in , ,

7 Manfaat Teh Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Manfaat Teh Untuk Kecantikan
Manfaat Teh Untuk Kecantikan

Kegunaan teh sebagai minuman sudah sangat dikenal di berbagai belahan dunia. Teh telah dikonsumsi di hampir seluruh dunia. Mau hangat atau dingin, teh memiliki rasa yang sama-sama enak. Minuman yang berasal dari daunt eh yang dikeringkan ini juga sering disajikan dalam acara penting.

Awalnya teh dikenal sebagai ramuan obat yang belum ditemukan sebutan namanya. Asal teh ini diketahui dari cina yang kemudian tersebar ke berbagai negara. Permintaan teh terus meningkat sehingga teh kini dikenal sebagai minuman yang hampir ada di mana pun anda berada.

Di Indonesia sendiri teh dikenal sekitar tahun 1686 oleh Dr. Andreas Cleyer dari Belanda yang membawa teh sebagai tanaman hias. Baru pada tahun 1728 Belanda membudidayakan teh di Pulau Jawa dengan benih dari Cina.

Meski awalnya gagal, namun teh akhirnya dapat menjadi komoditi utama oleh Belanda yang dipelopori Jacobson pada tahun 1828. Tanaman ini kemudian di tanam pada masa cultuur stelsel atau sistem tanam paksa.

Manfaat Teh Untuk Kecantikan

Sekarang ini tanaman teh sudah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Lahan kebun teh di Indonesia pun cukup luas. Teh pada masa dahulu berbentuk biang teh yang dijual dalam beberapa kemasan, belum berbentuk teh celup seperti sekarang.

Memang cukup repot jika menyeduh teh dari biangnya daripada teh celup. Untuk itu dibuatlah teh dengan model celup dengan kantong teh yang praktis dan mudah. Teh tidak hanya memiliki satu rasa saja, kini teh telah memiliki berbagai varian rasa yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

Apakah anda juga menyukai minuman yang satu ini? Nah, meski rasanya enak ternyata kegunaan teh tidak hanya untuk di minum saja. Ampas teh yang telah diseduh ternyata memiliki manfaat bagi kulit cantik anda.

Tidak hanya ampas teh baik dari biang teh maupun kantong celup teh bekas memiliki manfaat bagi kulit wajah anda. Pernahkah anda terlupa untuk meminum teh sehingga teh tersebut basi?. Daripada sayang teh tersebut dibuang, teh basi juga memiliki manfaat bagi kulit wajah anda lho.

Lalu apa saja kegunaan teh yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan kulit wajah ?

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Mengencangkan Kulit Wajah
Mengencangkan Kulit Wajah

Ampas teh bekas bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan perawatan kulit wajah alami. Ampas teh dapat membantu mengencangkan kulit wajah anda. Tidak hanya itu, kulit wajah anda juga akan terasa lebih kenyal dan lembut.

Caranya ampas teh bekas yang masih basah diusapkan pada wajah secara merata. Diamkan selama beberapa saat hingga air pada ampas teh menyerap secara baik. Anda juga bisa menggunakan masker ampas teh ini sesaat sebelum tidur dan diamkan semalaman.

Esok harinya anda dapat membilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

2. Calming Efect

Calming Efect Dari Teh
Calming Efect Dari Teh

Teh tidak hanya memiliki kemampuan untuk menenangkan secara fisik dengan meminumnya. Tetapi juga dapat menenangkan kulit wajah anda setelah seharian terpapar sinar matahari.

Terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung akan membuat kulit anda terasa terbakar dan memerah.

Dalam kasus yang parah kulit wajah anda bisa mengelupas. Anda bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan ampas teh. Pilih teh celup bekas untuk digunakan.

Kantong teh ini anda celupkan ke dalam air es terlebih dahulu. Kemudian kompres pada kulit yang mengalami masalah.

Lakukan pengompresan ini secara berulang hingga kulit anda membaik. Tandanya adalah kemerahan mulai berkurang. Sehingga kulit wajah anda dapat tenang kembali. Ini lah mengapa teh bekas memiliki calming effect.

Kandungan flavanoid dari teh hitam dan teh hijau dapat membantu meredakan peradangan pada kulit.

3. Mengatasi Lingkar Hitam Pada Mata

Mengatasi Mata Panda
Mengatasi Mata Panda

Jika anda kurang tidur dan kelelahan, maka biasanya akan muncul lingkaran hitam pada bawah mata. Hal ini tentu mengganggu penampilan anda sehari-hari. Anda bisa mengatasi lingkar hitam atau mata panda dengan menggunakan teh bekas.

Pilihlah teh hitam atau teh hijau yang memiliki kandungan kafein lebih tinggi dari teh lainnya. Hal ini untuk membantu melancarkan kembali pembuluh darah pada area sekitar mata sehingga lingkaran hitam yang muncul akan tersamarkan.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Mencerahkan Kulit
Mencerahkan Kulit

Tahukah anda bahwa teh memiliki vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit? Hal ini berlaku pula pada teh yang sudah basi. Teh akan membantu mencerahkan kulit wajah dan menjaga elastisitas kulit.

Cara penggunaannya, anda dapat mengusapkan ampas teh pada wajah layaknya membersihkan dengan sabun muka seperti biasa. Namun ampas teh ini memiliki fungsi sebagai scrub yang dapat membersihkan kulit, membantu menghilangkan jerawat dan flek hitam serta mengangkat sel kulit mati.

Sehingga kulit tetap elastis dan lembut. Teh basi baik untuk kulit wajah karena memiliki akndungan vitamin C lebih banyak dari jeruk lemon.

Baca Juga : Memutihkan Kulit Wajah: 8 Tips Perawatan Alami Tanpa Efek Samping

5. Menghilangkan Ketombe dan Rambut Kusam

Menghilangkan Ketombe
Menghilangkan Ketombe

Selain untuk mengatasi permasalah pada kulit wajah anda, ampas teh juga memiliki manfaat untuk rambut. Jika rambut anda berketombe dan kusam, anda dapat menggunakan ampas teh dengan dicampur air secukupnya.

Kemudian gunakan untuk membasahi rambut dan pijat-pijat kepala selama kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air bersih dan anda dapat melanjutkan proses keramas seperti biasanya dengan shampoo.

Untuk rambut kusam dan kering, anda dapat menggunakan ampas teh dengan cara ampas tersebut direndam terlebih dahulu. Kemudian keramas lah seperti biasa dan pada bilasan terakhir gunakan air rendaman ampas teh tadi.

Tidak hanya ampas teh, teh basi juga dapat membantu mengatasi ketombe dengan cara menyiram kepala dengan air teh basi dan pijat-pijat perlahan hingga mneyerap. Diamkan selama beberapa saat dan anda dapat melanjutkan keramas seperti biasa.

Baca Juga : 7 Manfaat Air Mawar Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

6. Mengatasi Rambut Rontok

Mengatasi Rambut Rontok
Mengatasi Rambut Rontok

Teh yang sudah basi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah rambut yang rontok. Kerontokan yang ditimbulkan dari kebiasaan mengeringkan rambut dengan hair dryer, terkena sinar matahari terlalu lama atau car rambut bisa diatasi dengan teh basi.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu keramas seperti biasa dan membilasnya dengan teh basi. Cara ini bisa anda lakukan setiap hari. Tentunya pastikan teh basi ini tidak mengandung gula ya. Masih air teh yang belum dicampur apapun.

Anda akan merasakan rambut yang terasa menguat dan berkilau.

Baca Juga : Yuk Merawat Rambut, 6 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Coba Di Rumah

7. Menghilangkan Komedo

Menghilangkan Komedo
Menghilangkan Komedo

Komedo yang ada pada wajah tentu mengganggu penampilan anda. Tetapi anda bisa mengatasi masalah wajah yang satu ini dengan menggunakan teh. Kegunaan teh untuk komedo mengandalkan kandungan vitamin E dapat membantu menghilangkan komedo pada wajah.

Anda dapat menggunakan ampas teh basi dan gosokkan pada area yang terdapat komedo. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Barengi dengan rajin membersihkan wajah setiap dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari.

Menjaga kulit wajah memang sangat diperlukan agar tetap terjaga kesehatannya. Kulit wajah yang sehat dan segar dapat membuat penampilan anda lebih cantik. Selain itu menjaga kesehatan kulit wajah sedari kini akan membantu menjaga kesehatan kulit wajah di masa depan.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.