in ,

5 Cara Sukses Membangun Kepercayaan Dalam Hubungan

Membangun Kepercayaan Dalam Hubungan
Kepercayaan

Saling percaya lebih dari segala aspek penting lainnya, inilah yang sebenarnya poin pentingdalam hubungan. Bagaimana kamu menjalani hubungan dengan pasangan tanpa adanya kepercayaan?

Ketika kita tidak mempercayai seseorang, maka ikatan koneksi tidak akan terjalin dengan kuat dan hubungan akan berjalan begitu saja tanpa ada maknanya.

Tentunya akan terasa sulit jika kamu ingin membangun hubungan yang dalam dengan seseorang, jika kamu masih takut untuk memberikan kepercayaan.

Kemungkinannya adalah kamu pernah percaya pada seseorang, lalu dikecewakan. Kini kamu pun menganggap semua orang sama seperti seseorang yang pernah mengecewakanmu dulu.

Dan akhirnya bisa disimpulkan bahwa masalah kepercayaan dengan seseorang bukanlah berasal dari hubungan, melainkan berasal dari masa lalu atau pengalaman burukmu sendiri.

Nah, jika kamu ingin kembali membangun hubungan yang dalam dan bermakna dengan seseorang,  kamu dapat mempelajari prinsip-prinsip dalam membangun hubungan dengan pasangan berikut ini.

1. Perbaiki Cara Berkomunikasi

Memperbaiki Cara Berkomunikasi Dengan Pasangan
Memperbaiki Cara Berkomunikasi Dengan Pasangan

Komunikasi adalah kunci penting dalam membangun kepercayaan antar pasangan dalam hubungan. Bagaimana mungkin kamu mempercayai sesuatu tanpa adanya komunikasi?

Maka jelas saja tips pertama yang harus kita lakukan adalah memperbaiki cara berkomunikasi. Membuat obrolan menjadi lebih efektif untuk diperbincangkan dan memiliki makna.

Ketidakpercayaan dalam hubungan seringkali muncul karena komunikasi yang tidak efektif. Semisal, saat kamu ingin pergi ke suatu tempat bersama teman-temanmu, lalu kamu tidak membicarakannya terlebih dahulu pada pasangan.

Hal ini tentunya akan menimbulkan kecurigaan dan prasangka sehingga lama kelamaan akan mengikis kepercayaan pasangan kepadamu.

Jangan anggap remeh komunikasi, sebab hanya dengan cara inilah hubungan dapat berjalan sesuai apa yang kita inginkan!

Dan komunikasi yang paling efektif bukanlah lewat pesan singkat atau telepon, alangkah baiknya jika kita membuat ini lebih intens dengan berbicara secara langsung, menatap mata dan wajah pasangan karena hal ini akan menguatkan ikatan emosi satu sama lain.

Setelahnya, ketika ikatan emosi dengan pasangan sudah terjalin kuat, maka kepercayaan akan tumbuh dengan sendirinya!

Baca Juga : 4 Hal Ini Bisa Bikin Pasangan Merasa Tidak Dihargai

2. Buktikan Dengan Tindakan yang Nyata

Pembuktian
Pembuktian

Dari sosial media, televisi, youtube dan sebagainya kita telah banyak mengadopsi kata-kata bijak sehingga tanpa sadar hal itu pun kita salurkan dengan pasangan.

Semisal kamu baru saja membaca buku, lalu saat pasangan melakukan kesalahan, kamu pun langsung mengutip kata-kata bijak yang baru saja kamu baca di buku.

Dan sayangnya Ini bukan soal benar atau salah, tetapi ini tentang apakah kita hanya hidup dalam kata-kata atau hidup di dunia nyata?

Kata-kata adalah bagian inti dalam komunikasi, tetapi apa artinya jika tidak ada tindakan yang nyata? Semua itu hanya akan mengikis kepercayaan satu sama lain sebab tak pernah melihat bukti yang jelas dari kata-kata yang diucapkan.

Sebab untuk sekedar percaya saja itu mudah, bahkan kita bisa mengatakan “Ya, aku percaya padamu” tetapi apakah saat kita mengatakan itu hati ikut meyakininya?

Benar bahwa tindakan lebih besar daripada kata-kata, dan benar bahwa pembuktian akan membuat kita lebih dari sekedar percaya tetapi yakin.

3. Konsisten

Konsisten
Konsisten

Kini bukan lagi tentang seseorang atau sesuatu, tetapi tentang apa yang terus terjadi berulang-ulang.

Seperti kita mempercayai bahwa esok pagi matahari akan terbit dari ufuk timur lalu tenggelam di ufuk barat, setelahnya langit akan gelap lalu muncul bulan, bintang dan begitulah seterusnya.

Ya, kita mempercayai itu karena begitulah yang terjadi setiap harinya.

Jadi intinya kepercayaan itu adalah soal apa yang terjadi berulang-ulang. Ini seperti kamu menikmati makanan atau minuman favoritmu di tempat yang sama.

Katakanlah kamu memiliki tempat ngopi favorit selama lebih dari setahun, setiap kamu datang kesana rasa kopinya selalu sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Maka secara otomatis akan tumbuh rasa percaya bahwa di tempat itulah kamu bisa menikmati rasa kopi yang paling nikmat.

Begitu pula dalam hubungan, kita tidak memandang siapa orangnya tetapi kita melihat apa yang ia lakukan berulang-ulang.

Dan pada akhirnya membangun kepercayaan dalam hubungan tidak terjadi dalam satu malam, kita perlu mempraktekkan komunikasi yang efektif dan dibarengi dengan tindakan nyata secara berulang-ulang.

4. Saling Mendukung Satu Sama Lain

Saling Mendukung
Saling Mendukung

Apakah mungkin seseorang mempercayai kita jika ia tidak pernah memberikan dukungan? Ya, dukungan kepada pasangan adalah tanda bahwa kita percaya kepadanya.

Jika salah satu pihak di dalam sebuah hubungan merasa tidak pernah mendapatkan dukungan, maka hubungan itu akan goyah.

Contohnya, ketika pasangan memiliki suatu impian yang besar dalam hidupnya tetapi kamu tidak memberikan dukungan kepadanya, maka ia pun akan merasa tidak dipercayai.

Hal ini pun juga akan membuat ia merasa bahwa hubungan yang dijalani tidak ada maknanya sebab tak ada dukungan satu sama lain.

Disisi lain, dalam situasi yang baik mau pun buruk kita akan merasa lebih percaya diri saat ada seseorang yang memberikan dukungan.

5. Berhenti Menghakimi

Berhenti Menghakimi
Berhenti Menghakimi

Di awal kita memilih untuk menjalin komitmen karena melihat banyak kesamaan, tapi seiring waktu setiap pasangan akan menemukan perbedaan persepsi.

Dan segala perbedaan inilah yang seringkali mengikis kepercayaan kita pada pasangan, sehingga pada akhirnya kedua pihak mulai saling menghakimi.

Kamu mungkin bingung dan tidak mengerti tentang mengapa pasangan bertindak seperti A dan lain-lain, tetapi fakta bahwa semua orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda adalah lebih penting dari semuanya.

Maka ada baiknya kita menunjukkan sikap saling menghormati dan saling menghargai perbedaan sehingga rasa percaya lebih mudah untuk dibangun.

Baca Juga : Kamu Perlu Tahu, Ini 10 Cara Menjadi Pasangan yang Romantis

Akhir Kata

Masih adakah sesuatu yang kamu sembunyikan dari pasangan?  Jika iya, maka sudah saatnya untuk membicarakan hal itu secara langsung dan jelas.

Yang tepat adalah menyimpan rahasia bersama pasangan, bukan merahasiakan sesuatu dari pasangan.

Demikian beberapa tips membangun rasa saling percaya dengan pasangan. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Menyendiri-Merenung-Hening