in ,

Membaca Bahasa Tubuh Untuk Mengetahui Perasaan Seseorang

Komunikasi langsung yang dilakukan dengan baik adalah cara terbaik untuk mengetahui perasaan orang lain, apa yang ia pikirkan atau alasan apa yang dia punya. Tetapi ntah bagaimana, ada saatnya dimana kita tidak bisa melakukan komunikasi yang baik dengan seseorang. Kamu pasti pernah mengalaminya kan?

Tentu ada banyak macam drama kehidupan yang terjadi sehari-hari. Terkadang teman atau pasangan mungkin menunjukkan sikap yang gak biasanya, seperti silent treatment atau hal-hal manipulatif yang beragam. Keadaan yang seperti ini tentu membuat kita tidak nyaman bukan? Tapi sisi baiknya, semua ketidaknyamanan itu pada akhirnya mengarahkan kita untuk meningkatkan kualitas diri.

Salah satunya, ketika seseorang tidak bicara, kita tidak mengerti maksud dan isi hatinya, tetapi kita sangat penasaran dan ingin tahu? Bagaimana caranya agar kita tahu tanpa harus mendengar penjelasannya?

Tentu saja dengan belajar membaca bahasa tubuh orang lain. Ini salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki jika kita ingin memiliki hubungan yang baik dengan orang lain! Yuk kita simak langsung, 8 bahasa tubuh yang menunjukkan perasaan seseorang!

1. Mata

Membaca Bahasa Tubuh Dari Mata
Membaca Bahasa Tubuh Dari Mata

Jika kamu berbicara dengan seseorang, perhatikan sorot mata lawan bicaramu sebab dari sanalah kita bisa mengetahui apa yang sedang ia rasakan.

Jika lawan bicara menatapmu sesekali saat berbicara itu artinya dia sedang berusaha fokus pada topik obrolan atau dia mencoba menarik perhatianmu agar fokus pada topik obrolan.

Nah jika lawan bicara tidak mau bertatapan mata saat berbicara, itu bisa menandakan bahwa ia tidak tertarik dengan topik yang sedang dibahas. Jika kamu merasakannya, ada baiknya langsung ganti topik obrolan saja agar suasana tetap hangat.

Selain sorot mata, besar kecilnya pupil juga menunjukkan apakah ia tertarik dengan topik obrolan atau tidak. Jika pupil mata seseorang terlihat membesar, artinya ia tertarik denganmu atau hal yang sedang kamu bicarakan. Sebaliknya, jika pupil matanya mengecil, itu menandakan bahwa ia bosan atau tidak ingin mendengar apa yang kamu bicarakan.

2. Posisi Tangan

Posisi Tangan
Posisi Tangan

Posisi tangan juga menjadi salah satu bahasa tubuh yang sangat jelas dalam mengisyaratkan perasaan seseorang. Jika kamu memperhatikan hal ini dengan baik, maka kamu akan lebih mudah memahami lawan bicaramu.

Banyak orang berasumsi bahwa posisi tangan bersilang menandakan ketertutupan. Ya, hal ini terkadang memang ada benarnya, namun itu tak selalu benar.

Sebab terkadang posisi tangan bersilang juga bisa menandakan bahwa seseorang sedang berpikir keras atau sedang berusaha mengingat sesuatu. Maka jika kamu melihat lawan bicara menghilangkan tangan, sebaiknya tanya saja apa yang sedang ia pikirkan.

Sementara posisi lengan yang terbuka menandakan bahwa ia siap mendengarkan kamu, serta menandakan keterbukaan untuk menerima saran dan kritikan. Nah, jika posisi tangan berada di belakang leher, tandanya seseorang sedang bosan atau itu juga bisa menandakan bahwa ia sedang berbohong.

3. Bibir

Membaca Bahasa Tubuh Dari Bibir
Membaca Bahasa Tubuh Dari Bibir

Saat kamu mengamati orang lain berbicara, jangan hanya fokus mendengarkan apa yang ia ucapkan saja, tetapi perhatikan juga gerakan bibir dan ekspresi wajahnya. Hal ini sangat penting agar kita bisa memahami bahasa-bahasa yang tersembunyi.

Misal ketika seseorang berbicara dengan sedikit melemparkan senyum, coba perhatikan adakah garis kerutan pada sudut bibirnya? Jika ya, maka senyuman itu palsu. Sebab senyuman yang tulus itu melibatkan garis kerutan di sudut matanya.

Sementara bentuk bibir yang mengerucut ke depan menandakan ketidaksetujuan, ketidaksukaan, atau tidak percaya. Selain itu, jika seseorang terlihat seperti sedang menggigit-gigit bibir, tandanya ia sedang cemas atau khawatir.

4. Postur

Membaca Bahasa Tubuh Dari Postur
Membaca Bahasa Tubuh Dari Postur

Postur tubuh juga menjadi bahasa tubuh yang paling mudah dibaca. Kita bisa mengetahui kondisi emosi atau mental seseorang hanya dengan memperhatikan postur tubuhnya saja.

Misal, seseorang yang duduk dengan postur tegak, menandakan bahwa ia fokus dengan apa yang sedang terjadi. Sebaliknya postur membungkuk menandakan tiadanya fokus alias pikiran melayang atau bosan.

Nah, selain itu seseorang yang pembawaan postur tubuhnya tegak juga menunjukkan kepribadian yang ramah dan percaya diri, sementara seseorang yang postur tubuhnya selalu membungkuk menunjukkan pribadi yang tidak bersemangat dan malas.

5. Raut Wajah

Raut Wajah
Raut Wajah

Bahasa tubuh terakhir yang paling mudah kita mengerti adalah raut wajah. Sebab lewat raut wajah, kita bisa mengerti apakah seseorang sedang berbahagia, bersedih atau marah. Namun hal-hal seperti itu sudah diketahui secara umum, jadi sekarang kita coba untuk menelusuri lebih dalam tentang raut wajah.

Misal, raut wajah yang ketat, pandangan yang tajam lalu dibarengi posisi tangan di dagu, menandakan bahwa seseorang sedang menganalisa sesuatu dalam pikirannya.

Raut wajah yang datar tanpa ekspresi, dagu sedikit ke atas diikuti dengan jari yang menempel di sudut alis, menandakan bahwa seseorang sedang tertarik pada topik obrolan.

Baca Juga :

Sekianlah artikel tentang 5 bahasa tubuh yang menjelaskan perasaan seseorang. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Penikmat dan pemerhati