Memutihkan Kulit Wajah: 8 Tips Perawatan Alami Tanpa Efek Samping

APAKAH mungkin kita bisa memutihkan kulit wajah? Kulit adalah tembok paling depan

Ilham Damanik Ilham Damanik · 4 min read >
Cara Memutihkan Kulit Wajah

APAKAH mungkin kita bisa memutihkan kulit wajah?

Kulit adalah tembok paling depan yang akan dilihat pertama kali oleh orang lain. Jika kulit kita tidak bersih, tidak cerah dan kusam, mungkin itu akan membuat orang lain enggan mendekat.

Ditambah lagi, diluar dari faktor eksternal atau penilaian orang lain, memiliki kulit wajah yang putih dan cerah akan membuat kita lebih bahagia dan percaya diri.

Tapi tampaknya sulit untuk memutihkan kulit wajah seperti apa yang diinginkan. Sudah mencoba berbagai sabun dan skincare bermerk namun tidak juga ngefek. Belum lagi dengar-dengar kabar, sabun pemutih banyak yang beracun dan berbahaya.

Ini fakta, Lho!

Kita dapat melihat sendiri bahan utama yang terkandung dalam produk pemutih, yaitu hidrokuonin dan merkuri. Menurut penelitian, bahan-bahan tersebut akan menjadi racun dapat jangka waktu yang lama.

Menyebabkan penuaan dini, Menyerap sinar UV berbahaya dari matahari, dan menghambat produksi melanin di kulit yang menyebabkan pigmentasi gelap!

Tapi tenang saja. Karena kami sudah menyiapkan ramuan alami yang dikumpulkan menjadi, 8 cara memutihkan kulit wajah paling ampuh!

1. Memutihkan Kulit Wajah dengan Lemon

Memutihkan Kulit Wajah Dengan Lemon
Memutihkan Kulit Wajah Dengan Lemon

Terkenal akan kaya vitamin C, Lemon menjadi pilihan utama untuk mencerahkan wajah. Vitamin C yang terkandung pada lemon, dikenal dengan efek anti pigmen. Lemon dapat menghilangkan noda-noda, bintik hitam dan bekas jerawat di wajah kamu.

Bahan yang diperlukan: 

  • Lemon
  • Kapas

Cara Penggunaan:

  1. Peras air lemon ke dalam wadah/mangkuk
  2. Ambil kapas, lalu oleskan air lemon ke wajah dan leher kamu
  3. Biarkan selama -15 menit
  4. Cuci wajah dengan air biasa

Seberapa sering kamu harus melakukannya? Lakukanlah minimal 2 minggu sekali. Namun yang perlu diperhatikan, pastikan dulu wajah kamu tidak sedang mengalami gangguan atau penyakit kulit, karena air lemon dapat menyebabkan iritasi.

Dan setelah menggunakannya, hindari sinar matahari karena jus lemon membuat kulit lebih sensitif terhadap cahaya.

2. Kacang Almond

Kacang Almond
Kacang Almond

Kandung vitamin dan antioksidan yang terkandung pada kacang almon dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak kulit.

Selain itu, kandungan asam lemak pada kacang almon juga dapat melembabkan kulit yang kering serta memutihkan kulit wajah. Atau kamu bisa menemukan manfaat kacang almon di 9 Makanan Dengan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Otak

Siapkan: 5 biji kacang almon, 4 sendok teh susu

Cara penggunaan: Rendam kacang almon semalaman, setelahnya giling sampai halus. Lalu masukkan kedalam satu wadah dan campurkan dengan 4 sendok susu.  Basahi wajah kamu dengan air tawar. Lalu oleaskan Kacang almon dan susu pada wajah. Diamkan selama 5 menit, lalu cuci kembali wajah kamu dengan air tawar.

Kamu bisa menggunakan krim fasial alami ini setiap pagi atau malam hari secara rutin.

3. Memutihkan Kulit Wajah Dengan Masker Pasta Campuran

Memutihkan Wajah Dengan Pasta Campuran
Memutihkan Wajah Dengan Pasta Campuran

Pasta campuran yang dimaksud adalah lemon, lidah buaya dan madu. Zat polisakarida dan sterol yang terkandung pada lidah buaya berperan sebagai pelembab kulit, madu dengan sifat antibakterinya dapat melindungi kulit dari bakteri dan kuman, dan lemon dengan vitamin c menghilangkan noda serta bintik hitam.

Pasta campuran ini menjadi satu kombinasi yang tepat untuk memutihkan kulit wajah.

Cara penggunaan: Peras lemon, haluskan lidah buaya dan campurkan kedalam satu wadah dengan madu, lalu aduk-aduk hingga menjadi pasta. Setelahnya oleskan pasta pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat. Kamu bisa melakukannya setiap pagi, selama 3 sampai 4 minggu secara rutin.

4. Masker Kentang

Masker Kentang
Masker Kentang

Kentang mengandung vitamin C yang tinggi. Seperti yang kita ketahui vitamin C sangat dibutuhkan kulit untuk menjaga sel-sel tetap terhidrasi. Selain itu kentang juga kaya akan fitokimia, yaitu potasium, klorida dan belerang, yang diketahui dapat meringkankan bekas luka serta menghilangkan jerawat.

Banyak lagi kekayaan yang terkandung pada kentang, karena itulah kentang membuat wajah putih dan cerah secara merata.

Cara penggunaan: Pertama-tama giling kentang dengan blender hingga menjadi jus, lalu masukkan jus kentang dengan air lemon dalam satu wadah. Ambil kapas, lalu oleskan campuran jus lemon dan jus kentang pada wajah.

Diamkan selama 10 menit lalu bilas kembali wajah kamu. Kamu dapat melakukan ini dua minggu sekali.

5. Madu & Yogurt

Masker Yogurt
Masker Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang tinggi, diketahui bermanfaat untuk menghaluskan pori-pori dan merangsang produksi kolagen. Selain itu, seng yang terkandung pada yogurt juga diketahui dapat menyembuhkan jerawat.

Sementara madu dikenal menyimpan air sehingga menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Manfaat lainnya adalah 5 Makanan Yang Bisa Meningkatkan Hormon Bahagia

Cara penggunaan: Campurkan beberapa sendok madu dan yogurt dalam satu wadah (takar sesuai kebutuhan). Aduk-aduk hingga merata, sampai menjadi pasta halus. Lalu oleskan pada wajah secara merata. Biarkan selama 15 menit lalu bilas kembali wajah kamu. Kamu dapat melakukan perawatan ini dua hari sekali selama beberapa minggu dan buktikan hasilnya!

6. Tepung gram

Tepung Gram Untuk Wajah
Tepung Gram Untuk Wajah

Satu trik kecantikan dari india kuno yang masih digunakan sampai sekarang. Karena memang terbukti manfaatnya, kandungan seng yang cukup tinggi pada tepung gram dapat menghilangkan noda jerawat secara alami. Banyak lagi nutrisi yang terkandung pada tepung gram sehingga membuat kulit wajah menjadi putih, bersih, halus dan bebas jerawat.

Cara Penggunaan: Campur tepung gram dengan sedikit air panas, takar sesuai keinginan hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas kembali wajah dengan air bersih.

Kamu juga bisa mengkombinasikan tepung gram dengan susu murni untuk menghilangkan sel kulit mati. Atau untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa mengkombinasikan tepung gram, kunyit, air lemon dan madu.

7. Pepaya

Masker Pepaya
Masker Pepaya

Ini merupakan penghilang jerawat alami! Pepaya mengandung enzim papain yang bekerja untuk mencerahkan kulit. Selain itu enzim papain juga diketahui dapat mengelupas sel-sel kulit mati sehingga wajah tampak lebih lembab.

Secara keseluruhan ekstrak pepaya dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit kamu yang perlahan akan menghilangkan noda-noda, bekas luka dan jerawat.

Cara penggunaan: Hancurkan pepaya hingga menjadi pasta yang halus. Kamu juga bisa mengkombinasikan dengan air lemon atau susu jika ingin hasil yang lebih maksimal. Setelahnya, oleskan pada wajah secara merata (awas kena mata hehe). Lalu diamkan sekitar 10 menit, kemudian bilas kembali wajah kamu dengan air bersih.

Lakukan perawatan alami ini sekitar tiga hari sekali. Dan ingatlah selama menggunakan pepaya sebagai masker alami, hentikan dulu obat pemutih lainnya agar kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

8. Mentimun

Mentimun Untuk Memutihkan Wajah
Mentimun Untuk Memutihkan Wajah

Mentimun kaya akan senyawa curcubitacin D dan 23,24-dihydro curcubitacin D, yaitu senyawa yang dapat mengurangi sintesis melanin dan membalikkan efek pigmentasi.

Ekstrak yang terkandung pada mentimun mengikat kolagen sehingga memastikan kulit kamu tetap kencang. Selain itu, ekstrak mentimun juga memiliki efek dingin pada kulit.

Cara penggunaan: Iris mentimun, lalu blender. Campurkan gel lidah buaya kedalam wadah yang sudah disediakan. Oleskan pada wajah dan leher kamu lalu diamkan selama 15-20 menit.

Biarkan ekstraknya mengendap dikulitmu sebelum kamu membilasnya dengan air bersih. Kamu dapat memutihkan kulit wajah dengan cara ini seminggu sekali.

Baca Juga :

Sudah siap untuk memutihkan kulit wajah?

Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah bukanlah sesuatu yang mudah dan dapat berubah dalam satu malam. Diperlukan kesabaran untuk melakukan perawatan secara rutin. Menggunakan 8 cara memutihkan wajah paling ampuh ini tidak hanya membuat kulit menjadi putih dan cerah, tapi juga sehat bagi sel-sel kulit. Jadi, kamu mau mulai dari cara yang mana satu dulu, Nih?

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile