in ,

7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Sangat Mengejutkan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa sudah menjadi gaya hidup sejak berabad-abad yang lalu dan menjadi salah satu praktik ibadah dalam agama-agama tertentu. Diartikan sebagai menahan diri dari rasa lapar, haus dan juga hawa nafsu lainnya.

Namun tahun demi tahun puasa menjadi begitu populer, terutama di dunia kesehatan. Bukan lagi sekedar ibadah dan menahan diri saja, melainkan untuk membentuk pola hidup yang lebih baik dan sehat.

Sebab begitu banyak penemuan-penemuan baru tentang manfaat puasa dari berbagai sudut pandang. Ini sangat penting untuk diketahui sebab bisa menambah motivasi kita untuk berpuasa.

Nah, berikut adalah 7 manfaat puasa bagi kesehatan yang akan sangat mengejutkanmu!

1. Puasa Baik Bagi Kesehatan Jantung

Puasa Baik Bagi Jantung
Puasa Baik Bagi Jantung

Beberapa penelitian telah mengaitkan puasa dengan penurunan resiko terkena serangan jantung dan dapat membantu mengatur kadar kolesterol serta tekanan darah.

Di kutip dari Healthline, sebuah studi pada 100 orang dewasa yang obesitas selama 3 minggu di bawah pengawasan tim medis, secara signifikan menurunkan tekanan darah, serta kadar trigliserida darah, kolesterol total dan kolesterol LDL “jahat”.

Seperti yang kita ketahui bahwa tekanan darah dan kolesterol merupakan faktor yang memengaruhi penyakit jantung. Nah, bagi kita kaum yang beragama tentunya ini menjadi bukti bahwa puasa merupakan cara Tuhan menyayangi dan menjaga hambanya dari penyakit berbahaya.

2. Puasa Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa Membantu Meningkatkan Fungsi Otak
Puasa Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Cukup mengejutkan, ternyata puasa dapat meningkatkan kemampuan otak berpikir kreatif, hal ini terkait dengan BDNF (Brain Derived Neurotrophic Factor) yaitu suatu sistem yang bekerja untuk pembelajaran, memori dan kesehatan mental seseorang.

BDNF mengubah sel induk otak menjadi neuron baru yang pada gilirannya memicu bahan kimia lain pada otak yang meningkatkan kesehatan saraf. Sebenarnya, olahraga adalah cara yang paling ampuh agar BDNF dapat terlepas.

Namun berpuasa sehari penuh itu manfaatnya sama seperti berolahraga, inilah alasan mengapa berpuasa dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Baca Juga : 9 Makanan Dengan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Otak

3. Puasa Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kita manusia adalah makhluk yang selalu mencari makanan di saat sehat mau pun sakit, bahkan kita juga mencari makanan disaat perut masih merasa kenyang. Hal ini berbeda dengan hewan yang memiliki naluri alami untuk tidak mencari makanan di saat sakit atau disaat kenyang.

Ketika hewan sakit, mereka berhenti makan dan hanya beristirahat. Mungkin itulah naluri alaminya, sebab makanan yang masuk ke dalam perut akan mengaktifkan fungsi lainnya yang secara otomatis menurunkan fungsi kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Dengan berpuasa, secara alami tubuh kita akan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan mengatur peradangan, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Maka akan lebih baik lagi kalau sebelum berpuasa kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat juga alami.

4. Membantu Hormon Di Dalam Tubuh Berfungsi Dengan Baik

Membantu Fungsi Hormon
Membantu Fungsi Hormon

Hormon di dalam tubuh memegang kunci penting bagi kesejahteraan fisik dan mental. Jika hormon di dalam tubuh kita tidak bekerja dengan baik, maka kita akan menjadi kebingungan dengan diri sendiri.

Semisal, kamu baru saja makan sekitar 1 jam yang lalu, namun kamu sudah merasa lapar. Kamu mencoba menahannya namun perut semakin lapar dan akhirnya kamu mengambil makanan.

Ketika kamu makan satu atau dua suap, tiba-tiba saja perutmu langsung terasa kenyang lagi. Tentunya hal ini seringkali terjadi dan membuat kita bingung dengan tubuh sendiri. Penyebabnya adalah fungsi hormon yang tidak bekerja dengan baik.

Jika kamu mengalami hal ini maka berpuasalah untuk mengembalikan fungsi hormon di dalam tubuh agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Puasa dapat mengatur hormon di dalam tubuh agar kita bisa merasakan setiap perasaan yang sebenarnya di dalam diri kita.

5. Puasa Memperpanjang Umur

Puasa Memperpanjang Umur
Puasa Memperpanjang Umur

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa umur orang-orang dalam budaya/kebiasaan tertentu lebih panjang karena pola makan mereka. Ya, percaya atau tidak, puasa bisa memperpanjang usia.

Penjelasannya begini. Salah satu penyebab penuaan adalah metabolisme yang lambat. Nah, metabolisme dalam tubuh bisa menjadi lebih lambat jika kita terus mengkonsumsi makanan.

Artinya, saat kita berpuasa metabolisme akan menjadi lebih longgar dan efisien. Ini memang cukup mengejutkan, namun tetap saja bermanfaat bagi yang khawatir soal umur.

6. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan

Para atlet dan model di era sekarang menggunakan puasa sebagai program diet atau alat untuk menurunkan kadar lemak dan berat badan. Tentu ini tidak cukup mengejutkan lagi bagi kita sebab sudah banyak orang yang berpuasa untuk menurunkan berat badan.

Namun disini kita sedang berbicara manfaat yang sudah diakui secara ilmiah. Bahwa sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa puasa yang bermaksud mengendalikan diri selama beberapa jam dapat membakar lemak dengan lebih efektif.

Tentu saja hal ini masuk akal, masalahnya kebanyakan kita berpuasa untuk membakar lemak namun setelah puasa kembali mengkonsumsi makanan-makanan yang berlemak dan berpotensi meningkatkan berat badan.

Jadi kembali lagi pada niatnya, ada banyak manfaat dari berpuasa, dan jika kita ingin mengambil manfaatnya dalam hal menurunkan berat badan, maka ada baiknya jika dibarengi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang rendah lemak.

7. Meningkatkan Kontrol Gula Darah dan Sensitivitas Insulin

Meningkatkan Kontrol Gula Darah
Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Apakah kamu terlalu banyak mengkonsumsi gula? Jika kamu merasa sepertinya akan berisiko terserang diabetes, ada baiknya kamu mulai berpuasa sejak sekarang juga.

Sebab beberapa penelitian telah membuktikan bahwa saat kita menahan lapar dan haus selama rentang waktu tertentu, tubuh kita akan secara otomatis bekerja lebih baik untuk mengontrol gula darah.

Sementara itu penelitian lain telah membuktikan bahwa puasa dapat membantu insulin menjadi lebih efektif dalam memberi tahu sel untuk mengambil glukosa dalam darah. Hal ini tentu saja menurunkan potensi serangan diabetes.

Baca Juga : 10 Menu Food Combining yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Akhir Kata

Puasa bukan hanya sekedar ibadah bagi orang-orang yang beragama, sebab manfaat dari puasa itu sendiri dapat kita rasakan dengan jelas dan nyata. Maka tak ada salahnya untuk menjadikan puasa sebagai gaya hidup sehat.

Perlu diingat bahwa tubuh kita memiliki kecerdasan luar biasa yang saling terhubung satu sama lain, apa yang kita konsumsi bisa jadi menurunkan kecerdasan itu dan bisa jadi meningkatkan kecerdasan pada seluruh sistem kita secara alami.

Maka mulailah berpuasa dan mengkonsumsi apa saja yang baik bagi tubuh. Sekianlah artikel tentang 7 manfaat puasa bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!