in

Cara Melatih Fokus Pikiran Dengan Meditasi Mindfulness

Meditasi Mindfulness Untuk Melatih Fokus

Di era digital saat ini otak kita terlalu sering bekerja dengan cara multitasking, contohnya, ketika mengobrol dengan seseorang kita bisa sambil mengetik atau bermain gadget, saat belajar kita sambil mendengarkan musik. Bukankah begitu?

Kita kesulitan konsentrasi saat harus melakukan satu aktivitas, hal ini dikarenakan otak kita sudah terbiasa multitasking. Masalahnya jika kita terlalu sering multitasking maka kita akan mudah lelah, mudah stress dan kesulitan mengendalikan pikiran.

Maka sangat penting melatih pikiran kita agar terbiasa fokus pada satu objek saja dengan meditasi mindfulness!

Apa itu Meditasi Mindfulness? 

Arti meditasi menurut KBBI adalah pemusatan pikiran, sementara mindfulness berarti perhatian penuh. Maka meditasi mindfulness bisa diartikan pemusatan pikiran dengan sepenuh perhatian.

Meditasi mindfulness merupakan satu dari tiga metode meditasi, kedua lainnya adalah meditasi membuka kesadaran dan meditasi dengan panduan.

Meditasi mindfulness tentunya bertujuan untuk melatih fokus pikiran pada satu objek, seperti api, air, pohon, awan, lilin atau objek apapun. Menurut hasil uji para ahli, manfaat meditasi mindfulness bisa membantu kita untuk mengendalikan diri, tenang dan mudah konsentrasi.

Apa Tujuan Meditasi?

Apa Tujuan Meditasi
Apa Tujuan Meditasi

Sebelum kita masuk pada cara melakukan meditasi yang benar, kita perlu tahu memperjelas dulu apa tujuan dari meditasi. Perlu diketahui saat kita melakukan meditasi otak kita akan memasuki gelombang yang lebih rendah.

Sehingga apapun yang muncul dalam pikiran saat melakukan meditasi merupakan memori yang kita ambil dari pikiran bawah sadar atau kita yang memasukkan data baru ke dalam pikiran bawah sadar. Artinya, dalam meditasi kita benar-benar terhubung dengan diri kita yang paling dalam.

Sudah banyak orang memanfaatkan hal ini sebagai sarana hipnosis diri sendiri. Tujuannya berbeda-beda, seperti:

  • Meningkatkan kesehatan
  • Menghilangkan malas
  • Meningkatkan kemampuan otak
  • Meningkatkan kesejahteraan dalam hubungan dan finansial
  • Meningkatkan pengalaman spiritual, dll.

Berikut adalah cara melakukan meditasi untuk melatih fokus pikiran!

1. Cari Ruangan yang Tenang Untuk Menyendiri

Dibutuhkan ruangan  yang tenang, jauh dari segala gangguan dan kebisingan seperti suara kendaraan, hewan peliharaan atau orang-orang. Situasi yang mendukung tentunya akan memudahkan kamu untuk lebih fokus dalam meditasi.

Jika kamu sudah menemukan tempat dan waktu yang menurut kamu cocok untuk bermeditasi, lakukanlah meditasi di tempat tersebut secara berulang-ulang. Buatlah ruangan tersebut menjadi tempat yang nyaman dan jadikan tempat tersebut khusus untuk meditasi.

2. Duduk Dengan Posisi Punggung Tegak

Duduklah dengan posisi kaki silang, punggung yang tegak, namun jangan tegang atau kaku, tetaplah rileks. Turunkan dagu sedikit kebawah dan pastikan pandangan kamu tidak terlalu ke atas. Intinya, pastikan kamu tetap dalam kondisi yang rileks.

Pastikan otot-otot mata tidak tegang. Jika kamu ingin fokus pada suatu objek tertentu, fokuskan saja pikiran, biarkan mata tetap dalam keadaan rileks. Pastikan juga otot-otot pada seluruh tubuh dalam keadaan rileks.

Biarkan tangan terjatuh dengan lemas di atas kedua paha dan pastikan bahu anda dalam posisi terbuka. Setelahnya aturlah waktu berapa lama kamu akan melakukan meditasi.

3. Pusatkan Pikiran Pada Satu Objek

Mulailah memusatkan fokus pikiran pada satu objek. Kamu bisa membayangkan objek apa saja, contohnya air, api, tanah, pohon dan udara. Udara yang dimaksud adalah fokus pada napas.

Jika kamu fokus pada aliran napas, maka rasakanlah udara yang masuk dan keluar. Bagi pemula biasanya akan muncul pikiran-pikiran yang mengganggu dan kamu hanya perlu mengamati saja tanpa bereaksi.

Dengan kata lain, abaikan pikiran apapun yang muncul sebab semua itu akan mengganggu konsentrasi kamu pada objek. Saat fokus pikiranmu teralihkan, berusalah untuk mengembalikannya pada apa yang kamu fokuskan sedari awal.

Selain itu, dalam psikologi juga dikenal istilah Grounding Exercise, sebuah teknik mindfulness yang mampu mengatasi kecemasan kita.

Akhir Kata

Dalam meditasi pastinya akan selalu ada gangguan yang muncul jika kamu masih pemula, namun pastikan bahwa kamu hanya mengamati semuanya. Jangan biarkan pikiran atau perasaanmu bereaksi.