in , ,

7 Tips Sebelum Memilih Kuliah Online Bagi Karyawan

Memilih Kuliah Online Bagi Karyawan

Seiring perkembangan teknologi, saat ini banyak hal yang bisa dilakukan secara digital mulai dari belanja sampai belajar. Bahkan saat ini kuliah online menjadi hal yang populer bagi kalangan karyawan. Kuliah online dapat menjadi solusi pada berbagai masalah karyawan.

Kuliah online dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk karyawan yang ingin menambah berbagai pengetahuan namun memiliki waktu yang terbatas karena memiliki kesibukan lain seperti bekerja. Kuliah online dirasa lebih fleksibel daripada kuliah offline. Kuliah daring dapat dilakukan oleh karyawan dimana saja dan tidak terkendala oleh waktu.

Jika kamu memilih kuliah online sebagai keputusan kamu, kamu harus selektif dalam memilih jurusan  dan universitas karena bisa jadi kamu bosan atau salah memilih sehingga berhenti di tengah jalan. Oleh sebab itu simak tips-tips berikut untuk membantu kamu memilih kuliah daring.

1. Memilih Kuliah Online Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan

Tips pertama yang dapat kamu lakukan ketika memilih kuliah online saat kamu masih berstatus karyawan adalah memilih berdasarkan latar belakang pendidikan kamu sebelumnya. Latar belakang pendidikan kamu sebelumnya dapat menjadi acuan bagi kamu untuk memilih program studi yang tepat.

Jika kamu memilih program studi berdasarkan latar belakang pendidikan kamu sebelumnya, kamu sudah tahu mengenai ilmu dasar di jurusan tersebut.

Kamu tidak perlu belajar dari nol mengenai program studi yang kamu pilih. Menjadi mahasiswa ketika masih berstatus karyawan tentunya mengharuskan kamu untuk membagi waktu menjadi dua, satu untuk bekerja dan satu untuk belajar. Jika kamu memilih kuliah online dengan jurusan yang sesuai latar belakang pendidikan kamu sebelumnya, kamu tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan ilmu yang baru karena kamu dapat memahami materi kuliah lebih mudah.

Meskipun begitu, memilih jurusan untuk kuliah online tidak hanya berpatokan pada latar belakang pendidikan sebelumnya saja. Kamu juga tetap bisa mengambil jurusan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan jurusan yang kamu ambil sebelumnya entah ketika SMA/SMK maupun Strata-1.

Sebelum memilih program studi untuk kuliah online, sebaiknya kamu memiliki alasan yang kuat terutama untuk perkembangan karir dan masa depan kamu.

2. Memahami Diri Sendiri dan Passion

Memilih jurusan kuliah baik itu kuliah online atau offline memang bukanlah perkara yang mudah, Beberapa orang akan merasa dilema karena ada banyak jurusan yang ditawarkan. Oleh sebab itu jika kamu masih bingung memilih kuliah yang tepat, jangan khawatir karena itu adalah hal yang wajar.

Namun kamu tidak boleh berlarut dalam kebingungan. Kamu bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan minat dan passion kamu.

Cara supaya kamu bisa mengenali passion dan minat kamu adalah dengan mengenali diri kamu sendiri lebih dalam. Cari tahu mengenai hal-hal apa saja yang kamu suka dan tidak suka. Jika kamu masih bingung mengenai passion kamu dan minat kamu, kamu bisa meminta pendapat ke keluarga dan teman kamu mengenai keahlian dan kekurangan kamu.

Meskipun alasan kamu memilih kuliah online saat masih menjadi karyawan adalah ingin meningkatkan karir atau promosi jabatan, kamu tidak boleh mengabaikan minat kamu. Ketika sedang menjalani kuliah online pasti ada beberapa hal yang dapat menyurutkan semangatmu.

Minat atau passion akan menjadi motivasi kamu ketika kamu mengalami masa-masa sulit saat kuliah online.

3. Menentukan Tujuan yang Jelas

Memilih kuliah online bagi karyawan merupakan sebuah keputusan yang besar. Oleh sebab itu pertimbangkan dengan baik keputusan kamu. Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar kuliah online, cobalah bertanya kepada diri kamu sendiri mengenai tujuan utama kamu mengambil kuliah online.

Apakah tujuan kamu kuliah adalah untuk mendapatkan promosi jabatan, mendapatkan gelar seperti sarjana, master atau doktor? Atau apakah kamu ingin menambah dan meningkatkan ketrampilan dalam bidang tertentu supaya bisa bersaing di tempat kerja?

Memiliki tujuan yang jelas akan memberikan kamu titik terang dalam memilih universitas dan program studi yang hendak kamu jalani. Setelah kamu sudah mengetahui dengan jelas tujuan kamu dan tempat dimana kamu akan mengambil kuliah, kamu bisa merencanakan target dan masa studi kamu yang cepat.

Tujuan kamu yang jelas dapat menjadi salah satu motivasi kamu untuk menyelesaikan studi dengan cepat dan nilai yang baik.

Baca Juga : 7 Cara Mengenali Diri Sendiri Untuk Menentukan Tujuan Hidup

4. Mengenai Beberapa Pilihan Perguruan Tinggi

Karyawan yang memilih kuliah online harus banyak mencari referensi perguruan tinggi. Ketika kamu masih berstatus karyawan maka kamu masih memiliki kewajiban untuk bekerja. Mau tidak mau kamu tetap harus menyediakan waktu untuk bekerja sehingga tidak sepenuhnya waktu kamu gunakan untuk kuliah.

Oleh sebab itu carilah universitas yang menyediakan kuliah online bahkan jika bisa universitas yang menyediakan kelas khusus yaitu kelas karyawan.

Saat ini sudah banyak universitas yang menerapkan sistem pembelajaran secara daring. Oleh sebab itu kamu bisa memilih universitas yang menurut kamu paling baik dan cocok.

Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya kamu mencari informasi mengenai universitas-universitas tersebut seperti akreditasi universitas dan jurusan, mengetahui keunggulan dan kelemahan universitas dan jurusan, serta mencari tahu testimoni dari para alumni yang pernah mengikuti kuliah online di situ.

5. Mempertimbangkan Biaya Kuliah Online

Salah satu hal terpenting dalam memilih kuliah online bagi karyawan adalah biaya yang harus dikeluarkan. Biasanya biaya satu program studi akan berbeda dengan program studi yang lainnya. Selain itu, biaya kuliah daring dari satu universitas akan berbeda dengan universitas lainnya.

Misalnya total biaya kuliah di Universitas X jurusan Y akan berbeda dari jurusan W meskipun masih dalam universitas yang sama. Atau total biaya kuliah jurusan X di Universitas X akan berbeda dengan Universitas W.

Dengan membandingkan total biaya kuliah antar jurusan dan antar universitas, kamu dapat mengetahui universitas dan jurusan mana yang cocok bagi kondisi keuangan kamu. Menghitung total biaya kuliah dibutuhkan ketelitian.

Jangan sampai kamu salah mengira bahwa biaya kuliah pada jurusan y, Universitas Y adalah yang paling murah namun kamu harus mengeluarkan uang untuk biaya lain-lain. Oleh sebab itu, ketika menghitung biaya kuliah online, pastikan kamu sudah memasukkan semua komponen biaya.

Kamu harus memperhatikan biaya buku, materi tambahan, biaya wisuda, biaya ujian dan sebagainya. Selai itu, kamu sebaiknya mencari informasi apakah universitas akan mengembalikan sebagian uang kuliah jika kamu tidak jadi mendaftar atau tidak menyelesaikan kuliah. Bisa jadi di tengah masa-masa kuliah, kamu merasa kurang

6. Mempersiapkan Persyaratan Untuk Kuliah Online bagi Karyawan

Mendaftar kuliah baik itu kuliah online atau offline, pasti ada berbagai syarat yang harus dipenuhi. Pada umumnya syarat yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan pendaftaran adalah mengisi formulir pendaftaran, pasfoto terbaru, fotokopi atau scan KTP, fotokopi akta kelahiran, CV, fotokopi ijazah terakhir, transkip nilai dan sebagainya. Syarat-syarat tersebut bisa kamu lihat di website universitas.

Karyawan yang sibuk bekerja bisanya akan kesulitan untuk mengumpulkan berkas-berkas tersebut dalam waktu yang tepat. Oleh sebab itu sebaiknya kamu menyiapkan berkas tersebut jauh-jauh hari dan mengatur waktu kamu supaya tidak pernah menunda-nunda pekerjaan.

Jika kamu memiliki waktu luang terutama ketika weekend, kamu bisa langsung memperbaharui CV kamu dan mengumpulkan berbagai persyaratan yang ada. Semakin kamu menunda pekerjaan, maka pekerjaan kamu akan semakin menumpuk. Selain itu pastikan bahwa syarat-syarat yang dibutuhkan sudah ada dan sesuai.

7. Memiliki Perlengkapan dan Fasilitas Belajar

Memilih kuliah online berarti kamu harus memiliki berbagai fasilitas yang akan kamu gunakan ketika kuliah Metode pembelajaran kuliah daring tentu berbeda dengan kuliah offline. Kuliah daring memanfaatkan teknologi dalam belajar mengajar. Oleh sebab itu, kuliah daring sangat tergantung pada teknologi sehingga kamu harus melek teknologi.

Jika kamu bingung mengenai perlengkapan apa saja yang harus kamu persiapkan, kamu bisa bertanya kepada universitas tempat kamu mendaftar kuliah online. Pada umumnya laptop atau komputer adalah hal yang wajib kamu persiapkan. Namun untuk software apa saja dan spesifikasi laptop atau komputer yang harus dipenuhi berbeda-beda oleh sebab itu kamu harus mencari tahunya.

Baca Juga : 7 Tips Kerja Sambil Kuliah Agar Kamu Sukses Di Keduanya

Memilih kuliah online memang tidak seperti belanja di supermarket yang hanya beberapa menit dan memilih sesuka hari. Kamu membutuhkan waktu yang tidak sedikit ketika mencari informasi tentang kuliah online. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi kamu dan kamu segera menentukan pilihan kamu.

Written by Elsa Cordana

Suka bermimpi dan berusaha menggapai mimpi