in ,

4 Manfaat Sheet Mask Untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

Manfaat Sheet Mask Untuk Wajah
Manfaat Sheet Mask Untuk Wajah

Manfaat sheet mask yang sedang naik daun saat ini memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah anda. Produk kecantikan yang terkenal asal Korea ini cukup disukai oleh masyarakat Indonesia baik perempuan maupun laki-laki.

Nyatanya laki-laki juga memerlukan perawatan wajah karena pada dasarnya kosmetik dan produk perawatan wajah tidak hanya diperuntukkan bagi perempuan saja. Laki-laki juga wajib untuk merawat kulit wajah setiap hari.

Salah satunya adalah sheet mask ini. Saat ini terdapat banyak sekali produk sheet mask baik produk lokal maupun non-lokal. Yang terkenal adalah sheet mask dari Korea dengan icon artis Korea yang membuat semakin yakin ingin mencobanya.

Betapa tidak, wajah mereka memang terlihat bersih mulus tanpa cela sedikitpun. Sekiranya dari sinilah produk kecantikan Korea terkenal diberbagai negara manapun. Tidak hanya itu saja, produk kecantikan mereka memang terbuat dari bahan berkualitas sehingga hal ini memicu produk lokal untuk mengembangkan produk yang sama berkualitasnya.

Apa Itu Sheet Mask?

Sheet mask itu apa sih? Sheet mask adalah masker untuk wajah yang memiliki bentuk lembaran yang terbuat dari serat alami misalnya katun, kertas, selulosa atau coconut pulp. Lembaran tersebut melalui proses kimiawi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sheet mask ini mengandung vitamin, mineral dan protein yang memang dibuat untuk berbagai jenis kulit wajah. Pemakaian sheet mask ini hanya sekali pakai saja tanpa perlu membilas wajah dengan air setelahnya.

Menariknya lagi sheet mask ini dapat dipakai oleh siapa saja dari segala usia. Sebaiknya pemakaian sheet mask dilakukan pada malam hari sehingga serum yang terkandung dalam sheet mask dapat terserap sempurna.

Beberapa produk lokal kini telah merilis sheet mask yang tidak kalah bagusnya dengan produk Korea. Dengan berbagai pilihan macam sheet mask yang memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga anda dapat memilih yang paling cocok dengan kulit wajah anda.

Dalam sheet mask, terdapat serum yang baik untuk kulit wajah anda. Serum wajah ini baik untuk menjaga kulit wajah anda agar tetap sehat, segar dan lembut. Tidak heran jika sheet mask yang memiliki harga cukup murah dibandingkan dengan membeli produk serum sangat laku dipasaran.

Lalu sebenarnya apa saja manfaat sheet mask yang terkenal ini? Bukan tanpa alasan, sheet mask ini memiliki segudang manfaat seperti pada poin-poin berikut ini.

1. Melembabkan Wajah

Melembabkan Wajah
Melembabkan Wajah

Kulit wajah anda yang kering dan kusam tentu cocok untuk menggunakan sheet mask sebagai salah satu cara mengatasi masalah tersebut.

Kandungan vitamin C dan Niacinamide dalam sheet mask dapat membantu kulit agar lebih glowing.

Ada pula sheet mask yang memiliki tea tree oil dan juga lemon extract untuk membantu meringankan permasalahan jerawat pada kulit yang kering dan berminyak. Kandungan lain yang ada pada sheet mask adalah asam hialuronat yang dapat membantu memperbaiki kerutan halus di wajah.

Dilansir dari Women’s Health Magazine, penggunaan sheet mask ini juga dapat membantu melembabkan kulit dalam waktu pemakaian yang singkat.

Pemakaian sheet mask ini sekitar 15-20 menit. Dan dapat dipakai pada saat anda sedang bekerja atau santai.

2. Mengandung Vitamin dan Mineral

Kandungan Sheet Mask Yang Kaya Akan Vitamin dan Mineral
Kandungan Sheet Mask Yang Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Seperti yang sudah dibahas pada poin 1, sheet mask mengandung vitamin dan mineral tidak hanya vitamin C saja. Tetapi juga terdapat hyaluronic acid, ceramides dan juga antioksidan yang baik bagi kulit wajah anda.

