in

7 Tips Agar Para Ibu Dapat Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Melahirkan tanpa rasa sakit memang menjadi harapan bagi semua ibu. Melahirkan merupakan sebuah peristiwa yang istimewa pada perempuan. Anda akan bertemu dengan si buah hati segera setelah menjalani proses persalinan.

Dukungan dari suami dan juga keluarga menjadi salah satu penguat diri Anda untuk dapat tetap tenang menghadapi persalinan. Karena tidak sedikit yang merasakan kecemasan menjalani persalinan meski sudah pernah melahirkan sebelumnya.

Berbagai cara pun dilakukan agar ibu dapat melahirkan tanpa rasa sakit. Mulai dari mencoba metode persalinan baru hingga mengikuti kelas-kelas untuk ibu hamil lainnya.

Momen mulai dari kehamilan awal hingga persalinan ini juga menjadi kenangan yang akan Anda selalu ingat di masa tua. Melihat anak-anak tumbuh dengan baik setelahnya menjadi keinginan sekaligus kebahagiaan untuk Anda dan pasangan.

Penanganan dari segi psikis juga diperlukan agar ibu tersugesti bahwa melahirkan ini akan lancar dan baik-baik saja. Mayoritas mengatakan bahwa rasa sakit melahirkan terasa seperti hilang setelah melihat lucunya buah hati yang sudah berada di pelukan ibu.

Meski kecil, namun beberapa tips ini bisa Anda coba untuk mengurangi rasa sakit saat menghadapi persalinan.

Membangun Mental Positif

Membangun Mental Positif
Membangun Mental Positif

Selalu ada kebaikan jika Anda terus belajar untuk membangun pola pikir yang positif. Tidak hanya itu, sudut pandang positif yang Anda miliki ini akan membantu menenangkan diri pada saat dihadapkan di situasi sulit. Hal ini juga akan mencegah diri Anda untuk mudah panik.

Ketenangan tentunya dibutuhkan oleh ibu yang akan melahirkan.

Karena dalam diri ibu sendiri pasti sudah ada rasa gugup, cemas dan takut sekaligus. Sedangkan, Anda tidak bisa mengontrol apa yang orang lain lakukan. Sehingga efeknya apakah akan positif atau negatif ke diri Anda, hanya Anda yang merasakan.

Maka sangat penting untuk belajar membangun mental yang positif agar Anda dapat mengatasi dan menahan rasa sakit pada saat persalinan. Katakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda bisa menjalani proses ini hingga selesai. Maka melahirkan tanpa rasa sakit bisa Anda temui nantinya.

Mengikuti Senam Hamil

Senam Hamil
Senam Hamil

Senam hamil cukup banyak disediakan oleh pihak rumah sakit, klinik atau tempat khusus senam. Biasanya Anda akan dikenakan biaya sekali datang untuk mengikuti kelas ini.

Lalu apa sih istimewanya dari kelas senam hamil ini?.

Anda akan belajar bagaimana mengatur nafas yang benar dan teratur pada saat persalinan nanti. Karena situasi persalinan nantinya akan mudah membuat Anda cemas dan panik. Akibatnya pernafasan jadi sulit teratur dan jika dilakukan berlebihan justru akan menyulitkan diri Anda sendiri.

Selain itu Anda juga bisa belajar gerakan-gerakan yang dapat melemaskan otot-otot sehingga Anda bisa memudahkan jalan lahir bayi untuk terbuka.

Pembukaan pada saat kelahiran bisa cukup lama tergantung pada masing-masing individu. Di kelas senam hamil ini Anda akan diajarkan gerakan yang dapat mempercepat pembukaan ini sehingga rasa nyeri dan mulas karena persalinan tidak terjadi begitu lama.

Sehingga Anda bisa melahirkan tanpa rasa sakit karena proses persalinan yang lancar.

Melatih Diri Untuk Hypnobirthing

Hypnobirthing
Hypnobirthing

Tips ketiga adalah hypnobirthing. Apa sih itu? Hypnobirthing adalah cara untuk menghipnotis diri sendiri. Lho bahaya ga?. Cara ini lebih kepada memberikan sugesti terhadap diri sendiri ya moms. Bukan hipnotis yang seperti Anda pikirkan.

Jadi teknik ini fungsinya adalah untuk mempertahankan pemikiran bahwa Anda terbebas dari rasa sakit mulai dari proses awal hingga akhir selama persalinan.

Metode ini juga membuat Anda untuk tetap tenang selama persalinan. Cara ini juga cukup efektif untuk menanamkan pada diri bahwa melahirkan tanpa rasa sakit itu bisa dicapai.

Sering-sering Mengajak Janin Berbicara

Mengajak Janin Berbicara
Mengajak Janin Berbicara

Jangan salah, janin di perut Anda sudah bisa mendengar dan merasakan apa yang Anda rasakan. Mulai dari apa yang Anda rasakan setiap hari secara psikis hingga makanan apa yang masuk ke perut, janin merasakannya.

Jadi Anda bisa mengajaknya berbicara untuk dapat menanamkan pada diri bahwa proses persalinan Anda tidak akan sakit. Anda bisa mengatakan pada janin untuk bekerja sama agar janin mudah dan cepat untuk keluar sehingga proses persalinannya tidak terlalu lama. Ibaratnya Anda membutuhkan kerjasama dari 2 pihak untuk mencapai hasil.

Jadi Anda juga bisa mengajak “kerjasama” pada janin untuk membantu Anda melahirkan tanpa terasa sakit.

Persiapkan Kebutuhan Dengan Matang

Mempersiapkan Perlengkapan Bayi
Mempersiapkan Perlengkapan Bayi

Tidak hanya fokus pada melahirkan tanpa rasa sakit saja, melahirkan artinya Anda akan bertemu dengan manusia lain yang harus dipersiapkan kebutuhannya. Selain menyiapkan diri, ada baiknya Anda juga menyiapkan kebutuhan bayi sejak dini.

Meski telah diberikan hari perkiraan lahir oleh dokter, Anda tidak akan pernah tahu kapan tepatnya akan melahirkan. Untuk itu jika Anda sudah memasuki trimester 3, sebaiknya segera persiapkan perlengkapan bayi mulai dari pakaian hingga kebutuhan lainnya dalam satu tas.

Jadi ketika Anda sudah merasakan adanya kontraksi menuju persalinan, Anda bisa dengan sigap dan tanpa panik untuk membawa perlengkapan diri dan bayi dengan mudah.

Apabila Anda tidak berada di rumah, setidaknya keluarga yang lain bisa langsung membantu untuk membawakan perlengkapan bagi Anda dan bayi dengan mudah.

Cari Dukungan

Mencari Dukungan Untuk Ibu Hamil
Mencari Dukungan Untuk Ibu Hamil

Selalu saya tanamkan bahwa apapun kondisinya, Anda akan membutuhkan dukungan dari orang lain yang dipercaya. Selama masa kehamilan, Anda bisa mendapatkan dukungan dari suami untuk menyemangati diri.

Dukungan dari suami ini dapat Anda gunakan untuk menguatkan diri dan meyakinkan diri bahwa proses persalinan akan lancar. Anda juga bisa meminta suami untuk menemani selama proses kehamilan hingga persalinan.

Misalnya menemani untuk periksa kandungan, mengikuti kelas senam hamil hingga berada di sisi Anda saat nanti melahirkan.

Percaya atau tidak, dukungan yang didapatkan dari orang terkasih yang diinginkan dapat membantu untuk melahirkan tanpa rasa sakit. Kehadiran dari seseorang tersebut dapat menenangkan diri Anda saat akan melakukan persalinan.

Baca Juga :

Berdoa

Berdoa
Berdoa

Jangan lupa juga untuk selalu berdoa setiap waktu agar proses melahirkan tanpa rasa sakit ini bisa Anda capai. Berdoa untuk diberikan kelancaran persalinan yang cepat dan mudah. Karena sejatinya proses persalinan pada setiap wanita berbeda-beda.

Tidak lupa juga berdoa agar diberikan kesehatan bagi bayi dan pemulihan pasca melahirkan yang cepat. Beberapa mengatakan bahwa proses melahirkan tidak menyakitkan, hanya saja setelahnya yang terasa sakit.

Apapun itu, rasa sakit tetap rasa sakit. Namun Anda bisa membuatnya terasa menyenangkan dengan tetap tenang. Jika Anda terlampau cemas dan panik, dikhawatirkan justru akan menyulitkan prosesnya. Barengi juga dengan banyak jalan kaki ketika memasuki trimester ketiga.

Dengan cukup gerak selama trimester ini, manfaatnya dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan karena tubuh akan mudah untuk beradaptasi.

Cukupi juga dengan nutrisi yang baik. Jaga asupan makanan dan minuman jangan sampai kekurangan atau kelebihan.

Pelajari juga tips tentang kehamilan lainnya :

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.