5 Hal Ini Akan Membantumu Tetap Fokus Pada Impianmu

Dalam kehidupan, kita sering kali teralihkan oleh sesuatu diluar sana, membuat kita lupa akan impian atau cita-cita yang sedang kita tuju

Ilham Damanik Ilham Damanik · 3 min read >
Hal Yang Membantumu Tetap Fokus Pada Impianmu

Ketika kamu menganggap hidupmu penuh dengan kesialan, sadarilah bahwa sebenarnya itu hanya refleksi dari sesuatu yang kamu lihat diluar sana lebih tercukupi dan kamu membandingkannya dengan dirimu.

Dalam kehidupan, kita sering kali teralihkan oleh sesuatu diluar sana, membuat kita lupa akan impian atau cita-cita yang sedang kita tuju. Fokus mungkin sesuatu yang sangat sulit untukmu saat ini.

Lingkungan dan adanya penggunaan sosial modia, membuat kita semakin lengah dan tidak fokus lagi pada diri kita sendiri. Beberapa tips berikut ini akan membuatmu kembali ke kehidupanmu dan fokus pada apa yang kamu impikan

1. Jangan Membandingkan Hidup Kita Dengan Orang Lain

Jangan Membandingkan Dirimu Denga Orang Lain
Jangan Membandingkan Dirimu Denga Orang Lain

Di-era internet saat ini, tentu kita memiliki akun media sosial masing-masing yang dimana kita bisa saling berinteraksi satu sama lain.

Tetapi ada kalanya dengan berinteraksi di media sosial, melihat aktivitas orang-orang terkadang memunculkan perasaan-perasaan ingin membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Misalnya ketika orang-orang memposting makanan yang lezat, liburan impian atau barang-barang mewah, tak jarang kita jadi ikut menginginkan hal yang sama seperti mereka.

Namun semua yang kita lihat di media sosial adalah hasilnya bukan prosesnya. Pencapaian yang membanggakan tentu membuat orang-orang ingin diakui dan dilihat orang lain. Sehingga jarang sekali kita melihat seperti apa proses yang orang lain jalani sampai pada pencapaian tersebut.

Jadi, Apa sebenarnya yang perlu dibandingkan dari diri kita dengan orang lain?

PROSES!

Kalau kita menginginkan hal yang sama seperti orang lain, maka kita juga harus mengikuti prosesnya. Tak perlu mengeluh karena kita sedang menjalani setiap prosesnya saat ini.

2. Lakukan Sesuatu Yang Paling Tepat Setiap Saat

Lakukan Sesuatu Yang Tepat
Lakukan Sesuatu Yang Tepat

Di-era informasi, ada banyak tuntutan yang menguras energi dan emosi setiap hari. Kita menghadapi rentetan waktu yang begitu padat dan kesulitan mengatur semuanya. Rasa-rasanya 24 jam dalam sehari tidak lagi cukup untuk melakukan semua yang dibutuhkan.

Ironisnya, memenuhi yang dibutuhkan bukan berarti kita sudah melakukan hal yang tepat. Seperti memilih antara menyiapkan tugas-tugas rumah, menghadiri undangan, berkumpul bersama keluarga dan hang out bersama teman-teman. Otak kita dipaksa untuk bekerja keras secara terus menerus setiap waktu sehingga menyebabkan stress.

Namun untuk melangkah ke-level selanjutnya dalam karir, menulis buku atau memulai bisnis, banyak sekali hal-hal yang harus direncanakan juga observasi yang memakan banyak waktu dan kelihatannya banyak sekali hal-hal yang menghalangi langkah-langkah kita mencapai keberhasilan yang diinginkan.

Jadi pertanyaannya, mengapa orang lain bisa mencapai hasil yang diinginkan saat masalah yang serupa juga terjadi pada mereka?

PIKIRAN!

Orang-orang sukses berpikir secara realistis tentang tujuan sekaligus bodo amat terhadap hal-hal yang mengalihkan, juga cerdas dalam memilih beberapa hari dalam seminggu untuk bekerja secara produktif.

Mereka lebih memilih menjadwalkan prioritas daripada memprioritaskan jadwal sehingga mampu melakukan hal yang tepat setiap saat. Namun tetap menjaga hubungannya tetap baik juga mampu mengelola stress.

Baca Juga : 5 Tips untuk Hidup yang Bahagia dan Sukses dalam Segala Hal

3.  Bertanggung Jawab Atas Impianmu

Bertanggungjawab Atas Segala Impian
Bertanggungjawab Atas Segala Impian

Penelitian menunjukkan bahwa kita lebih termotivasi pada imbalan instan yang bisa langsung dinikmati dan sangat sulit mempertahankan konsistensi pada jangka waktu yang panjang jika selama prosesnya tidak mendapatkan apa-apa.

