in

Saat Energinya Melemah, Ini 7 Cara Ampuh Memberikan Semangat Untuk Pacar

Memberikan Semangat Untuk Pacar

Di dunia ini pastinya tidak ada manusia yang sempurna, tak terkecuali kamu dan pasanganmu. Semua manusia memiliki kekurangannya masing-masing. Mereka pasti juga memiliki rasa takut kecewa dan hal buruk lainnya yang mungkin terjadi di masa lalu.

Jika selama ini kamu melihat pasangan sebagai sosok yang pemberani dan tidak takut akan tentang yang ada di depannya, kamu harus mulai memikirkan hal ini. Ketahuilah bahwa dia pasti juga memiliki kekhawatiran tentang apa yang akan dihadapinya di masa depan. Hanya saja dia sangat pandai untuk menyembunyikan hal itu darimu.

Sebagai pasangan, sudah selayaknya untuk kamu menjadi penyemangat dalam hidupnya. Buatlah pasanganmu merasa nyaman dan aman saat berada di dekatmu. Kamu harus bisa membuat dia percaya bahwa kamu akan selalu ada untuknya, tidak peduli apa yang akan terjadi di masa depan.

Jika kamu memang mencintai pasangannya, sudah selayaknya untukmu memberikan dukungan dan rasa nyaman untuknya. Saat dia berada di titik terendah atau energinya mulai melemah, berikan semangat untuk pasanganmu cara berikut ini.

1. Sebelum Kamu Memberikan Semangat pada Pasanganmu, Pastikan Dirimu Sendiri Memiliki Energi yang Cukup

Menumbuhkan Energi Positif Pada Diri Sendiri
Menumbuhkan Energi Positif Pada Diri Sendiri

Dalam memberi energi positif berupa semangat kepada orang lain, hal yang perlu kamu ingat adalah semangat dalam dirimu sendiri harus kamu utamakan terlebih dahulu. Jika kamu sendiri memiliki semangat yang minim, bagaimana bisa kamu memberi semangat pada orang di sekitarmu, khususnya pasanganmu.

Memberi dukungan pada pasangan nyatanya tidak sesederhana yang dipikirkan banyak orang. Dengan kondisi pasanganmu yang tidak baik tentu juga akan memengaruhi kondisi mentalmu karena stres dan merasa ikut tertekan dengan masalah yang dihadapi oleh pasanganmu.

Itulah kenapa kamu pun harus bisa menjaga kondisimu sendiri dan memastikan bahwa kamu memiliki energi positif yang cukup untuk disalurkan pada pasanganmu.

2. Jadilah Pendengar yang Baik untuk Pasanganmu, Biarkan Dia Meluapkan Semua Hal yang Menjadi Beban Pikirannya

Cobalah Menjadi Pendengar Yang Baik
Cobalah Menjadi Pendengar Yang Baik

Sudah pasti bukan hal yang mudah untuk mengembalikan suasana hati pasanganmu seperti sedia kala. Yang lebih tahu seberapa berat masalah yang saat ini dia hadapi tentu adalah dirinya sendiri.

Mungkin akan mudah untukmu mengatakan bahwa semua akan baik-baik saja, namun kamu tidak pernah tahu seberapa kalutnya dia dan usaha apa saja yang sudah dia lakukan untuk mengembalikan semangatnya seperti semula.

Hal yang bisa kamu lakukan saat dia sedang dalam kondisi seperti ini adalah mencoba menjadi pendengar yang baik untuknya. Jika dia membutuhkan teman untuk menceritakan semua hal yang dia rasakan, usahakan kamu selalu ada di baris terdepan.

Jangan sampai pasanganmu merasa sendirian, meski ada banyak orang yang ada di sekelilingnya.

Menjadi pendengar yang baik tidaklah terlalu sulit jika kamu membaca :  8 Tips Menjadi Pendengar yang Baik.

3. Jangan Memaksa Pasangan untuk Mengungkapkan Semua Hal Kepadamu, Kamu Juga Harus Menghormati Privasi dan Memberinya Ruang untuk Sendiri

Menghormati Privasi Pasangan
Menghormati Privasi Pasangan

Jadilah pendengar yang baik, tetapi jika memang dia tidak ingin menceritakan semua yang dia rasakan, jangan pernah memaksanya. Kamu juga perlu memberinya ruang untuk sendiri dan menenangkan pikirannya tanpa ada campur tangan orang lain.

Tidak semua hal bisa dibagikan kepada pasangan. Kamu pun pasti memiliki sesuatu yang tidak ingin diketahui oleh orang lain, sekalipun itu oleh pasanganmu sendiri.

Ya, wajar saja, setiap orang memiliki privasi yang harus dijaga dan kamu juga harus menghormati privasi yang dimiliki oleh pasanganmu.

4. Selalu Hargai Pasanganmu dan Jangan Mudah Lelah untuk Memberikan Dia Semangat untuk Menjalani Semuanya

Selalu Menghargai Pasangan
Selalu Menghargai Pasangan

Saat dia berada dalam kondisi down, jangan malah membuatnya merasa terpojok. Sebagai pasangan, sudah seharusnya kamu selalu ada untuk memberinya semangat dalam menjalani semua hal di hidupnya.

Meskipun kamu tahu bahwa apa yang terjadi adalah kesalahannya, cobalah untuk tetap memberinya kekuatan dalam memperbaiki segalanya mulai dari sekarang.

Sebagai pasangan, kamu bisa memberikan support system yang positif kepada dirinya.

5. Belajarlah untuk Bisa Menghadapi Sisi Emosional Pasanganmu Saat Berada dalam Keadaan Sedih, Marah, Khawatir, Takut, Maupun Kecewa

Belajar Menghadapi Sisi Emosional Pasangan
Belajar Menghadapi Sisi Emosional Pasangan

Semakin lama kamu menjalin hubungan dengan pasanganmu, pasti kamu akan semakin kenal dengan kepribadiannya.

Kamu juga akan semakin paham dalam menentukan sikap saat menghadapi kondisi emosinya yang mungkin sudah sering berubah, dari bahagia sampai sedih sekalipun.

Semua pengalaman yang sudah kamu miliki saat bersama pasanganmu harus kamu jadikan sebagai media pembelajaran. Dengan begitu kamu akan lebih paham harus berbuat apa saat dia senang, sedih, marah, khawatir, takut, maupun kecewa.

6. Jangan Menyudutkannya atau Membuat Pasanganmu Semakin Merasa Bersalah atas Kegagalan atau Masalah yang Dia Hadapi Saat Ini

Tidak Perlu Menyudutkan Pasangan
Tidak Perlu Menyudutkan Pasangan

Siapa sih yang tidak sedih saat harus menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan harapannya?.

Saat pasanganmu berbuat kesalahan yang menjadikan dia gagal, dia tidak juga pasti akan merasa kecewa. Saat hal itu terjadi, jangan pernah membuatnya merasa lebih tersudut.

Yakinkan saja dia bahwa semua akan baik-baik saja. Buat pasanganmu memahami bahwa gagalnya dia hari ini adalah suksesnya dia di masa yang akan datang asal dia mau bangkit dan berusaha belajar untuk tidak mengulangi kegagalan yang sebelumnya.

7. Cobalah untuk Bersabar dalam Memberi Dukungan pada Pasanganmu, Semua Butuh Proses

Bersabar Menjalani Proses
Bersabar Menjalani Proses

Yang terakhir sangat berkaitan dengan dirimu sendiri. Kamu juga harus memahami bahwa di dunia ini tidak ada hal yang instan. Semua membutuhkan prosesnya masing-masing. Kamu harus bisa bersabar untuk terus memberi semangat pada pasanganmu. Jangan mudah lelah untuk memberinya energi positif agar dia cepat menemukan semangatnya kembali dalam menjalani masa kini dan masa depan.

Baca Juga : 

Itulah 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk memberi semangat pada pasanganmu yang sedang dalam kondisi kurang baik. Sebagai pasangan, sudah seharusnya kamu selalu ada untuk menjadi tempatnya mengadu baik dalam keadaaan senang maupun susah.

Ingatlah bahwa yang tak terlupakan adalah sosok yang selalu ada dan memberi dukungan pada pasangannya ketika pasangannya ada di posisi terbawah dalam kehidupan.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.