in

7 Cara Ampuh Bikin Pasangan Tak Lagi Mengingat Mantan

Cara Membuat Pasangan Tak Mengingat Mantan

“Mantan bukan saingan. Dia hanya masa lalu yang ditakdirkan datang untuk jadi kenangan.”

Mantan, seseorang yang pernah hadir dengan berjuta kenangan. Entah baik atau buruk kenangan yang tertinggal, nyatanya setiap jengkal cerita di masa lalu tak mudah untuk dilupakan.

Melupakan mantan memang nggak akan semudah membalikkan telapak tangan, tapi bukan berarti kenangan itu nggak bisa dihapuskan. Meski kenyataannya kenangan itu nggak akan bisa dihilangkan secara penuh, setidaknya akan ada masa di mana seseorang nggak punya waktu untuk mengingatnya kembali.

Apakah ada cara yang ampuh untuk membuat pasangan melupakan mantannya? Jawabannya, tentu saja ada. Asal kamu dan pasanganmu sama-sama berusaha untuk membangun hubungan kalian tanpa melihat ke belakang.

Akan sia-sia jika hanya kamu seorang diri yang berusaha membuat pasanganmu tak lagi mengingat mantannya. Sedangkan pasanganmu sendiri masih mengikat dirinya pada kenangan masa lalu bersama mantannya itu.

Kunci dalam melupakan mantan ada di tanganmu dan pasanganmu. Untuk bisa benar-benar membuatnya lupa akan kisahnya bersama mantannya yang lalu, kamu bisa coba 7 cara ampuh ini untuk membuat pasanganmu tak lagi mengingat mantannya.

1. Tanamkan Kepercayaan Diri dalam Dirimu, Perihal Mantan Nggak Perlu Kamu Khawatirkan

“Banggalah dengan apa yang kamu miliki. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain yang tak pantas jadi pembandingmu.”

Jangan buat pasanganmu nggak nyaman denganmu karena sikapmu yang terlalu khawatir dengan sosok mantan kekasih pasanganmu. Entah dia masih mengingatnya atau sudah benar-benar menyudahi perasaannya kepada mantannya itu, kamu harus tetap percaya dengan keberadaanmu sendiri.

Jika pasanganmu sudah menyudahi hubungannya dengan mantannya yang dulu, artinya ada hal yang membuat mereka nggak bisa bersama lagi. Sedangkan saat ini, pasanganmu sudah memilihmu untuk menjadi kekasih hatinya. Artinya kamu sosok yang lebih baik untuk mendampinginya.

Baca Juga : 5 Tips Saat Pasangan Bercerita tentang Mantan

2. Jangan Pernah Berusaha untuk Menjadi Sosok yang Menyerupai Mantannya

“Setiap orang berbeda. Kamu punya kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki orang lain. Lantas, kenapa kamu harus bersikeras untuk memiliki kekurangan yang dimiliki oleh yang lainnya?”

Sebesar apapun usahamu untuk menyamakan diri dengan mantan kekasihnya, kamu dan dia nggak akan bisa benar-benar jadi sosok yang sama. Meskipun kamu berhasil, lantas apa yang mau kamu banggakan dari keberhasilanmu itu.

Dengan berusaha menjadi sosok yang hampir sama dengan mantan kekasih pasanganmu, apakah kamu tidak pernah berpikir bahwa ada kemungkinan juga hubunganmu akan berakhir layaknya hubungan pasanganmu dengan mantannya dulu.

Baca Juga : 5 Cara Menghilangkan Cemburu Pada Mantan Pacar Suami

3. Terima Kenyataan Bahwa Setiap Orang Memiliki Masa Lalunya Masing-Masing

“Ada banyak hal yang terjadi dengan berjalannya waktu. Apa yang terjadi biarlah jadi bagian masa lalu yang mewarnai jalan kehidupanmu.”

Kamu nggak akan pernah bisa mengatur kenangan yang ada di masa lalu. Kamu memiliki masa lalumu sendiri, begitu pun dengan pasanganmu. Yang harus kamu lakukan hanyalah menerima kenyataan tersebut.

Terima masa lalu pasanganmu dan fokuslah untuk menciptakan kenangan indah dalam perjalanan hubungan kalian ke depan. Jangan sampai masa depanmu terabaikan hanya karena kamu terlalu sibuk memikirkan masa lalu pasanganmu bersama mantannya.

Baca Juga : 7 Cara Efektif Menerima Masa Lalu Pasangan

4. Hindari Sikap Terlalu Kepo dengan Masa Lalu Pasanganmu Bersama Mantannya

“Jangan cari tahu hal yang tak perlu”

Menghindari sikap terlalu kepo dengan masa lalu pasangan akan mengurangi risiko pasangan kembali mengingat masa lalunya. Terlebih jika masa lalu itu berkaitan dengan mantan.

Berhenti mencari tahu hal yang sebenarnya nggak penting untuk kamu ketahui. Yang lalu biar saja berlalu. Nggak perlu mengungkit kejadian yang sudah terjadi. Akan lebih baik jika kamu membahas banyak hal terkait masa depanmu bersama pasanganmu.

Baca Juga : Pasangan Pernah Selingkuh, 6 Cara Ini Bisa Bangun Kepercayaanmu Lagi

5. Jangan Pernah Berpikir untuk Menjadi Pengganti Mantannya

“Kamu adalah kamu. Kamu punya tempatmu sendiri dan tidak akan pernah bisa menjadi pengganti.”

Jangan pernah berusaha untuk menjadi seorang pengganti. Kamu bisa mendapatkan tempatmu sendiri. Tempat yang memang layak hanya untukmu seorang. Jadi, berhentilah untuk menggantikan orang lain dalam hati pasanganmu.

Yakini bahwa kamu layak mendapat tempat yang memang sudah ditakdirkan untuk menjadi milikmu. Kamu berharga dan kamu layak untuk mendapatkan tempat terbaik dalam hati orang yang kamu cintai.

Baca Juga : Jatuh Cinta Padanya yang Sudah Ada Pemiliknya, Salahkah?

6. Selalu Berusaha Memperbaiki Diri dan Membuat Dirimu Pantas untuk Menjadi Pasangannya

“Jadilah baik untuk dirimu sendiri. Pantaskan dirimu untuk bisa bersanding dengan pasanganmu.”

Daripada pusing mikirin hal yang nggak-nggak, lebih baik kamu fokus mencintai diri sendiri deh. Jangan melihat kekurangan dan kelebihan orang lain. Perbaiki saja dirimu agar layak untuk menjadi pendamping yang baik bagi pasanganmu.

Percayalah, usahamu akan dilihat oleh pasanganmu jika dia benar-benar mencintaimu. Usahamu nggak akan sia-sia begitu saja. Pantaskan dirimu untuk seorang yang memang layak untuk kamu perjuangkan.

Baca Juga : Merasa Tidak Pantas Dicintai, Ingatlah 5 Nasihat Bijak Ini

7. Jadi Diri Sendiri dan Buat Pasanganmu Jatuh Cinta dengan Sebenar-benarnya Kamu

“Nggak perlu jadi orang lain untuk dicintai. Cukup buat dia mencintaimu dengan apa adanya dirimu.”

Apakah kamu yakin bisa bahagia jika dicintai karena menjadi bayangan diri orang lain? Apakah kamu yakin mampu bertahan dengan topeng yang kamu pakai hanya untuk terus dicintai? Apakah kamu yakin saat kamu melepas topengmu kelak, dia bisa menerima apa adanya dirimu?

Jujurlah pada dirimu sendiri. Jangan melakukan kebohongan besar atas dirimu sendiri hanya untuk dicintai. Jadilah apa adanya dirimu. Buat dia yang kamu cintai bisa mencintai sebenar-benarnya kamu, bukan bayangan orang lain yang ada pada dirimu.

Tuhan menciptakanmu dengan kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Tunjukan kelebihan yang kamu miliki. Namun jangan malu dengan kekurangan yang juga ada dalam diri. Biarkan dia mencintaimu dengan kelebihan dan kekurangan yang melengkapi keberadaanmu.

Baca Juga : 7 Cara Bikin Pasangan Cemburu untuk Tahu Seberapa Sayangnya Dia Padamu

Itu dia 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pasanganmu tak lagi mengingat mantan. Butuh kesabaran yang tak sedikit untuk kamu bisa bertahan dalam hubungan yang masih dihantui kenangan masa lalu pasangan bersama mantannya.

Ingatlah untuk selalu menjadi diri sendiri. Buat pasanganmu mencintaimu karena kamu adalah dirimu yang sesungguhnya, bukan bayangan dari sosok di masa lalunya.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer