in

7 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Menarik

Mungkin sebagian dari kamu sudah terbiasa dalam menulis sebuah surat pengantar. Seharusnya dengan pengalaman tersebut, kamu pun sudah memiliki kemampuan dalam menulis yang baik. Namun nyatanya hal tersebut bisa jadi berbeda ketika kamu menulis surat lamaran pekerjaan. Inilah yang membuat sebagian besar orang membutuhkan tips membuat surat lamaran kerja yang menarik.

Kenapa surat lamaran kerja harus dibuat semenarik mungkin? Alasannya karena surat lamaran pekerjaan menjadi pintu pertama kita untuk bisa masuk ke dalam sebuah perusahaan yang dituju. Jika surat lamaranmu saja tidak bisa menarik perhatian perusahaan yang kamu tuju, maka akan sulit untuk kamu bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Meski terlihat sepele, sebenarnya surat lamaran kerja menjadi poin yang cukup diperhatikan oleh pihak perusahaan saat menyeleksi karyawan baru. Itulah kenapa kamu juga harus mengetahui beberapa tips untuk membuat surat lamaranmu dilirik oleh perusahaan yang kamu tuju.

Jika sebelumnya kamu hanya membuat surat lamaran kerja dengan ala kadarnya, mulai sekarang kamu harus mengubah caramu dalam membuat surat lamaran kerja. Berikut 7 tips membuat surat lamaran kerja yang menarik versi golife.id.

1. Perhatikan Penggunaan Bahasa

Perhatikan Penggunaan Surat Lamaran Kerja
Perhatikan Penggunaan Surat Lamaran Kerja

Bayangkan saja jika kamu harus membaca banyak surat lamaran kerja yang penuh dengan basa-basi, pasti hal itu akan sangat melelahkan bukan? Karena itulah kamu harus lebih memperhatikan penggunaan bahasamu dalam surat lamaran kerja yang kamu buat.

Gunakan tulisan yang langsung pada poin pentingnya. Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele dan tidak berbobot. Langsung saja sampaikan apa yang menjadi poin penting dari tujuanmu melamar pekerjaan di perusahaan atau lembaga tersebut.

2. Gunakan Template dengan Desain yang Menarik

Template Lamaran Kerja Yang Menarik
Template Lamaran Kerja Yang Menarik

Jangan hanya menggunakan template biasa yang tersedia di laptopmu. Usahakan untuk membuat template sendiri dengan desain yang menarik. Dengan begitu surat lamaran kerjamu akan lebih terlihat menonjol dari segi desain template dibandingkan dengan surat lamaran kerja milik para pesaingmu.

Melihat template desain surat lamaran yang itu-itu saja pasti akan membuat pihak penyeleksi bosan melihatnya. Dengan membuat template surat lamaran kerja dengan desain yang menarik tentu akan menciptakan warna baru yang membuat pihak perusahaan lebih tertarik untuk melihat isi surat lamaran kerjamu.

Baca Juga : Sebelum Mengirim Lamaran Kerja Via Email, Perhatikan 9 Hal Ini

3. Lakukan Mini Research Terhadap Perusahaan yang Dituju

Melakukan Research Perusahaan
Melakukan Research Perusahaan

Cari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan yang kamu tuju. Cari tahu tentang style yang ditonjolkan oleh perusahaan beserta pemimpinnya. Setelah mengetahui itu, terapkan style mereka ke dalam surat lamaran kerja yang kamu tulis.

Jika kamu tidak memiliki informasi apapun tentang perusahaan yang kamu tuju, kamu bisa memanfaatkan media sosial. Misalnya LinkedIn, Twitter, atau media sosial lainnya yang bisa membantumu menemukan informasi tentang perusahaan tersebut.

Tips membuat surat lamaran kerja yang menarik satu ini akan membuat perusahaan merasa kamu adalah kandidat yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Jika sudah seperti itu, kemungkinanmu untuk direkrut oleh perusahaan tersebut tentunya semakin besar.

Baca Juga : 9 Cara Terbaik Mempromosikan Diri Saat Interview Pekerjaan

4. Cantumkan Pengalamanmu Secara Spesifik

Mencantumkan Pengalaman Kerja Spesifik
Mencantumkan Pengalaman Kerja Spesifik

Jika kamu memiliki pengalaman yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang kamu tuju, maka cantumkan pengalamanmu tersebut secara spesifik. Sebagai contoh, kamu bisa menulis “Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, perusahaan Anda membutuhkan seorang yang ahli dalam bidang keuangan. Saya memiliki pengalaman sebagai akuntan di perusahaan **** dan saya sangat menantikan kesempatan untuk berbincang secara langsung mengenai pencapaian saya di bidang tersebut.

Yang harus kamu ingat, jangan mencantumkan suatu hal yang tidak sesuai dengan kenyataan. Buktikan bahwa apa yang kamu tulis memang sesuai dengan kenyataan. Jika memungkinkan, akan lebih baik lagi jika kamu mencantumkan keahlianmu atau pencapaianmu dalam bentuk angka.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Pekerjaan Untuk Fresh Graduates Semua Jurusan

5. Buat Catatan Pengalaman dengan Kalimat yang Ringkas

Membuat Catatan Pengalaman Yang Ringkas
Membuat Catatan Pengalaman Yang Ringkas

Dari banyaknya pengalaman yang kamu miliki, cantumkan beberapa pengalaman yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tidak hanya itu, kamu juga harus mencantumkan pengalaman tersebut dalam kalimat yang ringkas.

Cantumkan pengalaman atau ketrampilanmu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar pihak penyeleksi dari perusahaan yang kamu tuju bisa langsung fokus pada beberapa pengalaman yang kamu miliki tersebut. Kamu juga bisa mencantumkan pendapat pribadimu tentang alasan kenapa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Baca Juga : 5 Tanda Bahwa Kamu Harus Meninggalkan Pekerjaan Saat Ini

6. Miliki Kepercayaan Diri yang Cukup

Memiliki Kepercayaan Diri Yang Cukup
Memiliki Kepercayaan Diri Yang Cukup

Kurang percaya diri tentu akan membuatmu sulit mendapatka pekerjaan yang baik. Jika dirimu sendiri saja tidak percaya terhadap kemampuan yang kamu miliki, bagaimana bisa orang lain memberikanmu kepercayaan untuk menduduki posisi penting di perusahaannya.

Akan tetapi, kamu juga harus tahu kadar kepercayaan diri yang cukup untuk kamu miliki. Jangan terlalu berlebihan. Kamu memang harus menunjukkan kemampuan yang kamu miliki dalam surat lamaran kerjamu, namun jika kamu melakukannya secara berlebihan, hal tersebut juga bisa menjadi boomerang untukmu.

Atur kata-katamu dengan baik dan tunjukkan pada pihak perusahaan tentang keuntungan apa saja yang akan diperoleh perusahaan dengan mempekerjakan orang seperti kamu. Pada dasarnya setiap perusahaan atau lembaga akan sangat mementingkan keuntungan yang bisa mereka ambil dari karyawan yang mereka pekerjakan.

Baca Juga : 10 Pertanyaan Interview Kerja Yang Sering Ditanyakan

7. Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja yang Dibuat

Memeriksa Kembali Surat Lamaran Kerja
Memeriksa Kembali Surat Lamaran Kerja

Jangan terlalu percaya diri dengan hasil tulisan yang kamu buat dalam lamaran kerjamu. Seahli apapun kamu dalam membuat sebuah tulisan, tidak menutup kemungkinan kamu melakukan kesalahan di dalamnya.

Ada baiknya kamu cek kembali isi surat lamaran kerjamu sebelum kamu mengirimnya. Lihatlah, apa ada penulisan yang salah atau ada kata yang kurang tepat untuk digunakan dalam surat lamaran tersebut.

Semakin kecil kesalahan yang kamu buat dalam surat lamaran kerjamu, maka semakin besar peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Itu dia 7 tips membuat surat lamaran kerja yang menarik. Kamu bisa menggunakan tips tersebut ketika membuat surat lamaran kerja. Meski hanya selembar tulisan saja, tulisan itulah yang akan mengantarkanmu untuk memperoleh pekerjaan yang kamu inginkan.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer