adalah suatu kemampuan dimana anak dapat membayangkan suatu hal dalam bentuk dua atau tiga dimensi.

Kecerdasan spasial pada anak dapat dilatih dengan memainkan permainan bongkar pasang ini. Ketika anak sedang menyusun mainan tersebut baik secara vertikal maupun horizontal, anak akan belajar konsep dasar dari bangun ruang yang ia mainkan.

Ia juga akan belajar tentang panjang, lebar dan tinggi dari bangun ruang ketika bermain bongkar pasang dengan bentuk bangun ruang.

Dengan demikian anak akan lebih berkembang kemampuan spasialnya sehingga mereka dapat lebih unggul dalam bidang visualisasi spasial, rotasi mental dan blok bangunan.

5. Meningkatkan Kemampuan Sistemastis dan Pemecahan Masalah

Meningkatkan Kemampuan Sistematis Anak
Meningkatkan Kemampuan Sistematis Anak

Percaya atau tidak, adanya sebuah studi yang mempelajari bahwa memainkan permainan bongkar pasang pada anak memiliki dampak baik yang bersifat jangka panjang.

Anak-anak yang diberikan permainan bongkar pasang sejak dini cenderung memiliki prestasi dalam bidang aritmatika yang lebih baik.

Hal ini merupakan dampak baik yang dapat membantu anak ketika ia akan memasuki tingkatan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu anak akan memiliki pengetahuan dalam problem solving yang lebih baik pula.

Pemecahan masalah yang dimaksud adalah memecahkan suatu masalah dalam satu solusi maupun dengan berbagai solusi untuk satu masalah.

Misalnya ketika anak bermain permainan bongkar pasang bangun ruang dengan beragam cara, maka mereka akan cenderung lebih kreatif. Kreaitivitas ini lah yang nantinya dapat membantu anak untuk dapat mencari solusi dari suatu permasalahan dengan berbagai alternatif pemecahan.

Sehingga tidak hanya terfokus dan stuck pada satu cara penyelesaian masalah saja.

6. Melatih Anak untuk Berani Mencoba

Melatih Keberanian Anak
Melatih Keberanian Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa permainan bongkar pasang ini memiliki sifat bebas.

Artinya anak bebas membentuknya dan memasangkannya menjadi suatu bentuk sesuai keinginannya. Hal ini juga secara tidak langsung dapat melatih anak agar tidak takut menghadapi kesalahan.

Mereka akan belajar untuk berani mencoba hal-hal baru dari permainan bongkar pasang ini. Itulah mengapa permainan bongkar pasang ini dibuat dengan tingkat kesulitan berbeda-beda agar kreativitas anak semakin bervariasi.

7. Melatih Psikomotor, Kognitif dan Psikososial

Melatih Psikomotorik Anak
Melatih Psikomotorik Anak

Permainan bongkar pasang ini juga dapat membantu melatih perkembangan psikomotor, kognitif dan psikososial anak. Ia akan terangsang kognitifnya dalam mengenal bentuk, warna hingga jumlah dari mainan yang sedang ia mainkan.

Itulah mengapa mainan anak-anak memiliki warna-warna terang yang dapat dihafalkan oleh anak. Warna dan bentuk dari mainan dapat menjadi jembatan belajar anak untuk mengenal berbagai macam warna dan bentuk bangun ruang.

Selain itu anak akan belajar mengenai konsep dasar dari permainan bongkar pasang ini. Apalagi untuk anak yang berusia balita atau satu tahun. Pengenalan warna cukup penting pada masa ini.

Hasilnya anak akan belajar untuk memakai logic thinking nya dengan baik. Konsentrasi pada anak juga akan meningkat dengan bermain menggunakan bongkar pasang ini.

Anak belajar dengan melihat apa yang ada di hadapannya. Dari sini lah anak akan belajar kemampuan psikomotor dari penglihatan yang berkoordinasi dengan motorik anak dari bentuk yang disusun. Koordinasi ini melibatkan panca indera sehingga dapat menjadi kuat dan terampil.

Akhir Kata

Ternyata tidak semua mainan berdampak buruk bagi anak. Jika pemilihan permainannya tepat, maka justru dapat membantu anak untuk belajar meski dalam kondisi bermain. Permainan bongkar pasang ini misalnya. Bisa dikatakan layak dan perlu untuk diberikan bagi anak untuk meningkatkan kreativitasnya.

Meski begitu, orang tua tetap harus mendampingi anak bermain permainan bongkar pasang ini agar anak dapat belajar dengan optimal. Selain itu anak membutuhkan pujian ketika mereka berhasil menyelesaikan satu bentuk sesuai keinginan mereka agar motivasi dan semangat pada anak terus tumbuh dan berkembang.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.