5 Hal Ini Menandakan Cintamu Hanya Berlaku Sesaat Saja

Apakah kamu pernah mendengar pepatah mengatakan bahwa hidup tanpa cinta akan terasa

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Pertanda Bahwa Cintamu Hanya Sesaat

Apakah kamu pernah mendengar pepatah mengatakan bahwa hidup tanpa cinta akan terasa sangat hampa. Kehadiran cintalah yang akan membuat hidupmu menjadi lebih berwarna.

Keajaiban rasa cinta ini pasti sudah pernah kamu rasakan saat kamu menyimpan rasa suka pada orang yang sedang kamu coba dekati.

Berada di dekat orang yang membuatmu nyaman biasanya akan membuatmu menganggap bahwa perasaan yang kamu miliki untuknya adalah perasaan cinta.

Padahal ada perbedaan loh antara suka, nyaman dan cinta. Belum tentu apa yang kamu rasakan pada seseorang memang benar sebuah rasa cinta.

Seringkali seseorang terjebak dalam sebuah hubungan karena awalnya menganggap apa yang dia rasakan adalah rasa cinta. Namun pada kenyataannya rasa cinta yang dia miliki hanyalah sekadar rasa suka dalam sekejap mata.

Untuk menghindari kesalahan yang serupa, kamu harus pahami beberapa hal di bawah ini yang menjadi tanda bahwa rasa cintamu hanya berlaku untuk sesaat saja.

1. Rasa Mudah Hilang Karena Kesalahan Kecil yang Dia Lakukan

Rasa Mudah Hilang Karena Kesalahan Kecil Pasangan
Rasa Mudah Hilang Karena Kesalahan Kecil Pasangan

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa cintamu hanya berlaku untuk sesaat adalah mudah hilangnya rasa cintamu hanya karena dia melakukan kesalahan kecil. Jika dia melakukan kesalahan yang kamu ketahui, kamu akan sangat mudah illfeel kepadanya.

Perasaan yang kamu miliki untuknya tidak benar-benar sepenuh hati. Perasaanmu sangat mudah mengalami perubahan. Saat ini kamu mengatakan atau menganggap kamu mencintainya, tapi besok atau lusa mungkin perasaan yang kamu rasakan sudah berbeda.

Jika sudah seperti ini, ada baiknya kamu menghindari tindakan yang tergesa-gesa untuk menjalin hubungan dengannya. Tentu kamu tak ingin menjalin hubungan yang sangat singkat, bukan?

Buatlah jarak antara kamu dan dia. Bersikaplah tegas dan jangan memberi harapan palsu kepadanya.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Pacaran Di Kondisi Yang Belum Matang

2. Mudah Merasa Suka atau Berpindah Hati pada yang Lain

Mudah Merasa Suka Kepada Orang Lain
Mudah Merasa Suka Kepada Orang Lain

Tanda kedua adalah kamu mudah merasa suka pada orang lain. Posisinya di hatimu sangat mudah tergeser oleh orang baru. Anggapanmu bahwa kamu benar-benar mencintainya bukanlah hal yang benar karena nyatanya kamu sangat mudah tergoda oleh yang lainnya.

Jika memang kamu sangat mencintai seseorang, tentu kamu tak akan mudah berpindah hati darinya. Berbeda jika dalam kenyataannya kamu sangat mudah suka pada orang lain. Artinya perasaan cinta yang kamu rasakan saat ini hanyalah bersifat sementara saja.

Kamu tidak bisa membiarkan orang lain merasa tersakiti karena rasa cintamu yang hanya sesaat itu. Jangan dengan mudah memberi harapan pada orang lain, bertindak seolah kamu memang sangat mencintainya.

Padahal kenyataannya cinta yang kamu rasakan itu sangatlah lemah dan mudah teralihkan oleh sosok baru yang mungkin mencoba mendekatimu.

3. Tidak Pernah Terlintas di Pikiranmu untuk Hidup Bersamanya di Masa Depan

Tidak Pernah Terpikir Hidup Bersama
Tidak Pernah Terpikir Hidup Bersama

Tanda yang ketiga adalah kamu tidak pernah berpikiran untuk hidup selamanya bersamanya. Kamu pun tidak pernah merencanakan tentang keberadaan dia di masa depanmu kelak.

Kamu hanya ingin menjalani apa yang bisa kamu jalani saat ini tanpa memikirkan masa yang akan datang.

Bisa dibilang kamu hanya ingin bersenang-senang saja bersamanya. Perasaan cinta yang kamu rasakan bukanlah perasaan yang tulus dari dalam lubuk hatimu. Kamu hanya ingin menyenangkan hatimu untuk saat ini.

Padahal jika memang kamu benar-benar mencintai seseorang, pasti kamu memiliki perasaan untuk takut kehilangan dirinya, entah itu di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Jika cintamu memang sepenuh hati, tentu saja kamu sudah merancang masa depan bersamanya sampai akhir nanti.

Baca Juga : 7 Cobaan Sebelum Menikah yang Mungkin Akan Kamu Hadapi

4. Rasa Tertarikmu Pada Dirinya Hanya Didasarkan pada Rasa Penasaran

Kamu Hanya Penasaran
Kamu Hanya Penasaran

Coba kamu renungkan lagi, apakah kamu adalah sosok orang dengan rasa penasaran yang sangat besar? Jika iya, apakah ada kemungkinan bahwa rasa yang kamu anggap cinta sebenarnya hanya buah dari rasa penasaranmu saja?

Nah, tanda ketiga yang menunjukkan bahwa rasa cintamu hanyalah sesaat adalah sumber munculnya ketertarikanmu padanya berawal dari rasa penasaranmu saja.

Kenyataannya kamu tidak benar-benar mencintainya dengan sepenuh hati. Cintamu masih hanya sebatas keinginan untuk menjawab segala rasa penasaran dalam hatimu.

Perasaan yang didasarkan pada rasa penasaran tidak bisa dipastikan sebagai rasa cinta. Jika kamu hanya merasa penasaran padanya lantas merasa kamu sudah mencintainya, bagaimana jika suatu saat rasa penasaranmu sudah terjawab.

Apakah kamu yakin masih bisa mencintainya?

5. Kamu Tidak Bisa Menerima Segala Tentangnya, Terlebih untuk Kelemahannya

Kamu Tidak Bisa Menerima Kekurangannya
Kamu Tidak Bisa Menerima Kekurangannya

Tanda yang terakir adalah ketidakmampuanmu untuk menerima segala hal tentang dirinya dan yang ada pada dirinya. Hal ini dapat difokuskan juga pada kelemahannya. Kamu hanya mencintai kelebihan yang dia miliki atau hal yang menurutmu menarik dari dirinya.

Sayangnya, untuk kelemahannya, kamu tidak terlalu respect. Bahkan ada kesan bahwa kamu ingin mengubahnya menjadi seseorang yang kamu inginkan. Padahal dasar dari cinta adalah menerima segala kelebihan dan kekurangan pasangan.

Jika kamu tidak bisa menerima kelebihan dan kekurangannya, kamu tidak akan bisa menjalani hubungan yang sehat. Hal ini menandakan bahwa cinta yang kamu miliki untuknya tidak berlaku untuk selamanya.

Kamu hanya mencintainya pada saat kamu melihat kelebihan dalam dirinya, tapi tidak saat kamu melihat kelemahannya.

Baca Juga : 5 Tanda Bahwa Selama Ini Pasanganmu Tak Merasa Bahagia

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja yang menjadi tanda bahwa rasa cinta yang kamu rasakan bukan rasa cinta yang sebenarnya? Kamu hanya bisa bertahan dengan rasa itu dalam sekejap saja.

Jika kamu sudah merasa bosan, rasa itu akan dengan mudah hilang. Tentu hal ini akan menjadi satu hal buruk saat kamu sudah tergesa-gesa dalam menjalin hubungan yang akhirnya hanya untuk kandas di tengah jalan.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile