9 Cara Membuat Pasangan Merasa Nyaman Saat Jalani LDR-an

Menjalani hubungan LDR bukanlah suatu hal yang mudah. Tantangan yang harus dihadapi

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Cara Membuat Pasangan Nyaman Saat Menjalani Hubungan LDR

Menjalani hubungan LDR bukanlah suatu hal yang mudah. Tantangan yang harus dihadapi cukup banyak dan berat. Karenanya tak sedikit pasangan yang akhirnya memutuskan untuk berpisah dengan alasan tak sanggup lagi menjalani hubungan jarak jauh.

Sayangnya, terkadang hubungan jarak jauh menjadi hal yang tak dapat dihindari karena kondisi tertentu.Misalnya kamu masih menempuh studi di satu kota tertentu sedang pasanganmu harus bekerja di kota lain yang berbeda denganmu. Kondisi seperti sering terjadi dan mengharuskan pasangan tersebut harus rela menjalani hubungan yang terpisah oleh jarak.

Namun tenang saja, tak semua hubungan jarak jauh diakhiri dengan airmata kok. Ada juga pasangan yang berhasil menghadapi segala rintangan yang ada saat menjalani hubungan jarak jauh sehingga mereka berhasil memperjuangkan hubungan mereka sampai akhir.

Nah, untuk bisa lebih kuat dalam menjalani LDR, kamu harus bisa membuat nyaman pasanganmu nih. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pasanganmu tetap nyaman meski sedang LDR-an.

1. Jangan Main Kode, akan Lebih Baik Jika Kamu Berterus Terang Kepadanya Tentang Apa yang Kamu Rasakan dan Kamu Inginkan

Janganan Bermain Kode Saat LDR
Janganan Bermain Kode Saat LDR

Bisa jadi sumber pertengkaran ketika sedang LDR adalah saat salah satu pihak berharap pihak kedua mengerti apa yang dia inginkan dari kode yang sudah dia coba berikan. Sayangnya pihak kedua tidak bisa memahaminya.

Akhirnya hal ini dapat membuat pasangan bertengkar karena tidak adanya sikap saling terbuka tentang apa yang sedang dirasakan dan diinginkan.

Jadi, lebih baik mulai sekarang jangan main kode-kodean ya. Jika kamu butuh sesuatu atau ingin dia mengerti akan suatu hal, kamu bisa langsung katakan secara terus terang kepadanya.

2. Kurangi Sifat Sering Mengeluhmu, Jangan Buat Pikirannya Semakin Kacau di Sana

Kurangi Mengeluh Saat LDR
Kurangi Mengeluh Saat LDR

Jangan terlalu banyak mengeluh padanya tentang keadaan yang sedang kamu jalani saat ini.

Ya, sama halnya denganmu dia juga mungkin lelah dengan hubungan jarak jauh yang sedang kalian jalani. Jadi lebih baik kamu berhenti mengeluh karena hal itu hanya akan menambah beban pikirannya saja.

3. Beri Kepercayaan Padanya, Jangan Terlalu Menaruh Curiga Tentang Apa yang Dilakukannya Tanpa Sepengetahuanmu

Berikan Kepercayaan Kepada Pasangan Saat Sedang LDR
Berikan Kepercayaan Kepada Pasangan Saat Sedang LDR

Pasti rasanya tidak menyenangkan saat kamu selalu dicurigai atas apa yang tidak kamu lakukan. Begitu pula dengan apa yang pasanganmu rasakan. Oleh karena itu berhentilah curiga tentang apa yang dia mungkin lakukan di belakangmu.

Cobalah untuk memberinya kepercayaan dalam menjaga hatinya untukmu seorang. Rasa curiga yang tak dilandasi dengan bukti nyata hanya akan memicu pertengkaran dalam sebuah hubungan.

Terlebih lagi hubunganmu dengan pasanganmu tidak seperti hubungan pada umumnya karena adanya jarak di antara kalian.

4. Atur Jadwal untuk Saling Berkomunikasi, Jika Memungkinkan Atur Jadwal Pertemuan Juga

Atur Jadwal Komunikasi Saat LDR
Atur Jadwal Komunikasi Saat LDR

Tentu kamu sudah tahu bukan tentang jadwal kegiatannya sehari-hari, begitu pun sebaliknya. Nah, dari jadwal tersebut cobalah atur waktu yang tepat untuk saling bersapa dan berkomunikasi layaknya pasangan pada umumnya.

Jika memang memungkinkan, kamu dan pasanganmu juga bisa mengatur jadwal untuk bertemu. Pilih satu waktu di mana aktivitasmu dan pasanganmu tidak terlalu penuh. Karena sejatinya pertemuan tetap harus ada dalam menjalani hubungan.

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Alasan yang Bikin Pasangan Jarang Memberi Kabar

5. Meski Sudah Terpisah oleh Jarak, Jangan Lupakan Kebiasaan Kecil yang Biasa Kalian Lakukan Bersama

Jangan Lupakan Hal-hal Kecil Yang Sudah Menjadi Kebiasaan
Jangan Lupakan Hal-hal Kecil Yang Sudah Menjadi Kebiasaan

Mungkin kamu dan pasanganmu memang tak bisa lagi bertemu sepuasnya dan menghabiskan waktu yang lama untuk bersama-sama.

Tapi jangan sampai kamu lantas menyepelekan kebiasaan kecil yang sudah biasa kalian lakukan bersama sebelum akhirnya kalian memutuskan untuk menjalin hubungan jarak jauh. Misalnya dalam hal merayakan hari jadian, ulang tahun, atau mengucapkan kalimat sayang sebelum pergi tidur.

6. Beri Dukunganmu Pada Apa yang Dia Sedang Perjuangkan, Jadilah Pendukung Setia Untuknya

Saling Mendukung
Saling Mendukung

Berilah dia semangat dan dukungan untuk apa yang sedang dia perjuangkan saat ini. Jangan jadi penghalang untuknya maju dan meraih apa yang dia cita-citakan.

Sebagai pasangan, sudah menjadi kewajibanmu untuk menjadi pendukung setianya, baik dalam keadaan susah maupun senang.

7. Jangan Biarkan Jarak Menjadi Penghalangmu untuk Menunjukkan Perhatian dan Rasa Sayangmu Padanya

Jangan Biarkan Jarak Menjadi Penghalangmu Menunjukkann Perhatian
Jangan Biarkan Jarak Menjadi Penghalangmu Menunjukkan Perhatian

Meski kalian tak bisa bertatap muka secara langsung, kamu tetap bisa menunjukkan rasa perhatian dan sayangmu padanya.

Teknologi sudah berkembang pesat. Kamu bisa memanfaatkan hal itu. Kamu bisa mengirim pesan atau meneleponnya saat sedang memiliki waktu luang. Intinya, jarak bukan hal yang bisa menghalangimu untuk dapat menujukkan rasa cintamu pada pasangan kok.

8. Sesekali Berikan Kejutan yang Tak Terduga, Buat Dia Merasa Istimewa

Berikan Kejutan Yang Tidak Terduga Untuknya
Berikan Kejutan Yang Tidak Terduga Untuknya

Jika kamu sempat, kamu bisa memberinya kejutan kecil yang tak terduga. Misalnya dengan mengirimkan sesuatu untuknya. Kejutan kecil lainnya yang bisa kamu berikan adalah dengan datang menemuinya tanpa sepengetahuannya.

Rasa rindu yang sebelumnya kalian simpan berdua bisa kalian bayar lunas dengan sebuah pertemuan tentunya.

9. Tak Perlu Gengsi untuk Mengungkapkan Rasa Rindumu Padanya

Terbuka Menunjukkan Rasa Rindu
Terbuka Menunjukkan Rasa Rindu

Rasa rindu sudah pasti menjadi bumbu pelengkap dalam sebuah hubungan jarak jauh. Nah, jangan pernah gengsi ya untuk mengakui rasa rindu yang sedang kamu rasakan. Terkadang ungkapan rindu justru bisa membuat pasanganmu merasa kehadirannya memang penting untukmu.

Rasa rindu juga menjadi salah satu bukti cinta yang ada dalam sebuah kisah asmara. Jadi tak ada salahnya untuk merindu, karena pasanganmu pun pasti juga kerap merasa sendu karena ketidakhadiranmu di sisinya.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Hubungan Bertahan, Meski Takdir Sepenuhnya Milik Tuhan

Itu dia 9 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pasanganmu nyaman meski sedang berada jauh darimu. Kamu tetap bisa menunjukkan rasa sayangmu padanya. Jangan sampai jarak menjadi penghalang untuk apa yang kalian cita-citakan bersama.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile