in , ,

7 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik dan Psikis Anda

Manfaat Yoga

Manfaat yoga menjadi semakin diyakini dan dirasakan. Pasalnya olahraga yang satu ini dapat dilakukan di mana saja, termasuk ketika Anda sedang berada di rumah saja selama masa pandemik ini. Melihat seseorang atau dalam grup sedang melakukan yoga rasanya seperti tidak melakukan gerak yang berat.

Namun benarkah kenyataannya seperti itu?

Ternyata gerakan yoga yang terlihat simpel ini jika Anda coba maka akan terasa kekuatan yang diperlukan selama prosesnya. Olahraga yang satu ini tidak membutuhkan banyak biaya dan peralatan.

Anda hanya cukup menggunakan pakaian yang nyaman untuk bergerak secara fleksibel dan alas empuk atau yoga matt agar tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terpeleset karena licin dari keringat. Yoga juga merupakan salah satu media untuk meditasi karena terdapat sesi meditasi di dalamnya.

Kalori yang terbakar dari melakukan yoga cukup banyak lho. Bahkan dilansir dapat mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan baik fisik maupun mental. Selain itu Anda akan merasakan sensasi berbeda jika baru pertama kali mencoba melakukan yoga.

Ibu hamil pun bisa melakukan yoga dengan instruktur terlatih yang akan memberikan gerakan yoga khusus. Karena gerakannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien, tidak heran maka olahraga ini hingga kini masih tetap berjaya.

Apakah ada manfaat yoga bagi tubuh dan mental Anda? tentu saja.

1. Membantu Mengurangi Stres

Yoga Dapat Membantu Mengurangi Stres
Yoga Dapat Membantu Mengurangi Stres

Stres adalah salah satu kondisi psikis seseorang yang dipicu oleh banyak faktor. Tentunya sebagai manusia Anda pasti pernah merasakan stres. Stres memiliki beberapa tingkatan yakni rendah, sedang hingga tinggi dengan gejala mulai dari fisik, perilaku, kognitif hingga psikologis.

Apa yang bisa dilakukan jika Anda sedang mengalami stres baik karena faktor pekerjaan, rumah, lingkungan hingga era pandemik ini? Anda bisa mencoba melakukan yoga.

Mengapa memilih yoga? selain bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menonton video yoga pemula, Anda yang memiliki stres dapat terbantu untuk menguranginya. Manfaat yoga yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Memang hampir semua olahraga dapat menurunkan stres, namun olahraga yoga dapat membantu mengurangi aspek stres, cemas dan depresi seperti gelisah, perubahan mood bahkan gangguan tidur atau insomnia sekalipun.

Meditasinya membantu Anda untuk menenangkan diri sehingga dapat menghadapi permasalahan dan berespon terhadapnya dengan lebih baik. Anda bisa menyewa instruktur yoga ke rumah dengan tetap menaati protokol kesehatan agar selalu bugar dan segar.

Jika ada yang ingin disampaikan dalam pelatihannya, Anda bisa memberitahukannya pada instruktur sehingga ia dapat mengatur latihan dengan gerakan yang sesuai kebutuhan.

2. Mengatasi Sakit Punggung

Yoga Dapat Mengatasi Sakit Punggung
Yoga Dapat Mengatasi Sakit Punggung

Semakin bertambah usia maka semakin beraneka ragam pula penyakit yang datang. Anda perlu menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga dan makan makanan bergizi. Apalagi jika sakit punggung kerap kali melanda.

Nah, olahraga yoga dapat membantu Anda untuk mengatasi hal tersebut. Manfaat yoga yang kedua adalah untuk mengatasi sakit punggung. Ada beberapa pose dari yoga yang memang diperuntukkan untuk memperbaiki postur tubuh sehingga punggung Anda tidak mudah sakit.

Sakit punggung yang parah sekalipun dapat melakukan latihan yoga secara rutin agar tubuh dapat diregangkan kembali dan lentur sehingga Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada sakit punggung yang menghampiri.

Baca Juga : 8 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Jika Rutin Berolahraga

3. Membantu Membakar Lemak Tubuh

Yoga Membantu Membakar Lemak
Yoga Membantu Membakar Lemak

Siapa bilang olahraga yoga hanya duduk dan meditasi saja. Gerakan yang dilakukan dalam yoga 100% akan membuat tubuh Anda penuh keringat. Pasalnya gerakan yoga tidak semudah yang dilihat.

Itulah mengapa Anda membutuhkan yoga matt agar tidak licin karena tetesan keringat yang jatuh saat latihan. Keringat yang keluar dari tubuh Anda ini adalah pertanda bahwa lemak tubuh terbakar dengan baik.

Akan lebih baik jika Anda melakukan yoga dengan diselingi olahraga lainnya seperti lari, aerobik dan lainnya yang Anda inginkan. Untuk pembakaran lemak lebih banyak Anda bisa mencoba teknik yoga terbaru yang sedang naik daun yakni hot yoga.

Manfaat yoga yang satu ini tentunya sudah banyak diketahui karena keringat akan dikeluarkan otomatis ketika Anda berolahraga.

4. Tubuh Bugar dan Segar

Tubuh Bugar dan Segar
Tubuh Bugar dan Segar

Manfaat yoga berikutnya adalah membantu mengeluarkan keringat di mana akan membuat tubuh Anda lebih segar. Rutin melakukan olahraga dapat membantu Anda menjadi segar dan juga bugar.

Selain dapat memperbaiki postur tubuh dan mengurangi stres, tubuh Anda akan terlatih kekuatannya jika rutin melakukan latihan yoga. Kekuatan tubuh ini muncul dari gerakan selama latihan secara bertahap. Tubuh juga menjadi lebih lentur karena sering diolah.

Tubuh yang lentur dan kuat akan menjaga Anda tetap sehat dan segar sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit baik fisik maupun psikis.

Apakah Anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Jika ya aka akan sangat cocok untuk memulai mencoba yoga sekarang juga. Karena yoga dapat membantu penurunan berat badan Anda  mencapai yang diinginkan.

5. Membantu Mengatasi Asma

Membantu Mengatasi Asma
Membantu Mengatasi Asma

Penyakit yang sering kambuh seperti asma dapat diatasi dengan rutin melakukan yoga. Manfaat yoga yang satu ini dapat diterapkan pada penderita penyakit asma mulai dari ringan hingga sedang. Latihan pernafasan selama yoga dapat membantu mengurangi gejala dari asma ini.

Anda bisa mencoba gerakan Pranayama secara rutin untuk mengatasi permasalahan asma. Sehingga asma Anda tidak sering kambuh lagi karena pastinya cukup menyiksa bukan.

Namun bukan berarti Anda bisa melakukan yoga saja untuk menyembuhkannya secara tuntas. Anda tetap memerlukan pemeriksaan dari dokter secara menyeluruh. Hal ini karena yoga hanya membantu menguranginya saja pada taraf ringan hingga sedang.

Jadi yoga sendiri belum teruji secara klinis untuk mengobati asma hingga ke akarnya. Jadi pastikan Anda tetap berkonsultasi dan menaati aturan yang diberikan oleh dokter.

6. Mengurangi Masalah Kesehatan

Mengurangi Masalah Kesehatan
Mengurangi Masalah Kesehatan

Manfaat yoga selanjutnya adalah untuk membantu mengurangi permasalahan kesehatan. Selain sakit punggung, yoga juga dapat membantu Anda untuk mengurangi beragam penyakit. Misalnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, nyeri tubuh, migrain dan sakit kepala jenis lainnya.

Terlebih lagi jika Anda memang memiliki risiko lebih besar untuk menderita penyakit kronis lainnya.

Masalah kesehatan psikis seperti insomnia pun dapat berkurang dengan rutin melakukan yoga. Jika Anda sedang melakukan diet untuk penurunan berat badan, adanya insomnia ini akan menghambat prosesnya dengan baik. Olahraga yoga akan membantu meningkatkan sekresi hormon melatonin sehingga Anda dapat terbebas dari insomnia.

Jika kualitas tidur Anda buruk, maka akan lebih banyak lagi keluhan fisik yang muncul. Rasanya jadi pas jika manfaat yoga dikatakan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

7. Membantu Mengatasi Masalah Psikis Klinis

Yoga Membantu Mengatasi Masalah Psikis Klinis
Yoga Membantu Mengatasi Masalah Psikis Klinis

Hal ini mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Namun manfaat yoga dapat digunakan untuk membantu masalah psikis klinis seperti Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), Psikosis dan juga Skizofrenia.

PTSD muncul karena adanya trauma berat di masa lalu yang dapat menimbulkan stress hingga depresi. Akan muncul jika seseorang dengan PTSD berada pada situasi yang mengingatkannya pada masa lalunya tersebut.

Dengan melakukan yoga, seseorang dengan PTSD akan lebih tenang sehingga orang tersebut memiliki motivasi untuk melawan trauma tersebut. Pada penelitian yang telah dilakukan, gerakan yang digunakan adalah Asana dan melakukan teknik pernafasan.

Rutin melakukan yoga juga baik untuk orang yang memiliki psikosis dan skizofrenia karena dapat membantu untuk memperbaiki gejalanya dan membuat individu menjadi lebih positif.

Baca Juga :

Itulah manfaat yoga yang harus Anda ketahui sebelum mencobanya. Konsultasikan dengan instruktur yoga terlebih dahulu mengenai kondisi Anda jika Anda baru akan memulainya. Sehingga Anda akan diberikan latihan yang tepat pada awal sesi dengan instruktur dan melakukan sesi selanjutnya sendiri jika sudah mulai terbiasa.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.