in ,

8 Cara Membaca Karakter Seseorang Yang Perlu Diketahui

Cara membaca karakter seseorang menjadi hal yang menarik untuk dilakukan. Meskipun sudah banyak dipaparkan dan bisa diperoleh informasinya dengan mudah, namun karakter seseorang tidak dapat dibaca semudah membaca buku.

Anggapan bahwa karakter seseorang dapat dibaca mungkin akan lebih tepat jika diubah menjadi dapat di observasi. Karakter seseorang ini dapat diobservasi karena kita melihat apa yang orang lain lakukan ketika sedang bersama kita di waktu yang sama.

Rasanya mungkin seperti sedang bermain tebak-tebakan, namun Anda bisa melakukan ini dengan mengamati orang lain yang menjadi lawan bicara. Hal ini biasanya dilakukan agar Anda dapat mengetahui seperti apa orang tersebut dan bagaimana sikapnya terhadap orang di sekitarnya.

Apalagi jika Anda dan orang tersebut baru saja bertemu pada pertemuan pertama. Pastinya Anda ingin mengetahui bagaimana orang tersebut secara langsung bukan.

Anda bisa memperhatikan hal-hal kecil yang ia lakukan. Namun tahap untuk mengenalnya tetap membutuhkan proses. Hal kecil yang Anda perhatikan ini dapat dijadikan acuan untuk menilai kedepan.

Walaupun kecil, namun beberapa hal ini dapat Anda lakukan untuk membaca karakter seseorang.

Perhatikan Kontak Mata

Kontak Mata
Kontak Mata

Mata merupakan salah satu bagian dari tubuh yang cukup esensial untuk diperhatikan dalam cara membaca karakter seseorang. Kontak mata ini sering kali dikaitkan dengan sifat seseorang dan apa yang sedang ia lakukan.

Misalnya ketika Anda berbicara dengan lawan, apabila kontak matanya berputar ke kiri dan ke kana nada kemungkinan bahwa orang tersebut sedang berusaha mengingat sesuatu untuk dikatakan, berusaha mencari kata yang tepat atau bisa juga ia sedang berbohong.

Ketika seseorang berkontak mata secara bertahan dan menatap Anda terus menerus pastinya Anda merasa ngeri bukan. Karena kontak mata tersebut memiliki kecenderungan bahwa seseorang ini memiliki sifat agresif dan misterius.

Ada pula yang kontak matanya menatap namun sesekali ia “rehat’ tetapi tetap fokus. Orang ini cenderung menarik dan menyenangkan.

Namun tidak semua tafsiran kontak mata ini bisa benar 100% karena Anda juga harus memperhatikan faktor lain misalnya kelainan fisik yang menyebabkan mata seseorang menjadi tidak normal.

Jabatan Tangan

Jabatan Tangan
Jabatan Tangan

Ketika Anda sedang bertemu dengan orang lain baik itu orang baru ataupun orang lama yang sudah lama tidak bertemu kemungkinan Anda akan melakukan jabat tangan. Cara membaca karakter seseorang dapat diperhatikan dari cara seseorang menjabat tangan Anda.

Jabatan tangan ini dapat dinilai dari lemah atau kuatnya seseorang menjabat tangan Anda. Jabatan tangan yang lemah dinilai sebagai orang yang memiliki karakter kurang percaya diri, tidak dapat menerima tantangan atau bisa juga merupakan seseorang yang pemalu.

Berbeda dengan jabatan tangan yang kuat dari seseorang. Hal ini cenderung menggambarkan bahwa seseorang tersebut adalah orang yang percaya diri, pemberani, ekspresif dan menyukai tantangan.

Namun tidak semua orang yang jabatan tangannya lemah atau jabatan tangannya kuat tidak memiliki skill lain atau tidak memiliki kelemahan di hal lain jika mereka menjabat dengan kuat.

Ini berbalik lagi pada diri mereka masing-masing berdasarkan faktor yang memengaruhinya seperti lingkungan dan pola asuh.

Cara Berkomunikasi

Cara Berkomunikasi
Cara Berkomunikasi

Cara membaca karakter seseorang selanjutnya adalah dengan memperhatikan bagaimana mereka berkomunikasi. Tipe komunikasi tiap orang tentu berbeda-beda namun maksud dari apa yang ingin disampaikan bisa saja sama.

Tetapi jika seseorang cenderung membicarakan dirinya sendiri ketika sedang bersama Anda tanpa Anda menanyakan seperti apa dirinya, kemungkinan orang tersebut memiliki sifat keras kepala dan kurang dapat bersosialisasi dengan baik.

Jika lawan bicara hanya menjawab seputar apa yang Anda ingin ketahui tanpa panjang lebar membicarakan dirinya sendiri, kemungkinan orang tersebut memiliki karakter yang ramah dan rendah hati. Namun lagi-lagi hal ini juga dipengaruhi oleh faktor lain.

Bisa saja orang yang sedikit bercerita bukan karena tidak ingin berbagi, namun karena adanya kebiasaan disalahkan saat mengutarakan pendapat sehingga ia memilih untuk tidak banyak berbagi.

Begitu juga dengan orang yang banyak membicarakan dirinya, bisa saja ada faktor lain seperti tidak didengarkan oleh orang yang dituju sehingga dampaknya justru menjadi kebiasaan.

Warna Favorit

Melihat Warna Favorit
Melihat Warna Favorit

Warna kesukaan juga dapat Anda gunakan sebagai sumber dari cara membaca karakter seseorang. Misalnya warna hitam yang bermakna detail, sensitif, misterius namun artistik.

Merah dengan makna keberanian, hijau bermakna kasih sayang dan setia, biru bermakna stabil dan sensitif. Atau warna kuning bermakna keceriaan dan juga kreativitas.

Anda bisa tanyakan warna kesukaan orang tersebut dan memulai pembicaraan menarik untuk mengetahui karakternya lebih lanjut.

Coba pelajari juga : 10 Arti Warna Dalam Psikologi

Waktu Bertemu

Waktu Bertemu
Waktu Bertemu

Jika Anda ingin bertemu seseorang pastinya akan membutuhkan kepastian waktu. Misalnya jika Anda sepakat untuk bertemu pada pukul 12 siang. Anda yang sudah menunggu 30 menit sebelumnya ternyata harus menunggu lebih lama lagi karena orang tersebut datang terlambat.

Ini merupakan hal kecil yang dapat diperhatikan pada cara membaca karakter seseorang. Orang yang dapat datang tepat waktu atau mencari waktu sebelum jam pertemuan agar tidak terlambat adalah orang yang cenderung disipilin dan menghargai waktu. Baik itu waktu orang yang ditemui maupun waktu dari dirinya sendiri.

Apabila seseorang tersebut sering terlambat datang, tentunya Anda sudah dapat menyimpulkan bahwa orang tersebut kurang dapat menghargai orang lain dari segi waktu dan cenderung meremehkan orang lain. Cara membaca karakter seseorang pada poin ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Fokus Teralihkan

Fokus Pembicaraan
Fokus Pembicaraan

Ada lagi yang mudah untuk dilakukan pada cara membaca karakter seseorang.

Jika seseorang seringkali abai dengan pembicaraan Anda dengan banyak melihat ke sekeliling, melihat gadget maka kemungkinan orang tersebut cenderung kurang dapat berinteraksi dengan baik dan kurang dapat mendengar dengan baik.

Ini penting untuk Anda yang sedang bertemu dengan calon pasangan. Jika pada pertemuan awal saja Anda sudah sering diabaikan, bagaimana selanjutnya?

Perhatikan Tulisan Tangan

Memperhatikan Tulisan Tangan
Memperhatikan Tulisan Tangan

Jika sedang beruntung dapat melihat tulisan tangan orang yang Anda temui, Anda bisa memperhatikan bentuk tulisan tangan tersebut. Cara membaca karakter seseorang dari tulisan tangan dapat dilihat dari aspek ukuran dan model tulisannya.

Ukuran tulisan yang besar memiliki kecenderungan extrovert sedangkan tulisan kecil kecenderungan kepribadiannya pada jenis introvert. Model dari tulisannya sendiri apabila kecenderungannya miring ke kanan kemungkinan sifat seseorang tersebut ramah namun sentimental.

Jika model tulisannya cenderung miring ke kiri bisa jadi orang tersebut sifatnya introspektif. Tulisan yang tegak memiliki kecenderungan bersifat pragmatis.

Mengenai ekstrovert dan introvert, anda dapat mempelajarinya dengan membaca beberapa artikel dibawah ini:

Cara Memperlakukan Orang Lain

Cara Memperlakukan Orang Lain
Cara Memperlakukan Orang Lain

Cara membaca karakter seseorang yang paling umum dilakukan adalah memperhatikan bagaimana ia memperlakukan orang lain selain Anda.

Misalnya ketika Anda bertemu dengan seseorang di tempat umum, perhatikan cara ia memperlakukan waitress atau orang lain yang ada disekitar Anda.

Perlakuan orang tersebut kepada mereka baik atau buruk adalah cerminan dari dirinya sendiri. Besar kemungkinan ia juga akan melakukan hal yang sama pada Anda kedepannya.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membaca karakter seseorang. Dalam membaca karakter seseorang sangatlah kompleks dan tidak bisa kita samakan dengan membaca buku. Untuk itu, perlu melihat seseorang dari banyak sisi.

Setiap orang pasti memiliki sisi buruk didalam dirinya, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya sisi baik yang bisa kita lihat. Semoga bermanfaat.

Oiya, anda juga bisa mempelajari : 10 Pilihan Parfum Berdasarkan Karakteristik dan Kepribadiannya

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.