Hyaluronic acid memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit wajah pada lapisan terluar sehingga dapat mempertahankan kelembaban dan memperbaiki tektur kulit. Ceramides nya berfungsi untuk membantu mengembalikan barrier kulit dengan menahan sel di lapisan lipid pada tempatnya.

Efeknya akan terasa pada kulit yang menjadi lebih halus, tebal dan lembab. Sedangkan kandungan antioksidan pada sheet mask ini memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas yag dapat merusak sel kulit dan penuaan kulit.

Manfaat sheet mask juga dikenal karena kandungan lain seperti asam amino pada varian yang berbeda-beda. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua sheet mask mengandung tea tree oil misalnya. Karena disesuaikan dengan jenis kulit wajah anda, maka telitilah terlebih dahulu sebelum membeli sheet mask. Sesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit wajah anda.

3. Menyegarkan Kulit

Menyegarkan Kulit
Menyegarkan Kulit

Kandungan sheet mask juga dapat membantu menyegarkan kulit wajah anda. Serum yang terdapat pada sheet mask dapat terserap dengan cepat dan baik pada kulit sehingga memberikan efek menyejukkan pada kulit wajah anda.

Cocok bagi anda yang sering berada pada ruangan terbuka dan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Tidak hanya itu, kandungan essence nya dapat membuat kulit anda lebih cerah. Wajah lelah anda akan terasa sehat dan segar kembali setelah menggunakan sheet mask.

Kandungan lainnya yang bermanfaat untuk menyegarkan kulit adalah kolagen. Kandungan kolagen yang tepat pada sheet mask ini juga dapat membantu mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah anda.

4. Menutrisi Kulit Wajah

Menutrisi Kulit Wajah
Menutrisi Kulit Wajah

Sheet mask yang kaya kandungan berkualitas ini juga dapat menutrisi kulit wajah sesuai dengan jenis kulit anda. Setidaknya ada 7 kandungan nutrisi yang disesuaikan dengan jenis kulit wajah anda.

Kandungan hydrating serum pada sheet mask berfungsi untuk melembabkan dan melembutkan kulit wajah dengan cara menambahkan kadar air pada kulit. Moisturizing sheet mask memiliki fungsi untuk meningkatkan minyak pada kulit kering anda.

Nourishing serum pada sheet mask memiliki fungsi untuk membuat kulit lebih kenyal dan lembab sehingga cocok bagi pemiliki kulit kering. Tentu anda sudah cukup mengenal kandungan lain yakni brightening.

Yap, kandungan brightening pada varian sheet mask ini berfungsi untuk mencerahkan kulit ke tingkat yang lebih tinggi dan juga membantu untuk memudarkan noda-noda hitam atau flek hitam di wajah.

Revitalizing sheet mask memiliki manfaat untuk melembabkan kulit sekaligus mencerahkan kulit wajah yang kusam dan terlihat lelah. Tidak hanya itu, sheet mask dengan revitalizing ini dapat memberikan efek menyejukkan pada kulit wajah anda.

Sheet mask dengan jenis purifying berfungsi untuk membantu mengangkat kotoran yang terdapat pada pori-pori wajah sehingga terhindar dari munculnya jerawat akibat kotoran wajah yang menumpuk.

Baca Juga: 

Sedangkan firming sheet mask dapat membantu menjaga kulit wajah agar tetap awet muda, mengencangkan kulit sekaligus membuatnya terasa kenyal. Sehingga kulit tetap sehat dan segar sepanjang hari.

Ternyata cukup banyak manfaat sheet mask yang baik bagi kulit wajah anda. Kandungan sheet mask yang beraneka ragam dapat mencukupi kebutuhan kulit wajah anda akan serum dan essence yang penting menjaga kesehatannya.

Tentu hal ini haruslah dibarengi dengan rajin membersihkan wajah setiap sehabis bepergian atau dua kali dalam sehari. Terapkan juga double cleansing setiap membersihkan wajah agar wajah anda benar-benar bersih dari make up dan kotoran yang menempel setelah beraktivitas seharian.

Kuncinya kesehatan kulit wajah anda pada dasarnya terletak pada kebersihan wajah. Untuk itu jangan malas untuk membersihkan wajah selelah apapun anda agar kotoran yang menempel pada wajah tidak menumpuk dan menimbulkan masalah pada kulit wajah anda.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.