in

5 Cara Membuat Pacar Mau Mengubah Kebiasaan Buruk

Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Pacar

Hubungan asmara sejak awal selalu lucu, kita mencari seseorang yang bisa membuat hati tersentuh, kita mencari seseorang yang tepat di hati kita, tapi setelah mendapatkan pasangan yang tepat di hati kita malah ingin mengubahnya?

Hal-hal rumit memang selalu terjadi jika kita berbicara tentang perasaan, bahwa perasaan itu sendiri selalu berubah-ubah. Maka sangat penting untuk mempertanyakan lagi, apakah perasaan kita kepadanya yang sudah berubah atau emang ada hal buruk dalam dirinya yang perlu diubah?

Jika kamu sudah memastikan bahwa pacar memang memiliki kebiasaan buruk yang nantinya bisa berbahaya bagi dirinya sendiri dan orang lain, maka kamu sebagai pacar memang sudah seharusnya membantu dia agar berubah.

Namun mungkin kamu kewalahan dan bingung harus bagaimana melakukannya, berikut adalah 5 cara jitu membuat pasangan berubah menjadi lebih baik!

1. Ajak Dia Ngobrol Serius Berdua

Di awal-awal hubungan sangat wajar jika kita menggunakan bahasa kode-kodean atau modus, tapi setelah hubungan itu berjalan cukup lama cara berkomunikasi dengan pasangan juga harus berubah, yaitu dengan berbicara secara jelas.

Namun jangan salah mengartikan ya? Berbicara dengan jelas bukan berarti kamu harus mengomel kepada pacar atau menunjukkan emosi-emosi yang negatif, tetapi berbicaralah tentang apa yang menjadi fokus permasalahan.

Coba katakan secara langsung bahwa kamu tidak suka melihatnya terus menerus melakukan kebiasaan buruk sebab hal itu berdampak negatif bagi dirinya. Setelahnya berikan juga pasangan kesempatan untuk beropini dan dengarkan agar kamu juga bisa memahaminya.

Usahakan untuk tidak hanyut dalam perasaan negatif, tetap jaga fokusmu, yaitu fokus untuk membuat hubungan ini menjadi lebih baik, bukan menjadi lebih buruk.

2. Ulangi, Ulangi dan Berikan Saran

Suatu kebiasaan yang sudah terbentuk tidak mudah untuk dihilangkan begitu saja, sebab apa yang menjadi kebiasaan akan muncul dengan otomatis, seperti kita bernapas, artinya butuh usaha maksimal untuk membentuk kebiasaan baru.

Maka bersabarlah menghadapi pasangan jika ia belum juga berubah, bahwa kesulitan untuk berubah adalah suatu kewajaran sebab kebiasaan itu sudah tertanam kuat di pikiran bawah sadar pasanganmu.

Oleh karena itu teruslah awasi dia dan ulangi terus nasehat yang sama agar tertanam di pikiran bawah sadarnya. Sebab begitulah cara otak kita bekerja, bahwa aktivitas yang kita lakukan sehari-hari 95% digerakkan oleh pikiran bawah sadar.

Jadi berikan saran kepada pasanganmu bahwa ia harus menjaga kesadarannya atau belajar mindfulness agar tidak mudah terbawa oleh kebiasaan-kebiasaan lama.

3. Pahami Penyebab Dia Sulit Berubah

Mungkin kamu kesal dan ingin mengomel, mungkin kamu bosan melihat tingkahnya yang masih sama saja, mungkin kamu lelah dan mulai ingin menyerah karena usahamu untuk membuat pasangan berubah belum juga berhasil.

Namun satu hal yang harus kamu pahami adalah kamu tidak bisa mengubah siapapun, apa yang bisa kamu ubah hanya dirimu sendiri.

Tugasmu hanyalah mengingatkannya dan memberi saran, soal keputusan ia mau berubah atau tidak itu mutlak pilihannya sendiri.

Nah, jika kamu sudah memberi saran kepada pacar agar berubah dan dia tidak berubah juga, artinya ada sesuatu yang menjadi masalah dalam dirinya.

Coba cari tahu apa yang menyebabkan pasangan suka melakukan kebiasaan buruk tersebut. Semisal, kamu ingin pasangan berhenti merokok, tanyakan padanya apa yang membuat dia senang merokok? Apa yang ia dapat dari merokok?

Biasanya, perokok akan menjawab bahwa pikirannya lebih rileks saat merokok, maka tawarkan hal lain yang juga bisa membuat pikiran rileks seperti meditasi atau mengkonsumsi makanan sehat.

4. Bersiaplah Menerima Serangan Balik

Mungkin kamu merasa sikapmu selama ini sudah baik, mungkin kamu merasa bahwa apa yang kamu lakukan kepada pacarmu selama ini adalah hal yang baik, namun apakah kamu sudah memastikan bahwa pacarmu juga baik-baik saja?

Setiap orang memiliki ego, itulah mengapa kita sulit mendengarkan nasehat dari orang lain, maka ketika pasangan terus menerus diberi nasehat, secara otomatis ego yang ia miliki akan naik.

Lalu ia juga akan mulai merasa kesal kepada dirimu terus menerus memintanya berubah. Bisa jadi ia selama ini sudah memendam luka-luka kecil akibat sikap yang kamu tunjukkan, meskipun menurutmu itu baik.

Maka bersiap-siaplah menerima serangan balik dari pasanganmu. Mungkin ia akan mulai memperhatikanmu, mencari kesalahan dan kekuranganmu lalu menyerangmu dengan kata-kata yang mungkin tak enak di dengar.

Jadi, agar hal itu tak terjadi, cobalah untuk terus berusaha memperbaiki dirimu dan jangan berhenti menumbuhkan kualitasmu. Ketika pasangan melihat kamu bertumbuh menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, mudah-mudahan ia akan berubah juga dengan sendirinya.

5. Bersikap Tegas Pada Batasan

Hubungan apapun membutuhkan batasan atau bisa juga seperti aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar demi menjaga keharmonisan hubungan. Batasan-batasan ini tentu saja merupakan hal sensitif yang bisa melukai kedua pihak sehingga jika dilanggar bisa menyalakan api pertengkaran.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah kamu sudah menetapkan batasan yang jelas dalam hubunganmu? Jika kamu belum membicarakan batasan dengan pasangan, mungkin ia tidak akan merasa bersalah saat melakukan kebiasaan buruk yang menurutmu salah.

Jika kebiasaan yang ia lakukan memang benar-benar buruk dan merugikan dirinya sendiri, maka coba saja untuk membuat batasan agar kamu dan dia bisa berkompromi dengan baik.

Perlu diingat, aturan pertama dalam menetapkan batasan adalah tidak ada pihak yang dirugikan, artinya kamu dan pasangan sama-sama menyetujuinya. Hal ini tentunya perlu dipikirkan secara matang sebab hubungan akan menjadi taruhannya.

Akhir Kata

Ingat, Kamu tidak memiliki kendali atas orang lain bahkan meskipun ia adalah pasanganmu. Artinya, kamu juga tidak boleh terlalu posesif terhadap pasangan. Jika kamu tidak bisa mengubah pasangan, mungkin kamu perlu mengubah sudut pandangmu dalam memandang pasangan.

Baca tentang tips menjalin hubungan lainnya..