Pada tahap awal memulai sesuatu, mungkin kamu  akan memikirkan tentang hasil akhir yang akan dicapai sehingga termotivasi dan bersemangat untuk melakukannya. Tetapi selama prosesnya berlangsung, kamu juga perlu mengamati sudah sampai dimana langkahmu serta apa hasil yang bisa kamu dapatkan.

Mengejar impian yang besar tentu akan memberi kita begitu banyak tugas yang berat, dibutuhkan konsistensi, kegigihan dan semangat tiada henti. Tetapi hal-hal yang membosankan pasti akan kita alami ditengah-tengah perjalanan, seperti stress dan gairah yang semakin menurun.

Cara terbaik mengalahkan diri sendiri dari perasaan rendah gairah adalah mengecek pencapaian kecil minimal sekali setiap minggu. Mengetahui pencapaian-pencapaian kecil dalam petualanganmu meraih impian besar, tentu akan mengaktifkan imajinasi tentang langkah-langkah kedepan serta membuat kita mampu berfikir realistis dalam memperkirakan kejadian yang akan datang.

Bertingkahlah layaknya yang orang-orang sukses lakukan, dimana mereka selalu mampu memunculkan gairah dan semangat dalam menyelesaikan pekerjaannya sebab menjaga tanggung jawab pada impian adalah kunci keberhasilan.

4. Hindari Jebakan Pikiran

Hindari Jebakan Pikiran
Hindari Jebakan Pikiran

Sepertinya di zaman globalisasi ini tidak mengherankan lagi jika dunia memberikan banyak ujian saat kita ingin fokus pada satu tujuan. Media sosial memberikan banyak hiburan menarik yang membuat kita betah menggunakan smartphone berjam-jam. Menikmati foto-foto liburan orang lain pun menjadi sangat menyenangkan ketimbang menyelesaikan pekerjaan.

Bahkan disaat kita sedang melakukan pekerjaan, fokus pikiran melayang pada bayang-bayang; liburan atau kesenangan lainnya. Itulah sebabnya mengapa perusahaan-perusahaan besar rela membayar seorang ahli untuk mengajarkan karyawannya tentang mindfullness atau keterampilan dalam menyadari fokus pikiran.

Banyak sekali jebakan-jebakan pikiran yang sering mengganggu pekerjaan, jadi dibutuhkan teknik mindfullnes untuk melatih pikiran kita menyadari hal-hal yang saat ini dijalani.

Misalnya, setiap satu jam sekali, hentikan aktivitas, dan tanyakan pada diri sendiri, apa yang saya lakukan? apa yang saya inginkan? dan apa tujuan saya? Lalu dengan lembut arahkan pikiran dan tubuh untuk kembali fokus pada prioritas.

Kamu akan terkejut pada yang akan terjadi jika selalu melakukan semuanya dengan perhatian penuh dan kesadaran.

5. Jangan Mudah Tertipu Pada Peluang

Jangan Tertipu Dengan Peluang
Jangan Tertipu Dengan Peluang

Ketika kamu sudah fokus pada satu tujuan, terkadang ada hal-hal eksternal yang datang menawarkan peluang menarik dan mengalihkan dirimu dari fokus tujuan sebenarnya.

Tentu menjadi sangat berbahaya dan sangat berdampak pada kehidupan, sebab pada hakikatnya peluang tetaplah peluang dan bukan kenyataan. Artinya, sama saja jika kamu terus melanjutkan langkah yang sudah dijalani atau mengikuti peluang lain yang ditawarkan. Semuanya tetap saja membutuhkan proses, proses dan proses lagi.

Tetap pada pendirian akan membawa hasil yang kita inginkan meski tiada jangka waktu yang pasti.

Jika melihat sepak terjang orang-orang sukses selama merintis usahanya, mereka tidak mudah tertipu pada godaan-godaan luar meski menawarkan peluang menarik. Hal itu harusnya menjadi contoh bagi kita untuk tetap pada pendirian dan fokus yang ingin dituju.

Baca Juga : 7 Motivasi Positif Yang Membuatmu Bersemangat Memulai Aktifitas di Pagi Hari

Mungkin dunia akan selalu menawarkan begitu banyak peluang menarik, tetapi menciptakan peluang kita sendiri tentu akan lebih memuaskan, karena memang begitulah yang dilakukan oleh orang-orang sukses sebelumnya.

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile