in , ,

9 Manfaat Tidak Terduga Jika Tempat Kerja Jauh dari Rumah

Manfaat Tempat Kerja Jauh Dari Rumah

Memiliki tempat kerja yang jauh dari rumah terkadang merasa hidupnya dihabiskan untuk perjalanan saja. Namun memiliki kantor yang jauh dari rumah merupakan sebuah tantangan tersendiri dan terkadang memiliki banyak manfaat bagi kamu.

Kamu tidak perlu iri dengan rekan kerja yang tempat tinggalnya dekat dengan rumah. Kamu bisa merasakan 9 manfaat ini jika tempat kerja jauh dari rumah.

1. Lebih Mensyukuri Hidup

Pada dasarnya, tidak peduli seberapa jauh atau setelah apapun perjalanan yang kamu tempuh dari rumah menuju tempat kerja kamu harus tetap bersyukur atas kehidupan dan pekerjaan yang kam miliki.

Tempat kerja yang jauh dari tempat tinggal mungkin akan membuat beberapa orang mengeluh, namun jika dilihat  dari berbagai sudut pandang, kamu justru akan bersyukur atas kehidupan yang kamu jalani.

Sejauh apapun kantor kamu, ketika sampai di kantor beberapa dari kamu akan duduk di depan layar komputer atau laptop dan berada di ruangan yang nyaman. Ketika dalam perjalanan menuju kantor, terutama bagi kamu yang menggunakan angkutan umum, kamu bisa melihat berbagai kehidupan orang lain.

Dari situ kamu bisa melihat bahwa di dunia ini yang memiliki beban hidup bukan hanya kamu, namun orang lain juga.

Orang lain juga berjuang untuk hidupnya bahkan terkadang masalah yang mereka alami bisa lebih berat daripada masalah kamu, Oleh sebab itu kamu tidak boleh lupa bersyukur kepada Tuhan atas kehidupan kamu sekarang.

2. Mempunyai Kebiasaan Bangun Pagi

Jarak dari rumah menuju tempat tinggal membuat waktu tempuh menuju kantor lebih lama. Oleh sebab itu, kamu harus berangkat lebih awal. Supaya kamu bisa sampai tepat waktu, kamu harus bisa bangun pagi.

Rutinitas tersebut terpaksa kamu lakukan sehingga lama kelamaan kamu akan mempunyai kebiasaan bangu pagi. Kebiasaan bangun pagi dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat dan bugar. Hal tersebut disebabkan karena kamu bisa menghirup udara yang bebas polusi dan segar.

Bangun pagi setiap hari dapat membuat kamu lebih  produktif dan proaktif. Meskipun begitu, kamu harus memiliki tidur yang cukup. Sebaiknya kamu jangan tidur terlalu malam karena kamu harus bangun pagi-pagi. Dengan begitu jam tidur kamu tetap cukup meskipun kamu harus bangun pagi-pagi.

3. Waktu Istirahat Menjadi Berkualitas

Setelah bekerja seharian maka tubuh akan merasa lelah ditambah jika kamu menempuh perjalanan yang jauh menuju tempat kerja kamu. Oleh sebab itu tubuh akan terasa menjadi lebih lelah. Ketika kamu lelah maka tubuh kamu akan meminta untuk beristirahat secara maksimal.

Kamu sebaiknya tidur supaya mendapatkan energi kembali untuk terus beraktivitas. Jika tubuh merasa lelah, maka tidur kamu cenderung lebih nyenyak. Hindari bermain media sosial menjelang tidur karena membuat kamu terus larut dalam media sosial dan susah untuk tidur. Kamu juga bisa mempelajari tentang 10 Tips Tetap Bugar Meskipun Sering Kerja Shift Malam.

4. Melatih Kesabaran

Ketika kamu sedang berada dalam perjalanan menuju kantor maka akan banyak hal atau kejadian yang kamu alami. Salah satu hal yang sering terjadi selama di perjalanan adalah kemacetan di jalan. Kemacetan sering terjadi terutama di kota-kota besar dan kota industri.

Jam masuk kantor pada umumnya sama sehingga semua pekerja ke luar dari tempat tinggalnya dan menuju tempat kerja. Kemacetan di tambah oleh orang-orang yang akan berangkat sekolah atau kuliah.

Kemacetan sangat melatih kesabaran. Macet tentunya membuat kamu lebih lama di perjalanan. Selain itu pada saat terjadi kemacetan biasanya toleransi orang-orang menurun dan mudah emosi. Banyak orang yang membunyikan klakson sehingga terkadang membuat telinga sakit. A

da juga orang yang tidak menaati aturan lalu lintas karena ingin cepat sampai tujuan. Bagi kamu pejuang jarak jauh kemacetan menjadi makanan sehari-hari. Oleh sebab itu kamu mulai terbiasa dengan kemacetan selama di perjalanan sehingga kamu lebih sabar dalam menghadapinya.

5. Bisa Melakukan Hobi atau Memiliki Hobi Baru

Memiliki rumah yang jauh dari kantor membuat kamu harus menghabiskan waktu yang banyak di perjalanan. Akan tetapi sebaiknya kamu merasa beruntung dan mensyukuri hal tersebut. Bagi kamu yang harus menempuh perjalanan jauh menuju kantor, kamu justru dapat memiliki waktu luang untuk melakukan hobi kamu atau bahkan kamu memiliki hobi baru.

Jika kamu ingin perjalanan selama menuju kantor tidak membosankan, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan atau hobi kamu misalnya membaca buku, meng-update  diri dengan membaca berita terkini, menggambar, merajut dan mendengarkan musik. Hal-hal tersebut dijamin dapat membunuh waktu selama di perjalanan.

Tentu saja hal-hal tersebut hanya dapat dilakukan jika selama di perjalanan ke kantor atau pulang ke rumah kamu menggunakan moda transportasi yang dikemudikan oleh orang lain. Menemukan waktu khusus untuk melakukan hobi kamu di antara padatnya rutinitas kamu sepertinya susah bukan? Oleh sebab itu kamu bisa melakukannya selama di perjalanan.

6.  Berkenalan dengan Orang Baru

Buat kamu yang memiliki tempat kerja yang jauh dari tempat tinggal kamu bisa memiliki pengalaman baru yaitu bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru.

Bagi orang-orang yang memiliki kepribadian ekstrovert, momen berada di transportasi umum biasa mereka gunakan untuk mengobrol dengan orang lain. Apalagi jika orang-orang yang ditemui hampir sama karena setiap harinya menggunakan moda transportasi pada jam yang sama.

Perjalanan ke kantor tidak akan terasa berat dan cukup lama jika kamu berusaha berinteraksi dengan orang lain dan saling bercerita atau berbagi pengalaman. Kamu bisa mengenal orang dari berbagai latar belakang. Namun ingat  kamu tetap harus waspada jika mengobrol dengan orang baru.

Coba pelajari juga 10 Cara Mudah Berteman dengan Rekan Kerja di Tempat Baru.

7. Mencoba Berbagai Tempat Makan

Bekerja seharian pasti membuat kamu lelah dan tentunya lapar. Jika kamu memiliki kantor yang jauh dari tempat tinggal kamu ada hal yang justru kamu syukuri yaitu kamu bisa mencoba berbagai tempat makanan di sepanjang perjalanan.

Saat berada di perjalanan pulang pastinya kamu bisa melihat banyak rumah makan makan berjejer. Melewatinya setiap hari tentunya membuat kamu penasaran dengan tempat makan tersebut terutama jika pada saat kamu lewat banyak pembeli atau bau makanan yang lezat tercium oleh hidung kamu.

Saat perjalanan, kamu bisa memilih rumah makan mana yang ingin kamu kunjungi. Mengunjungi rumah makan ini tentunya hanya bisa dilakukan jika kamu berangkat ke kantor menggunakan alat transportasi sendiri seperti motor atau mobil.

8. Mengunjungi Tempat Wisata

Selain dapat mengunjungi tempat makan, memiliki kantor yang jauh dari rumah bisa membuat kamu bisa mengunjungi tempat wisata. Tentunya tempat wisata ini harus  satu rute dengan perjalanan kamu. Kamu bisa memilih tempat wisata yang masih buka pada saat sore atau malam hari supaya ketika pulang kerja kamu bisa mengunjunginya.

Melepas lelah dengan cara pergi ke tempat-tempat wisata merupakan hal yang patut di coba. Meskipun kamu masih menggunakan pakaian kerja jangan merasa malu atau minder. Tetaplah percaya diri saat kamu berada di tempat wisata dan cobalah menenangkan pikiran sejenak.

9. Mendapatkan Ide-Ide Cemerlang

Memiliki rumah yang jauh dari tempat kerja membuat kamu harus melewati perjalanan yang cukup jauh. Beberapa ada yang memilih untuk menaiki transportasi umum seperti KRL, MRT, bus dan sebagainya namun ada juga yang memilih mengendarai kendaraan pribadi. Untuk kamu yang memilih menggunakan transportasi umum terkadang ada momen dimana kamu melamun atau bengong saja.

Namun kamu tidak boleh sekedar melamun. Kamu bisa memanfaatkan momen melamun semaksimal mungkin. Biasanya ketika melamun akan muncul berbagai ide yang unik. Cobalah kamu mencatat setiap ide atau gagasan yang muncul tiba-tiba dalam otak kamu. S

iapa tahu ide kreatif kamu akan berguna bagi proyek kamu. Namun sebelum melamun pastikan barang-barang kamu berada di tempat yang aman dan orang lain susah mengambilnya. Kamu tetap harus waspada ketika melamun karena bisa saja kamu kehilangan benda berharga kamu selama di perjalanan.

Akhir Kata

Itulah 9 manfaat yang bisa kamu rasakan jika kamu memiliki rumah yang jauh dari kantor. Oleh sebab itu kamu jangan sedih atau putus asa. Banyak yang patut kamu syukuri meskipun kondisi kantor kamu jauh dari tempat tinggal kamu.

Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan selama di perjalanan. Justru hal-hal tersebut belum tentu bisa dirasakan oleh rekan kerja yang rumahnya dekat dengan kantor.

Written by Elsa Cordana

Suka bermimpi dan berusaha menggapai mimpi